Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Tahu Peluang Bisnis Rumahan di Tahun 2022, Yuk Jualan Online!

Yuk jualan online! Pernah denger nggak sih salah satu hadist yang mengatakan bahwa 9 dari 10 pintu rezeki adalah dari berdagang? Intinya, berdagang merupakan salah satu pintu rezeki dalam Islam. Apa itu berdagang? Menurut KBBI, berdagang adalah pekerjaan yang berhubungan dengan menjual dan membeli barang untuk memperoleh keuntungan. Berdagang biasa disebut juga dengan kegiatan jual beli dan berniaga.

Sesungguhnya kalo dipikir-pikir, seorang blogger juga termasuk pedagang atau penjual jasa untuk menaikkan awareness suatu brand atau produk tertentu. Iya kan teman-teman blogger? Tapi, di dalam lubuk hatiku yang terdalam entah kenapa kayanya selalu pengen nyoba untuk jualan produk secara online.

Era digital tuh emang memudahkan para pedagang atau pebisnis menjual produknya secara online. Bukannya nggak pernah nyoba, aku dah nyoba jualan online bebrapa kali dan selalu gagal. Huhu. Tapi yang namanya memulai bisnis tuh katanya emang mesti ngelewatin berkali-kali trial dan error kaaaan? Sampe sekarang, aku masih nyoba untuk nyari tau lebih banyak lagi tentang cara berjualan online.

Mulai dari nyari tau gimana caranya jualan online dan apa aja sih produk-produk yang bisa dijual secara online. Setelah baca-baca beberapa artikel, akhirnya aku mendapatkan beberapa inspirasi produk yang cocok dijual secara online dari rumah.

Yuk jualan online, peluang bisnis rumahan di tahun 2022 yang cocok untuk ibu rumah tangga

Cari Tahu Peluang Bisnis Rumahan di Tahun 2022

Saat ini, bisnis online memang tergolong sebagai bisnis yang cukup menjanjikan. Selain itu, waktu pengerjaannya juga lebih fleksibel. Jadi, cocok banget nih dicoba oleh buibu rumah tangga sepertiku. Apakah kamu ibu rumah tangga yang berpikir untuk memulai bisnis online dari rumah? Yuk jualan online dan coba beberapa rekomendasi produk di bawah ini yang bisa di jual dari rumah.

Makanan

Di tengah kesibukan para ibu bekerja yang harus WFH dan mengurus anak di waktu yang bersamaan, bisnis makanan seperti frozen food sangat cocok untuk dijalankan. Produk-produk frozen food yang dapat dijual diantaranya seperti ayam tepung siap goreng, udang tepung siap goreng, nugget bebas MSG, dimsum beku, pempek beku hingga ayam bumbu, ikan bumbu hingga bebek bumbu siap goreng.

Selain menjual frozen food, jika kamu memiliki bakat memasak, usaha makanan matang siap santap juga patut dipertimbangkan. Membuka catering rumahan atau usaha cemilan bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur kurir makanan yang tersedia pada beberapa platform transportasi online.

Pakaian

Pakaian merupakan barang yang aman disimpan selama bertahun-tahun karena tidak memiliki tanggal expired seperti makanan. Sehingga pakaian cocok menjadi salah satu pilihan saat mulai merintis usaha online.

Kamu dapat memilih untuk membuat brand sendiri dengan mencari bahan, tempat konveksi hingga tempat sablon. Saat ini pakaian preloved juga memiliki tempatnya sendiri di hati konsumen. Namun, untuk memulai bisnis pakaian preloved, kamu harus jeli memilih paket pakaian bekas yang ingin dijual.

Pakaian juga merupakan salah satu kebutuhan manusia, jadi memulai usaha fashion merupakan salah satu usaha yang tepat untuk dicoba.

Perawatan kecantikan

Masa pandemi membuat semua orang menghabiskan banyak waktu di rumah. Saat di rumah, beberapa orang memilih untuk lebih merawat diri. Hal ini dapat menjadi peluang untuk kamu memulai bisnis perawatan kecantikan. 

Beberapa produk kecantikan bahkan membuka sistem MLM atau reseller yang cocok dicoba karena biasanya tidak memerlukan modal yang terlalu besar.

