Shout out to ibu rumah tangga di seluruh Indonesia: Kalian hebat dan luar biasa! Karena menjadi seorang ibu rumah tangga sesungguhnya memang bukan sebuah hal yang simpel. Coba sebutkan berapa jam dari 24 jam waktu sehari yang bisa kita dapatkan untuk diri kita sendiri?

Kadang bisa tidur tepat waktu dan nyanyak semalaman tanpa gangguan aja, udah jadi berkah sendiri untuk para ibu rumah tangga. Walaupun keliatannya cuma dirumah aja seharian, tapi kadang waktu yang kita lewati memang jarang untuk diri sendiri ya?

Jadi ibu rumah tangga harus pintar membagi waktu antara mengurus rumah, memasak, mengurus anak, mengurus suami dan juga mengurus diri sendiri. 

Saat baru memiliki 1 anak, mama Dian masih bisa handle semua urusan beres-beres rumah walau sambil ngos-ngosan. Tapi pas anak kedua lahir tepat di usia kakaknya masih 1 tahun 1 bulan, mama Dian merasa membutuhkan seorang asisten rumah tangga (ART). Jadi sampe sekarang, alhamdulillah banget sih untuk urusan beres-beres rumah, mama Dian dibantu oleh ART.

Karena urusan beres-beres rumah memang nggak sesimpel yang kita pikirkan ya. Menyapu, mengepel, cuci baju, menyetrika, dan cuci piring adalah rutinitas harian yang harus dilakukan demi mewajudkan rumah yang bersih dan nyaman.

Dan menjelang lebaran gini, biasanya para ibu rumah tangga dihadapkan pada satu kenyataan yang sulit dihindari, yaitu drama ART mudik.

Sudahkan kamu menyiapkan hati dan tenaga saat ditinggal ART mudik nanti, wahai ibu rumah tangga?

Salah satu kenangan masa kecil saat bulan Ramadan, yang masih teringat dan terus dilakukan hingga sekarang: Beres-beres rumah terutama ruang tamu menjelang Lebaran.

Ini udah pastiii banget dilakukan menjelang Idul Fitri. Biasanya papa mulai bersih-bersih seluruh sudut rumah terutama ruang tamu, mulai H-3 Lebaran. Bertepatan banget dengan repotnya urus urusan rumah tangga karena ART juga udah ambil cuti lebaran.

Kalo beresin rumah jauh-jauh hari sebelumnya atau pas ART belum cuti lebaran, sudah bisa dipastikan bakal kembali berantakan di hari-H Idul Fitri nanti, ya. Terutama kalo dirumah ada 3 krucil yang hobi banget mengeksplor seluruh isi rumah (baca: berantakin mainan dimana-mana).

Jadi kadang sambil disambi bantuin masak opor ayam dan kawan-kawannya, mama Dian juga bantuin angkat-angkat kursi dan elap-elap debu sampe beresin halaman. Fyuh.. Udah kebayang lelahnya nih dari sekarang😅

Kalo urusan cuci baju mungkin masih bisa dihandle oleh mesin cuci. Tapi urusan nyetrika, nyapu dan ngepel yang kadang suka bikin ribet yaaaa. Atau pas ditinggal ART mudik, cuma gosok baju yang penting-penting aja? Biar nggak ribet, baju rumah kadang nggak perlu disetrika, tapi langsung dilipet aja ya pas udah diangkat dari jemuran. Plus, nyapu dan ngepel rumah jadi per dua hari sekali aja.

Agar terbebas dari drama saat ART mudik

Drama, oh drama.. Pastinya memang selalu ada drama ya disetiap cobaan kehidupan.Tapiiiii, dipostingan kali ini, mama Dian mau ajak mama mama yang lain untuk terbebas dari drama Saat ART mudilk. Gimana caranya?

Gampang, coba deh download ajah aplikasi GO-LIFE di smartphone kamu.

Udah didownload? Sekarang pilih GO-CLEAN, dan pilih Paket Ramadan. Nah di dalam Paket Ramadan GO-CLEAN ini, ada paket Infal.

Review-GO-CLEAN-Paket-Infal-Ramadan


Paket Infal dari GO-CLEAN ini merupakan layanan kebersihan seharian dengan pilihan durasi 4-6 jam. Mitra GO-CLEAN, bisa banget membantu kita mulai dari menyetrika hingga membersihkan ruangan mulai dari kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, ruang makan, ruang keluarga, hingga teras atau balkon kita.

Pas banget pula, ART mama Dian izin 2 hari karena harus menemani ibunya yang sakit. Jadilah akhirnya mama Dian memutuskan untuk menggunakan jasa bersih-bersih GO-CLEAN aja untuk membantu membereskan rumah.

Pengalaman Pertama Menggunakan Paket Infal Ramadan Go Clean

Cara memesan layanan Paket Infal Ramadan GO-CLEAN ini sesungguhnya memang mudah sekali. Langsung aja buka aplikasi GO-LIFE di smartphone, lalu pilih "GO-CLEAN", "Paket Ramadan" dan kemudian "Paket Infal". Masukan jumlah jam yang kamu inginkan.

Kemudian pilih preferensi penyedia jasa: Bisa pilih wanita, pria atau serahkan saja pada aplikasinya. Kalo kemarin mama Dian sih pilih wanita ya, biar nyaman aja pas beres-beres di dalam rumah.

Selanjutnya pilih waktu dan lokasi pesanan. Nah, jadi kamu bisa pesen lewat aplikasi di malam hari, untuk keesokan harinya. Maksimal tanggal pilihannya adalah 2 hari setelah memesan di aplikasi. Jadi kalo pesennya pas hari Senin, kita bisa minta mereka datang di hari Rabu juga loh. Waktunya juga bisa kita tentukan sendiri, mau pagi, siang, sore, bebas!

Kemudian masukan alamat, dan jangan lupa masukan referral kodenya juga (biar dapet diskon 😝). Klik pilihan "Pesan", dan tunggu aplikasinya mendapatkan penyedia jasa yang kita inginkan ya.

Kemarin setelah aplikasi memberitahukan bahwa mama Dian sudah mendapatkan penyedia jasa yang mama Dian mau, kemudian si ibu GO-CLEAN tersebut langsung mengirimkan mama Dian sms untuk memastikan kedatangan dan juga alamat rumah. Selanjutnya tinggal tunggu dateng ajadeh~

Alhamdulillah Ibu GO-CLEAN yang bernama Ibu Siti Hawa ini juga datang tepat waktu. Dan setelah memasuki pagar rumah, Ibu Siti ini juga menyapa dengan hangat. Mama Dian langsung aja menjabarkan beberapa spot rumah yang ingin mama Dian bersihkan. Dan Ibu Siti ini mengiyakan dengan sangat ramah.

Kebetulan di rumah memang nggak punya alat dan cairan untuk membersihkan kaca jendela. Alhamdulillah nih, GO-CLEAN udah menyediakan alat kebersihan super lengkap yang di bawa oleh si Ibu Siti ini.

Review-GO-CLEAN-Paket-Infal-Ramadan

Mama Dian sempet ngelongok ke dalam tasnya. Wuih, segala ada ternyata, mulai dari lap, cairan pembersih kaca, cairan pembersih lantai, cairan pembersih kamar mandi, vaccum cleaner, alat pel dan lain sebagainya.

