Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Film Perselingkuhan dengan Kisah yang Tragis

5 Film Perselingkuhan dengan Kisah yang Tragis. Perselingkuhan dalam ikatan pernikahan. Kalo ngomongin topik perselingkuhan dalam pernikahan ini seolah memang nggak ada habisnya, ya. Bagaikan drama tanpa akhir. Hari ini denger gosip selingkuh si ini, besok denger kabar selingkuh si itu, lusa mungkin kita yang diselingkuhin? *Eh jangan dong yaaaa~* *amit-amit* *ketok meja 3 kali*

Tapi kalo ngomongin tentang perselingkuhan emang seru banget sih. Jadi membuat kita menganalisa tentang siapa yang salah, siapa yang benar, apa yang seharusnya dilakukan oleh kedua belah pihak, dan apa sih pelajaran yang bisa diambil dari kisah perselingkuhan tersebut.

Kalo menganalisa tentang perselingkuhan memang sepertinya butuh 1 postingan sendiri ya. Tapi marilah kita skip dulu pembahasan pelik nan mendalam tentang perselingkuhan dalam pernikahan ini~

Sekarang bahas yang ringan-ringan aja tapi masih seputar "perselingkuhan dalam pernikahan". Kali ini marilah kita mendengarkan cerita tentang perselingkuhan yang ada di dalam film saja!

Seperti yang sudah kita tau juga ya, perselingkuhan dalam pernikahan harusnya (((harusnya))) berakhir dengan tragis! HARUS. *Kenapa jadi emosi sih?* 

Walaupun nggak semua film perselingkuhan punya ending yang tragis juga sih, tapi di postingan kali ini ada rekomendasi 5 film tentang perselingkuhan yang berakhir dengan tragis!

Rekomendasi 5 film perselingkuhan panas


Kadang bosen juga kan ya nonton film cheesy romance macem Breakfast at Tiffany's. Nah biar nggak bosen-bosen amat juga pas PSBB jilid 2 plus selama di rumah aja, cuss cekidot 5 rekomendasi film dengan kisah perselingkuhan super seru yang berakhir dengan tragis di bawah ini:


Review Film Asylum

Asylum (2005)

Film yang dirilis pada tahun 2005 ini, bergenre melodrama dan memiliki latar cerita tahun 1960. Berkisah tentang seorang Max Raphael, seorang dokter yang mendapatkan pekerjaan baru di sebuah rumah sakit jiwa. Max pun pindah ke rumah tinggal yang disediakan di dalam kompleks rumah sakit tersebut, bersama dengan istri dan anaknya, Stella dan Charlie.

Jika ditilik dalam awal-awal filmnya, sesunguhnya Stella dan Max memang sudah memiliki hubungan yang renggang. Hingga kemudian Stella bertemu dengan salah satu pasien rumah sakit jiwa tersebut. Edgar, juga merupakan seorang narapidana yang telah membunuh mantan istrinya secara sadis, yang mendapatkan diagnosa gangguan kepribadian parah akibat kecemburuan yang tidak wajar.

Edgar mendapatkan tugas untuk merenovasi rumah kaca di belakang rumah Stella. Disanalah Edgar yang sama sekali tidak terlihat 'gila' dan terlhat sangat normal, pertama kali bertemu Stella. mereka pun saling tertarik satu sama lain hingga akhirnya melakukan hubungan yang terlarang. Dan perselingkuhan tersebut bukan hanya perselingkuhan sekejap, karena Stella merasakan perasaan cinta yang mendalam kepada Edgar. 

Hingga akhirnya Edgar kabur dari rumah sakit, dan Stella merasa kehilangan yang teramat sangat. Sampai Edgar pun mencoba kembali untuk menghubungi Stella dan mengajaknya untuk kabur bersama. 


Stella dan Edgar
Stella dan Edgar

[Asylum Spoiler Alert]

Sedih banget pas akhirnya Stella memutuskan untuk kabur bersama Edgar dan meninggalkan anaknya yang masih berusia 10 tahun. Kehidupan awalnya saat tinggal berdua dengan Edgar pun cukup membahagiakan. Namun Edgar memang benar-benar memiliki gangguan kepribadian yang cukup parah, hingga Stella semakin lama merasa semakin dicemburui tanpa alasan oleh Edgar. Hingga akhirnya dokter rumah sakit jiwa mengendus keberadaannya dan menangkap mereka berdua. Stella pun kembali ke suami dan anaknya, namun pikirannya tetap tertuju kepada Edgar. Sampai anaknya pun akhirnya meninggal tenggelam di sungai, karena Stella yang mengawasinya saat itu tidak fokus menjaga anaknya karena memikirkan Edgar. Jadi ending seperti apakah yang cocok untuk seorang istri yang selingkuh dengan seorang narapidana dengan gangguan jiwa? Yak, akhirnya Stella pun didiagnosis terkena gangguan jiwa dan turut serta dirawat di rumah sakit tersebut. 

