Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Live Talk with Buumi: Hubungan Saluran Cerna dan Otak serta Jenis Protein Susu Sapi

Kadang-kadang mama Dian tuh suka bingung, kenapa sih kalo tiap mau pergi, atau tiap mau ngelakuin sesuatu yang penting, terus kita bawaannya jadi deg-degan, stress terus selalu diikuti dengan perut yang ikutan mules?😅

Buibu ada yang gitu juga nggak sih, kalo stress dikit bawaannya muleeesss?

Dan alhamdulillah rasa penasaran selama ini terjawab juga, karena kemarin mantengin Live Talknya instagram @BuumiPlayscape yang ngebahas seputar saluran cerna, hubungannya sama otak, sampe ke jenis protein susu yang paling nyaman untuk saluran cerna kita.

Tentang Buumi Playscape


Buibu pasti dah familiar sama Buumi Playscape kan? Ituloh Playground super kece di Mall Pacific Place. Playgroundnya super menyenangkan yang pastinya bakal betah bikin anak-anak main disana. Nggak cuma playground aja nih, Buumi Playscape juga menyediakan beberapa kelas untuk anak, ada baby's lounge-nya juga, art studio hingga STEM Gallery yang pastinya jadi sebuah tempat yang menyenangkan dan juga edukatif untuk anak.

Nggak cuma tempatnya aja yang edukatif untuk anak, mama Dian juga ngefollow instagram @BuumiPlayscape yang juga suka ngasih materi dan obrolan edukatif bersama para ahli. Seperti obrolan yang minggu lalu mama Dian ikutin nih di IG Livenya!

Livetalk Buumi Playscape Susu A2

Obrolan siang itu berjudul "Kenali Jenis Protein Susu dan Manfaatnya Untuk Anak" bareng Kak Natasha Guna, Co-Foundernya Buumi dan dokter anak yang juga ahli Gastro Hepatologi yaitu DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K)

instagram Buumi Playscape

Obrolan ini disiarkan langsung melalui fitur IG Live dari akun instagramnya Buumi yaitu, @BuumiPlayscape.

Di awal live talk ini, dr. Ariani kembali ngingetin mama Dian dan juga semua peserta IG Live tentang pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). 

Pentingnya 1000 HPK

Pentingnya 1000 HPK

Buat para calon ibu, materi ini bener bener penting banget nih untuk disimak, untuk calon anaknya kelak. Karena 1000 HPK ini bener-bener penting banget dan juga bisa menjadi penentu masa depan anak anak kelak.

1000 Hari Pertama Kehidupan merupakan sebuah masa yang nggak akan pernah terulang dan kadang malah kita abaikan. Kadang malah kita nggak sadar kalo sebenernya udah mulai memasuki hari pertama kehidupan anak-anak kita.

1000 HPK ini nggak dihitung dari anak-anak lahir loh, tapi dari hari pertama pembuahan hingga anak berusia 2 tahun.

Tuh, kadang kita sebagai ibu suka nggak sadar kalo lagi hamil ya, dan bisa ngelewatin beberapa hari masa awal kehiduapn anak di rahim kita.

Masa kehidupan anak di rahim kita juga merupakan masa yang penting loh! 

1000 HPK merupakan masa yang disebut juga dengan Golden Period atau Periode emas, karena saat itulah pertumbuhan dan perkembangan anak terjadi sangat cepat.

Dan pada Golden Period ini sangat penting memperhatikan asupan gizi dan nutrisi untuk si bayi dalam kandungan, hingga ia berusia 2 tahun. Karena tentunya pertumbuhan dan perkembangan yang baik, membutuhkan nutrisi dan gizi yang baik. 

Jadi, pada 1000 HPK ini, Ibu harus benar-benar memperhatikan  asupan nutrisi untuk si anak! Nggak boleh cuek atau nggak peduli nih, sebisa mungkin berikan nutrisi yang terbaik untuk anak kita dalam 1000 HPK ini.

Waspadai Gangguan Pencernaan pada Periode Emas Anak

Ternyata, pada periode emas ini anak-anak juga rentang mengalami gangguan pencernaan. Suka mengalami juga nggak sih Buibu? Bayi yang baru mulai mengenal makanan atau minum susu formula, kadang suka muntah, diare dan sembelit.

