Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas Growthing: Kursus SEO Terbaik

Kelas Growthing, tempat kursus SEO terbaik. Berapakah usia yang ideal untuk mempelajari hal baru? Jawabannya: Tidak ada batasan usia untuk mempelajari hal baru! Mungkin, bukan usia yang membatasi, tapi pemikiranmu sendiri.

Di tahun terakhir dengan usia kepala 2 ini, rasanya masih haus akan ilmu-ilmu baru. Melepaskan kesempatan untuk bekerja dan melanjutkan kuliah, karena setelah lulus pendidikan D3 langsung menikah dan memiliki anak. Menyesalkah? Mungkin ya pada awalnya. Bukan menyesal karena menikah, namun menyesal melepaskan kesempatan untuk melanjutkan kuliah ke jenjang S1.

Tapi semenjak anak-anak sudah cukup besar dan bisa ditinggal pergi keluar, penyesalah itu perlahan hilang. Karena ternyata ilmu-ilmu baru bisa didapatkan dari mana saja. Serta passion baru, yang bisa mendadak kita temukan tanpa mengenal usia.

Blogger harus terus belajar

Memiliki Adriana Dian Blog ini sejak tahun 2010, namun benar-benar belajar ngeblog dengan baik di tahun 2016. Dunia blog yang awalnya hanya terasa menyenangkan sekarang terasa seperti dunia yang sangaaaaaaaaaaat luas. 

Pertama kali mengenal SEO saat mendapatkan sebuah job yang mengutamakan kaidah SEO dengan tujuan agar tulisan yang dihasilkan bisa masuk ke halaman muda Google. Saat itu juga merupakan saat-saat dimana angka DA PA dan Alexa Rank menjadi suatu syarat utama saat mendaftar ke sebuah job blogger.

Dunia blog yang terasa menyenangkan ini kemudian tanpa terasa membuat terus belajar hal-hal yang baru. Dunia baru, hal baru, teman baru dan ilmu baru.

Saat itu dunia digital juga sudah semakin modern dan menyentuh semua kalangan. Kehadiran blogger semakin dipandang oleh banyak brand, blogger blogger baru juga terus bermunculan dari berbagai latar belakang ilmu, profesi dan juga keahlian. Di dunia digital yang semakin berkembang dan semakin banyaknya blogger baru yang bermunculan, Sebagai seorang blogger, kita harus terus mengupgrade ilmu dan kemampuan. 

Kursus SEO

Belajar SEO untuk blog lebih berkualitas

SEO merupakan sebuah teknik untuk menempatkan postingan blog kita di halaman muda Google. Gambaran kasarnya, saat sebuah keyword diketikan di mesin pencari, tentunya web yang paling banyak mendapat klik merupakan web di halaman 1-3 Google bukan? Semakin banyak postingan yang masuk ke halaman muda Google, tentunya viewers blog juga semakin meningkat.

Oleh karena itu ilmu SEO menjadi hal yang mestinya dikuasai oleh para blogger. Nggak hanya supaya mendapatkan banyak views blog, tapi juga supaya tulisan kita sampai dengan tepat kepada para pembaca. 

Tapi belajar SEO ternyata memang nggak semudah saat belajar mulai ngeblog. Karena banyaaaaaaaaak sekali yang harus dipelajari saat tentang kaidah-kaidah SEO supaya blog kita dapat di-crawling dengan baik oleh Google. Dan supaya tulisan kita lebih cepat masuk ke halaman muda Google.

Tapi, rasanya jiwa ini memang nggak mudah menyerah mencari ilmu seputar SEO. Semuanya dicoba mulai dari kelas SEO gratis, hingga berbayar, dan kelas SEO offline maupun online. Hingga akhirnya akhir bulan lalu dipertemukan dengan link pendaftaran sebuah kelas SEO yang 'ajaib'.


Kelas Growthing Blogger, tempat ajaib untuk belajar SEO

'Ajaib' mungkin merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan kelas Growthing Blogger. Tentu saja makna ajaib dalam konotasi yang positif yaaaaa. (Ini sama sekali bukan sambat loh Coach, tapi sanjungan. Hehe) Berawal dari saat mulai bergabung di Whatsapp Grup Blogger Ruang Tunggu. Awalnya hanya mengenal Mas Pewe dan Mba Monic, couple blogger pemilik Blogger Ruang Tunggu (BRT). 