Lesson learned from Asylum: 

Selingkuh dengan orang normal aja memiliki banyak sisi negatif ya, apalagi berselingkuh dengan seseorang yang jiwanya tidak stabil seperti Edgar. Padahal Max awalnya mencoba menerima Stella kembali, setelah kabur bersama Edgar. Tapi sepertinya Stella tidak bisa melupakan Edgar hingga membuat anaknya, Charlie meninggal. Endingnya bener-bener tragis dan sama sekali nggak menyenangkan. Tapi emang seharusnya kisah perselingkuhan nggak punya akhir yang membahagiakan bukan?


Review Film Match Point

Match Point (2005)

Match Point merupakan film bergenre Drama, Romance, Thriller yang ditulis dan disutradarai oleh Woody Allen. Cerita Match Point berpusat pada sebuah keluarga inggris yang kaya raya, keluarga tersebut mempunyai 2 orang anak yang sudah dewasa, Tom dan Chloe. Pemeran utama film ini adalah Chris, seorang mantan atlet tenis yang juga bekerja di sebuah klub tenis profesional di London. 

Di klub tersebut, Chris menjadi pelatih tenis pribadi Tom. Mereka berdua cocok tidak hanya sebagai pelatih dan murid, tapi juga sebagai teman baik. Hingga akhirnya Tom mengajak Chris ke pertunjukan opera bersama dengan keluarganya. Di sana, Chris bertemu dengan Chloe yang tampak tertarik kepadanya. Tidak hanya bertemu dengan Chloe, Chris juga bertemu dengan Nola (yang diperankan oleh Scarlett Johansson), pacar Tom. Nola merupakan wanita amerika yang memikat yang bercita-cita menjadi aktris.

Cinta pada pandangan pertama Chloe kepada Chris, kemudian direstui oleh kedua orangtuanya. Yang kemudian menjadi jalan masuk yang mulus untuk Chris ke dalam keluarga kaya tersebut. Berbeda dengan Nola yang sayangnya mendapat penolakan dari keluarga Tom, hingga akhirnya hubungannya dengan Tom pun berakhir.

Chris, alih-alih bersyukur karena memiliki calon istri yang baik dan berasal dari keluarga yang kaya raya seperti Chloe, justru malah jatuh hati dan mulai bermain api dengan Nola. Mereka berdua pun menjalin hubungan terlarang di belakang Chloe. 

Chris dan Nola
Chris dan Nola

[Match Point Spoiler Alert]

Kisah tragis yang ada di film ini sayangnya hanya menimpa si pelakor, Nola. Setelah menjalin hubungan perselingkuhan yang cukup dalam dengan Chris, Nola hamil dan meminta pertanggung jawaban Chris yang saat itu sudah menikah dengan Chloe. Apakah Chris si lelaki hidung belang ini kemudian merelakan Chloe dan memilih Nola? Tentu saja tidak! Chris akhirnya menyusun rencana yang sempurna untuk melenyapkan Nola dengan membunuhnya. Apakah ada akhir yang buruk juga untuk Chris? Sayang sekali tidak. Tampaknya Chris memiliki keberuntungan yang sangat baik, sehingga dia tidak dicurigai dalam kematian Nola.

Match Point Lesson Learned

Kayanya kita nggak bisa ya mengharapkan cinta sejati dari laki-laki yang sejak awal memang hanya mengincar harta aja. Plus ati ati tuh yang punya niat jadi pelakor. Bukannya bisa mendapatkan suami orang seutuhnya, malah berakhir dengan kehilangan nyawa. Plus buat suami-suami macem Chris, harusnya jangan macem-macem kalo udah dapet istri seperti Chloe yang 'sempurna' apalagi bebet bibit bobotnya udah oke banget. Pada akhirnya, selingkuh cuma ngerepotin diri sendiri aja kan? Belom lagi jadi terpaksa ngebunuh calon anak yang masih dikandungan selingkuhannya. 


Review Film A Perfect Murder

A Perfect Murder (1998)


Film ini bergenre Crime, Romantic, Thriller dengan Steven Douglass dan Gwyneth Paltrow sebagai pemeran utamanya. Berkisah tentang Emily, seorang istri yang cantik dengan karir yang cukup sukses dan Steven, seorang suami yang merupakan miliarder pengusaha pasar uang yang sukses. 