Apa aja yang GO-CLEAN lakukan di rumah mama Dian?


Review-GO-CLEAN-Paket-Infal-Ramadan

Membersihkan kaca jendela. Yak, walaupun lebaran masih hitungan minggu, tapi gapapalah ya udah mulai nyicil bersihin halaman depan rumah yang kelak akan digunakan untuk menyambut tamu-tamu ini. Kebetulan kegiatan membersihkan kaca ini adalah salah satu yang nggak mama Dian suka, jadi mama Dian serahkan ke GO-CLEAN aja. Hihihi. Dengan segala peralatan pembersih kaca lengkap yang dibawa, alhamdulillah kaca rumah jadi makin kinclong loh!


Review-GO-CLEAN-Paket-Infal-Ramadan

Review-GO-CLEAN-Paket-Infal-Ramadan

Membersihkan teras dan halaman rumah. Sebagai lanjutan dari bersih-bersih kaca jendela depan. Ibu Siti langsung lanjut ngelap debu-debu yang menempel pada pintu rumah, nyapuin plus ngepel lantai bawahnya kaca dan nyapu halaman serta depan garasi. Sigap dan tanggap sekali deh. Mama Dian ga perlu repot-repot mikirin bersihin kaca dan ruang tamu lagi deh jelang lebaran😍

Review-GO-CLEAN-Paket-Infal-Ramadan

Menyedot debu dan membereskan kamar. Tugas selanjutnya yang mama Dian minta adalah menyedot debu pada kasur kamar. Tapi ternyata Ibu Siti ini nggak cuma menyedot debu aja tapi juga bersihin jendelanya, bersihin cermin kamar, nyedot debu pada boneka-boneka, nyapu, dan ngepel juga sampe nata-nata bantal dan boneka di atas kasur. Seneng deh liatnya. Hihihi.

Review-GO-CLEAN-Paket-Infal-Ramadan

Happy-nya kalo bersihin rumah sama ahlinya. Mama Dian jadi tetep bisa duduk tenang sambil ngerjain deadline blog deh❤️

Review-GO-CLEAN-Paket-Infal-Ramadan

Menyedot debu kursi dan membersihkan ruang tamu. Lanjut ke ruang tamu, nah tadinya perintah awal mama Dian cuma minta tolong sedotin debu pada kursi-kursi ruang tamu aja. Eh ternyata si ibu malah inisiatif banget karena ngak hanya kursi aja yang dibersihin, tapi juga hiasan dinding hingga bawah-bawah kursi dan kolong aquarium.

Review-GO-CLEAN-Paket-Infal-Ramadan


Menyikat kamar mandi. Dan ini yang terakhir, menyikat kamar mandi. Setelah selesai ngepel ruang tamu, si ibu membereskan alat vacum cleanernya terlebih dahulu dan langsung mengeluarkan peralatan untuk membersihkan kamar mandi. Padahal di kamar mandi mama Dian udah ada sikat dengan gagang panjang untuk menyikat lantai kamar mandi, eh ibu Siti tetap memilih sikat lantai biasa, karena katanya lebih bersih hasilnya.

Review GO-CLEAN Paket Infal Ramadan:


Alhamdulillah dapat mitra kerja GO-CLEAN yang rapih banget, ramah, rajin, teliti dan tanggap. Semua pekerjaan rumah selesai tepat waktu dan juga bersih memuaskan. Benar-benar memudahkan mama Dian banget nih dalam mengurus rumah saat nggak ada ART. Udah gitu, untuk harganya sendiri, GO-CLEAN Paket infal Ramadan ini masih terbilang murah ya dibandingkan jasa ART infal sejenis. Dan peralatan kebersihannya disediakan pula ya kan? Jadi nggak akan rugi deh menggunakan GO-CLEAN Paket Infal Ramadan ini.

Setelah menyelesaikan tugas, kita juga bisa memberikan rating kepada mitra GO-CLEAN ini lewat aplikasi GO-LIFE di smartphone kita. Jadi kalo menurut mama Dian nggak usah takut untuk menggunakan jasa layanan dari GO-CLEAN ini, karena sudah terjamin juga keamanannya.

Review-GO-CLEAN-Paket-Infal-Ramadan

Berkat kehadiran Ibu Siti di hari itu, mama Dian juga jadi bisa masak dengan tenang deh, nggak perlu diuber-uber pikiran belum beres-beres rumah. Karena masalah beres-beres rumah sudah dibereskan oleh mitra GO-CLEAN yang terpercaya ini.

Review-GO-CLEAN-Paket-Infal-Ramadan

Ini dia mitra GO-CLEAN yang kemarin membantu mama Dian membereskan rumah. Alhamdulillah banget dapet mitra GO-CLEAN yang punya rating 4.9 alias hampir sempurna ini. Padahal Bu Siti baru sebulan loh bergabung dengan GO-CLEAN, tapi hasil kerja dan attitudenya udah profesional sekali kelihatannya. Terima kasih banyak ya Ibu Siti❤️ Ibu Siti langsung aja deh mama Dian masukkan ke dalam list favorit mama Dian, jadi nanti bisa dipesan lagi di kemudian hari.

Pengalaman pertama menggunakan jasa bersih-bersih dari GO-CLEAN dan memuaskan banget. Sudah pasti nggak akan kapok dan bakal menggunakan jasa GO-CLEAN lagi saat ART cuti lebaran nanti.

Nah, jadi gimana nih buibu? Masih pusing mikirin drama ART mudik dan tak kembali kah? Tenang aja, nggak usah pusing-pusing lagi karena sudah ada jasa GO-CLEAN yang helpfull sekali! Butuh Jasa setrika atau jasa cuci piring yang numpuk saat lebaran nanti? Langsung aja cobain layanan GO-CLEAN yuk!

So, bye-bye drama ART mudik~

P.S: Buat yang belum pernah cobain GO-LIFE dan penasaran sama layanan GO-CEAN, bisa pakai referral code aku "ADRIANADDWBAIK" buat dapetin diskon 50% yaaa😍😍😍
Bebelac Aksi Hebat Ramadan 2019

Beberapa waktu yang lalu, kami satu keluarga besar pergi berlibur ke daerah puncak. Niat hati ingin bersenang-senang, saat baru saja sampai di tempat wisata, mama Dian malah demam dan pusing. Udah minum obat tapi demam dan pusingnya tetap balik lagi selang 3 jam kemudian. Akhirnya dengan berat hati, mama Dian memutuskan untuk balik lagi ke Jakarta. Rencananya Kakak Una dan Abang tetap berlibur di Puncak bersama eyang, sepupu dan tante-tantenya. 

Kakak Una udah setuju tetap stay di Puncak, tapi Abang ngotot mau pulang ikut mama Dian ke Jakarta. Bukan karena nggak bisa pisah jauh sama Mama Dian, tapi kata Abang "Abang mau ngerawat mama Dian aja sampe mama sembuh.." 