Yuk Jualan Online di Lazada

Nah gimana, dari ketiga produk di atas, ada yang tertarik untuk mencobanya kah? Atau masih mau mencoba mencari inspirasi bisnis rumahan lainnya? Coba baca artikel berikut ini yaaaa: Peluang Bisnis Rumahan di Tahun 2022.

Manfaat jualan online dari rumah untuk ibu rumah tangga

Yuk jualan online! Eh, tapi simak dulu penjelasan apa aja manfaat jualan online untuk ibu rumah tangga berikut ini.

Menambah pemasukan

Bagi ibu rumah tangga, rasanya tuh nyenengin nggak sih punya pemasukan pribadi? Bukan maksudnya menolak nafkah dari suami yaaa. Tapi kalo punya penghasilan pribadi berasa lebih bebas jajan apapun yang kita mau tanpa mesti terbebani rasa tanggung jawab buat laporan keuangan ke pak suami. Hihi. Tentu saja finansial menjadi manfaat nomer satu dari berjualan online.

Menjadi tantangan dan mengisi waktu luang

Manfaat selanjutnya yaitu untuk mengisi waktu luang. Jadi ibu rumah tangga emang berasa punya pekerjaan dengan shift 24/7 ya? :') Tapi suka berasa jenuh nggak sih sama hal-hal yang rutin kita lakukan setiap hari? Oleh karena itu ibu rumah tangga butuh tantangan, biar semakin semangat menjalani hari. Memulai bisnis rumahan merupakan salah satu hal yang bisa menjadi pilihan tantangan yang ingin dihadapi dan dapat dikerjakan untuk mengisi waktu luang.

Bagaimana cara memulai jualan online?

Lalu setelah tau apa manfaat jualan online dan apa kira-kira produk yang ingin dijual. Langkah selanjutnya adalah langsung memulainya. Langkah awal katanya sih merupakan langkah yang paling terasa berat.  Etapi tenang, sebenernya nggak berat berat banget kok kalo kamu mau mencari tau caranya.

tips jualan online yuk jualan online

Saat ini banyak banget platform jualan online yang bisa kamu manfaatkan untuk memulai bisnis rumahan online. Salah satunya adalah platform jualan online Lazada. Pastinya udah tau banget dong, atau udah sering juga belanja di Lazada?

Cara jualan di Lazada

Lazada adalah  perusahaan e-commerce Asia Tenggara yang didirikan oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant pada 2012, dan dimiliki oleh Alibaba. Coba langsung cek smartphone msasing-masing, dah pada download Lazada belum niiih? Hihi.

Cara Jualan di Lazada

Emang kenapa sih mesti mencoba berjualan online di Lazada? Ada beberapa alasani nih yang ngebuat kamu harus coba mulai jualan di Lazada yaitu, 0% komisi, transaksi yang aman dan mudah, pengiriman yang handal dan efisien, gabung denga promo gratis, adanya dukungan untuk seller baru. serta terdapat alat unutk menumbuhkan lalu lintas dan menumbuhkan penjualan.

Tips sukses jualan online

Cara berjualan di Lazada juga cukup mudah. Pertama, buat akun penjual. buka web Lazada dan sign in dengan email yang kamu miliki. Selanjutnya buat akun penjual dan lengkapi data diri yang diperlukan. Kedua, unggah dan kelola produk. Jangan lupa buat foto produk semenarik mungkin untuk menarik minat calon konsumen dan lengkapi data produk yang dijual sedetail mungkin untuk memudahkan konsumen menemukan produk yang kamu jual.

Ketiga, jual dan dapatkan penjualan. Setelah melengkapi foto dan deskripsi produk, selanjutnya kamu jualan di Lazada. Jangan lupa lakukan promosi melalui sosial media yang kamu miliki, atau gunakan fitur di Lazada yang mampu menumbuhkan lalu lintas dan menumbuhkan penjualan.

Cara sukses jualan di Lazada

Jadi nggak perlu ragu lagi, buibu yuk jualan online! Mulai bisnis online rumahan sekarang juga dengan mencoba Peluang Bisnis Rumahan di Tahun 2022. Nggak apa-apa kalo gagal, selanjutnya jangan lupa untuk bangkit dan berjuang kembali yaaaa~ Kita nggak akan tau apa yang akan terjadi kalo belom pernah dicoba. Yuk semangaaaaaaatttt!