Emily tampaknya merasa bahwa pernikahannya tidak bahagia dan ia hanya dijadikan sebuah 'trophy wife' oleh suaminya. Hingga akhirnya, ia pun memilih untuk menjalin asmara yang membara secara diam-diam dengan seorang seniman.

Tanpa Emily sadari, ternyata Steven mengetahui perselingkuhannya. Pada saat yang sama juga, Steven tengah mengalami kerugian sangat besar di pasar saham. Dibanding segera menceraikan istrinya, Steven merencanakan sebuah rencana pembunuhan istrinya dengan melibatkan selingkuhan istrinya.  Dengan imbalan uang yang sanagt banyak, Steven menyuruh selingkuhan istrinya untuk membunuh istrinya sendiri. Hal itu tentu saja dilakukan Steven untuk memberi pelajaran kepada istrinya, sekaligus untuk mengambil uang asuransi kematian istrinya yang bisa menutupi kerugian besar yang sedang dialaminya di pasar saham.

Emily dan Steven
Emily dan Steven

[A Perfect Murder Spoiler Alert]


Sayang sekali pembunuhan terencana yang terlihat sempurna ini gagal dilakukan. Bukannya terbunuh, Emily malah membunuh pembunuh yang bersiap menikamnya di dalam apartemen. Dan yang lebih mengagetkan lagi, bukan selingkuhannya lah yang menjadi pembunuhnya. Ternyata selingkuhan Emily, membayar orang lain untuk membunuh Emily. Steve sangat shock dan kecewa karena rencana yang ia susun ternyata gagal, namun akhirnya ia mencoba menerima Emily kembali setelah menghasut Emily bahwa ternyata selingkuhannya yang berencana untuk membunuhnya. Namun sayangnya, di akhir cerita, Emily mengetahui bahwa suaminya lah yang berniat membunuhnya.

A Perfect Murder Lesson Learned

Ternyata ya, emang nggak semua perselingkuhan didasari oleh cinta, kayanya banyak juga karena nafsu belaka. Kaya hubungan Emily dan selingkuhannya itu. Bisa-bisanya ya selingkuhan Emily malah bergabung dengan rencana pembunuhan yang dibuat oleh suami Emily. Kejaaaammmmm! *langsung pengen nyanyi: ku menangisssssssss~* Cewek cewek kaya Emily ini harusnya banyak-banyak bersyukur ya, untungnya masih bisa selamat dari rencana pembunuhan suami dan selingkuhannya loh. Semoga kamu tobat ya Emily~


Review Film Unfaithful


Unfaithful (2002)


Connie dan Edward (Richard Gere) merupakan pasangan suami istri yang bahagia. Kehidupan pernikahan mereka di awal film, digambarkan dengan sempurna, sebuah rumah yang nyaman, anak berusia 9 tahun yang lucu.

Hingga suatu ketika, di hari yang berangin dan hujan, Connie terluka di pinggir jalan, dan ia ditolong oleh seorang pemuda bernama Paul. Paul pun mengajak Connie ke apartemennya, untuk mengobati. Paul adalah seorang pecinta dan penjual buku, dan apartemennya dipenuhi oleh banyak buku. Benih-benih cinta antara Connie dan Paul pun mulai tumbuh dikala itu.

Pertemuan selanjutnya menegaskan perselingkuhan mereka dengan melakukan hubungan terlarang. Connie benar-benar terlena dengan perselingkuhan itu. Hingga akhirnya Edward, merasa Connie telah berubah dan menyewa seorang detektif swasta untuk menyelidiki Connie. Dan Edward pun mengetahui mengenai hubungan Connie dengan Paul. Pernikahan yang sempurna itupun, mulai runtuh dengan perlahan.

Paul dan Connie
Paul dan Connie

[Unfaithful Spoiler Alert]


Setelah mengetahui tentang Paul, Edward segera mendatangi apartemen Paul untuk bertemu empat mata dengannya. Dan tanpa sengaja, Edward membunuh Paul karena emosinya yang sudah meluap. Edward yang panik, lantas membungkus mayat paul dengan karpet dan membuangnya di sebuah tempat pembuangan sampah akhir. Pada akhirnya Connie mengetahui perbuatan Edward, dan Edward terus merasa bersalah karena telah membunuh Paul. Dan saat jenazah Paul sudah ditemukan oleh pihak kepolisian, Edward pun berniat menyerahkan dirinya dan Connie benar-benar merasa bersalah karena dia jugalah yang menyebabkan Edward membunuh Paul.