Hiks, mama Dian terharu banget denger apa yang Abang bilang. Alhamdulillah juga berarti, Abang punya rasa peduli yang tinggi. Dan akhirnya malam itu, Abang bener-bener ikut balik ke Jakarta, nemenin mama Dian ke dokter, bahkah pijet-pijet kepala mama Dian sebelum mama Dian tidur.

Dibanding kakaknya yang punya sifat cuek, Abang lebih mudah mengekspresikan rasa sayang dan empatinya kepada mama Dian. Mama Dian nggak tau apa kira-kira sebabnya Una dan Abang yang jarak umurnya cuma berbeda 1 tahun ini, bisa juga berbeda rasa empatinya. Mama Dian pikir, rasa empati Abang yang berlebihan ini, memang sifat bawaan sejak Abang lahir. 

Tapi ternyata, di event Bebelac yang kemarin mama Dian hadiri, mama Dian baru mengetahui bahwa sesungguhnya rasa empati bisa ditumbuhkan dengan stimulasi-stimulasi kepada si kecil sejak dini. Mama Dian langsung kepikiran, apakah waktu jaman Una kecil, mama Dian ngga maksimal menstimulasi rasa empati pada diri Una?

Oh iya, sebelum lanjut ke pembahasan menumbuhkan rasa empati ini, mama Dian mau cerita sedikit ya tentang acara seru yang mama Dian hadiri pada hari Kamis kemarin.

Bebelac Aksi Hebat Ramadan 2019
photo credit: Bebelac

Acara Bebelac yang bertajuk "Bebelac Aksi Hebat Ramadan" ini digelar di Hotel Four Points by Sheraton, Menteng. Acara yang semarak dengan warna tumerik khas Bebelac ini, dihadiri oleh teman-teman mom-blogger dan media, serta pakar-pakar ahli yang akan memberikan banyak ilmu baru sore itu.

Bebelac Aksi Hebat Ramadan


Bebelac Aksi Hebat Ramadan 2019

Acara yang dimulai pukul 3 sore ini, dibuka oleh sambutan hangat dari Ibu Deska Hapsari, Manager Marketing Bebelac. Sore itu Ibu Deska membawakan sebuah quote dari Aristotle:

"Educating the mind, without educating the heart is no education at all"
-Aristotle

Bener banget ya, tentunya semua orangtua ingin anak-anaknya nggak hanya pinter semata, tapi juga memiliki akhlak dan perilaku yang baik.

Oleh karena itu Bebelac yang telah memiliki pengalaman dan inovasi di bidang Nutrisi Awal Kehidupan selama 100 tahun berkomitmen untuk mendukung ibu menyediakan nutrisi dan stimulasi yang tepat agar kebesaran hati si Kecil berkembang seiring kemampuan berpikirnya. 

Seperti yang mbak Deska tuturkan nih "Bebelac percaya bahwa anak yang memiliki kebesaran hati yang berkembang seiring daya pikirnya akan tumbuh menjadi anak Hebat dengan Tanggap yang Lengkap, yang punya rasa peduli, cepat tanggap dan tanggap bersosialisasi"

Untuk itulah peran orangtua juga diharapkan nggak hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak saja. Tapi juga harus bisa memberikan stimulasi untuk mengasah hati dan akal si Kecil sejak dini.

Pada bulan Ramadan ini, Bebelac juga meluncurkan kampanye yang mengajak orangtua untuk mengasah kebesaran hati dan daya pikir si Kecil dengan stimulasi yang tepat sesuai tahap usia mereka. Seperti pada acara sore ini yang akan menghadirkan 2 pakar hebat di bidangnya masing-masing, yang mau menjelaskan tentang Nutrisi dan Stimulasi Tepat untuk Mendukung Anak Tumbuh Hebat.

Penasaran nggak sihsiapa aja expert yang hadir? Langsung aja terus baca postingan ini yaaa~

Pembicara pertama adalah psikolog terfavorit sepanjang masa, yang kalo ngomong tuh adem dan suka bikin "nyess" dihati. 

Ini dia, Ibu verauli yang selalu hadir dengan senyumnya yang manis dan ceria ini, langsung menghangatkan suasana sore itu dengan ice breaking sejenak agar para moms bisa siap menerima materi yang akan dipaparkan dengan baik.

Bebelac Aksi Hebat Ramadan 2019

Selanjutnya langsung aja yuk menyimak penjelasan dari ibu psikolog cantik ini tentang "Asah Kebesaran Hati si Kecil Seiring Daya Pikirnya".

Mengasah dan Menstimulasi Kemampuan Empati, Kebesaran Hati serta Rasa Peduli Anak


Menurut Ibu Vera, berdasarkan penelitian dari Hartshorne & May dalam Vasta, Miller dan Ellis 2004: Sesungguhnya aksi hebat yang menggambarkan kebesaran hati anak ditentukan oleh tuntutan situasi yang ada. Jadi lingkungan dan stimulasi memang sangat berpengaruh terhadap si Kecil.

Jika stimulasi dan lingkungannya baik, maka anak-anak akan dapat menunjukkan aksi hebat, aksi prososial yang tergambar dalam 3 bentuk. Yaitu, menolong, berbagi dan bekerja sama.

Dan Ibu Vera juga memberikan fakta yang cukup menyedihkan di sore itu, mengenai Perundungan yang terjadi pada anak-anak di Indonesia.

Bebelac Aksi Hebat Ramadan 2019

Dan ternyata, para pelaku dan korban perundungan kerap akan mengulang apa yang mereka alami dan relatif menetap sepanjang waktu. Serem banget ya? Ternyata perilaku buruk anak-anak yang suka mem-bully teman-temannya nggak bisa dibiarkan dan disepelekan begitu aja ya? Karena ternyata hal itu merupakan pola umum dari perilaku antisosial.

Situasi sosial seperti konflik dan perundungan ini juga ternyata mendorong si Kecil untuk memiliki tidak hanya kamampuan daya pikir, tapi juga kebesaran hati. Menurut Ibu Vera, orangtua harus mengasah kebesaran hati si kecil sejak dini agar mereka tumbuh dengan melihat permasalahan dari hatinya. Sehingga rasa empati dan peduli yang terbentuk akan mendorong daya pikir mereka untuk melakukan aksi hebat sesuai nurani mereka.

Dan menurut Ibu Vera, "Sesungguhnya setiap anak telah memiliki kemampuan empati. Dan dengan mengembangkan rasa empati, si Kecil mampu memiliki perilaku prososial yaitu perilaku membantu orang lain tanpa pamrih. Hal inilah yang harus terus diasah sejak dini seiring dengan kemampuan daya pikir si kecil, agar si kecil mampu menyikapi permasalahn serta memberikan solusi yang tepat dan penuh empati."

Ada 5 tahap perkembangan empati yang dijelaskan oleh ibu Vera pada sore itu. Seperti yang tertera pada poin 1-5 dibawah ini. 
Bebelac Aksi Hebat Ramadan 2019

Suka sadar nggak sih bahwa kadang bayi-bayi itu nangisnya bersahut-sahutan? Hal itu ternyata karena bayi juga sudah memiliki rasa empati loh, jadi mereka memang akan refleks menangis jika mendengar tangisan bayi lain. Perkembangan empati pada bayi seperti yang tertulis pada poin 1 dan 2 diatas.

