Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Detail Biaya Kelas Karyawan BINUS dan Pilihan Jurusan

Udah kerja, tapi masih pengen melanjutkan pendidikan supaya bisa skill up dan menambah value diri?Binus merupakan salah satu universitas swasta yang bisa kamu pertimbangkan untuk menempuh pendidikan kamu nih. Penasaran sama biaya kuliah Kelas Karyawan Binus? Tenang, aku dapet bisik-bisik tentang biayanya dari salah satu temen aku nih. Langsung aja baca pengalamannya di bawah ini yaaaa~

Detail Biaya Kelas Karyawan BINUS dan Pilihan Jurusan

Tentang Kelas Karyawan BINUS

Aku ingin berbagi pengalamanku saat aku belum mengenal kelas karyawan Binus. Aku sempat berpikir untuk tidak melanjutkan kuliah setelah lulus D3. Aku memang sudah mendapatkan pekerjaan yang buatku cukup lumayan. Aku berpikir sih aku sudah nyaman di tempat kerjaku ini dengan gaji yang mungkin tidak terlalu besar, tetapi juga cukup lah untuk kebutuhanku sendiri.

Tetapi suatu hari aku bertemu dengan salah satu teman SMA. Ia bercerita kalau dia sudah bergabung di kelas karyawan Binus. Sebelumnya sih aku hanya menanggapi ceritanya sambil lalu saja. Aku sendiri tidak tertarik untuk belajar lagi karena bagiku belajar lagi sangatlah membuang waktu. Toh, aku sudah punya pekerjaan. 

Temanku bercerita kalau ia mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat untuk menunjang pekerjaannya di kantor setelah mengikuti kelas karyawan di universitas Bina Nusantara secara online tersebut. Aku sempat berpikir bahwa mungkin dia memang lulusan SMA sehingga ia memutuskan untuk mengambil kuliah online jurusan S1 di Binus University. 

Aku sempat menganggap bahwa ilmuku sudah cukup pasca lulus D3 di Teknik Informatika. Aku juga bekerja sesuai bidangku di kantorku yang sekarang. Namun, ada ucapan yang dilontarkan temanku dimana hal ini cukup mengganggu pikiranku juga, sih.

Dia bilang gini: “Kita kalau nggak ngikutin perkembangan teknologi dan stagnan dengan pengetahuan kita, ya bakal kalah dengan yang muda-muda nanti. Sekarang sih kita masih unggul karena baru lulus, tapi coba aja kita lihat apakah lima tahun lagi kita masih bisa bersaing dengan fresh graduate Teknik Informatika?”

Ada benarnya sih apa yang dia katakan. Memang saat ini mungkin aku masih jadi salah satu ahli IT di kantorku. Tetapi, bagaimana dua atau tiga tahun lagi saat fresh graduate lulusan S1 Teknik Informatika bergabung? Pastinya mereka punya ilmu yang lebih mumpuni karena mereka lebih tahu teknologi terkini. 

Gak Mau Kalah, Dong!

Pilihan Jurusan di Kelas Karyawan Binus

Tak lebih dari seminggu setelah pertemuanku dengan temanku yang sudah menempuh semester kedua di kelas karyawan Binus. Aku akhirnya pengen gabung di kelas ekstensi Teknik Informatika. Tetapi, tentunya aku juga mikir tentang biaya dong. 

Setahuku, Bina Nusantara adalah kampus elit. Aku sempat mikir apa bisa ya aku kuliah disitu. Temanku menginformasikan bahwa ternyata bayar kuliah di Binus Online Learning ini fleksibel. Aku sempat bingung maksud dari fleksibel ini. Ternyata, pembayaran mata kuliah disesuaikan dengan mata kuliah yang aku ambil. 

Wah, menarik nih. Aku baru dengar ada kampus yang seperti ini, apalagi ini kampus dengan rekognisi internasional. Kesempatan ini nggak akan aku sia-siakan. Tanpa pikir panjang, akupun langsung mendaftar sebagai mahasiswa kelas karyawan Ekstensi dari D3 ke S1. 

Biaya Kuliah Fleksibel dan Ringan untuk Tingkatkan Karir 

Tentu yang aku mau jelaskan disini adalah kelas ekstensi Teknik Informatika. Ada lima mata kuliah yang harus aku selesaikan di semester pertama. Pada semester pertama, mahasiswa harus mengambil semua mata kuliah. Sistem pembelajaran modular dimana mahasiswa mengambil jurusan yang ia tentukan akan berlaku di semester kedua. 