Unfaithful Lesson Learned 


Ending film ini benar-benar terasa kelam dan menyedihkan. Connie terlambat untuk mengakui kesalahannya. Edward pun benar-benar tidak berencana membunuh Paul sama sekali pada awalnya. Perselingkuhan benar-benar menghancurkan segalanya, berimbas pada banyak hal dan menghancurkan masa depan keluarga kecil yang tadinya cerah ini. Mungkin, kebahagiaan yang terlihat pada keluarga kecil ini di awal film, tidak menjadi sebuah jaminan untuk tidak melakukan perselingkuhan. Pada akhirnya perselingkuhan memang tentang sebuah godaan yang datang dan bagaimana cara kita menghalau dan tidak memperdulikan godaan tersebut. Seberapa kuatkah cinta, kasih sayang dan juga komitmen kita kepada pernikahan, saat menghadapi godaan tersebut?

Review Film Gone Girl

Gone Girl (2014)


Gone Girl, salah satu film terfavorit sepanjang masa, karena alur dan ide ceritanya yang cerdas banget! Berkisah tentang Amy, seorang penulis terkenal yang menikah dengan Nick seorang dosen dan juga penulis. Mereka menikah atas dasar cinta dan bahagia di awal pernikahannya. Kisah bahagia tentang pernikahan ini tampaknya mulai berubah sejak mereka pindah ke kota kecil tempat Nick lahir dan dibesarkan, karena Nick ingin tinggal dekat ibunya yang saat itu hampir sekarang karena sakit keras yang di deritanya. 

Hingga akhirnya, di suatu pagi Amy menghilang meninggalkan rumah yang berantakan seperti telah terjadi perkelahian sebelumnya. Setelah 3 hari menghilang, Nick pun melaporkan Amy ke polisi sebagai orang hilang, dan polisi pun mulai melakukan penyelidikan dan menemukan fakta bahwa terdapat bekas darah Amy di ruang dapur. Hilangnya Amy pun dicurigai sebagai pembunuhan, yang kemudian menjadikan Nick sebagai tersangka utama.

Benarkah Amy telah dibunuh? Dan apakah Nick yang telah membunuh Amy? Jika Amy masih hidup, kemana perginya Amy?

Nick dan poster hilangnya Amy
Nick dan poster hilangnya Amy

[Gone Girl Spoiler Alert]


Jadi, siapa yang berselingkuh di dalam film ini? Pernikahan yang sepertinya sudah terasa hambar sejak mereka pindak ke kota kelahiran Nick, membuat Nick berselingkuh dengan salah satu muridnya. Tanpa disengaja, Amy pun mengetahui perselingkuhan tersebut dan membuat sebuah metode balas dendan yang super jenius! Yaitu dengan berpura-pura diculik, dibunuh dan membuat Nick menjadi tersangka utamanya. 

Semua rencana yang sudah disusun Amy begitu rinci dan detail. Dia meninggalkan buku hariannya yang berisi cerita karangan tentang kehidupan rumah tangganya untuk memandu polisi agar mencurigai Nick sebagai pembunuhnya. Sementara Nick dituduh atas pembunuhan Amy. Amy pergi ke kota lain, bersembunyi, hingga Nick terbukti bersalah dan mendapat hukuman mati. Sayangnya, rencana Amy untuk bersembunyi terpaksa gagal karena uangnya dicuri saat pelariannya. Amy pun memutar otak dan akhirnya meminta perlindungan dari Desi, mantan pacarnya yang sempat terobsesi dengan dirinya.

Hingga akhirnya Amy harus membunuh Desi dan berakting bahwa dia telah diculik oleh Desi dan kembali dengan penuh drama ke dalam pelukan Nick. Dan Nick terpaksa menerima Amy agar bisa terbebas dari ancaman hukuman mati yang menantinya. Mereka berdua pun kembali bersama dalam rumah tangga yang dipenuhi dengan kecurigaan dan ketakutan.

Gone Girl Lesson Learned


Banyak jalan menuju Roma, banyak juga cara untuk melakukan pembalasan dendam atas suami yang melakukan perselingkuhan. Salah satu cara yang terekstrim mungkin adalah cara yang dilakukan oleh Amy. Jika rencananya berhasil, Nick akan dihukum mati dan Amy berencana mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri. Kebayang nggak sih betapa 'sempurna'nya rencana pembalasan dendamnya Amy? Dia nggak cuma akan ngebuat Nick dipenjara sampe dihukum mati, tapi juga ngebuat Nick malu karena dikenal ke semua penjuru negeri sebagai "Suami yang berselingkuh dan membunuh istrinya". Jangan macem-macem deh makanya para suami, sesungguhnya kalo wanita udah niat banget balas dendam, bisa muncul kekuatan tersembunyi dan bisa menjadi sebuah rencana yang tidak akan terbayangkan sebelumnya. Gimana pak bapak yang abis nonton Gone Girl? Jadi ngeri mau selingkuh ngga?

