Beberapa hari yang lalu saat Abang baru turun dari mobil jemputan, Abang langsung nyeritain apa yang dia alami hari itu di sekolah.

Abang: Mah tadi Abang dilempar sama temen. Nih tangan Abang jadi berdarah sedikit.
Mama Dian: Loh kok bisa? Dilempar apa Bang?
Abang: Abang dilempar sama temen Abang..
Mama Dian: Iya Abang dilempar apa sama temen Abang?
Abang: Abang yang dilempar mah. Dia tarik Abang terus lempar Abang ke depan sampe Abang jatoh ke lantai..

Mama Dian langsung shock dan kesel dengernya. Iyalah ya, siapa sih ibu yang mau anaknya kenapa-kenapa? Mama Dian pun langsung meminta Abang menceritakan detail kejadiannya, dan bagaimna perasaannya setelah ia 'dilempar' oleh temannya.

Abang: Abang nggak nangis kok mah. Karena temen yang lempar itu ketawa-ketawa abis lempar Abang, Abang juga ikutan ketawa. Tapi terus pas Abang pegang kok tangan Abang perih, ternyata berdarah..
Mama Dian: Terus Abang lapor ke bu guru kan?
Abang: Iya mah, Abang langsung bilangin ke bu guru kok abis itu..

Walaupun kesel banget dengernya, tapi mama Dian masih bersyukur karena Abang ternyata nggak memilih untuk langsung membalas temannya tersebut. Abang lebih memilih untuk melaporkan perbuatan temannya tersebut ke guru kelasnya.

Baru 1 bulan ini Abang jadi anak SD. Sekolah baru, kelas baru, lingkungan baru, dan teman-teman baru. Syukurlah Abang ternyata bisa cepat belajar beradaptasi dengan tema-teman barunya. Dan mampu mengelola emosinya dengan baik saat dia diganggu oleh temannya.

Setelah kejadian tersebut mama Dian kemudian jadi menyadari tingkat kecerdasan emosional Abang. Saat Abang mampu menahan emosinya dan bukannya malah membalas apa yang dilakukan oleh anak tersebut, berarti Abang telah memiliki kecerdasan emosional yang baik.

Kebetulan Abang memang punya pembawaan yang kalem. Sejak TK pun nggak pernah nangis sama sekali di sekolah dan nggak pernah berantem dengan teman sekolahnya. Walaupun cowok, tapi sifat Abang lebih ke sifat yang pendiem dan penurut. 

Oleh karena itu awlnya mama Dian sempet takut kalo Abang bisa jadi sasaran empuk kalo ada perundungan di lingkungan sekolahnya. Tapi alhamdulillah, ternyata Abang udah mampu membela dirinya sendiri dan tau apa yang harus dia lakukan jika dia 'diganggu' oleh temannya.

Sebagai mama millenials, mama Dian paham banget bahwa kecerdasan seorang anak nggak hanya dinilai dari angka-angka yang mereka dapatkan di sekolah. 

Karena mama Dian yakin setiap anak punya kecerdasan mreka masing-masing. Bukan diangka loh ya, namun di bakat yang mereka miliki.

Pas banget nih kemarin mama Dian mengikuti takshow tentang Anak Cerdas Itu pada Media dan Blogger Gathering Cerebrofort yang diselenggarakan di lobby Utama AEON Mall BSD Serpong.


Disana hadir Dra. A. Kassandra Putranto seorang Psikolog yang menceritakan bahwa banyak sekali orangtua yang datang ke kliniknya dan meminta Dr. Kassandra untuk menggali kecerdasan dan bakat yang dimiliki anaknya. Dan Dr. Kassandra pun menanyakan kembali kepada si orangtua, stimulus apa sajakah yang telah diberikan di rumah untuk si anak. Karena ternyata kecerdasan dan bakat anak-anak nggak hanya bisa hadir begitu saja, namun juga memerlukan pancingan atau stimulus dari lingkungan sekitar terutama orangtuanya.

Sesuai dengan Teori Multiple Intelligence, pendapat mama Dian dibenarkan nih oleh Dr. Kassandra. Bahwa ternyata setiap anak memiliki multiple intelligences, IQ, SQ dan EQ.

Dr. Kassandra mengatakan "Cerdas ternyata nggak melulu hanya pintar. Lewat teori Multiple Intelligences, kecerdasan anak anak kita bisa dinilai dari aspek lain."

Menurut Dr. Robert J Sternberg, Kecerdasan adalah merupakan hasil keseinbangan dari kemampuan analitis, kreatif, dan praktik yang berfungsi secara bersamaan sehingga individu dapat mencapai tujuan hidupnya dalam konteks sosio-kultural. 

