Dengan #YourBabyCanRead, kenalkan anak dengan kata sejak umur 3 bulan!

21.57.00


Your Baby Can read


Dengan #YourBabyCanRead, kenalkan anak dengan kata sejak umur 3 bulan! - Percaya nggak sih kalo ada anak satu tahun yang udah bisa baca? Pertanyaan ini sepertinya bisa memicu momwar antara ibu-ibu ya. Banyak banget kan perbedaan pendapat ibu-ibu tentang: "Sejak kapan sih sesungguhnya kita memberikan pelajaran membaca pada anak-anak kita?"

Kalo udah ngomongin tentang anak batita yang lancar baca, pasti akan muncul pendapat seperti di bawah ini:
"Ih masih 3 tahun udah lancar baca, ibunya pasti maksa anaknya belajar deh!" 
"Kasian Bu, anaknya jangan dipaksa belajar nanti bosen loh sekolahnya!" 
Atau kaya gini nih, 
"Masa-masa balita tuh waktunya mereka main, kok ini malah disuruh belajar baca!"

Ibu-ibu disini pasti nggak merasa asing kan dengan pendapat seperti itu? Kalo aku sendiri memang tipe orang tua yang nggak mau anaknya disekolahkan buru-buru, nggak mesti lancar baca juga pas TK. Karena memang masa-masa balita itu hak mereka untuk mengeksplorasi lingkungannya lewat bermain kan? Jadi aku bukan tipe ibu-ibu yang mau maksain anaknya untuk bisa baca di usia sedini mungkin. Dan bisa dibilang aku ini tipe ibu-ibu yang dalam hati suka mengeluarkan kalimat-kalimat diatas x)

Your Baby Can Read


Tapi, pikiran aku rasanya tercerahkan setelah mengikuti Early Learning Workshop yang bertempat di Reading is Fun at Rumah Kerinci.  Aku pikir awalnya tempat ini cuma perpustakaan biasa. Pertama kali masukkita akan disambut dengan buku anak-anak yang dipajang dimana-mana. Tapi ini nggak perpustakaan banget auranya, lebih ke rumah yang punya banyaaaaak banget buku di dalamnya. Tentang suasana dan ada apa aja di Reading is Fun at Rumah Kerinci ini bakal aku ceritain dibawah ya, sebelumnya sekarang aku mau cerita tentang Early Languange Workshop yang bertema meningkatkan minat baca pada anak sejak usia dini. 


Your Baby Can Read


Workshop ini dibuka oleh Miss Ria yang menjelaskan tentang program Your Baby Can Read. Your Baby Can Read ini adalah program belajar yang menggunakan metode multi sensor yang bisa diterapkan untuk anak usia 3 bulan hingga 7 tahun. Your Baby Can Read bertujuan untuk menstimulasi kemampuan bayi dan balita kita untuk belajar membaca lewat kata.

Program Your Baby Can Read ini ditemukan oleh Dr. Robert Titzer seorang profesor dari Amerika yang juga merupakan peneliti bayi. Awalnya Dr. Robert Titzer ini menciptakan program Your Baby Can Read ini untuk anak-anaknya. Beliau menemukan fakta bahwa 5 tahun pertama dalam kehidupan anak adalah masa-masa pertumbuhan yang luar biasa dalam semua aspek dalam diri anak-anak kita. Dalam periode 5 tahun pertama ini juga lebih mudah untuk mengajarkan anak kata-kata dan berbahasa termasuk berbicara dan kata-kata yang tertulis. Jadi kesempatan sekali seumur hidup ini sangat bagus sekali jika dimanfaatkan oleh orangtua untuk mengenalkan dan mengajarkan anak-anaknya kata-kata sedini mungkin. 

Your Baby Can Read


Your Baby Can Read merupakan program pembelajaran yang menggunakan metode yang menyenangkan, dan sesuai untuk bayi dan balita. Dengan menggunakan multi sensor, dimana di dalam DVDnya anak-anak tidak hanya diperkenalkan pada kata, namun juga bentuk, warna, dan makna kata itu sendiri. Begitu juga word cards yang termasuk di dalam box Your Baby Can Read ini, Mencakup banyak kata-kata yang jika ditarik bagian sampingnya, kita bisa melihat gambar yang menjadi makna kata tersebut. Program ini bisa diterapkan setiap hari dirumah selama 5-10 menit perharinya, baik melalui DVD maupun word cards. Hasilnya akan terlihat minimal dalam 6 bulan kalo orangtua konsisten mengajarkannya yaaa :) Masih nggak percaya kalo anak satu tahun udah bisa baca? Mari lanjut ke pembicara kedua yaitu Ms. Lily.