Selanjutnya, saat mama sedang sedih, atau sedang lesu, suka ada yang anaknya kucluk-kucluk menghibur sambil memberikan mainan kesukaannya sebagai bentuk penghiburan kepada kita nggak sih? Nah ini sesuai sekali dengan poin 3 dan 4 yang merupakan tahap perkembangan empati toddler dan balita. Mereka kerap kali memberikan barang kesukaannya sebagai bentuk empati dan kasih sayang kepada orang lain, hal itu terus berkembang hingga akhirnya mereka bisa berempati dengan cara yang tepat.

Dan poin ke-5 adalah untuk anak usia 7 tahun diatas. Dimana biasanya mereka lebih memahami apa yang telah kita rasakan, cepat tanggap dan bertindak secara tepat. Pada usia ini juga sebaiknya libatkan si Kecil dalam 'emotional talk'  agar mereka bisa menyampaikan apa yang mereka rasakan dan kemudian jangan lupa untuk memberikan pujian dan penghargaan untuk setiap hal baik yang mereka lakukan.

Bebelac Aksi Hebat Ramadan 2019

Nah, untuk mendukung orangtua memberikan stimulasi yang tepat, Bebelac bekerjasama dengan Ibu Verauli dalam menyediakan materi yang dapat digunakan orangtua dalam memberikan stimulasi seimbang dari aspek IQ, EQ dan SQ dalam bentuk flashcard - Tips Tumbuh Kembang si Kecil. 

Bebelac Aksi Hebat Ramadan 2019

Flashcard ini ada bentuk hardcopy dan softcopy juga loh. Untuk yang mau softcopynya langsung aja akses dan unduh dengan mudah dari laman Bebeclub.co.id yaaa. Atau cuss langsung aja follow instagram dan FB @bebeclub untuk emndapatkan beragam informasi mengenai cara mengembangkan daya pikir dan kebesaran hati si Kecil.

Bebelac Aksi Hebat Ramadan 2019

Selanjutnya ada Prof. Tati yang juga nggak kalah kece dalam busana balutan warna turmerik. Prof tati akan memberikan ilmu baru mengenai nutrisi yang tepat untuk si Kecil. Ngomongin tentang Nutrisi, jangan lupa dengan Piramida Gizi Seimbang yaa. Karena lewat Piramida Gizi Seimbang, kita udah bisa mengetahui apa-apa aja nih asupan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Tapiiii, untuk anak usia 1 tahun ke atas, kemampuan daya pikir, intelektual, emosi dan sosial berkembang sangat pesat. Nah pada masa inilah orangtua juga harus  memperhatikan asupan nutrisi anak secara tepat agar ia dapat tanggap secara intelektual, emosi dan sosial. 

Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Cerna


Nah ada satu bagian di dalam tubuh yang sebenernya penting sekali untuk kita, terutama untuk anak-anak namun sering terlupakan. Bagian itu adalah~ saluran cerna!

Seperti yang dikatakan oleh Prof Tati nih "Kesehatan saluran cerna mampu memengaruhi kemampuan daya pikir dan emosi si kecil. Usus adalah organ yang kompleks dan penting. Organ ini memiliki 60-70% sel imun, 100 juta neuron dan menghasilkan 95 serotonin tubuh yang memengaruhi mood atau emosi si Kecil."

Bebelac Aksi Hebat Ramadan 2019

Oleh karena itu untuk anak usia 1 tahun ke atas, perlu lebih diperhatikan lagi nih nutrisi spesifik yang mendorong anak tanggap secara intelektual dan emosional. Nutrisi spesifik yang harus diperhatikan adalah kebutuhan makronutrien dan mikronutriennya, termasuk asam lemak esensial (AA & DHA), Asam amino essensial, tambahan vitamin A & D, mineral (Besi dan Seng) serta prebiotik untuk kesehatan saluran cerna.

Seperti yang dikatakan oleh Hippocrates "All disease begins in the gut": semua penyakit bermula di usus atau saluran cerna.

Prof Tati juga mengenalkan kita kepada Gut-Brain Crosstalk. Atau hubungan antara saluran cerna dan otak kita. Dimana ternyata apa yang terjadi pada saluran cerna kita, benar-benar mempengaruhi pikiran atau mood kita. Seperti yang digambarkan oleh Prof Tati dalam slidenya di bawah ini.

Bebelac Aksi Hebat Ramadan 2019


Jadi, jangan sepelekan kesehatan saluran cerna kita mulai sekarang, ya. Terutama saluran cerna anak-anak kita. Penuhi asupan nutrisi spesifiknya untuk bisa terus mengoptimalkan tumbuh kembang mereka.

Bagaimana Cara Shireen Sungkar Mengasah Rasa Peduli, Cepat Tanggap dan Tanggap Sosialisasi Anak-anaknya?


Bebelac Aksi Hebat Ramadan 2019

Seperti sharing dari Shireen Sungkar nih. Pada kesempatan kemarin, Shireen bercerita banyak tentang anak-anaknya. Ternyata semua yang dikatakan oleh Ibu Vera , bener banget nih menurut Shireen. Adam, anak pertamanya adalah anak yang memiliki rasa empati yang tinggi. Terutama kepada adik-adiknya juga loh. 

Semua aksi hebat Adam, selalu diapresiasi oleh Shireen dan suaminya. Shireen dan suami ingin anak-anaknya kelak menjadi anak hebat dengan tanggap yang lengkap. Oleh karena itu Shireen terus mengasah kebesaran hati dan daya pikir anak-anaknya di rumah. Dan nggak lupa juga untuk selalu memenuhi nutrisinya.

Hal kecil yang dilakukan Shireen di rumah adalah mengajarkan anak mengungkapkan perasaannya, memiliki rasa peduli terhadap lingkungan sekitar hinggal melakukan aksi kecil yang bermanfaat bagi orang lain. Campaign Bebelac Aksi Hebat Ramadan, dirasa pas oleh Shireen dalam terus mengasah kebesaran hati serta rasa empati anak-anaknya.

Ngobrolin tentang asupan nutrisi untuk anak-anaknya, Shireen juga ngebocorin susu pertumbuhan favorit anak-anaknya. Yang ternyata kesukaannya sama nih sama Abang. Yaitu susu Pertumbuhan Bebelac yang dilengkapi dengan Fish Oil serta Omega 3 & omega 6 yang ditingkatkan, FOS:GOS 1:9 yang dipatenkan serta vitamin dan mineral yang menjadi salah satu sumber nutrisi si kecil untuk mendukung tumbuh kembang secara optimal. 


Menjaga kesehatan saluran cerna dan pemenuhan nutrisi penting sekali untuk si Kecil, agar mereka siap menerima stimulasi untuk melatih kemampuan daya pikir dan juga kebesaran hatinya. Pemenuhan nutrisi juga harus disesuaikan dengan tahapan tumbuh kembang dan juga harus bisa diserap oleh sistem pencernaan dengan baik. Agar berguna untuk pertumbuhan otak dan juga emosi si Kecil.