Kenapa sih? Apakah gangguan pencernaan itu merupakan hal yang normal?

waspada gangguan pencernaan anak

Menurut dokter Ariani, ternyata hal itu adalah hal yang normal, karena beberapa anak memang belum matang saluran pencernaannya. Jadi bisa mudah terkena gangguan pencernaan.

Tapiiiii, nggak baik juga loh ternyata kalo anak kita terlalu sering mengalami gangguan pencernaan.

Fungsi saluran cerna adalah memproses makanan utuh menjadi molekul kecil yang bisa diserap oleh tubuh untuk perkembangan sel, sintesis DNA serta enzim tubuh dan otak.

Jadi, makanan terbaik yang sudah kita siapkan untuk anak, tentunya juga memerlukan saluran cerna yang baik agar nutrisinya bisa terserap dengan baik oleh anak. 

Karena jika proses pencernaan dan penyerapan nutrisi makanan terganggu, maka tentunya nutrisi yang dibutuhkan anak untuk tumbuh dan berkembang juga akan hilang atau berkurang.

Hubungan Otak dan Saluran Cerna

Dan ternyata, fakta yang nggak kalah pentingnya adalah gangguan saluran cerna bisa menurunkan kemampuan belajar anak. 

Loh kok bisa?

Hubungan Otak dan Saluran Cerna

Karena ternyata otak dan saluran cerna punya hubungan yang bersifat 2 arah.

Ini nih yang tadi mama Dian bahas di awal, bahwa saat kita ngerasa stress, saat otak kita merasakan stress maka saluran cerna atau perut kita juga akan berasa sakit atau mules. 

Sedangkan hubungan saluran cerna dan otak biasa disebut dengan Gut Brain Axis, atau terdapatnya mikrobiota di saluran cerna yang mempengaruhi otak.

Oleh karena itu, saluran cerna yang terganggu juga bisa mempengaruhi mood, perilaku, dan pkemampuan belajar anak.

Nah tuh Buibu, pas PJJ gini emang mesti kita pantau juga saluran cerna anak-anak kita ya, supaya mereka bisa maksimal dalam menyerap ilmu yang diberikan.

Nutrisi Baik dan Saluran Cerna yang Baik

Perhatikan juga nih asupan nutrisi yang diberikan kepada anak agar perkembangan dan pertumbuhan anak bisa berlangsung secara optimal.

nutrisi baik untuk saluran cerna

Pastikan juga saluran cerna anak-anak baik, agar dapat menyerap secara maksimal nutrisi yang sudah kita berikan. Sayang kan kalo semua nutrisi baik yang kita berikan malah terbuang dan nggak dapat terserap karena saluran cerna anak anak kita terganggu?

Dr. Ariani juga ngingetin lagi nih tentang apa aja nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak-anak kita. Yaitu adalah Makronutrien yaitu karbohidrat, protein, lemak dan Mikronutrien yaitu vitamin dan mineral.

Salah satu asupan makanan yang pastinya kita berikan untuk anak agar memenuhi kebutuhan nutrisinya adalah susu. Bener ngga niiih? Kalo mama Dian sih yes.. Hihi. Karena dua anak mama Dian, Abang dan Una di usianya yang 10 dan 9 tahun ini, masih suka banget minum susu.

Tentang Kandungan Susu

Sekarang, pertanyaan selanjutanya adalah: Apakah semua kandungan susu sama?

Kandungan dalam susu

Jadi, walaupun semua susu keliatannya kandungannya sama, tapi ternyata susu ini memiliki kandungan protein yang berbeda-beda.

Protein susu terdiri dari dua jenis yaitu whey dan casein. Casein sendiri, kembali terbagi menjadi beberapa jenis protein casein, salah satunya adalah Beta-casein. Nah Beta-casein ini kembali lagi terbagi menjadi 2 jenis yaitu Beta-casein A1 dan Beta-casein A2.

Apa sih keunggulan susu A2?