Your Baby Can Read

Ms. Lily bercerita bahwa beliau sudah menggunakan program Your Baby Can Read ini untuk anak-anaknya sejak mereka berusia 3 bulan, dan ketiga anaknya sudah bisa membaca di umur 1 tahun! Waw bangeeeeet! 

Kenapa sih Ms. Lily ingin anak-anaknya bisa membaca sejak dini? Berdasarkan penelitian ilmiah terbukti loh ternyata bahwa anak-anak yang sudah dkenalkan dengan kata-kata sejak dini, bisa semakin banyak menyerap kosakata, sehingga dia bisa lebih menikmati kegiatan mambaca. Dan jadi lebih mencintai buku juga.

Orangtua mana sih yang nggak bahagia kalo liat anaknya seneng baca buku? Dibanding sibuk sendiri sama gadget, lebih baik mereka membaca buku bukan Kalo sama hal ini aku yakin semua orangtua pasti setuju ya. Begitupun dengan Ms. Lily, beliau mau anak-anaknya bisa sedini mungkin membaca, supaya anak-anaknya lebih tinggi lagi rasa kecintaannya terhadap buku. 

Ms. Lily juga berpendapat bahwa dengan memperkenalkan kata-kata sejak dini dan membuat anak-anaknya bisa membaca sejak umur satu tahun, membuat anak-anaknya menjadi lebih percaya diri. Sehingga mereka jadi lebih mencintai buku, dan membuat mereka cenderung mempunyai rentan perhatian yang panjang terhadap suatu bacaan. Kemudian terbangunlah kebiasaan membaca mereka, memiliki kebiasaan membaca tentunya mempunyai dampak yang luar biasa bukan untuk anak-anak kita? Serta dibalik kesukaan anak-anaknya terhadap membaca, anak-anak dari Ms. Lily ini juga menyukai aktivitas lainnya seperti bermain piano dan bermain sepak bola, sehingga terwujudlah kebiasaan baik yang seimbang. 


Your Baby Can Read


Dan kemudian lanjut lagi ke pembicara terakhir yaitu Ms. Betty yang menceritakan awal mula berdirinya Reading is Fun ini. Reading is Fun didirikan Ms. Betty bersama Ms. Lily dan Ms. Humaira, mereka bertiga memiliki cita-cita untuk menyebarkan kebiasaan membaca sejak dini untuk anak-anak yang lainnya.

Your Baby Can Read
Ms. Humaira, Ms. Betty dan Ms. Lily - Founder Reading is Fun at Rumah Kerinci
Photo Credit to Mira Utami
Buku-buku yang ada di dalam Reading is Fun ini juga awalnya buku-buku koleksi pribadi anak-anak mereka loh. Jadi sebenarnya, Reading is Fun ini nggak cuma perpustakaan aja, tapi juga membuka kelas membaca untuk anak-anak.  


Your Baby Can Read
Semua kelas yang dibuka di Reading is Fun at Rumah Kerinci ini berpusat pada konsep "Love of Reading", yang bertujuan untuk membuat anak-anak lebih mencintai buku bacaan. Oleh karena itu, disini buku koleksinya disebar di setiap penjuru ruangan ya, jadinya anak-anak lebih dekat dan penasaran sama buku-buku bacaan itu. Dan sama sekali nggak ada paksaan ke anak-anaknya untuk belajar membaca ya, jadi prosesnya memang dibuat fun agar anak-anak nyaman dan menyukai kegiatan membaca.

Metode pembelajarannya di Reading is Fun at Rumah Kerinci ini pun menggunakan program Your Baby Can Read. Nih buat kamu yang baca ini, aku bocorin ya biaya pendaftaran kelas di Reading is Fun ini, hanya dengan Rp. 1.900.000,- anak-anak kita sudah bisa mengikuti kelas yang ada di Reading is Fun ini. Dan juga mendapatkan produk Your Baby Can Read dan free access ke perpustakaan Reading is Fun ini. 