***

itu dia, 5 rekomendasi film bertema perselingkuhan dengan ending yang tragis. Paling favorit dari kelima film ini sih udah pasti Match Point dan Gone Girl.

Ngomongin perselingkuhan dalam pernikahan nih emang nggak ada abisnya, ya. Beragam jenis perselingkuhan dalam pernikahan bisa terjadi dan biasanya nggak akan memiliki akhir yang bahagia. AAMIIN!

Jadi dari kelima film diatas, film mana aja yang udah ditonton? Atau udah nonton lima-limanya? Ada lagi ga sih rekomendasi film perselingkuhan dengan akhir yang tragis? Infoin di kolom komen plissss~

15 komentar untuk "5 Film Perselingkuhan dengan Kisah yang Tragis"

  1. Aku udah nonton unfaithful dan gone girl dan bad mood berhari-hari hahaha, kapok nonton film kayak gini hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. unfaithful emang paling paling yaaa, nyesek banget endingnyaaa.. cuma pelukan bedua dalem mobil sblm suaminya nyerahin diri ke polisi kan.. huhuhuhuhuhu..

      Hapus
  2. Ya Allah.. kalo nonton film beginian aku bisa kebawa emosi loh Mba .
    Kadang jadi gak jelas kebawa marah sama suami.. hahaha
    .
    Emang jangan coba-coba deh selingkuh . Akhirnya memang selalu tragis

    BalasHapus
  3. makasih mbak rekomendasinya, aku tuh lagi seneng banget nonton drama perselingkuhan. efek pengen marah-marahin pelakor kali ya. hahha. gemes soalnya...

    BalasHapus
  4. Sejujurnya, hampir semua film tersebut, saya familier, tapi kok ya yang paling saya ingat tuh yang perfect Murder.
    Saya pecinta film Hollywood dulunya, jadinya semua jenis film sono saya tonton, memang bagus-bagus sih, nggak melulu bikin gregetan karena selingkuhnya aja

    BalasHapus
  5. Jadi penasaran ingin nonton juga nih.

    BalasHapus
  6. Aku cuma pernah nonton Gone Girl nih. Tapi kalau boleh rekomendasi, aku baru nonton dokumenter tentang kasus nyata perselingkuhan yang baru-baru ini terjadi dan ditayangkan di Netflix. Judulnya "American Murders". Tragis banget

    BalasHapus
  7. Halo mamah Dian, baru ngeh teryata banyak juga ya film dengan tema perselingkuhan ini. Jalan ceritanya bagus dan bikin deg degan pastinyaa

    BalasHapus
  8. Semua filmnya belum daku tonton mbak, karena belum cukup umur 😁. Bisa ditarik hikmahnya, bahwa kalau udah main belakang pasti nggak baik yak, nggak akan indah pada waktunya

    BalasHapus
  9. Wah, edingnya serem semua..hihi..semoga menjadi pelajaran buat yang nonton kalau selingkuh itu ga ada gunanya.

    BalasHapus
  10. match point yang main scarjo yaa.. jadi pengen nonton. dia aktingnya bagus banget siih menurutku.. udah gitu wajahnya juga cantiik gemes :))

    BalasHapus
  11. Belum pernah nton semuanya nih mom sepertinya seru yah. Satu2nya drama perselihan epik yang pernah aku nton The World of Married Couple

    BalasHapus
  12. Recommend filmnya nih mba makasih sharing nya aku save ah, nanti coba cari.

    Tapi kadang nonton film begini lebih takut daripada film horor. Karena mentalnya kadang yg suka oleng kalau abis nonton film begini.
    Jadi curigaan mulu bawabawaanya ke suami
    Hahahaha

    BalasHapus
  13. Film-filmnya ngeri-ngeri dan bahasannya berat, tentang perselingkuhan uy.

    Emang bener tuh, selingkuh itu nggak menghasilkan apapun, kecuali kehancuran diri sendiri.

    BalasHapus
  14. Ngeri ngeri ya list nya. Tapi saya penasaran nih sama film Gone Girl. Bisa jadi pilihan tontonan nih.

    Pasti penulis naskahnya keren, karena bisa menghadirkan panduan cerita buat sutradara dan pemainnya sampai setragis itu.

    BalasHapus