Bebelac Aksi Hebat Ramadan 2019


Alhamdulilah dapet banyek banget insight baru dari acara. Acara ditutup dengan lomba menghias parcel dan dilanjut juga dengan buka puasa bersama tentunya. Terima kasih banyak Bebelac, sudah memberikan banyak ilmu baru untuk para ibu seperti kami💛

Semoga kelak seluruh anak Indonesia memiliki rasa empati, kebesaran hati,selalu sehat dan terpenuhi nutrisinya. Serta jadi anak Tanggap yang Lengkap yang Punya Rasa Peduli, Cepat Tanggap, dan Tanggap Bersosialisasi yaaaa! Aamiin.. Sampai disini dulu ya Parenting Sharing kali ini. Semoga bermanfaat untuk semua yang membacanya yaaaa❤️❤️❤️

Apa itu domain menjadi sebuah topik yang perlu anda pahami dimana pada dasarnya jika secara basic diterapkan adalah sebuah alamat website yang bisa anda temukan. Dari sini anda akan melihat bahwa website tersebut berkhiran dengan nama .com, .co.id, .id, .ac.id, dan lain sebagainya. Itu semuanya kemudian disebut sebagai nama domain yang bisa anda pilih dan tentukan sendiri sesuai dengan yang anda inginkan didalamnya. Pada dasarnya ini akan mampu memberikan kepada anda sesuatu yang lebih baik dan tepat didalamnya. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya yang bisa anda lihat didalamnya.

idwebhost.com


Apa itu domain merupakan sebuah istilah yang mengacu pada alamat yang nantinya akan mengantarkan anda kepada website yang anda inginkan. Pada dasarnya ini akan bisa anda peroleh dengan lebih mudah dan baik didalamnya. Ini juga merupakan sebuah kombinasi dari angka rumit yang sebetulnya adalah alamat dari website anda jika tidak menggunakan nama domain. Tapi tentu saja akan lebih susah menghapal nama domain tersebut jika dieja dalam bentuk angka. Dari sini anda akan bisa melihat bahwa banyak sekali yang akan bisa anda capai dan dapatkan didalamnya. Di sinilah anda akan mampu mendapatkan semua yang anda butuhkan dengan lebih mudah dan tepat itu sendiri.


idwebhost.com


Anda juga perlu tahu satu hal dalam apa itu domain. Yang mana perlu anda pahami bahwa dari sini anda juga tidak perlu repot-repot untuk mengecek alamat IP dari website yang anda inginkan tersebut. Dari sini memang cukup simple jika anda melihatnya. Dengan adanya ekstensi dan nama domain, maka anda akan bisa menjelajah website dengan hanya menghapal nama domainnya saja, bukan menghapal angka-angka yang rumit itu sendiri.

Pada tahap lanjutan apa itu domain, anda akan melihat bahwa nama domain yang anda pakai tersebut nantinya akan terdaftar dalam organisasi yang bernama ICANN atau Internet Corporation For Assigned Names And Numbers. Dari sini anda akan bisa menentukan ekstensi domain apa saja yang nantinya bisa anda pakai dan gunakan didalamnya. Dengan cara tersebut, akan lebih banyak lagi yang akan bisa anda dapatkan dengan mudah dan tepat itu sendiri.


Perbedaan Apa Itu Domain dan Sub Domain


Selanjutnya dalam apa itu domain adalah yang perlu anda ketahui tentang perbedaan yang ada didalamnya. Di sinilah anda akan bisa melihat bahwa hal tersebut terdiri atas domain dan sub domain, yang mana Domain adalah website utama yang anda pakai, sementara Sub Domain mencakup website turunan dari Domain utama yang anda miliki tersebut. Dengan demikian, anda pun akan mampu memperoleh semua yang anda butuhkan didalamnya dengan mudah dan tepat didalamnya.

Perbedaan yang signifikan bisa anda lihat bahwa Sub Domain masih mengandung nama dari Domainutamanya. Contohnya ketika nama domain utama adalah https://idwebhost.com, maka domain turunan namanya adalah https://blog.idwebhost.com, dan seterusnya. Semua itu tentu saja akan memberikan kepada anda pengetahuan tentang perbedaan signifikan yang akan bisa anda capai dan dapatkan didalamnya. Semuanya akan mampu memberikan kepada anda perbedaan yang signifikan itu sendiri. Di sinilah anda akan mampu mendapatkan gambaran yang lebih nyata terkait perbedaan dari kedua domain terkait.


idwebhost.com


Top Level Domain dan Second Level Domain


Selain pemahaman apa itu domain, anda juga perlu tahu mengenai Top Level Domain dan juga Second Level Domain. Dari sinilah anda akan bisa melihat ada banyak sekali yang bisa anda capai didalamnya dengan mudah dan pasti. TLD sendiri akan bisa memperlihatkan bahwa banyak sekali ekstensi yang sebetulnya bisa anda pilih didalamnya dengan mudah. Dari sini anda sudah pasti sangat familiar dengan jenis dari Top Level Domain tersebut, yang mana mencakup .com, .net, .gov, dan lain sebaganya. Hal ini tentunya akan bisa anda temukan dengan mudahnya.

Kemudian, anda juga bisa melihat SLD sebagai opsi lain yang akan bisa anda capai dan temukan didalamnya. Anda bisa melihat bagaimana Second Level Domain nantinya mencakup pada nama bagian belakang yang ada didalamnya. Dari sini anda bisa melihat bahwa SLD mencakup nama belakang dari domain itu sendiri, misalnya saja ada website bernama namadomain[dot]com, maka namadomain itu menjadi SLD. Jadi lebih simple-nya lagi, SLD adalah nama domain anda itu.


Addon Domain dan Parking Domain


Mari perluas pembahasan mengenai apa itu domain, mencakup Addon Domain dan Parking Domain. Dari sini anda bisa melihat bahwa Addon Domain adalah sebuah nama domain yang nantinya ditambahkan didalamnya dan sudah memiliki domain utama yang ada didalamnya. Anda akan bisa melihat bahwa addon domain tidak akan bekerja seperti subdomain. Pasalnya subdomain menggunakan nama website utama, sedangkan addon domain adalah sebuah domain yang independen, dengan konten yang sangat berbeda didalamnya. Domain inilah yang nantinya akan masuk ke bagian sub-direktori yang ada didalamnya. Bisa dibilang bahwa Addon Domain adalah suatu website kedua yang anda miliki dan berada di domain terpisah.

Parking domain adalah sebuah pilihan lain dari apa itu domain yang akan bisa anda temukan didalamnya. Dari sini parking domain adalah sebuah domain yang nantinya di arahkan kepada domain utama yang anda miliki. Dengan kata lain, parking domain memiliki fungsi signifikan yang tidak perlu anda herankan lagi didalamnya.


Jenis Domain


Dalam penerapan apa itu domain, anda akan bisa melihat bahwa banyak sekali pilihan yang akan bisa anda temukan didalamnya. Anda bisa melihat pilihan domain .com yang nantinya akan bisa anda pergunakan untuk keperluan komersial yang ada didalamnya. Anda bisa melihat bahwa nama domain .com yang satu ini memang akan bisa anda temukan dengan mudah dan signifikan itu sendiri. Sebuah fungsi yang akan bisa anda temukan didalamnya dengan mudah dan tepat. Pada dasarnya, anda juga bisa melihat opsi lainnya, yakni .biz yang akan bisa anda gunakan untuk keperluan bisnis yang ada didalamnya. Anda juga bisa melihat pilihan domain .org yang akan menyediakan kemudahan kepada anda untuk menggunakannya dalam keperluan organisasi yang ada didalamnya.