Ada 3 Aspek yang bisa memaksimalkan kecerdasan anak

Yang pertama adalah Orangtua. Orangtua senantiasa berada disamping anak-anaknya. Oleh karena itu, orangtua memiliki peran penting untuk mengenalkan kecerdasan kepada anak-anaknya. Sejak kecil orangtua bisa mnegenalkan anak-anak ke berbagai stimulus seperti mewarnai, musik, tari, buku bacaan dan lain sebagainya.

Yang kedua adalah Sekolah. Dalam menentukan sekolah anak-anak kita tentunya harus memalui berbagai macam pertimbangan. Karena disekolahlah anak-anak akan belajar banyak hal baru yang berpotensi besar memaksimalkan kecerdasan yang mereka miliki.

Yang ketiga adalah Masyarakat. Masyarakat disini bisa termasuk orang-orang diseitar rumah, orang-orang disekolah, ataupun orang-orang yang mereka kenal lewat teknologi digital. Kumpulan masyarakat ini,  ternyata juga berpegaruh dalam kecerdasan anak-anak kita. Oleh karena itu sebagai orangtua kita harus mengenalkan anak-anak kita pada lingkungan masyarakat yang baik.

Selain itu, Dr. Kassandra juga menjelaskan 2 Faktor penentu kecerdasan anak

Yaitu adalah Nature dan Nurture. Nature maksudnya adalah kecerdasan yang dibawa via genetikdan biologis. Aspek nature ini meliputi kapasitas intelektual, potensi alami anak dan karakteristik fisik. Dan memang ternyata ada bakat alami anak yang diturunkan langsung sari orangtuanya. 

Dan Nurture merupakan paktor penentu kecerdasan anak yang berasal dari luar atau lingkungan yaitu bisa berasal dari asupan gizi, stimulus orangtua dan guru serta  lingkungan si anak tersebut

Dr. Kassandra juga mengatakan orangtua tidak boleh melupakan doa dan ikhtiar sebagai penentu kecerdasan anak-anak kita. Doa dan ikhtiar tentu saja penting untuk mengimbangi aspek nature dan nurture kecerdasan anak-anak kita. Semua bakat alami yang dimiliki anak, tidak akan bisa berfungsi maksimal jika orangtua tudak melakukan ikhtiar dengan memberikan media untuk mengasah bakat tersebut.

Generasi Titanium untuk masa depan anak-anak Indonesia

Karena emas aja nggak cukup, kita harus membuat generasi titanium yang tahan banting dan tahan lebur untuk penggambaran generasi masa depan anak-anak kita. Dan ternyata 4 pilar kecerdasan Cerebrofort yang diwakilkan oleh 4 zona yang ada pada acara Cerebrofort ini sesuai banget loh dengan Generasi titanium ini.

1. Kreatif

Anak yang cerdas adalah anak yang kreatif. Setuju nggak sih mams? Kalo mama Dian sih setuju banget karena dengan kreatifitas, anak-anak bisa berpikir dan menemukan solusi atau sudut pandang baru yang membantu mereka menyelesaikan masalah-masalah unik yang akan dihadapi di jaman globalisasi dan digital ini.



Nah pada zona Kreatif Cerebrofot pada Lobby AEON Mall BSD kemarin, ada banyak stimulus yang diberikan kepada anak-nak supaya mereka semakin kreatif. Salah satunya adalah Science for Kids dari Enginering for Kids. Ada pisang yang bisa jadi piano loh. Nah gimana bisa pisang jadi Piano? Biarkan anak-anak mengasah kreatifitasnya dengan mengawasi dan bermain dengan science pada zona kreatif ini.

Kalo untuk Una dan Abang, mama Dian suka mengasah kreatifitas mereka dengan memberikan peralatan gambar dan crafting lengkap untuk mereka berkreasi. Kebetulan Una juga suka banget nih bikin cerita komik, jadi mama Dian selalu dukung Una dengan membaca dan mengoreksi semua cerita komik yang dia buat.

2. Peduli

Anak yang cerdas adalah anak yang memiliki rasa kepedulian dan empati serta kasih sayang kepada sesama. Rasa peduli tersebut merupakan suatu tanda bahwa anak memiliki kecerdasan sosial-emosional.

Dan ternyata sudah ada penelitiannya loh, bahwa manusia yang memiliki kemampuan sosial--emosional dapat menjalin hubungan dan benekrjasama dengan lebih baik serta prestasi akademiknya juga dapat meningkat.


Pada zona Peduli ini ada sebuah box yang disediakan oleh Cerebrofort sebagai tempat berbagi anak-anak kita untuk anak-anak yang membutuhkan. Dengan memberitahukan kepada anak-anak kita bahwa masih banyak anak yang kurang mampu diluar sana, kita juga bisa mengajak anak-anak untuk menyumbangkan sebagian barang yang layak pakai untuk teman-temannya yang kurang beruntung.