Awal mula bergabung dengan Kelas Growthing Blogger

Di grup BRT inilah, pertama kali dipertemukan dengan link pendaftaran Kelas Growthing Blogger yang disebarkan oleh Mas Irwin. Pertama kali melihat link tersebut, rasanya memang sudah ada magnet yang menarik-narik untuk segera membukanya. Cukup tercengang dengan pertanyaan pertanyaan di form pendaftaran yang cukup nyeleh. Unik mungkin kata yang tepat untuk menggambarkan form pendaftaran Kelas Growthing Blogger.

Awalnya merasa ragu untuk mengisi link karena teringat dengan PJJ sekolah anak-anak yang cukup menguras waktu di pagi hari.Tapi entah kenapa, rasa haus akan ilmu semakin meningkat dan magnet dari link form pendaftaran itu terasa semakin kuat menarik! Akhirnya dengan membulatkan tekad, memutuskan untuk mengisi link form pendaftaran tersebut dengan semangat!

Dan alhamdulillahnya beberapa hari kemudian, langsung dihubungi oleh Mas Irwin yang mengabarkan bahwa aku telah terpilih menjadi salah satu peserta di Kelas Growthing Blogger! Rasanya tentu saja super happy dan super excited.

Mas Irwin menjelaskan bahwa Kelas Growthing Blogger, merupakan kelas online yang dikhususkan untuk belajar SEO selama 1 bulan namanya. Yang membuat kelas ini berbeda dari kelas SEO lainnya adalah, sistem kick atau eliminasi peserta yang gagal mengerjakan tugas di setiao materi yang diberikan. Total ada 10 materi yang diberikan selama 1 bulan, Setiap materi dan tugas akan diberikan setiap 3 hari sekali, dan eliminasi atau yang dikenal dengan "Tendangan Si Madun" akan dilakukan setiap 2 hari setelah materi.

"Wah sistem kelasnya super unik!" Begitu pemikiran pertama yang muncul tentang kelas ini.

Awal September akhirnya kelas dimulai. Hingga sekarang alhamdulillahnya sudah menginjak materi ke-6 atau sudah melewati separuh perjalanan kelas ini. Dari 200 submission pendaftaran yang masuk, terpilih 40an peserta di awal kelas dan sekarang hanya tinggal 18 peserta saja yang masih sanggup bertahan. Termasuk Adriana Dian Blog! Nggak nyangkaaaaaa :')

Yang dipelajari di Kelas Growthing Blogger

Hingga pertengahan September ini, totalnya sudah ada 6 materi yang diterima oleh para peserta yang masih bertahan hingga sekarang. Materi yang diajarkan mulai basic hingga ke seluk beluk SEO yang terdalam. Mulai dari materi alasan menulis, materi Google Analytics, Google Search Console, SEO Onpage dan yang terakhir adalah SEO Offpage. 4 materi selanjutnya yang tersisa hanya bisa dinikmati oleh para peserta yang masih bertahan, adalah materi mengenai photography, sosial media, Audit SEO dan materi final yang katanya merupakan materi kejutan. 

Semakin lama bertahan, semakin keren materi yang didapatkan. Oleh karena itu semakin semangat untuk mengerjakan tugas dan mengikuti kelasnyaaa💪

Keuntungan yang didapat setelah bergabung dengan Kelas Growthing Blogger adalah tentu saja yang utama merupakan ilmu yang jarang didapatkan di kelas blogger yang biasanya. Coach yang memberikan materi juga merupakan coach yang ahli dan berpengalaman di bidangnya masing-masing. Plus bonusnya adalah naiknya nilai DA hanya dalam waktu 1 minggu! 

Biasanya naikin nilai DA berasa kaya panjat tebing, Sulit dan harus dilakukan secara perlahan. Tapi naikin DA di Kelas Growthing Blogger berasa naik lift, cepat, pasti dan aman. Ajaib banget kaaaannnnn~ Gimana nggak bahagia coba dijodohkan untuk bergabung di kelas ajaib iniiiii :')

Oleh karena itu mohon doanya semoga Adriana Dian Blog bisa terus lolos hingga materi akhir ya.. :') AAMIIN..


Bertemu 'Keluarga' Baru di Kelas Growthing Blogger

Siapa yang suka menyaksikan ajang pencarian bakat di TV? Sering ikut deg-degan kan pasti pas waktu bagian eliminasi. Dari SMA selalu penasaran sama perasaan para peserta itu saat proses eliminasi berlangsung. Kaya apa ya rasanya? 

Dan terjawab sudah perasaan itu di Kelas Growthing Blogger ini. Setiap proses eliminasi atau kick peserta atau tendangan si madun, hati ini rasanya deg-degan nggak karuan, badan panas dingin, mendadak tanpa disadari ngegigit gigit jari sendiri sambil tak melepaskan pandangan dari grup whatsapp. 