Untuk opsi lainnya adalah domain .edu yang mana bisa anda lihat digunakan banyak dalam keperluan pendidikan atau edukasi yang ada didalamnya. Jadi anda akan mampu mendapatkan semua kemudahan yang anda butuhkan dengan sangat baik dan signifikan yang akan bisa anda capai dengan signifikan dan tepat itu sendiri. Jadi kini anda sudah tahu secara detail mengenai apa itu domain. Anda bisa mencoba menerapkan semuanya sesuai dengan yang anda inginkan didalamnya dengan mudah dan tepat tersebut. Pada dasarnya, hal ini akan bisa mampu anda capai dengan mudah dan tepat tersebut. Kemudahan yang akan bisa anda peroleh didalamnya akan bisa bebas anda peroleh dan anda capai dengan lebih baik.

Seberapa penting sih smartphone untuk kehidupan kalian saat ini?

Sebagai seorang blogger dan penggiat sosial media, smartphone itu penting banget! Untuk seorang blogger yang sering diundang untuk meliput sebuah event dan menyebarkannya ke sosial media, smartphone menjadi salah satu 'alat tempur' untuk aku sendiri.

Yang jadi PR untuk sebagian besar blogger sih biasanya sama, pusing moto-moto sebuah event kalo cahayanya minim di venue-nya. Kadang suka bingung sama panggung yang cahayanya rada minim, gimana moto-nya coba kalo nggak bawa kamera? Kalo foto menggunakan smartphone biasa sih udah ketebak pasti bahwa hasilnya bakal ngeblur dan gelap. 

Karena foto adalah salah satu pendukung utama dalam tulisan di blog, jadi dipastikan semakin baik kualitas foto, semakin nyaman pula para pembaca saat membaca blog kita ya. Untuk foto pendukung tulisan blog, mungkin masih bisa diakali dengan kamera. 

Tapi gimana dengan foto-foto live di sosial media selama event berlangsung?

Memindahkan foto di kamera pastinya memakan waktu yang ngebuat kita jadi kadang terlambat untuk meng-upload keseruan selama event. Akhirnya, untuk foto-foto yang harus langsung di-upload beberapa blogger tetap mengandalkan kamera smartphone-nya. Seperti aku sendiri, yang suka upload 'foto-foto gelap' saat livetwit di sebuah event yang cahayanya minim.

Padahal dengan memberikan foto yang jelas saat event, tentunya pesan yang terkandung juga jadi bisa tersampaikan dengan baik, bukan?

Jadi bisa dipastikan bahwa memiliki kamera smartphone yang bisa menghasilkan foto yang bagus di berbagai macam jenis venue, sesungguhnya adalah sebuah keharusan.

Etapi, emang ada kamera smartphone yang 'berteman' dengan cahaya minim?

Awalnya aku pikir, ah kayanya semua kamera smartphone sama aja deh. Sampe akhirnya kemarin aku berkenalan dengan OPPO F11 Pro.

Dan dari pertemuan pertama,  fix aku langsung jatuh cinta! Kenalan yuk sama OPPO F11 Pro~

Review-Oppo-F11-Pro

Selain fitur kamera yang bersahabat dengan cahaya yang minim, OPPO F11 Pro ini juga punya banyak banget kelebihan yang ngebuat kamu bakal susah untuk nggak jatuh cinta! 

Sebelum mengulik OPPO F11 Pro ini lebih dalam, mari kita unboxing dulu isi box dari OPPO F11 Pro iniii~

Review-Oppo-F11-Pro

So what's inside the box 'OPPO F11 Pro'? Seperti yang bisa kita lihat, smartphone cantik yang satu ini dilengkapi dengan beberapa kelengkapan yaitu charger, earphone, dan softcase plus nggak lupa juga kartu jaminan dan petunjuk penggunaan.

Review-Oppo-F11-Pro

Dan lihatlah desain gradasi tiga warna terbaru untuk body belakangnya. Super cantik dengan tampilan warna yang lebih nyata. OPPO F11 Pro ini punya 2 pilihan warna yaitu Thunder Black, dan Aurora Green. Tuh lihat warna Thunder Black-nya pada foto-foto diatas. Super duper cantik, mewah dan elegan banget yaaaaa~

Review-Oppo-F11-Pro

OPPO F11 Pro ini juga masih teramat nyaman dalam genggaman. Warna yang super cantik dan masih handy banget saat dipegang, perpaduan yang kece ya tentunya.

Review-Oppo-F11-Pro

Disisi kiri OPPO F11 Pro ini terdapat tombol volume dan disisi kanannya terdapat tombol power/lock dan tempat dual nano simcard.

Review-Oppo-F11-Pro

Dan disisi bawah terdapat port untuk earphone, charger dan juga speaker. Nah sekarang, mari lanjutkan ke pembahasan yang lebih dalam lagi tentang cintaaaa~

5 Alasan Jatuh Cinta dengan OPPO F11 Pro


Dari pertama kali ngeliat, ngerasa ada yang berbeda nggak sih dengan smartphone terbaru keluaran dari OPPO ini? Let's take laook a little closer..

1. Fitur Layar Penuh Tanpa Notch / Poni Dibagian Atas

Review-Oppo-F11-Pro

Coba ditengok sebentar smartphone masing-masing terutama di bagian layar atas atau yang biasa disebut dengan notch ini, kemudian perhatikan layar atas dari OPPO F11 Pro. 

Beda nggak? Rata-rata pasti bakal jawab beda, karena memang OPPO F11 Pro ini nggak memiliki notch yang biasa diperuntukkan untuk kamera depan. Jangan khawatir, OPPO F11 Pro ini tetap punya kamera depan kok, tapi bukan pada bagian layarnya. Yang mau liat kamera depannya, sila dibaca terus sampai bawah yaaa~

Layar OPPO F11 Pro ini hadir dengan panorama penuh dengan dimensi 6.53-inci, rasio 19.5:9, resolusi FHD+, serta rasio layar-ke-badan sebesar 90.9%.

2. Teknologi Flash Charging


Untuk kebutuhan liputan di sebuah event blogger, tentunya aku butuh smartphone yang ngga gampang drop baterainya dan nggak pake lama nunggu ngecasnya hingga penuh. Karena memang kita harus gercep membagikan sesuatu secara live di sosial media. Nggak lucu kan kalo mendadak smartphone mati di tengah acara dan nunggu nge-charge-nya juga lama pisan.

Terpujilah OPPO F11 Pro ini memiliki baterai besar berkapasitas 4.000mAh dan konsumsi daya yang lebih rendah sehingga daya tahan baterainya juga lebih lama. 