Dan sedihnya, kemarin banyak sekali saudara-saudara kita di lombok yang terkena bencana gempa. Melalu tayangan-tayangan gempa itulah mama Dian juga mencoba untuk menjelaskan kepada Una dan Abang tentang berbagi. Dan menyisihkan uang jajan mereka untuk membantu para korban gemmpa di Lombok. Semoga bencana di lombok segera usai, dan semuanya bisa kembali lagi seperti sedia kala. Aamiin.

3.  Berani

Karena anak cerdas itu berani. Dengan keberanian yang dimiliki si anak dapat melakukan eksplorasi dan hal-hal positif lainnya. Karena keberanian juga akan menumbuhkan kepercayaan diri, asertivitas dan kemandirian pada anak. Yang apda akhirnya akan membentuk keberanian dalam bersikap, mengambil keputusan dan tindakan serta kesiapan menghadapai rintangan di depan.


Nah pada zona berani ini disediakan fotografer dan background foto untuk anak-anak yang akan mengikuti audisi Pemilihan Model Cover SBH 2018 sebuah event yang juga diselenggarakan oleh Cerebrofort yang bekerjasama dengan Tabloid Si Buah Hati (SBH).

Dengan mengajak anak kita untuk mengikuti pemilihan Cover Model SBH ini, tentunya kita juga mendorong anak-anak untuk berani mencoba sesuatu yang baru dan untuk lebih percaya diri.



Selain event tersebut Cerebrofort bersama SBH juga mengadakan event "Kids Got Talent" 2018. Lewat ajang "Kids Got Talent" anak-anak bisa menunjukkan bakat yang ia miliki. Bisa menyanyi, menari, bermain alat musik, modelling dan lain sebagainya, dan semua itu bisa dilakukan sendiri ataupun berkelompok hingga 8 orang.

Audisi akan dilakukan di beberapa kota di Indonesia loh. Hadiahnya juga besar banget, ada uang ratusan juta rupiah plus liburan ke Universal Studio Singapore! Untuk keterangan lebih lanjut silakan klik www.sangbuahhati.com yaa~

4. Sehat

Anak yang cerdas adalah anak yang sehat. Karena jika anak kita sehat maka mereka bisa belajar dan bereksplorasi untuk memaksimalkan kecerdasan mereka.

Anak yang sehat adalah anak yang optimal pertumbuhan dan perkembangannya. Pertumbuhan anak biasanya meliputi ukuran fisik dan struktur tubuh seperti tinggi badan, lingkar kepala dan berat badan. Sedangkan perkembangan anak artinya bertambahnya kemampuan dan fungsi tubuh. Seperti kemampuan motorik kasar dan halus, sosialisasi dan kemandirian.

Pertumbuhan dan perkembangan ini akan terjadi secara simultan dan berkesinambungan. Jika anak tumbuh dengan normal berat badan dan tinggi badannya, maka akan diikuti pula dengan bertambahnya kemampuan dan fungsi tubuhnya.



Untuk membuat anak-anak sehat tentunya kita nggak boleh melupakan asupan makanan dengan gizi seimbang dan tambahan vitamin yang diperlukan ya. 

A2G untuk Generasi Titanium Anak Indonesia

A for Attitude and Achievement
Anak indonesia tentunya harus memiliki attitude atau sikap dan perilaku yang baik. Serta sebagai orangtua tentunya kita tidak boleh lupa memberikan achievemen atau penghargaan kepada anak-anak kita. 

B for Big Brain and Heart
Kita harus memaksimalkan tumbuh kembang otak anak dengan asupan yag tepat dan bergizi mulai dari dalam kandungan hingga mereka lahir dan menjalani masa 1000 hari ertama kehidupannya. Itulah mengapa setiap dokter selalu mengecek lingkar kepala anak-anak kita, karena mereka terus memantau pertumbuhan otak yang jadi kunci utama kecerdasan anak-anak kita.

C for Care and Love
Orangtua harus mengisi juwa dan pikiran anak anak dengan cinta dan kasih sayang. KArena anak bisa menjadi anak yang peduli jika melihat lingkungan yang juga peduli di sekitarnya. Begitu juga dengan cinta, anak bisa mencintai denganbaik jika dia juga dicintai dengan sepenuh hati.

D for Dance and Excercise
Jauh-jauh deh dari istilah mager atau malas gerak. Karena ternyata banyak bergerak itu memiliki manfaat yang baik untuk anak-anak kita. Anak yang sehat juga merupakan anak yang aktif tentunya.

E for Eat Healthy Foods and Drinks
Berikan asupan makanan yang baik untuk anak-anak kita. Hindari makanan yang terlalu banyak minyak, garam dan gula.

F for Fun Edutainment
Berikan pendidikan yang tepat nan menyenangkan untuk anak-anak kita. Karena anak-anak ternyata bisa memaksimalkan kecerdasannya jika belajar dengan menyenangkan loh.

G for Good Quality of Sleep
Perhatikan juga durasi tidur anak-anak kita. Jangan sampai mereka bermain gadget hingga malam hari dan mngorbankan waktu tidurnya. Karena anak-anak membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk masa pertumbuhannya.