Biaya DP di awal masuk kuliah adalah Rp 4.250.000 yang dibayar sekali saja dan ini berlaku untuk semua jurusan sih. Setiap mata kuliah, mahasiswa membayar Rp 1.600.000 dimana di semester pertama ada lima mata kuliah yang diambil yaitu total Rp 8.000.000. Sedangkan Biaya BP3 untuk semua jurusan adalah Rp 2.450.000. Jadi di semester pertama, semua mahasiswa membayar Rp 14.700.000. 

Pada semester kedua, aku boleh mengambil beberapa mata kuliah yang kuperlukan dari total 19 mata kuliah yang tersedia. Jadi, aku bisa menentukan waktu untuk kuliah dimana pekerjaanku tidak terganggu. Di semester kedua, aku memutuskan untuk mengambil dua mata kuliah dulu sehingga aku harus membayar Rp 1.600.000 x 2 = Rp 3.200.000. 

Bagaimana dengan Jurusan Lainnya? 

Biaya kuliah untuk jurusan lain, baik program SMA ke S1 ataupun D3 ke S1 sama. Biaya DP3 atau yang dikenal dengan biaya gedung dan pembangunan adalah Rp 4.250.000 dan dibayarkan sekali saja. Biaya per mata kuliah juga sama yaitu Rp 1.600.000. Sedangkan biaya BP3 per semester juga sama yaitu Rp 2.450.000. Oh iya ada juga biaya skripsi yaitu Rp 4.800.000 dan biaya ini sama untuk semua jurusan. 

Jurusan di Binus Online Learning untuk program S1 dari SMA ke S1 dan kelas ekstensi dari D3 ke S1 sama. Jurusan tersebut adalah Akutansi, Business Management, Sistem Informasi, Teknik Industri dan Teknik Informatika. Semuanya merupakan jurusan dimana lulusannya memiliki demand sangat tinggi untuk semua jenis perusahaan, baik perusahaan nasional maupun internasional. 

Jurusan di Binus Online Learning untuk program S1 dari SMA ke S1 dan kelas ekstensi dari D3 ke S1

Itu dia bocoran tentang kelas karyawan BINUS.  Jadi, tidak ada alasan lagi untuk ragu bergabung di kelas karyawan Binus. Prospek karir yang gemilang pastinya terbuka karena Binus University sudah mendapatkan pengakuan internasional sebagai kampus terbaik. Gimana, apa kamu tertarik untuk melanjutakan pendidikan di BINUS?


21 komentar untuk " Detail Biaya Kelas Karyawan BINUS dan Pilihan Jurusan"

  1. Kelas karyawan yang sering diperbincangkan, nih, Binus memang bagus untuk yang ingin belajar dan bekerja. Baru tahu informasi lainnya di sini, biayanya lumayan dan tingkatan karier yang sangat berguna. Pas banget untuk anak masa sekarang, nih, terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Dulu akupun pas kuliah ngambilnya keelas karyawan, emang seru banget mengikutinya. Apalagi jaman now kampus BINUS yang udah terpercaya,keknya makin keren aja nih.
    Aku lagi rekomendasikan sama anakku yang udah langsung kerja pas keluar SMK, biar sambil belajar dan bekerja di di BINUS

    BalasHapus
  3. Perlu nih untuk terus upgrade diri, biasanya untuk jenjang karir, tapi ini khusus S1 aja ya, nggak ada S2 program untuk karyawan?

    BalasHapus
  4. Kelas karyawan Binus memudahkan karyawan untuk makin semangat belajar ya. Apalagi biayanya terjangkau juga. Tentu saja kulaih secara online banyak diminati terutama mata kuliah favorit. Jadwal dan mata kuliah bisa disesuaikan dengan jadwal bekerja jadi ga ketar-ketir ya aman deh. Thanks infonya bermanfaat banget nih.

    BalasHapus
  5. Bagus banget ini programnya!
    Jadi mahasiswa yang "tidak mampu" masih bisa meraih jurusan sesuai impian sesuai kantong

    BalasHapus
  6. Yaa ampun coba deh dari dulu aku tahu kelas karyawan Binus. Aku juga yang ambil kelas karyawan tapi offline, dari D3 ke S1 juga. Coba tahu online gini kan jadi lebih mudah dan lebih fleksibel bisa kuliah dari luar kota kan. Kalau ngga lanjutin kuliah emang bener bisa stagnan kaga maju2.

