Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar SEO untuk Pemula, mulai dari mana?

Belajar SEO yuk! Awal mula jadi blogger dan membuat blog, mungkin yang terpikirkan hanya "Yang penting nulis, nulis dan nulis". Tapi, pernah terpikirkan nggak sih, apalah arti sebuah tulisan jika tidak ada yang membacanya?

Tujuan blog ini dibuat di tahun 2010 adalah untuk menyimpan momen-momen yang mungkin terlupakan di dalam sebuah tulisan. Mulai dari momen-momen alay saat pacaran, pengalaman menikah muda, hingga memiliki anak.

Pemikiran "Yang penting nulis" mulai berubah, saat tiba-tiba satu tulisan dapet banyak banget pembaca dan komentar dari orang yang nggak dikenal sebelumnya. Kebingungan "dari mana sih pembaca-pembaca ini datang?" terjawab setelah menyadari bahwa tulisan tersebut masuk ke page one google!

Ternyata menulis memang lebih membahagiakan saat tulisan kita sudah sampai kepada para pembacanya. Setelah itu, pemikiran "Yang penting nulis" langsung berubah jadi "Gimana ya caranya supaya tulisan blog bisa dibaca banyak orang? Mesti apa nih supaya tulisan blog bisa masuk ke page one google?"

Setelah bergabung dengan beberapa komunitas blogger, blog ini berjodoh dengan sebuah job menulis yang harus memperhatikan kaidah-kaidah SEO. Setelah sebelumnya hanya sekedar lewat mendengar tentang teknik-teknik SEO di blog, akhirnya job tersebut menyadarkan tentang pentingnya SEO untuk sebuah blog.

Belajar SEO untuk Pemula

Apa itu SEO? SEO adalah...

SEO memiliki pengertian Search Engine Optimization atau Optimisasi Mesin Pencari. Menurut Wikipedia, SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari  menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan dari menerapkan SEO 

Tujuan dari menerapkan SEO pada blog kita adalah menempatkan blog kita di halaman teratas mesin pencari untuk suatu keyword atau kata kunci tertentu. Nah, seperti kita nih yang suka mencari suatu informasi di Google, tentunya kita akan meng-klik web yang ada di halaman 1 Google. Jika blog kita berada di page one google untuk sebuah kata kunci, tentunya juga akan mendatangkan lebih banyak klik dan pengunjung bukan?

Saking bersemangatnya untuk belajar SEO, sempat ikut beberapa pelatihan SEO berbayar juga. Tapi ternyata, Teknik dan Parameter SEO nggak bisa dikuasai dalam waktu sekejap. Karena buanyaaaaak sekali dasar-dasar yang harus dikupas dan dimengerti dalam sebuah teknik SEO. 2-4 jam untuk belajar SEO? Sepertinya hanya cukup untuk membahas 'kulit luar-'nya aja.

Sampai akhirnya, di akhir Agustus kemarin, Alhamdulillah sekali diizinkan bergabung dengan Kelas Growth Blogger untuk belajar SEO selama 1 bulan lamanya!

Kelas online ini menghadirkan coach-coach yang sudah terbukti handal dalam bidangnya masing-masing. Seperti kelas pembuka yang dipandu oleh kakak coach Monica Anggen untuk materi penulisan blog seperti yang sudah diceritakan pada postingan Alasan Menulis Blog.

Kelas selanjutnya dipandu oleh Kak Bahrul Ilmi atau Coach Baim yang juga terkenal sebagai salah satu MastahSEO asal Pontianak. Coach Baim juga seorang blogger yang statusnya masih single alias sedang mencari potongan tulang rusuknya yang belum ditemukan hingga sekarang. Yang penasaran pengen kenalan sama Coach Baim, boleh silakan langsung aja kenalan lewat IGnya @bahruladitya dan Twitter @bahruladitya yaaa~. 

Belajar SEO dasar untuk pemula

Jadi, totalnya ada 4 materi yang disampaikan oleh Coach Baim di Kelas Growthing Blogger. Belajar SEO bersama Coach Baim ini, bisa dipraktikkan untuk Wordpress maupun Blogspot.

Materi #1: Cara Menggunakan Google Analytics

Belajar SEO Google Analytics

Google Analytics menjadi materi pertama yang disampaikan oleh Coach Baim. Sebagai blogger, tentunya kita nggak asing bukan dengan Google Analytics? Dan pasti, udah memasangkan blog kita dengan Google Analytics kan?

Google Analytics adalah...

Apa itu Google Analytics? Google Analytics adalah layanan gratis yang disediakan oleh google untuk menampilkan statistik pengunjung sebuah web, dalam hal ini tentu saja blog kita. 

Kalo biasanya menggunakan Google Analytics untuk ambil laporan pageview aja, ternyata setelah dijelaskan oleh Coach Baim, jadi semakin mengerti tentang data data lain yang ada pada Google Analytics.