Metode A2G ini bisa juga menjadi tolak ukur apakah anak kita merupaan anak-anak yang sehat atau tidak. Coba dibuat ceklis satu-satu dari A hingga G diatas ya Mams, untuk mengukur apakah anak-anak kita sudah tumbuh dan berkembang dengan baik.


Selanjutnya adalah penjelasan dari dr. Claudia Anggi yang akan menjelaskan tentang Anak Cerdas Itu adalah anak yang sehat dan memperhatikan asupan gizinya dengan baik. 


Berbicara mengenai asupan makanan yang sehat, jangan lupakan pedoman kerucut gizi seimbang. 

Roti, nasi dan makanan yang terbuat dari tepung mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk anak-anak kita. Hindari pemberian minuman manis yang berlebihan untuk anak-anak ya Mams, karena gula yang terkandung di dalamnya adalah karbohidrat simpel yang kurang baik untuk anak-anak kita. 

Untuk snack time, jangan melulu memberikan sweet treats berupa kue atau makanan manis. Agar lebih sehat, semua makanan manis bisa diganti dengan buah-buahan. 

Hindari juga makanan yang digoreng, terlalu asin dan terlalu manis untuk anak-anak kita. Usahakan buat menu bervariasi untuk makanan anak-anak sehari-hari.

Jangan lupa berikan 2 nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang otak anak-anak kita. Makronutrien yaitu karbohidrat, lemak dan asam lemak (AA, DHA, OMega 3 dan 6 untuk kecerdasan) dan Protein untuk pertumbuhan sel dan fungsi otak serta perlindungan infeksi. Dan Mikronutrien yaitu Mineral contohnya zat besi untuk pembentukan Myelin dalam otak dan vitamin seperti asam folat untuk pertumbuhan sel sel otak.


Selanjutnya adalah penjelasan dari Bapak Johan Leo selaku perwakilan dari Cerebrofort. Ternyata Cerebrofort sudah ada sejak 45 tahun yang lalu loh. Dan cerebrofort juga ingin mengambil peran serta dalam mencerdaskan anak-anak bangsa lewat asupan vitamin dan mineral dalam beberapa produk Cerebrofort.


Cerebrofort Gold merupakan multivitamin syrup yang diperkaya dengan minyak ikan untuk kecerdasan anak dan tumbuh kembang optimal. Tersedia dalam dua rasa yaitu strawberry dan orange. Serta dua ukuran yaitu 100ml dan 200ml.

Cerebrofort Gold mengandung AA+DHA+EPA+Asam Folat+Asam L Glutamat yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Lysine yang berguna untuk menambah nafsu makan. Biotin yang berguna untuk metabolisme asam lemak, kolesterol, dan asam amino (Protein), sehingga gizi anak tetap terjaga. Asam Folat + Vit B12 untuk pembentukan sel darah merah. Vitamin A untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin B Komplek untuk membantu metabolisme tubuh. Vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh dan vitamin D untuk membantu pembentukan tulang dan gigi.


Tersedia juga Cerebrofort Marine Gummy. Satu satunya gummy sehat yang mengandung minyak ikan tuna serta diperkaya dengan omega 3 dan 6 (DHA dan EPA) yangbaik untuk kecerdasan otak. Cerebrofort Marine Gummy tersedia dalam rasa strawberry, orange, mango, grape, dan mixed fruits.

Cerebrofort Marine gummy mengandung DHA : EPA = 4.1 yang mirip dengan ASI sehingga mudah diserap oleh tubuh.
 

Pas banget diacara kemarin, ada booth khusus yang menjual produk Cerebrofort. Mama Dian langsung beli deh buat oleh oleh Una dan Abang di rumah. 


Kebetulan Abang emang suka banget nih sama Cerebrofort Gummy. Karena gummy ini merupakan gummy sehat, jadi mama Dian lebih tenang dong ya memberikan gummy sehat yang kaya akan omega 3 dan 6 ini kepada Una dan Abang.

Orangtua-orangtua zaman dahulu biasanya  sih menilai kecerdasan anak dengan angka-angka yang mereka terima di rapot sekolah. Kalo dulu, mungkin anak yang cerdas adalah anak yang dapet ranking 10 besar.

Tapi kalo jaman sekarang sih, InshaaAllah mama mama millenials udah punya pemikiran yang berbeda tentang kecerdasan anak-anaknya yaaaa?


Mama Dian pun sekarang bersyukur banget karena tau bahwa Abang memiliki EQ yang baik untuk menghadapi masalah-masalah di sekitarnya. Semoga bisa semakin berteman baik serta semakin kompak dengan teman-teman sekelas ya Bang.. Aamiin.