    BalasHapus
  7. Jadi ingat Universitas Terbuka, belajar mandiri. Kelas online karyawan ini kayaknya mirip deh, tapi gak harus cari tempat jauh-jauh kalau ujian seperti di UT. Nah kehadiran Binus untuk karyawan ini pastinya sangat membantu ya Mbak, ketika kita ingin menambah ilmu dan meningkatkan skill tapi terbentur dengan masalah waktu

    BalasHapus
  8. Setuju, Binus University sudah mendapatkan pengakuan internasional sebagai kampus terbaik. Ponakanku sudah wisuda dari kelas karyawan BINUS. Dia lulus SMA terus kuliah ternyata ga bisa lanjut karena biaya. Terus kerja karyawan kontrak di bank B*CA. Pas dah punya biaya sendiri dia ambil kelas karyawan di BINUS. Alhamdulillah dah pegawai tetap dia kini di tempat kerjanya.

    BalasHapus
  9. Binus ini universitas swasta yang bagus kualitasnya. Buat kelas karyawan pun rekomended. Memang kampus ini terhitung kampus yang elit dengan fasilitas yang cukup lengkap. Lulusannya pun cukup diperhitungkan. Jadi tahu nih info biaya kuliahnya habis baca artikel ini.

    BalasHapus
  10. Aku baru tahu kalau ada kelas karyawan kaya gini. Jadi yang udah sekolah dan mau upgrade ilmu, bisa banget ambil ini ya. Lumayan buat ningkatin karir ke depannya nanti

    BalasHapus
  11. Kalau ada kelas karyawan mah, bener.. Kudu banget upgrade skills dengan ikutan kelas karyawan Binus.
    Karena selain belajar lagi ilmu di luar bidang keahlian, pastinya akan membuka kesempatan lebih luas di dunia pekerjaan.

    BalasHapus
  12. pengen deh aku kuliah lagi, mau ambil jenjang pendidikan yang lebih tinggi bukan cuma buat cakep2in nama belakang aja tapi ya semacam memberikan penghargaan diri sendiri aja e

    BalasHapus
  13. Terim kasih Binus sudah membuka kelas karyawan. Sebab ini penting buat Support mereka. Kabar baiknya juga sudah mulai banyak kampus yang buka kelas untuk karyawan kayak Binus ini ya

    BalasHapus
  14. Suamiku dulu baru lanjut S1 setelah jd karyawan juga. Menurutku bagus sih ya misaljurusan yang diambil bisa diaplikasikan ke kerjaan dan bisa nambah skill jd nanti kalau ada kesempatan bisa membawa ke jenjang karier yang lbh ok lagi. Apalagi di Binus gtu lho, nama univenya juga bagus ya.

    BalasHapus
  15. Kelas karyawan di Binus rekomended banget. Biayanya juga masih terjangkau dulu di tahun 2009 masih kerja pernah di undang Binus pengenalan jurusan dan biaya kelas karyawan.

    BalasHapus
  16. Jadi ingat sama dokter gigi yang pernah merawatku. Dia sering ke luar negeri untuk ikut seminar, karena katanya ilmu itu terus berkembang, harus diikuti perkembangannya. Mirip sama temannya Mbak yang merasa bahwa teknologi juga terus berkembang dan upgrade skill diperlukan untuk jangka panjang. Semoga rencana melanjutkan kuliahnya di kelas karyawan Binus dilancarkan, ya, Mbak.

    BalasHapus
  17. Lumayan juga nih biaya masuknya
    Tapi sepadan dengan hasil dan kerja keras memang membuahkan. Lain kali butuh waktu banyak untuk memberikan konsep

    BalasHapus
  18. Bisa banget nih buat merka yang ingin bekerja sambil kuliah kelas bonus karyawan tidak mengganggu jadwal kerja sehingga gelar dapat karir jalan terus nih

    BalasHapus
  19. Seandainya ini ada di Makassar, saya sarankan anakku untuk kuliah di sini. Sayang jauh padahal dia butuh kelas karyawan biay jenjanh kariernya.

    BalasHapus
  20. Sepakat dengan teman mba. Kalau mmg ada uang dan waktu , maka lanjutkan pendidikan ke jenjang lbh tinggi. Sekarang s2 saja sudah kayak kacang goreng lho. Hehem. Ternyta biaya di Binus jg ga terlalu tinggi

    BalasHapus
  21. BINUS memang sedang digaung2kan ya tehnik informatikanya keren Mak Dian. Temenku juga lulusan Binus wow lah pokoknya sekarang sih lanjut sekolah bisa dengan mudah ya apalagi di Binus ada kelas ektensi karyawan makin senang deh

    BalasHapus