Secara virtual, semua peserta sedang bergandengan tangan dan saling merangkul saat proses eliminasi ini berlangsung. Persis seperti saat eliminasi di ajang pencarian bakat. 

Sayangnya, di kelas ini peserta yang tereliminasi tidak sempat mengucapkan kata perpisahan karena langsung di kick dari grup. Tugas terakhir memang membutuhkan lebih banyak ketelitian dari dibandingkan tugas tugas sebelumnya dan akhirnya tugas tersebut membuat belasan peserta dikick dari grup tanpa ucapan perpisahan apapun. 

Ikut sedih saat melihat teman-teman harus berhenti belajar di Kelas Growthing Blogger ini. Dan sungguh merasa lega dan bahagia serta merasa makin erat lagi ikatannya dengan peserta yang masih tersisa di dalam grup. 

Saat ini totalnya msih ada 18 peserta yang tersisa di Kelas Growthing Blogger. Semakin hari semakin ramping jumlahnya, tapi rasanya semakin erat ikatan kekeluargaannya. Plus makin semangat banget untuk terus belajar dan bertahan di Kelas Growthing Blogger ini!

Kenalan yuk sama salah dua diantaranya! Ini dia 2 blogger hebat yang masih bisa bertahan di Kelas Growthing Blogger setelah eliminasi besar-besaran di materi ke 5!

Sapti Nurul Hidayati

Seorang ibu rumah tangga asal jogjakarta ini  dulunya merupakan seorang working mom. Setelah berhenti bekerja, Mbak Sapti memutuskan untuk melanjutkan passion lamanya yaitu menulis. Dan akhirnya membuat blog sejak tahun 2016 yang menjadi medianya untuk menulis. Awal september ini kabarnya mbak Sapti menerbitkan sebuah buku antalogi bersama teman-teman blogger lainnya loh. Selamat ya mbak Sapti😍 

Sapti Nurul Blog


Yang mau kenalan sama mbak Sapti, langsung aja meluncur ke blognya yang berjudul Cerita dan Perjalananku plus folow-folow juga sosial medianya di IG @saptinurulmci dan Twitter @ibuknya_jaksa yaaa~

Maria Tanjung

Blogger asal Suroboyo  ini baru mulai ngeblog sejak 1 tahun yang lalu, dan mulai serius untuk mendalami dunia blog sejak 8 bulan yang lalu. Sehari-hari masih disibukkan oleh pekerjaannya di kantor dan membuat blog untuk mengatasi rasa jenuhnya bekerja di kantor katanya. Walaupun baru setahun ngeblog tapi tulisan di blognya udah cukup banyak loh. Semangat terus ngeblognya ya mbak Mbak Maaaar, karena sudah bertahan sejauh ini di kelas Growting Blogger, pasti kedepannya bisa jadi blogger profesional niiihhh. Hihihi. 

Maria Tanjung Blog


Kenalan yuk sama mbak Maria di blognya Bercerita Dimana dan Kapan Saja dan akun sosial medianya yaitu IG @MariaTanjungMenulis dan Twitter @ShinyTanjung.

Belajar SEO di Kelas Growthing yuk!

Setelah membaca penjelasan panjang lebar diatas, jadi ngerasa tertarik juga ngga sih untuk ikutan belajar SEO. Beneran nih nggak mau ikutan update ilmu seputar blog? Udah makin penasaran mau ikutan Kelas Growthing? 

Gimana caranya ikut Kelas Growthing?

Kelas Growthing Blogger, benar-benar kelas yang tepat untuk Belajar SEO untuk Pemula. Karena materinya super lengkap, coachnya super mumpuni dan bonus naik DA-nya juga bikin bahagia!

Jadi gimana sih cara ikutan Kelas Growthing? Langsung aja klik banner dibawah ini yaaaa~

Kelas Growthing Premium

Psssst, di kelas Growthing Premium ini, nggak ada sistem kick peserta kok. Kamu bakal aman hingga akhir, dengan ilmu seputar SEO yang semakin bertambah plus bonus DA hingga 30+. Cuss, booking tempat sekarang sebelum full yaaaaaaa~ Kalo mau tanya-tanya dulu ke empunya kelas juga bole bangeeeet, langsung ajaa klik banner diatas!

Perjalanan mengenai Kelas Growthing Blogger ini akan terus diupdate diblog ini. Oleh karena itu, mohon doanya supaya Adriana Dian Blog bisa terus lolos hingga kelas terakhir yaaaaa~ AAMIIN..