Mama Dian pun percaya bahwa tidak ada anak yang tidak cerdas. Setiap anak punya kecerdasan mereka masing-masing. Dan tugas kita sebagai orangtuanyalah untuk selalu mendukung kecerdasan anak-anak kita. Termasuk salah satunya adalah melengkapi asupan untuk anak-anak kita dengan Cerebrofort Gold dan Cerebrofort Gummy.

InshaaAllah mama Dian aku semakin rajin juga untuk mendukung kecerdasan yang dimiliki oleh Una dan Abang. Karena #AnakCerdasItu tidak melulu dari nilai akademis namun juga harus  berani, kreatif, peduli dan juga sehat. Yuks mams, kita dukung selalu kecerdasan anak-anak kita!
Kereta Api Mini di TMII, Wahana Kereta Api yang Asyik untuk Mengelilingi TMII. Sampai saat ini, TMII masih menjadi salah satu tempat wisata pilihan untuk mengisi waktu libur keluarga di Jakarta. Selain karena banyaknya museum dan taman hiburan untuk anak-anak, TMII juga punya wilayah yang luas ya. Nggak akan cukup deh mengunjungi semua tempat yang ada di TMII cuma dengan waktu sehari. 

Salah satu kebiasaan mama Dian kalo ke TMII pasti pengennya muterin TMII dulu buat memnatau dan ngeliat-liat semua tempat wisata yang tersedia. Kurang puas deh rasanya kalo belum muter-muter di TMII. Hihi.

Tapi saking ramenya TMII, kadang jalanan di dalemnya aja sampe macet ya nggak sih? Sebel ya kena macet di TMII. Huhu. Jadi daripada muter-muter naik mobil atau motor. mama Dian lebih milih muter-muter TMII naik Kereta Api Mini aja!

Kereta Api Mini TMII Wahana Asik di TMII

Kereta Api Mini, wajah baru dari kereta rel bawah yang ada di TMII. Iyes beneran, sekarang kereta api TMII yang relnya dibawah itu, punya 'wajah baru' loh sejak tahun 2017.

Jadi setelah dibiarkan vakum selama 4 tahun, Kereta Api ini diambil alih oleh PT. Polindo Jasa Utama. Untuk di renovasi dan diberikan 'wajah baru'.

Sejak tahun 2016 telah dilakukan renovasi stasiun, ticketing, dan lokomotif. Dan pemeliharaan rel-rel yang selama ini sudah terabaikan sejak 4 tahun lamanya.

Nih, yuk kita lihat tampilan baru dari Kereta Api Mini TMII~

Kereta Api Mini TMII Wahana Asik di TMII

Kereta Api Mini TMII Wahana Asik di TMII

Stasiun utama Kereta Api Mini ini terletak tak jauh dari gedung Sasana Adiguno. Harga tiket Kereta Api Mini ini adalah Rp. 20.000,- untuk weekday dan Rp. 25.000,- untuk weekend. Tersedia juga tiket terusan untuk SS Waterpark atau 4D Rider yang dapat dibeli pastinya dengan harga yang lebih murah.


Kereta Api Mini TMII Wahana Asik di TMII

Oh iya, tiket Kereta Api Mini ini ternyata berbentuk kartu seperti tiket KRL loh. Ada 6 desain kartu yang tersedia, dengan tema Indonesia. Untuk menggunakan kartu ini kita harus memberikan deposit sebesar Rp. 10.000,- di setiap kartu, yang akan dikembalikan saat kita mengembalikan kartunya ke loket. Atau kalo mau dibawa pulang dan dikoleksi kartunya, juga boleh banget kok. Desainnya lucu lucu soalnyaaaa~

Oh iya, sama seperti di SS Waterpark. Pembelian tiket dapat dilakukan via online seperti Traveloka, Lakupon dan Fave dengan harga yang lebih murah. Jadi kalo mau lebih hemat, cuss beli via online dulu ya tiketnya.

Kereta Api Mini TMII Wahana Asik di TMII

Disamping loket ticketing juga ada lokomotif yang bisa dibuat foto foto loh. Plus ada tempat makan juga. Semuanya keliatan baru, rapi dan teratur banget nih.

Kereta Api Mini TMII Wahana Asik di TMII

Untuk ticketingnya juga menggunakan sistem tap kartu loh. Persis seperti KRL ya. Jadi buat anak-anak pasti seru banget, karena mereka bisa ngetap kartunya sendiri utuk naik Kereta Api Mini ini.

Kereta Api Mini TMII Wahana Asik di TMII

Kereta Api Mini TMII Wahana Asik di TMII

Selanjutnya mari menunggu di sisi sebrang stasiun Kereta Api Mini ini, untuk para penumpang keberangkatan yaaa. Tuh liat antusias penumpangnya, hampir full loh 1 perjalanan.

Kereta Api Mini TMII Wahana Asik di TMII

Akhirnya dateng juga nih kereta, kita langsung naik yuk!

