Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa sih Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga?

Pemanasan sebelum olahraga. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, kita harus rutin melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari. Olahraga memiliki banyak manfaat untuk tubuh, nggak hanya untuk menjaga kebugaran dan juga kesehatan, tapi juga untuk melancarkan peredaran darah,  merangsang hormon bahagia, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kinerja kognitif otak hingga meningkatkan kesehatan seksual.

Tapi sebelum memulai berolahraga, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, ya!

Apa sih pentingnya pemanasan sebelum berolahraga?

Pemanasan sebelum olahraga

Pemanasan penting untuk dilakukan agar kegiatan olahraga yang kita lakukan setelahnya berlangsung baik dan maksimal. Tujuan utama pemanasan adalah mencegah kram dan kejadian fatal lainnya saat kita sedang melakukan olahraga.

Jadi, kenapa kita harus melakukan pemanasan sebelum berolahraga?

Meningkatkan sirkulasi darah

Gerakan-gerakan pemanasan yang kita lakukan akan mulai meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh kita. Sirkulasi darah yang lebih besar berguna untuk membantu meningkatkan pertumbuhan sel dan juga fungsi organ tubuh kita. Dengan pemanasan sebelum berolahraga, jantung kita tidak harus bekerja lebih keras begitu juga tekanan darah akan jadi lebih merata dan konsisten.

Melancarkan pernapasan

Sering merasa sesak nafas saat berolahraga? Hal ini bisa jadi dikarenakan pemanasan tidak dilakukan dengan baik. Sesak napas saat berolahraga bisa diakibatkan karena kita terlalu memforsir diri saat melakukan gerakan olahraga, sehingga tubuh kita menjadi kaget. 

Dengan pemanasan, pola pernapasan kita jadi lebih baik, sirkulasi udara juga menjadi lebih stabil saat kita melakukan gerakan olahraga inti.

Mengurangi rasa sakit dan risiko cedera

Dengan melakukan berbagai gerakan pemanasan sebelum berolahraga, akan memberi waktu kepada otot untuk merasa rileks. Pemanasan juga akan meningkatkan aliran darah yang juga akan meningkatkan pasokan nutrisi ke otot sehingga akan mengurangi rasa sakit pada otot dibandingkan dengan tidak melakukan pemanasan sebelumnya.

Pemanasan juga akan membantu memberikan nutrisi yang lebih besar untuk otot. Sehingga nyeri otot akan berkurang dan juga dapat mempercepat pemulihan cedera otot dan sendi.

Mengurangi stress

Selain bermanfaat untuk tubuh, pemanasan juga bermanfaat untuk mental kita. Dengan melakukan pemanasan yang lebih lama, mood kita juga akan meningkat saat melakukan olahraga. Peredaran darah dan pasokan oksigen yang lancar saat melakukan pemanasan juga bisa membuat kita menjadi rileks dan membuat rasa stress dan depresi juga ikut menghilang.

Meningkatkan kelenturan

Kelenturan tubuh sangat penting dijaga sebelum melakukan olahraga. Tubuh yang kaku bisa menimbulkan rasa nyeri ketika digerakkan. Gerakan-gerakan pemanasan sebelum melakukan olahraga dapat melenturkan otot sehingga tidak akan menimbulkan rasa nyeri saat berolahraga.

Gerakan pemanasan yang mudah dilakukan sebelum berolahraga

Gerakan pemanasan yang lita lakukan bisa dimulai dengan gerakan kepala. Mulailah untuk memutar kepala secara perlahan kesamping kanan dan kesamping kiri untuk melenturkan otot leher kita.

Kemudian pemanasan bisa dilanjutkan dengan gerakan memutar bahu, memutar lengan dan kedua tangan, menekuk pergelangan tangan, memutar pinggang, memutar lutut, dan juga paha hingga pergelangan kaki kita.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk melakukan pemanasan?

Pemanasan tidak perlu dilakukan terlalu lama. Pemanasan dengan gerakan yang ringan bisa dilakukan mulai dari 5 hingga 10 menit. Lakukan pemanasan minimal 5 menit sebelum berolahraga  untuk melancarkan sirkulasi darah.

Itu dia pentingnya pemanasan sebelum olahraga yang perlu kamu ketahui. Pemanasan memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, tidak hanya untuk mencegah kram saat berolahraga. Oleh karena itu jangan sampai melewatkan pemanasan sebelum melakukan olahraga, ya!

Yuk tetap sehat dengan rutin melakukan olahraga setiap hari dan jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga! Salam sehat dan tetap semangat!

Posting Komentar untuk "Apa sih Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga?"