27 komentar untuk "Kelas Growthing: Kursus SEO Terbaik"

  1. Wah, ada kick kickan juga ya. Huhuhu... Pingin banget ikutan kelas growthing Blogger. Ini berbayar ya mbk?

    BalasHapus
  2. Makassiih mba Dian sudah mereview saya. Sukses dan semangat terus untuk mba Dian

    BalasHapus
  3. Setuju banget kalo blogger harus terus belajar.
    Dari kelas belajar, bisa dapat teman baru yang sehobi.

    Sukses selalu ngeblognya, mbak.

    BalasHapus
  4. Beughh, cita2 bangeett tuh DA bisa 30++
    Kece nih ya kelasnyaaa
    aku takjub sama dirimu Mba
    Semangat belajaaarrr

    BalasHapus
  5. Pengen banget ikutan belajar SEO biar blog bisa makin kece nih..

    BalasHapus
  6. Wah kayanya saya harus ikutan belajar SEO nih, biar bisa jadi blogger profesional. Haha

    BalasHapus
  7. Ajarin dong bun caranya SEO, ngeblog aja belom becus nih

    BalasHapus
  8. Belajar SEO emang nggak bisa sebentar kayanya. Semoga lulus sampe materi terakhir ya. Amin

    BalasHapus
  9. Wah keren nih kalo bisa belajar SEO juga. Biar blog bisa muncul di pejwan google ya mama dian?

    BalasHapus
  10. Gimana cara ikutannya
    apa bener bisa naikin DA sampe 30?

    BalasHapus
  11. Wah seru ya, Mba model kelas belajar dgn sistem Tendangan si Madun. Jadi termotivasi utk selalu bertahan. Kapan ya, Mba ada kelasnya lagi. Info2 dong.

    BalasHapus
  12. Aku fokus di awal cerita, ternyata dirimu masih muda banget ya...terus semangat ngeblog dan ikut di kelas yang kabarnya memang ketat banget ini. Selamat sudah sampai ke tahapan 18 peserta..semoga lanjut lolos sampai lulus ya!!

    BalasHapus
  13. Dari 200 submission pendaftaran yang masuk, terpilih 40an peserta di awal kelas dan sekarang hanya tinggal 18 peserta saja yang masih sanggup bertahan.


    Wooow Mama Dian jagoan! Terus semangat sampe jadi master!
    Semangat sekolahnya yaa

    BalasHapus
  14. Meang ilmu bisa didapatkan di mana saja. Banyak kejadian, orang mengejar status pendidikan formal tapi nggak sungguh2 mau belajar, akhirnya puas dengan kampus fiktif :D
    Btw,,keren banget bisa bertahan sejauh ini mbak dian. Aku pengen banget dapat ilmunya tapi uda ngeper dengan tugas2nya :D.

    BalasHapus
  15. Weits kereeeennnnn, udah bisa dong SEO sekarang? Dah ngerti beneran? Ntar ajarin ya mbaaaaa

    BalasHapus
  16. Kelas growth SEOnya mantap ya ada sistem eliminasi, bagaikan acara Xfactor. Selamat ya mbak, dirimu terpilih untuk ikut kelas keren seperti ini

    BalasHapus
  17. wah hebat mama dian. makin keren brrti blognya niiiihhhhh. kl lulus dr kelas ini traktir traktir jangan lupaaa

    BalasHapus
  18. Jadi pengen juga nih belajar seo. tfs ya..

    BalasHapus
  19. Mama Dian semangat ya, pasti bisa lulus!!!

    BalasHapus
  20. Kereeen! Dont give up mama Dian!

    BalasHapus
  21. Terbaik! Terima Kasih Infonya Sangat Bermanfaat

    BalasHapus
  22. Terimakasih sangat bermanfaat,, kalau bisa ditambahkan video tutorial nya juga

    BalasHapus
  23. Wah ini info bagus bisa buat pembelajaran

    BalasHapus
  24. Makasih mama dian. Jadi tau seo lebih dalam. Emang lagi pengen usaha online

    BalasHapus
  25. Ohh mulai ngeblog dr 2010 to. Wahh makin kesini semakin bagus deh kualitasnya. Semangat Ma Dian biar g kena tendangan si madun ya.

    Blogger tetap kudhu belajar. Apalagi kalay DA nya bs sesuai target jadi 30. Aku jadi penasaran nih, pengen ikutan juga kelas SEO, mau dong dibisikin harganya. Secara namanya blogger emang harus selalu update apapun termasuk update skill di bidang blogging yg ternyata bs menjadikan profesi ya.

    BalasHapus
  26. Bagian eliminasinya bikin deg-degan banget, ya. Kalau untuk kelas premium ada batasan jumlah peserta, gak? Karena kalau baca di sini, makin naik levelnya makin sedikit jumlah pesertanya karena harus fokus

    BalasHapus