Kereta Api Mini TMII Wahana Asik di TMII

Kereta Api Mini TMII Wahana Asik di TMII

Kereta Api Mini mempunyai 2 lokomotif yang daya tarik gerbongnya berbeda-beda. Untuk lokomotif kecil, hanya bisa mengangkut 2 gerbong saja, sedangkan lokomotif besar bisa mnegangkut hingga 4 gerbong. 1 gerbong bisa diisi dengan kurang lebih 30 penumpang.

Dan tema setiap gerbong di Kereta Api Mini ini adalah kepulauan Indonesia, dengan warna yang juga berbeda-beda. Gerbongnya dibuat terbuka supaya penumpang bisa melihat TMII secara lebih leluasa sambil merasakan semilir-semilir angin juga ya tentunya. Hihi

Kereta Api Mini TMII Wahana Asik di TMII

Oh iya, sebelum berangkat, setiap pengunjung cilik juga diberikan balom merah dari Kereta Api Mini loh. Duh, makin seneng ya asik-asik naik kereta sambil pegang balon. Hehehehe.

Yuk kita mulai berkeliling TMII menggunakan Kereta Api Mini!

Kereta Api Mini TMII Wahana Asik di TMII

Kereta Api Mini TMII Wahana Asik di TMII

Kereta Api Mini TMII Wahana Asik di TMII

Kereta Api Mini TMII Wahana Asik di TMII

Jadi kemana aja nih rute muternya Kereta Api Mini? Kayanya sih hampir mengelilingi seluruh tempat wisata dan rumah adat di TMII ya. Durasi perjalanannya aja 30 menit. Banyak banget musium yang di lewati, lewat ke Taman Akuarium Air Tawar juga, Taman Legenda, Musium Transportasi, Musium Komodo, Taman Burung,Skyworld dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Kereta Api Mini TMII Wahana Asik di TMII

Oh iya saat ini penumpang baru bisa menaiki Kereta Api Mini di Stasiun Utama dan Stasiun kedua yang juga merupakan Bengkel Kereta Api Mini ini. Kelak akan dibuat 2 shelter lain untuk tempat penumpang naik dan turun, yaitu di Musium Komodo dan Skyworld. Supaya makin asik nih jalan-jalan di TMII naik Kereta Api Mini ini.

Kereta Api Mini TMII Wahana Asik di TMII

Nggak berasa udah 30 menit perjalanan, akhirnya keretapun berhenti di Statiun Utama untuk mengakhiri perjalanan. 

Kereta Api Mini TMII Wahana Asik di TMII

Tepat di depan Stasiun Kereta Api Mini ini juga ada Bioskop Mini 4 Dimensi yang tiketnya Rp. 25.000,- aja per 1 film. Oh iya, tiketnya bisa dibeli dengan harga lebih murah loh kalo kita sekaligus beli tiket bundling Kereta Api Mini. Hihi.

Kereta Api Mini TMII Wahana Asik di TMII
Mas Erwin tengah bercerita tentang Kereta Api Mini.

Seharian menghabiskan waktu weekend puas banget nih main air di SS Waterpark dan naik Kereta Api Mini. Terima kasih banyak kepada Pak Erwin dan mbak Vivi yang udah selalu setia nemenin kita menikmati SS Waterpark dan Kereta Api Mini, sekaligus menceritakan sejarah dibaliknya. Terima kasih banyak atas keramah tamahannya ya Mas Erwin, mbak Vivi dan segenap staff SS Waterpark dan Kereta Api Mini!

Alhamdulilah hari itu Una dan Abang puas banget seharian ke TMII. SS Waterpark dan Kereta Api Mini merupakan padanan yang pas untuk menghabiskan waktu sehari di TMII. 

Jadi buibu, kalo mau muterin TMII nggak pake capek, langsung aja naik Kereta Api Mini ya! Nyaman banget, dan selama 30 menit kita bisa menikmati seluruh TMII dengan nyaman. 

Fix deh liburan Asian Games mau balik lagi ah ke SS Waterpark dan naik Kereta Api Mini. Seru banget nih soalnyaaaašŸ˜Kereta Api Mini di TMII, Wahana Kereta Api yang Asyik untuk Mengelilingi TMII.

Biar nggak ketinggalan promo-promo menarik dari Kereta Api Mini,
Langsung aja follow Instagramnya di @keretapimini
SS WATERPARK, Kolam Renang Anak Terbaru di TMII. Happy weekend! Udah ada rencana kemana nih buat ajak anak-anak weekend? Alhamdulillah banget sekolah Una dan Abang termasuk dalam salah satu sekolah yang diliburkan dari tanggal 18 Agustus - 2 September dalam rangka Asian Games 2018.

Anak-anak sih happy banget karena bakal libur panjang setengah bulan. Nah mama Dian nih yang mulai pusing dan harus muter otak ajak anak anak liburan supaya nggak jenuh di rumah. 

Eh terus mama Dian keingetan sama satu waterpark anak baru yang ada di TMII,  dulu nama kolam renangnya adalah Sendang Sejodo. 

