Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mempromosikan Bisnis Melalui Sosial Media Marketing

Di era digitalisasi ini, digital marketing merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh pemilik bisnis.  Digitalisasi adalah perubahan semua sistem analog menjadi digital. Strategi marketing sebelum munculnya internet atau yang dikenal dengan analog marketing, saat ini dirasa kurang efektif untuk mempromosikan suatu bisnis atau usaha.

Temen-temen tau ngga sih apa itu digital marketing? Digital marketing adalah teknik pemasaran atau promosi bisnis menggunakan internet dan media digital. Digital marketing memiliki hubungan yang erat dengan teknologi. Menurut salah satu survei, saat ini jumlah penetrasi penggunaan teknologi Internet di Indonesia telah mencapai 50% dari total penduduk Indonesia. Oleh karena itu, digital marketing merupakan satu hal yang harus dilakukan untuk memasarkan bisnis atau produk kamu.

Dalam digital marketing juga dikenal istilah sosial media marketing. Definisi sosial media marketing adalah teknik mempromosikan bisnis, usaha atau produk melalui sosial media. Social media atau media sosial adalah digital platform yang menjadi tempat bagi pengguna untuk melakukan aktivitas sosial.

Terdapat beberapa platform sosial media yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk atau bisnis-mu. Mulai dari Instagram, Facebook, TikTok, WhatsApp hingga Twitter. Instagram dapat menjadi pilihan tepat untuk memulai sosial media marketing. Instagram adalah aplikasi berbagi foto dan video yang telah ada sejak tahun 2010. Saat ini pengguna Instagram di Indonesia mencapai angka 91 juta pengguna. 

Kebayang nggak sih berapa banyak target audiens yang dapat kita bidik untuk mempromosikan bisnis, usaha atau produk kita?

Cara Mempromosikan Bisnis Melalui Sosial Media Marketing

sosial media marketing

Lalu, apa aja sih teknik pemasaran yang dapat kita lakukan melalui sosial media marketing? Yuk, temukan jawabannya di bawah ini:

Paid Ads atau Iklan Berbayar

Apa itu Iklan Berbayar? Iklan berbayar adalah model periklanan online di mana pengiklan menawar untuk berpartisipasi dalam lelang waktu nyata untuk menampilkan iklan mereka dalam slot pada platform atau jaringan tertentu. Misalnya, dalam penelusuran furnitur teras ini Anda dapat melihat iklan belanja dan iklan teks.

Salah satu contoh iklan berbayar adalah Google Ads, Facebook Ads atau Instagram Ads. Instagram Ads merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Instagram sebagai wadah untuk beriklan dan menjangkau audiens yang lebih luas. Dengan fitur Instagram Ads, kamu dapat mempersonalisasikan audiens agar sesuai dengan target audiens brand atau produk yang kamu miliki. 

Saat ini biaya untuk melakukan iklan berbayar dapat dimulai dari nominal yang cukup kecil. Tentunya agar iklan yang dibuat dapat sampai kepada audiens yang tepat, kamu harus melakukan beberapa trial ads terlebih dahulu. Mungkin dalam prosesnya, kamu akan menemukan trial dan error, namun jika sudah berhasil menemukan kuncinya, maka transaksi atau penjualan dalam bisnis akan meningkat.

Membuat Campaign Digital

Untuk meningkatkan awareness, kamu bisa membuat campaign berupa challenge, lomba berhadiah ataupun giveaway. Awareness artinya kesadaran. Dalam sosial media marketing, awareness adalah membuat audiens sadar atau mengenal brand atau produk yang kamu miliki. Sedangkan campaign digital adalah suatu cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kesadaran atas produk yang kamu miliki melalui berbagai channel digital seperti media sosial.

Berkolaborasi dengan Influencer atau Brand Lain

Berkolaborasi dengan influencer atau brand lain merupakan hal yang saat ini banyak dilakukan dalam sosial media marketing. Apa itu Influencer? Influencer artinya pemengaruh. Influencer adalah seseorang yang memiliki akun media sosial dengan banyak pengikut, sehingga hal-hal yang ia gunakan atau ia katakan pada postingannya dapat mempengaruhi sebagian besar pengikutnya.

Bekerjasama denga influencer sama artinya dengan melakukan paid review atau review berbayar. Review yang akan dibuat oleh Influencer biasanya akan memengaruhi pengikutnya untuk turut serta membeli atau menggunakan produk yang telah di review. Dalam melakukan paid review, pastikan kamu memilih influencer yang memiliki target audiens dan image yang sesuai dengan produk atau usaha yang kamu miliki.

Selain ketiga hal di atas penting juga untuk memperhatikan konten yang dibuat pada akun bisnis-mu. Selain itu kamu juga bisa menggunakan jasa RajaKomen.com untuk meningkatkan ER atau Engagement Rate akun bisnis-mu.

Rajakomen.com Sosial Media Marketing

RajaKomen dapat membantu untuk memberikan komentar positif aatau review positif pada akun sosial media seperti Instagram, YouTube hingga Google Business Review. Langsung aja klik RajaKomen.com untuk info selengkapnya, ya!

Itu dia, beberapa cara yang dapat kamu lakukan dalam sosial media marketing. Semoga postingan ini dapat memberikan inspirasi dalam melakukan promosi atau pemasaran prodk dan bisnis yang kamu miliki yaaa~

Posting Komentar untuk "3 Cara Mempromosikan Bisnis Melalui Sosial Media Marketing"