Sekarang, mari kita ngobrolin tentang susu beta-casein A2, atau yang gampangnya kita sebuta aja dengan susu A2 yaaa~

Susu A2 ini diproduksi khusus oleh sapi yang hanya menghasilkan susu beta-casein A2. Jadi dari asal muasalnya aja, sapi A2 ini spesial dan berbeda dengan sapi biasa.

tentang susu sapi A2

Dan ternyata, menurut banyak penelitian, susu A2 memiliki banyak keunggulan. Salah satunya hasil penelitiannya adalah susu yang mengandung Beta-casein A2, aman untuk sistem pencernaan.

Nggak hanya aman untuk sistem pencernaan aja, tapi susu A2 ini juga lebih mudah diserap dalam sistem pencernaan anak dan dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan ringan.

Jadi susu A2 ini lebih berasa nyaman di perut karena lebih mudah dicerna juga oleh saluran cerna.

Susu A2 ini cocoknya untuk anak usia berapa tahun sih?


Susu A2, sesungguhnya cocok untuk semua jenis usia. Namun perlu diperhatikan juga usia konsumsi pada produk susu A2 yang dibeli yaaaa. 

Produk susu A2 ini biasanya ditemukan di pasaran dalam bentuk susu bubuk, susu cair maupun yoghurt dengan label A2. Jangan lupa cek bagian ingredientsnya ya, biasanya akan tertulis 'Beta-casein A2' pada lebel bahan susu tersebut.

Bagaimana dengan anak yang memiliki alergi susu sapi, aman  nggak sih mengkonsumsi susu A2?


Menurut dr. Ariani, secara garis besar, alergi protein susu sapi disebabkan oleh saluran cerna yang belum matang. Karena saluran cerna yang belum matang inilah, anak jadi memiliki alergi protein susu sapi dan nggak bisa mengkonsumsi dairy product dan turunannya.

Dan biasanya, sekitar 70% anak yang udah mencapai usia 1 tahun ternyata sudah tidak memiliki alergi lagi. Dan 90%nya biasanya akan hilang pada usia 3 tahun saar saluran cerna anak sudah mulai matang.

Jadi, sebenernya bisa ditungguin aja ya konsumsi susu sapi ini hingga saluran cerna anak-anak lebih matang dan siap mengkonsumsi susu sapi.

Kesimpulannya adalah, pilihlah produk susu yang sesuai dengan kebutuhan anak. Jadi kalo mencari susu pertumbuhan untuk anak, maka pilihlah susu yang juga memiliki kandungan tambahan dalam produknya seperti DHA, Kolin dan juga Omega 3 & 6 yang akan mendukung perkembangan otak anak.

Satu jam durasi ngobrolin tentang masalah pencernaan anak hingga manfaat protein susu untuk anak, nggak berasa loh soalnya. Bener-bener deh, rasanya dapet banyak insight baru dalam livetalk di IG Live @BuumiPlayscape ini.

Oh iya, yang mau nambah-nambah banyak pengetahuan parenting, atau ide bermain anak dirumah, bisa langsung aja follow instagram Buumi di @BuumiPlayscape ya! Banyak kuis seru dengan hadiah menarik juga loh~ 😍😍😍

Semoga info yang mama Dian rangkum dari IG Livenya Buumi ini, juga bermanfaat untuk semua pembacanya yaaaa.. Tetap semangat dan berikan yang terbaik buat buah hati ya, Buibuuu❤️❤️❤️

18 komentar untuk "Live Talk with Buumi: Hubungan Saluran Cerna dan Otak serta Jenis Protein Susu Sapi"

  1. Iyaya ternyata hubungannya erat antara otak dan pencernaan. Ketika otak panik langsung deh suka mules aku 😁 dan 1000hpk paling penting, aku masih ada ada usia 1 thn 6 bulan nih.. ekstra banget lg masa2 nyaaa kadang gtm. Makasih ya mama Dian infonya, aku refresh ilmu lg jadinya 😍

    BalasHapus
  2. wah ternyata hubungannya erat ya mbak, antara saluran cerna dan otak..
    dan memang 1000 hari pertama kehidupan anak menjadi masa masa krusial ya, makanya harus dipenuhi dgn gizi optimal

    BalasHapus
  3. seruu banget ya infonya bermanfaat utk ibu2 muda yang punya bayi dan batita..