Untuk ibu-ibu yang cuma mau ngajak anaknya main kesini dan baca-baca buku aja, boleh banget juga. Biayanya masuk perpustakaannya cuma Rp. 20.000 / 2 jam. Murah banget yaaaaa. Kalo mau beli Your Baby Can Readnya aja juga boleh, harganya sekitar 1,5 - 1,8 juta rupiah. 


Penasaran ngak sih sama kaya apa isi dari reading is Fun at Rumah Kerinci ini, langsung aja scrol-scroll kebawah ya. Walaupun nggak terlalu luas, tapi suasana di Reading is Fun ini asik, menyenangkan dan nyaman banget. Aku suka dekorasinya, warna-warna pastelnya bikin tenang. Disemua sudut ada buku loh, Luna dan Rizqi awalnya malu-malu mau mengeksplor buku-buku disini. Eh tapi akhirnya malah nggak berhenti bolak-balik ngambil buku untuk diliat-liat isinya. Maklum belum bisa baca. Hihi.


Your Baby Can Read


Your Baby Can Read

Your Baby Can Read

Your Baby Can Read



Your Baby Can Read

Your Baby Can Read

Your Baby Can Read


Dibagian paling belakang juga ada ruangan ini, nyaman banget untuk baca sambil tidur-tiduran. Belom lagi tersedia banyak kostum princess dan superhero yang bebas dipake sama anak-anak. Ms. Betty bilang kalo kostum-kostum itu sengaja disediakan agar anak-anak bisa membaca sambil menggunakan kostum itu, dan bisa sambil berimajinasi juga. Luna sama Rizqi juga kemarin sempet nyobain kostum snow white dan spiderman, dan mereka happy banget!

Ibu-ibu, coba deh bawa anak-anaknya kesini. Mereka pasti betah banget main sambil baca buku di Reading is Fun at Rumah Kerinci ini. Bye-bye gadget banget deh kalo anak-anak udah kesini. Sayangnya lokasinya masih cukup jauh dijangkau dari rumah aku, kabarnya sih udah banyak yang nawarin Reading is Fun ini untuk buka cabang di tempat lain, tapi kalo untuk saat ini para pendirinya mau fokus ke satu tempat aja dulu. Duh semoga cabang pertama Reading is Fun ini ngambil lokasi di Kelapa Gading ya, biar nggak gitu jauh dari rumah. Hihi.

Reading si Fun at Rumah Kerinci ini juga udah diiput loh sama acara Ibu Pintar Trans TV.


Your Baby Can Read
Thank you for having us Reading is Fun!

Ada yang mau mendapatkan gratisan produk dari Your Baby Can Read? Yuk ikut Launching produk "Your Baby Can Read" & "Your Child Can Discover" bersama Metro Department Group yang bertempat di Atrium XXI - Gandaria City. Info lengkapnya silakan dibaca dibawah ini :)


Masih penasaran dan nggak percaya kalo anak-anak berusia setahun udah bisa baca? Mendingan langsung aja cek IG Reading is Fun at Rumah Kerinci ini di @BabyCanRead @BayiSenangBelajar dan @ReadingisFun_Jakarta. Dan selamat terpukau! :)

Reading is Fun at Rumah Kerinci
Reading is Fun Class & Book Club
Jalan Kerinci III no.9, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(021) 7221548
readingisfun@babycanlearn.co.id
Instagram: @babycanlearn @readingisfun_jakarta

You Might Also Like

40 komentar

  1. Enak ya bun ada di reading is fun. Feels like home gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya maaaak. bener bangeeet. Jadi pengen punya rumah model gini yaaaa. hihi

      Hapus
  2. Senangnya bisa mengajak anak berimajinasi melalui buku juga kata-kata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, kostum-kostumnya tuh yang favorit anak-anak.. Weheheheee

      Hapus
  3. Waduh keren ya...anak umur satu tahun sudah bisa baca :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, aku juga nggak percaya sampe liat sendiri videonyaaa. hihi

      Hapus
  4. Senangnya bisa mengajak anak berimajinasi melalui buku juga kata-kata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, kostum-kostumnya tuh yang favorit anak-anak.. Weheheheee

      Hapus
  5. senang banget kalau anaknya suka baca.. jadi gampang kalau ada apa2 ya,bisa baca buku bareng sama mamanya. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul. hihihi. Terima kasih sudah mampir kesini ya :)

      Hapus
  6. Penasaran banget deh dengan anak setahun yang udah bisa baca buku. Anakku aja baru belajar baca usia 5 tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Maaaaak. Ini anakku aja 5 tahun baru bisa baca gabungan 2 huruf. Ehehee

      Hapus
  7. Keren memang yang namanya brain kalau dilatih sejak dini!