19 komentar untuk "Cari Tahu Peluang Bisnis Rumahan di Tahun 2022, Yuk Jualan Online!"

  1. Peluang bisnis rumahan sekarang banyak banget, keuntungan dan kemudahannya pun lumayan karena bisa dijadikan freelance. Apalagi buat ibu rumah tangga bisa hasilkan cuan dengan mudah mantep banget, terima kasih tipsnya!

    BalasHapus
  2. Ini aku banget, Mbak. Sejujurnya aku memang lagi nyari-nyari mau jualan online apaan di platform apa. Udah dua bulan mikir belum bisa memutuskan juga :))

    BalasHapus
  3. Ngomong-ngomong, Lazada bisa dipakai jualan jasa juga nggak, ya? 🤔

    BalasHapus
  4. Makasih sharingnya kak, saya kok ga pede ya kalo jualan makanan karena merasa ga pinter masak. Saya jualan buku tp karena produk sekunder penjualannya pun tdk seberapa. Lg mencari peluang jualan lain

    BalasHapus
  5. Kalau saya dan istri memanfaatkan bulan ramadhan untuk bisnis jual takjil secara online. Hihi

    BalasHapus
  6. Lazada ini emang ecommerce yang oke bamnget. barang-barangnya bagus harga juga bersahabat

    BalasHapus
  7. Banyak peluang yang bisa dilakukan untuk tambah cuan lewat bisnis online.
    Tinggal konsisten dan jangan menyerahnya yang dikuatkan ya

    BalasHapus
  8. jualan makanan nih rekomen banget menurutku buat dijual secara online maupun lgsg. Mana sekrang ide jualan pun bermacam-macam, dan cara menjualnya pun lebih mudah karena ada aplikasi seperti lazada ini..

    BalasHapus
  9. Jualan sekarang jadi pilihan paling asyik untuk nambah cuan ya. Ada banyak pilihan media, tinggal pilih mana yang paling cocok sama target pasar.

    BalasHapus
  10. Banyak sekali pelang bisnis di rumah yang bisa dikerjakan.
    Semoga dengan memanfaatkan peluang dan merintis usaha online di Lazada, maka bisa banyak belajar bisnis dan senang ketika mulai menunjukkan hasil sesuai harapan.

    BalasHapus
  11. klo jualan makanan emang ga ada matinya sih ya mba, karena konsumsi harian yang selalu dibutuhin masyarakat

    BalasHapus
  12. Mempersiapkan diri untuk mencari tambahan cuan di tahun 2022 dengan sebaik mungkin. Bisa jadi salah satu dari usaha diatas adalah peluang yang bisa dicoba dan usahakan

    BalasHapus
  13. Jualan online laku keras apalagi setelah pandemi orang-orang di rumah aja. Sekarang pandemi usai masih laku banget lho. Harga bersaing. Kualitas juga. Wah asyik lengkap banget penjelasan ttg bergabung di Lazada

    BalasHapus
  14. Aku lagi butuh banget baca ini karena pengen mulai berbisnis di 2022. Makasii mba sharingnya, ssaya kira lazada ga bisa untuk pedagang kecil tapi rupanya bisa yaaa. Wahhh otw coba juga.

    BalasHapus
  15. Kalau bisa memanfaatkan peluang, banyak juga peluang bisnis rumahan yang bisa dimanfaatkan ya mbak

    BalasHapus
  16. Ramadan nih berdasarkan survei emang selalu meningkatkan penjualan. Makanya mesti gencar ya. Hebat nih Lazada masih eksis sampai sekarang.

    BalasHapus
  17. Jualan pakaian itu sebenarnya everlasting ya. Karena nggak ada expirednya juga. Dulu aku pernah jualan juga tapi sekarang udah kukut efek pandemi. Nggak tau sih kalau bisa jualan di lazada.

    BalasHapus
  18. Tapi kenapa ya aku sering belanja di lazada dan penjualnya nipu. Hikss.. Moga lazada lebih selektif lagi dalam memfilter para pedagangnya yang make akun lazada.

    BalasHapus
  19. memang penting sekali untuk teman-teman yang di rumah untuk tetap produktif dan tentu saja banyak peluang bisnis rumahan yang bisa dilakukan

    BalasHapus