Review-Oppo-F11-Pro

Nggak hanya itu aja, tapi OPPO F11 Pro ini juga dilengkapi dengan teknologi flash charging pada VOOC 3.0 Flash Charge yang menjadikan durasi pengisian daya menjadi lebih singkat. Jadi untuk mengisi baterainya hingga full kita pastinya nggak akan membutuhkan waktu yang lama!

3. Spec yang Mumpuni

Review-Oppo-F11-Pro

OPPO F11 Pro berjalan pada ColorOS 6, sebuah UI khusus terbaru berbasis Android 9 Pie dengan desain tampilan terkini, navigasi gerakan android P terbaru, mode mengemudi, optimasi bilah notifikasi serta berbagai fitur lainnya.

Smartphone teranyar ini juga memiliki penyimpanan 64GB dan 6GB RAM yang sudah pasti nggak akan diragukan lagi memenuhi kebutuhan blogger biar smartphonenya tetep lancar jaya dengan apps segabrek di dalamnya. 6 GB RAM ini juga oke banget buat memainkan video beresolusi HD plus bisa buat game berkapasitas besar juga loh~

Untuk meningkatkan performa perangkat, OPPO juga mengembangkan sebuah sistem peningkatan performa yang disebut Hyper Boost yang berfungsi meningkatkan kepuasan para pengguna selama mengoperasikan OPPO F11 Pro. Untuk penggunaan sehari-hari, Hyper Boost meningkatkan performa pada F11 Pro agar lebih cepat dan responsive, seperti kecepatan membuka aplikasi yang meningkat sampai 31%. 

Untuk para pecinta smartphone game, Hyper Boost ini juga memiliki sistem yang meningkatkan performa game populer, jadi kamu dipastikan bisa merasakan pengalaman bermain terbaik dengan OPPO F11 Pro.

Perpaduan perangkat lunak dan perangkat keras pada OPPO F11 Pro ini juga membuat kita terbebas dari perlambatan proses, panas yang berlebih, ataupun jaringan yang lemah. Kece banget yaaaa~

4. Ultra Night Mode pada Kamera Belakang Ganda Beresolusi 48MP+5MP 

Review-Oppo-F11-Pro

Pada bagian belakang OPPO F11 Pro ini kita dapat melihat dual camera 48MP+5MP dengan lensa 6P dan bukaan lensa f/1.79 yang menawarkan hasil gambar berkualitas 48MP yang sangat jernih, serta potret sempurna meski dalam kondisi minim cahaya saat menggunakan Ultra Night Mode dan Dazzle Color Mode. Kamera AI-nya juga telah ditingkatkan mempu mengenali 23 jenis pemandangan.

Nah sekarang, mari kita lihat bersama-sama hasil jepretan kamera belakang ganda beresolusi 48MP+5MP ini ya. Kita mulai dari hasil jepretan pada cahaya yang normal di pagi hingga siang hari yaaaa~

Review-Oppo-F11-Pro

Review-Oppo-F11-Pro

Foto-foto diatas aku ambil menggunakan kamera belakang OPPO F11 Pro dengan Photo Ratio 4:3 Ultra HD. Kamera belakang ganda beresolusi 48MP+5MP benar-benar menghasilkan foto yang sungguh mendetail, tajam, dan juga menampilkan warna asli dari setiap objek foto yang kita ambil. Kamera smartphone, rasa mirorless banget ya iniiiii~ 

Kalo untuk foto di siang hari udah se-oke itu, penasaran nggak gimana dengan foto di malam hari dengan keadaan minim cahaya?

Review-Oppo-F11-Pro

Eh iya, sebelum mengambil foto malam hari atau di tempat yang minim cahaya, jangan lupa untuk mengaktifkan mode Night / Malam pada tombol 'Options' di sisi kanan bawah layar.

Nih liat sendiri aja ya, hasil jepretan kamera belakang  OPPO F11 Pro dengan Ultra Night Mode yang aku bandingkan langsung dengan foto tanpa Ultra Night Mode-nya:


Review-Oppo-F11-Pro

Lihat nggak gimana kecenya hasil gambar yang diambil menggunaka Ultra Night Mode? Super tajem, memberikan warna asli, dan nggak noise sama sekali. Yang masih penasaran sama hasil gambar dari Ultra Night Mode OPPO F11 Pro ini, aku lampirkan lagi beberapa foto lain yang aku ambil di malam hari, dan nggak kalah kecenya!

Review-Oppo-F11-Pro

Review-Oppo-F11-Pro

Review-Oppo-F11-Pro
Sepertinya aku nggak perlu nulis panjang lebar lagi ya tentang keunggulan Ultra Night Mode dari  OPPO F11 Pro ini, karena sudah terpampang nyata pada foto-foto diatas. Hasil dari Ultra Night Mode ini super smooth, tone fotonya juga cakep, detail masih dapet banget, terutama di foto makanan di atas. Dengan detailnya setajam itu, foto sate kambing diatas jadi makin menggugah selera kan?

OPPO F11 Pro ini bener-bener cocok banget untuk para blogger, terutama food blogger dan travel blogger yang suka menjelajah di malah hari. Hasil foto-foto malam menggunakan OPPO F11 Pro super jernih! Nggak perlu lagi bawa kamera yang berat-berat kaaaannn~

5. Kamera Depan (Raising Camera)

Nah untuk yang tadi mungkin bingung nyariin kamera depan dari OPPO F11 Pro, ini dia kamera depannya yang ternyata 'ngumpet' di dalam sisi atasnya.

Review-Oppo-F11-Pro

Rising Camera 16MP yang terangkat otomatis saat kita membuka kamera depan ini, desainnya terinspirasi dari batu permata loh ternyata. Benar-benar menampilkan sisi terbaik dari teknologi dan gaya. Jujur, aku agak norak nih waktu kameranya ngangkat sendiri. Dan saat nggak digunakan, rising camera ini pun akan kembali lagi turun otomatis. 

Review-Oppo-F11-Pro

Untuk kamera depan, OPPO F11 Pro ini puya 2 fitur yaitu Pano dan Time-lapse. Kalo untuk hasil selfie dari kamera depan ini sih nggak perlu diragukan lagi ya ke-kece-annyaaa~

Review-Oppo-F11-Pro
And yes, pardon my selfie! AI Beauty yang terdapat pada Rising Camera OPPO F11 Pro ini mampu mengidentifikasi wajah dan mengaplikasikan fitur peningkatan secara otomatis, sesuai kebutuhan. Suka banget selfie di  OPPO F11 Pro karena bener-bener bisa fokus di wajah dan nge-blur-in semua yang ada di background. Hihhihihii. Superluvvv😍

Eh ada yang penasaran sama harganya nggak sih?  OPPO F11 Pro ini dibanderol dengan harga Rp. 4.999.000,-. Untuk harga 5 juta kurang seribu rupiah ini, worth it banget kok sama kualitas dari smartphone teranyar yang satu ini. Bener-bener nggak rugi deh dan itung-itung investasi juga untuk sosial media dan blog kita!

Ketemu kamera HP yang jernih untuk memotret malam dan low light, rasa-rasanya kaya ketemu sama jodoh. Iya, secinta itu loh aku sama OPPO F11 Pro ini. Untuk para blogger yang mungkin lagi mau cari-cari atau ganti HP baru, aku rekomdasikan OPPO F11 Pro ini kepada kalian. Nggak akan nyesel deh memiliki smartphone teranyar di OPPO ini.