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

Nah sekarang Sendang Sejodo udah punya 'tampilan' baru loh! Nggak cuma tampilannya aja yang baru, namanya juga baru. Kolam renang Sendang Sejodo kini dinamai SS Waterpark! Kebetulan beberapa Minggu lalu, mama Dian, Una, Abang dan papa Api mendapat undangan khusus untuk bermain air di SS Waterpark ini bersama dengan teman-temang blogger dari Blogger Perempuan.

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

Untuk sampai ke SS Waterpark, kita harus memasuki gerbang utama Istana Anak-anak. Karena kolam renang SS Waterpark ini berada tepat di dalam Istana Anak Anak TMII. Untuk tiket masuk ke Istana Anak-Anak hanya dikenai biaya sebesar Rp. 10.000,- aja.

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

Cerita dibalik tampilan baru Kolam renang Sendang Sejodo, dengan nama baru SS Waterpark


Sejak tahun 2017 lalu, ternyata pengelolaan kolam renang Sendang Sejodo telah diambil alih oleh PT. Asia Mulla Perkasa. Lewat tangan PT. Asia Mulla Perkasa inilah kolam renang Sendang Sejodo dipercantik dan diberi nama baru. Dan SS Waterpark ini resmi dibuka sejak April 2018 lalu.

Nama Sendang Sejodo dianggap terlalu panjang dan kurang earcatching untuk anak-anak, oleh karena itu PT. Asia Mulla Perkasa menyingkatnya menjadi SS dan menambahkan waterpark dibelakangnya. Sesuai dengan tampilan baru Sendang Sejodo yang kini menjadi taman bermain air untuk anak-anak.

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

Salah satu ciri khasa dari kolam renang Sendang Sejodo yang tetap kita temui di SS Waterpark adalah replika air terjunnya nih, plus ada juga replika kapal di pinggir kolam. Yang memang sesuai dengan tema dari SS Waterpark yaitu alam dan lautan.


Untuk harga tiket masuk, masih tetap terjangkau banget kok! Yaitu hanya Rp. 20.000,- untuk weekday dan Rp. 25.000,- untuk weekend. Masih terjangkau banget kan dikantong? Apalagi kalo dibandingkan fasilitas dan kualitas waterpark yang masih super kinclong ini. 

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

Seseru apa sih main di SS Waterpak?

Sini sini, saksikanlah keseruan bermain air di SS Waterpark lewat foto foto hasil jepretan papa Api di bawah ini yaaaaa~

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

Ini dia salah satu fasilitas baru di SS Waterpark, yaitu Ember Tumpah. Yang pasti seru banget ya nungguin ember ini penuh hingga tumpah dan membasahi kita semua yang berada di bawahnya.

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

Ada 2 kolam di SS Waterpark ini, yaitu kolam pertama yang memiliki kedalaman 40cm. Kedalaman yang aman banget nih untuk mainnya anak-anak. Orangtua nggak perlu ikut nyemplung juga nggak apa-apa, yang penting tetap mengawasi dari pinggir ya.

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah


Kolam kedua adalah kolam yang memiliki kedalaman 90cm. Nah untuk di kolam ini, mungkin adik-adik kecil perlu diawasi langsung oleh para orangtuanya yaaaaa.

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

Dua kolam renang tersebut benar-benar masih terlihat bersih dan kinclong banget kan? Ya iya dong, karena seluruh ubinnya memang telah diperbarui serta memiliki penambahan beberapa seluncuran di setiap kolamnya, dan terntunya terlihat jauh lebih warna warni dibanding sebelumnya.

Untuk keamanannya sendiri, terdapat 3 lifeguard yang siaga berjaga di pinggir kolam untuk mengawasi setiap orang yang sedang bermain di kolam. Jadi untuk keamanan, udah pasti terjamin ya!

Nah sekarang mama Dian mau kasih liat beberapa fasilitas penunjang dari SS Waterpark ini.

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

Di SS Waterpark tersedia loker untuk menyimpan barang berharga kita selagi kita bermain air. Biaya sewa lokernya hanya Rp. 20.000,- sudah termasuk depositnya juga ya. Loker ini terletak tepat setelah pintu masuk bagian dalam SS Waterpark.

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

Di sisi khusus perempuan ini terdapat kamar mandi dan kamar bilas yang juga kebersihannya nggak perlu diragukan lagi.

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

Kamar mandi di SS Waterpark ini memiliki toilet yang bersih beserta watergun, dan wastafel dengan kaca yang besar di dalamnya.

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

Di sisi khusus laki-laki ini, juga terdapat WC dan kamar mandi yang juga nggak kalah bersih dibanding sisi khusus perempuan.

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

Tersedia juga kamar bilas campuran untuk mama-mama yang punya anak laki-laki tapi bingung mau bilasin anaknya di kamar mandi perempuan (tapi pasti si anak malu karena banyak anak perempuan) atau kamar mandi laki-laki (nah ini mamanya yang malu, masa masuk ke kamar bilas laki-laki. Hihihi). 