Beberapa Fitur utama dari Google Analytics adalah Users atau jumlah orang yang mengunjungi blog kita, Sessions atau jumlah orang yang membuka halaman blog kita, Bounce Rate atau jumlah presentasi orang yang meninggalkan blog kita setelah membuka satu halaman dan juga Session Duration atau waktu yang dihabiskan pembaca di halaman blog kita.

Apa sih pentingnya Google Analytics?

Selain hanya untuk laporan setoran pageview postingan blog ke klien. Mengulik Google Analytics lebih dalam juga membuat kita lebih memahami pembaca blog kita sendiri. Fitur-fitur yang ada di Google Analytics juga bisa kita gunakan untuk evaluasi konten, bounce rate dan durasi pengunjung di blog kita. Melihat waktu kunjungan yang tepat, melihat demografi pengunjung blog kita. Mengetahui postingan apa yang paling banyak dikunjungi dan juga melihat dari mana sumber traffic blog kita.

Jadi memahami Google Analytics merupakan langkah awal yang tepat untuk mulai Belajar SEO, supaya kita ldapat mengenal lebih dalam lagi tentang blog pribadi kita.

Materi #2: Cara Menggunakan Google Search Console

Belajar SEO Google Search Console

Google Search Console menjadi materi kedua yang dipaparkan oleh Coach Baim. Sebagai blogger, pastinya udah familiar juga dong dengan Google Search Console atau yang dulunya dikenal dengan Google Webmaster Tools.

Google Search Console (GSC) adalah...

Layanan gratis yang disediakan oleh Google ini berfungsi untuk meningkatkan keterlihatan situs di hasil pencarian Google dan menampilkan laporan status indeks pada web yang didaftarkan. Menurut Coach Baim, mudahnya GSC adalah alat dari Google yang dapat membantu kita untuk memaksimalkan atikel blog kita di hasil pencarian Google. 

Makanya si GSC ini cukup memiliki keterikatan yang penting juga dengan teknik SEO yaaa~

Ada 3 fitur utama GSC yang bisa kita lihat saat membuka dashboard GSC yaitu Overview yang menampilkan data terkait perkembangan blog secara umum, seperti jumlah klik dari hasil pencarian, coverage halaman dan enchancement atau perbaikan. Lalu ada Performance  yang menampilkan berbagai data tentang hasil pencarian blog atau artikel kita di Google. Pada bagian atas Performance kita bisa melihat total clicks, total impressions, average CTR dan average position. SElain itu kita juga bisa melihat dara performa berdasarkan Query atau kata kunci penelusuran, halaman artikel, negara, perangkat, tampilan penelusuran dan tanggal. Kemudian ada URL Inspection yang berguna untuk mengecek indexing halaman atau artikel blog kita di hasil pencarian Google, dan juga bisa digunakan untuk mengindeks artikel kita oleh bot Google.

Jadi untuk kamu yang selama ini hanya menganggap GSC sebagai tempat-penitipan-link-blog-kita-supaya-lebih-cepat-di-indeks-oleh-google aja, kamu salah banget. Karena lewat fitur Performance di GSC, kita juga bisa melihat dari keyword apa sih pembaca paling banyak menge-klik blog kita. Lewat data-data yang ada di GSC ini, kita bisa semakin memahami konten-konten yang sudah kita buat.

Materi #3: Pentingnya Keyword Research sebelum menulis blog

Belajar SEO Keyword Research

Materi ketiga dari Coach Baim adalah tentang Keyword Reseach. Penting nggak sih melakukan keyword research sebelum menulis postingan blog?

Apa itu Keyword Research?

Keyword research adalah proses mencari kata kunci dari ide tulisan yang akan kita buat. Menurut Coach Baim, proses ini penting dilakukan agar tulisan yang kita buat tidak hanya bisa dibaca oleh orang yang datang ke blog kita secara langsung, tapi juga dari mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex dan lain sebagainya.

Keuntungan melakukan riset keyword

Riset keyword dapat membantu kita menemukan ide tulisan, kata kunci potensial, membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan pembaca dan membantu kita untuk memetakan konten atau internal link untuk blog baru.

Tools untuk melakukan Riset Keywords

Beberapa tools yang bisa kita ginakan untuk riset keyword diantaranya Google Search, Google Keyword Planner, Ubersuggest dan Google Trends.

Nah dalam materi riset keywords ini, Coach Baim pertama mencontohkan menggunakan Google Search. Iyes, Google Search ternyata nggak cuma bisa untuk mencari informasi aja, tapi juga bisa untuk melakukan riset keyword untuk penulisan artikel blog kita.

Cara melakukan riset keyword dengan Google Search cukup mudah. Langsung aja ketik kata yang jadi keyword utama di tulisan kamu. Kemudian Google akan memunculkan saran untuk keyword turunannya. 