Dengan OPPO F11 Pro, jadi bisa sahabatan sama foto-foto malam hari deh! Yang mau cek lebih detail lagi tentang OPPO F11 Pro ini, langsung aja klik OPPO F11 Pro atau OPPO F11 Pro Marvel’s Avengers Limited Edition yaaa!

Sampai disini dulu ya review  OPPO F11 Pro yang diselingi curhat panjang lebar ini.  Semoga bermanfaat untuk semua pembaca yaaaa❤️❤️❤️

Assalamu'alaikum.. Gimana puasanya nih? Semoga lancar-lancar ya puasa dan ibadahnya sampai di hari ke-5 Ramadhan iniiii. Di postingan kali ini, mau sharing-sharing sedikit ah tentang being a freelancer. Dijaman yang apa-apa rasanya jadi lebih mudah karena adanya internet ini, pengen nggak sih nyoba-nyoba memulai usaha sendiri? 

Sebagai seorang freelancer maupun wirasawasta, memulai bisnis milik sendiri bisa menjadi salah satu cara untuk membentuk pribadi yang lebih mandiri. Tentunya mandiri dari segi personal maupun profesional. Walaupun pasti langkah ini akan terasa berat bagi di awal-awal, ya.  

Jadi wajar banget kalo kita merasakan keraguan dalam memilih jenis bisnis apa yang ingin dijalani.  Plus apa yang harus kita lakukan untuk mengembangkan bisnis tersebut. Namun dengan adanya teknologi berupa internet, pastinya mendapatkan ide-ide menarik yang layak dijadikan bisnis juga tentunya lebih mudah kan?
  


Sebagai suatu teknologi, internet nggak hanya menjadi sumber ide bisnis, namun juga media yang berperan aktif untuk persebaran informasi yang semakin instan dan cepat setiap harinya. Keberadaannya pun berperan aktif dalam pengembangan strategi bisnis yang mulai banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha, berupa internet/online marketing.  

Seperti keberadaan e-commerce atau media online yang semakin menjamur saat ini. Hal itu tentu saja dikarenakan semakin meningkatnya pengguna internet di Indonesia. Pada tahun 2019 ini, pengguna internet di Inodnesia tembus hingga 175 juta atau sekitar 65% dari total penduduk Indonesia 268 juta. Jadi membuka bisnis yang memanfaatkan internet wajib banget untuk kamu pertimbangkan.

Terlebih lagi dengan adanya internet marketing, setiap orang dapat mengelola bisnisnya dengan lebih fleksibel. Tanpa harus mengeluarkan banyak modal, seseorang bisa mengurus usahanya dari mana saja dan kapan saja. Modal yang setidaknya harus dikeluarkan hanya berupa media sosial seperti Instagram dan Facebook serta website yang bisa didapatkan dengan nama domain yang murah. Walau begitu, jika masih merasa adanya kendala terkait konsep maupun ide saat ingin memulai bisnis sendiri, ini dia beberapa jenis ide bisnis yang bisa dimulai dari sekarang. 

1.    Penulis dan Penerjemah Online 

Ide untuk memulai bisnis sebagai penulis dan penerjemah online rasanya selalu ada di daftar referensi bisnis online. Nggak dapat dipungkiri bahwa kemampuan menulis, baik sebagai content writer, copywriter, hingga editor, saat ini semakin banyak dibutuhkan. Berbagai perusahaan besar pun sudah mulai bergantung pada jasa kepenulisan. Ketergantungan ini muncul setelah menyadari potensi dari digital marketing yang sangat mengandalkan konten tulisan.  



Dengan meningkatkan awareness akan konten berbasis digital writing yang makin banyak digunakan, Kita bisa memulai usaha jasa kepenulisan untuk mempromosikan produk dari klien. Jasa penerjemahan pun juga bisa dicoba loh, melihat makin luasnya target pasar berbagai perusahaan hingga ranah internasional.  

Mulai dengan memperbanyak portofolio melalui platform seperti Fastwork, Lengoo, Translator Pub, dan lain-lain. Makin banyak portofolio yang kamu punya, makin tinggi pula jumlah calon klien yang tertarik untuk menghubungi dan mengajak bekerjasama sebagai penerjemah maupun penulis mereka.     

2.    Event Planner  

Punya kemampuan multi-tasking yang tinggi? Coba deh membuka jasa event planner. Profesi ini  memang menutut ketelitian dan kecepatan dalam mengelola berbagai detail penting yang tidak boleh terlewatkan. Sebagai event planner, kehadiran kita akan menjadi sosok yang sangat penting bagi mereka yang ingin menyelesaikan deretan to-do-list yang panjang dalam jangka waktu yang cukup dekat. Mungkin kamu cocok menjadi sosok yang bisa diandalkan untuk mengatur jadwal serta kegiatan yang calon klien inginkan.  


Dalam menjalani profesi sebagai event planner, kita nggak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan manajerial yang tinggi, namun juga harus baik dalam berkomunikasi. Kemampuan komunikasi menjadi aspek yang sangat menonjol, apalagi jika mengingat seorang event planner harus memastikan segala sesuatunya berjalan dengan lancar. Inilah yang membuat seorang event planner bisa dibayar puluhan hingga ratusan juta loh. Maka dari itu, jangan sampai kendala komunikasi yang menyita tenaga dan pikiran menjadi penghambat lancarnya acara.  

3.    Pengajar Online  

Padatnya jadwal para kaum milenial, seperti para pekerja kantoran maupun pelajar, tidak menghentikan semangat mereka untuk terus belajar dan mengembangkan skill yang dimiliki. Faktor inilah yang membuat belajar secara daring atau kursus online makin banyak diminati. Tingginya antusiasme kursus online ini juga membuka peluang yang makin luas untuk mengembangkan bisnis sebagai pengajar online di bidang yang kamu kuasai.  



Di Indonesia udah terdapat beberapa startup yang mengembangkan aplikasi maupun website berbasis kursus online seperti Quipper dan Ruang Guru. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk mulai mengajar dan mengumpulkan portofolio sebagai pengajar online. Melalui platform-platform ini, kamu juga bisa mulai menjaring “klien” dan mencantumkannya sebagai pengalaman profesional. Dari sini pula, status sebagai pengajar online pun menjadi lebih kredibel dan terpercaya.  

Nah selain ketiga ide tersebut, masih banyak loh sebenernya masih banyak banget ide lain yang bisa dicoba untuk memulai bisnis sendiri. Yang penting adalah kita harus jeli melihat peluang yang dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga bisnis pun akan berpeluang untuk berkembang lebih besar. Modal yang minim pun nggak akan lagi jadi alasan kamu untuk nggak memulai bisnis sesegera mungkin. Dan yang pastinya harus mulai berani mencoba dan membulatkan tekad. Karena sayang banget kan kalo kita melewatkan peluang-peluang yang ada? 

Nah, jadi kamu mau mulai bisnis apa nih? Selamat berbisnis yaaa, teman-teman!

Custom Post Signature

Custom Post  Signature