Jadi seperti mama Dian kemarin nih, bilas Una dan Abang di kamar bilas campuran ini aja. Walaupun kemarin kesana hari minggu, tapi kondisi kamar bilas ini juga nggak rame-rame banget kok. Malah sempet kosong waktu mama Dian mau bilasin Una dan Abang.

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

Di SS Waterpark juga tersedia fasilitas ya g nggak kalah penting di tempat rekreasi yaitu Musholla. Musholla di SS Waterpark ini terletak di atas ruang bilas campuran. Mushollanya cukup besar dan nyaman. Tersedia juga perlengkapan solat bersih yang dapat pengunjung gunakan, serta tempat wudhu dan kamar mandi di sebelah musholla ini. 

Sayangnya kemarin belum ada pemisah antara laki-laki dan perempuan di musholla ini. Semoga kedepannya dibuat tirai pemisah antara laki-laki dan perempuan pada musholla SS Waterpark ini yaaaaa.

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

Ada juga fasilitas gazebo yang dapat disewa Rp. 50.000,- perhari. Setiap ruangan gazebonya tergambar mural-mural yang lucu, dengan kebersihan yang selalu dijaga oleh petugas kebersihannya. Tersedia juga colokan listrik di setiap ruang gazebonya, dan juga wastafel yang terletak di sisi samping gazebo ini.

Ada juga fasilitas kantin yang sayangnya belum terlalu lengkap ya menunya. Tapi setiap pengujung diperbolehan membawa makanan dan minuman dari luar kok. Jadi lebih hemat kan kalo ngebekel aja dari rumah? Hihihi.

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

Selain penyewaan loker dan gazebo, SS Waterpark juga menyediakan penyewaan ban kecil, ban besar, pelampung dan juga tiker loh. Semua itu bisa disewa dengan harga yang tertera diatas yaaaaa.

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

Selesai main air 2 jam lamanya, kemudian disambung dengan makan siang. Una dan Abang ternyata masih belum puas foto foto di SS Waterpark ini. Jadi mama Dian fotoin Una dan Abang di spot kece di SS Waterpark. Yaitu, di replika perahu dan di bawah replika air terjun.

SS WATERPARK TMII Waterpark Jakarta Murah

Hari itu 10 blogger dan keluarganya puas banget bermain air di SS Waterpark ini. Kalau menurut pendapat aku sendiri SS Waterpark ini wahana bermain air yang pas banget untuk anak-anak. TEmpatnya juga masih super kinclong dan bersih, dengan harga yang cukup terjangkau juga. Bisa banget nih jadi tempat wisata pilihan jika berkunjung ke TMII. Anak anak dijamin happy banget nih main air disini.

Oh iya SS Waterpark juga terbuka untuk acara rombongan seperti piknik sekolah atau gathering kantor, harga tiket untuk 30 orang akan mendapatkan diskon khusus tentunya.

Dan aku mau kasih tau 1 rahasia lagi, tiket SS Waterpark ternyata lebih murah jika dibeli via traveloka, fave dan lakupon. Ada juga tiket bundling Kereta Api Mini + SS Waterpark yang kalo dibeli sekaligus hitungannya juga jadi lebih hemat. 

Eh ngomong-ngomong udah pada tau belum sih kalo TMII juga punya Kereta Api dengan wajah baru yang namanya adalah Kereta Api Mini. Penasaran kaya gimana? Nanti aku ceritakan di postingan selanjutnya yaaaaaa~

Terima kasih banyak aku ucapkan untuk Mas Erwin, mbak Vivi dan segenap tim dari SS Waterpark dan Kereta Api Mini yang selalu setia menemani teman-teman blogger disana kemarin. Nggak cuma asik waterparknya, tapi selutruh staffnya juga ramah-ramah loh! Hihi.

Jadi untuk buibu yang bingung mau ajak anaknya liburan kemana pas weekend atau pas libur Asian Games besok, nggak usah bingung bingung lagi. Langsung aja cobain kolam renang atau waterpark baru di jakarta dengan harga yang terjangkau, alias SS Waterpark TMII. Wahana bermain anir anak yang menyenangkan, dengan kebersihan yang terjaga dan harga tiket masuk yang terjangkau. 

Jadi jangan lupa ajak anak-anak ke SS Waterpark kalau main-main ke TMII ya buibuuuuu~ SS WATERPARK, Kolam Renang Anak Terbaru di TMII.

SS Waterpark TMII 
(Di dalam Istana Anak-anak TMII)
Ceger, Cipayung, Jakarta Timur
(021) 22879951

Jangan lupa follow Instagram SS Waterpark agar nggak ketinggalan promo-promo menariknya ya!
Follow Instagramnya di @SSWaterpark

Custom Post Signature

Custom Post  Signature