    BalasHapus
  4. Keren banget pembahasannya. Jadi nambah wawasan para ibu tentang susu dan pencernaan pada anak. Aku yang udah gak punya anak-anak baby tetap merasa info ini penting untuk diketahui, so kita bisa berbagi dengan para ibu lainnya.

    BalasHapus
  5. Anak saya waktu bayi bermasalah banget dengan pencernaan. Sepertinya memang benar karena pencernaannya belum matang. Mulai dari alergi susu sampai sering muntah dan diare. Tapi seiring usia, sekarang sudah tidak pernah bermasalah lagi. Jadi memang benar banget, harus menjaga banget saluran cerna terutama untuk bayi.

    BalasHapus
  6. Gut Brain Axis...kenapa malah jadi ingat sama salah satu provider seluler ya? hehehe
    Mules dengan stress itu rasanya temen akrab pada banyak orang ya. ternyata GBA ini toh "biang keladinya" hehehe

    BalasHapus
  7. Baru tau mba kalau susu tuh ada yang beda ya kandungannya, kayak A2 gini yang aman untuk pencernaan. Kirain semua susu sama. Harus lebih teliti lagi ya dalam memilih susu untuk keluarga ya.

    BalasHapus
  8. Emang bener banget, kesehatan pencernaan ini mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan, karena yang mengolah memang oragn pencernaan kan. Jadi kalau mau kuat, otak bekerja optimal, ya memang pencernaan harus sehat dan terjaga.

    BalasHapus
  9. Penting banget ya kita concern terhadap 1000HPK, karena efeknya jangka panjang ya seumur hidup.

    BalasHapus
  10. Selalu suka deh kalo bahas soal 1000 hari kehidupan dan kesehatan saluran cerna. Penting banget diketahui oleh semua ibu.

    BalasHapus
  11. nah yang aku baca dari beberapa artikel memang hubungan kuat banget antara saluran pencernaan dengan otak anak, makanya harus diperhatkan sekali asupan nutrisi anak terlebih di 1000 hari pertama hidupnya

    BalasHapus
  12. iya bener banget ya mba... untuk susu pertumbuhan kita memang harus sesuaikan banget dengan kebutuhan nutrisi anak ya karena 1000 hari pertama itu memang hari yang tak terganti dengan apapun ya..

    BalasHapus
  13. Aku suka banget sama susu sapi A2 ini.
    Sungguhan nyaman di perut walau aku minumnya pas belum makan, hehhee..
    Bisa buat diet aku juga yaa..

    BalasHapus
  14. Wah artikelnya lengkap banget nih mbak. Jadi dapat banyak insight setelah baca artikel ini. Terutama tentang pencernaan anak

    BalasHapus
  15. Iya Mak, kalau stress perut suka mules. Tapi aku baru tahu kalau otak dan sistem pencernaan punya hubungan dua arah. Jadi kalau sistem pencernaan terganggu akan ngaruh juga ke otak, ya. Harus lebih perhatian lagi nih sama sistem pencernaan anak.

    BalasHapus
  16. Betul bangett, kadang ngga kerasa kalau hamil. Tau2 udah 7 minggu ajaa. Hiks. Ternyata ada susu yg bagus bangett ini. Aku baru pernah denger, lho. Kebutuhan nutrisi anak2 pun tercukupi ya, Mbak.

    BalasHapus
  17. senang pastinya bisa mantengin live IG yang sarat dengan ilmu soal parenting ya mbak, saya baru tahu kalau kandungan susu ada dua jenis, kalau yg whey ini biasa buat yg suka fitnes, nah yang beta ternyata baik buat pencernaan ya

    BalasHapus
  18. Pencernaan memang harus senantiasa dijaga ya, tak hanya orang dewasa, pencernaan anak anak penting dijaga, karena jika pencernaan kurang baik maka akan mengganggu proses tumbuh kembang anak.. dengan kualitas susu A2 untuk jaga pencernaan anak ya

    BalasHapus