Selain itu, Coach Baim juga merekomendasikan kami semua melakukan riset keyword menggunakan UberSuggest, sebuah tools riset keyword yang banyak digunakan praktisi SEO dan juga para blogger.

Kenapa sih Riset Keyword itu penting?

Tadinya, postingan-postingan di Adriana Dian Blog ini juga ditulis dengan asal tulis aja tanpa riset keyword sebelumnya. Setelah mengikuti materi tentang GSC dari Coach Baim, kemudian jadi menyadari bahwa ternyata query pembaca yang ada pada beberapa postingan blog nggak sesuai dengan tema besar postingan yang udah ditulis.

Kebetulan aja pembaca nge-klik karena ada beberapa kata di postingan tersebut yang sesuai dengan keyword yang mereka cari. Padahal, inti postingannya bukan tentang itu.. Sedih sekali~ Mungkin hal itu juga yang menjadi salah satu penyebab tingginya tingkat Bounce Rate di blog ini. Pembaca mengharapkannya postingan tentang keyword yang dicari, tapi isi postingannya cuma berisi tentang sebaris dua baris kalimat dari keyword yang mereka cari.

Nextnya bakal melakukan riset keyword di setiap postingan blog baru, supaya tulisan-tulisan di blog ini bakal sampai dengan tepat kepada para pembacanya. Plus happy juga kan, kalo bisa masuk ke page one Google untuk pencarian suatu keyword tertentu! Pssst, siapa tau bisa nambah pundi pundi adsense blog kita juga kan.

Materi #4: Parameter Onpage SEO

Belajar Parameter SEO Onpage

Pastinya beberapa dari pembaca disini udah pada tau bahwa ada teknik SEO onpage dan teknik SEO offpage.

Apa itu Onpage SEO?

SEO Onpage adalah optimasi SEO yang kita lakukan dari dalam blog kita sendiri. Nggak hanya di satu postingan blog saja, tapi juga di keseluruhan blog kita. Sedangkan off page SEO adalah optimasi yang kita lakukan dari luar blog, misalnya dengan mancari baclink berkualitas untuk blog kita.

Checklist Parameter Onpage SEO

Jadi apa aja sih checklist parameter Onpage SEO untuk blog kita? Yang pertama adalah memperhatikan penempatan Keyword pada judul, permalink, awal paragraf dan meta deskripsi postingan. Selanjutnya yang paling njelimet adalah optimasi tag heading, heading H1 H2 dan H3 di blog kita harus tepat supaya Google mampu melakukan crawling dengan baik. Jangan lupa juga untuk optimasi gambar, menempatkan outbound dan internal link dengan tepat dan juga submit link blog postingan ke GSC.

Bagian checklist parameter Onpage SEO ini emang cukup njelimet, tapi kalo sudah dilakukan dengan maksimal, InsyaaAllah mampu membuat postingan kita bersaing sehat di halaman muda pencarian Google.

Nggak terasa bahwa materi ke empat ini merupakan materi terakhir dari Coach Baim. Terima kasih banyak Coach Baim untuk semua sharing ilmunya, super jelas neranginnya, plus super sabar jawabin semua pertanyaan kami satu-satu bahkan sampe tengah malem sekalipun. Hihi.

Sesungguhnya penjelasan tentang teknik SEO ini masih super panjang bangeeeetttt. Sayang sekali nggak bisa semuanya ditulis di blog karena keterbatasan waktu dan tenaga. Huhuhuuuu.

Jadi buat kamu yang masih penasaran banget pengen tau lebih dalam tentang SEO, ikutan Kelas Growth Premium aja! Kelas Growth Premium ini digawangi oleh Coach Masirwin dan Coach Pewe yang juga merupakan SEO Expert dengan kemampuan yang mumpuni. Sebagai peserta Kelas Growthing Blogger udah merasakan sendiri gimana teknik belajar SEO di Kelas Growthing. Soo far soo good banget, dapat materi lengkap, dengan coach yang ahli di bidangnya, penjelasannya juga sangat jelas, dan bisa tanya jawab sampe puas tentang blog kita. Bonus ikutan Kelas Growth Premium adalah bisa menaikkan DA hingga 30++ loh! Penasaran ngga? Langsung aja kepoin dibawah ini yaaaa~

Belajar SEO di Kelas Growthing Premium

Baiklah cukup sekian dulu postingan ini. Alhamdulillah masih bisa bertahan hingga pertengahan Kelas Growthing Blogger.  Cerita lengkap tentang Belajar SEO di Kelas Growthing Blogger yang 'ajaib' ini bakal diupdate lagi kalo Adriana Dian Blog berhasil sampai di garis finish. Semoga bisa tetap bertahan hingga akhir nanti, do'akan yaaaa..

Posting Komentar untuk "Belajar SEO untuk Pemula, mulai dari mana?"