Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjaga Kesehatan Sistem Gerak Tubuh

Sistem Gerak Tubuh merupakan sebuah sistem yang membuat semua organ dan bagian tubuh kita terhubung. Tubuh kita dapat bergerak karena adanya sistem gerak pada tubuh. Untuk dapat bergerak, ternyata diperlukan kerjasama dari berbagai organ tubuh kita. Organ tubuh tersebut juga memiliki fungsi untuk membetuk postur tubuh dan juga menahan berat tubuh kita.

Sistem gerak tubuh ini terdiri dari rangka, sendi, otot dan juga organ-organ lain seperti ligamen dan tulang rawan. Sistem gerak tubuh ini biasa disebut juga sebagai sistem muskuloskeletal.

Jenis-jenis Sistem Gerak Tubuh

Sistem gerak tubuh mempengaruhi tubuh kita dalam bergerak. Ada 2 sistem gerak yaitu adalah sistem gerak aktif dan sistem gerak pasif.

Sistem gerak Aktif merupakan sistem gerak yang terdiri dari otot rangka atau otot lurik yang bekerja berdasarkan kesadaran kita. Otot memiliki sifat yang elastis atau dapat kembali dalam bentuk semula seteah mengalami kontraksi. Otot dianggap sistem gerak aktif karena mampu berkontraksi dan menyebabkan gerakan pada rangka tubuh.

Sistem gerak Pasif memiliki pengertian bahwa alat gerak tubuh yang termasuk ke dalam kelompok sistem pergerakan tidak bisa bergerak sendiri tanpa adanya bantuan dari organ gerak yang lain. Seperti tulang-tulang yang menyusun rangka yang terhubung dengan persendiran. Tulang-tulang itu juga memerlukan bantuan dari otot untuk bisa bergerak.

Sistem Gerak Tubuh

Kenapa kita harus menjaga kesehatan sistem gerak tubuh kita?

Kesehatan sistem gerak tubuh nggak boleh diabaikan begitu saja. Karena ternyata, jika kita abai dan tidak menjaga kesehatan sistem gerak tubuh ini maka kita bisa mengalami berbagai gangguan yang yang sering menimpa sistem pergerakan tubuh.

Mulai dari osteoporosis yang disebabkan oleh kekurangan kasium dan mineral untuk tulang sehingga tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Fraktura atau patah tulang yang disebabkan oleh benturan keras karena kecelakaan atau hantaman yang keras. Atau Skoliosis atau melengkungnya tulang belakang ke arah yang salah karena polio atau posisi duduk yang tidak tepat.

Jadi gimana nih cara menjaga kesehatan sistem gerak tubuh?

Untuk menjaga kesehatan sistem gerak tubuh kita, kita bisa mencoba al-hal di bawah ini:

Rajin berjemur di bawah sinar matahari pagi

Seperti yang sudah kita ketahui sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang dapat diserap oleh tubuh kita. Vitamin D memiliki manfaat yang baik untuk membantu tulang menyerap kalsium lebih optimal. Pastikan waktu berjemur tidak lebih dari pukul 9 atau 10 pagi dan maksimal 15 menit saja untuk mendapatkan manfaat terbaik dari sinar matahari pagi, ya.

Selain dengan memnuhi asupan vitamin D dari sinar matahari pagi. Kita juga bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung kasium dan vitamin D yang baik untuk tulang. Beberapa makanan tersebut seperti susu, kangkung, brokoli, telur ataupun kacang almond.

Lakukan aktivitas fisik yang cukup

Ternyata, aktifitas fisik atau olahraga secara rutin juga memiliki manfaat yang baik untuk sistem gerak tubuh. Hal ini membuat pembentukan tulang lebih kuat dan juga memperlambat proses kerapuhan tulang. Jangan malas untuk melakukan aktivitas fisik ya. Lakukan aktivitas fisik dari yang ringan-rungan saja terlebih dahulu, seperti berjalan kaki, jogging, naik turun tangga atau bersepeda.

Perhatikan sikap tubuh

Penting juga nih untuk memperhatikan sikap tubuh kita saat duduk ataupun tidur. Sikap tubuh yang tepat saat duduk seperti memosisikan tulang belakang dalam keadaan yang tegap dan tidak bungkuk. Gunakan juga alas yang padat saat berbaring atau tidur untuk menjaga lurusnya posisi tulang belakang kita.

Setelah mengetahui pentingnya menjaga sistem gerak tubuh kita, jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan terutama kesehatan sistem gerak tubuh kita ya!

Posting Komentar untuk "Cara Menjaga Kesehatan Sistem Gerak Tubuh"