    BalasHapus
  8. Hai mba Adriana, seneng ya ikut workshop kemarin jd semangat nih ajarin anak baca :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya maaaak. Akhirnya kita ketemu di dunyia nyata ya Mak kemarin. Hihii. Salam untuk si cantik Raisa ya Maaaak :D

      Hapus
  9. Andai ada di dekat rumahku ya Mak.. Enak banget tempatnya dan pengajarnya ramah dgn anak2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, masuk perpusnya juga murah ya mak, cuma 20ribu aja. Hihi. Sayangnya jauh :D

      Hapus
  10. Oh, bisa dari kecil ternyata ya diajari baca? Ini baca huruf atau hanya mengenal symbol/gambar Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca langsung kata mbak. Misalnya CLAP lalu diikuti sama makna CLAP itu sendiri yaitu tepuk tangan. :)

      Hapus
  11. Tempat belajarnya sepertinya nyaman ya mak... Tapi belum ada di kota ku :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nyaman sekali Maaaak. Hooh, ini juga baru ada satu dijakarta, kita bikin perpus anak sendiri apa ya yang senyaman iniiii. Hihihi

      Hapus
  12. Surganya bermain dan belajar ini yaa mbaa :)

    BalasHapus
  13. Program your baby can read ini menarik dan terobosan yang bagus ^^b

    BalasHapus
  14. Mak. Setahun udah bisa baca? Mantap. Ahza mah jalan juga belum ituu.. Hihi
    Kalau ada di sini seru bangrt ya.. Sementara harus puas dg perpus anak di perpus jabar yg lumayan nyaman :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mak, anak aku juga belom bisa baca umur setahun. Hihi. Waaaah jadi penasaran nih sama perpus dibandung. Udah pernah review di blog blom maaak? hihi

      Hapus
  15. hehehe pelajaran bagi saya, Anak saya sampai saat ini pas berumur 2 tahun belum bisa baca, cuma taunya macam-macam warna, nama hewan dan nama-nama yang ada di lingkungan rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak usah terburu-buru juga gapapa sih mas, tapi kalo bisa dimulai sejak dini kan kenapa enggak yaaa. Hehe

      Hapus
  16. aku jg tipe yg ga mau maksain anak utk cepet2 bisa baca, nulis dan berhitung mbak.. walopun kalo mau dibandingin ama emaknya, dulu aku seumur dia skr (3 thn) udh bisa baca :D.. tapi inget bgt, itu berkat papa yg telaten ngajarin dan ngenalin huruf pelan dari umur 1.5 thn.. buku2 khas utk anak bayi juga msh ada di rumah ortu.. mungkin krn seneng ama mainan2 buku itu, aku jd ga ngerasa terbebani diajarin baca ma papa kali ya..

    kalo anakku skr, suka bukunya udh.. dia seneng kalo liat2 buku bacaannya yg aku beliin. tp utk diajarin pelan2 mengenal huruf masih blm bisa fokus anaknya :D gampang ke-distract ama hal2 lain ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaah papanya mbak Fanny telaten sekali.. Aku kagum.. Aku dulu baru bisa baca kelas 1 sd. Hehe. Emang selain harus secara fun ngejarinnya, yang ngajarin juga mesti konsisten dan telaten ya Mbak.. Dan bener-bener nggak boleh dipaksa yaaa, senyamannya anak ajaaa. Ehehee. Duh sayangnya aku nggak setelaten papanya mbak Fanny nih, ternyata memang anak bisa ya membaca sejak dini dari jaman dulu.. :D

      Hapus
  17. Gemes banget kalau masih kecil tapi udah jago baca :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa, aku terpukau liatnya. Hehe

      Hapus
  18. tertarik banget liat tempatnya deeeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, cantik banget tempatnya maaak. Hihihi

      Hapus
  19. wahh, kecil-kecil udah pinta baca, keren euy *jempol*

    BalasHapus
  20. wih manteb banget ini rumah bacanya, anak2 pasti seneng nongkrong disitu yak

    BalasHapus
  21. info yang sangat bermanfaat bagi yang sudah berkeluarga dan punya momongan
    Obat Batuk Herbal Untuk Anak

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