Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Serunya ZenCore: Meningkatkan Kemampuan Otak dan Kecerdasan Anak

Setahun sudah PJJ. Gimana Buibu? Masih amankah? Walaupun terasa semakin berat dan sulit, tapi jangan menyerah! Karena kita pasti bisa melewati ini semua. Semangat!

Setahun lebih anak-anak belajar dari rumah, berasa banget nggan trial dan errornya metode-metode belajar yang sudah kita terapkan? Yah walaupun guru tetap pengajar utama, tapi orangtua tetap berasa menjelma jadi guru di rumah nggak sih?

Setahun PJJ, berasa nyata banget ya peran orangtua sebagai guru di rumah. Apalagi untuk Una (10th) dan Abang (9th), dua anak mama Dian ini nggak bisa banget dilepas 100%. Pengennya sih belajar di rumah via zoom bareng gurunya, bisa mama Dian tinggal-tinggal atau disambi-sambi. Tapi kenyataan memang tak pernah seindah harapan yaaaa~ 

Yang ada selama jam sekolah, mama Dian beneran jadi guru dengan duduk diem di kamar, disamping mereka berdua. Ditengah-tengah mereka berdua sih lebih tepatnya.

Terus kalo Una dan Abang zoom barengan? Ya mama Dian pasang kuping kiri ke Una, kuping kanan ke Abang. Benar kan Buibu? Kayanya semua buibu pun saat ini merasakan hal yang sama yaaaaaa *Peluuuukkkk*

Dan ternyata, setelah menemani anak-anak belajar di rumah setahun lamanya. Mama Dian sadar bahwa jadi guru tuh susaaaahhhhhhh banget.  Karena ternyata mengerti cara melakukan sesuatu itu berbeda dengan mentransfer ilmu dengan penjelasan. 

Sering terjadi banget kalo Una dan Abang belajar soal matematika yang sulit, mama Dian sih bisa ngerjain dan nemuin jawabannya. Tapi setelah mama Dian jelaskan panjang lebar caranya ke Una, dia nggak ngerti sama sekali! Bagaimana mama Dian tidak stress cobaaaa :')

Oleh karena itu, mama Dian selalu membuka opsi-opsi agar PJJ ini terasa lebih mudah. Salah satunya dengan cara menggunakan aplikasi belajar online. Karena jaman sekarang tuh nggak bisa juga kan kursus offline, jadi aplikasi belajar online bener-bener jadi penyelamat banget!

Nggak dipungkiri bahwa saat ini tuh banyak banget aplikasi belajar online yang bisa dijadikan pilihan untuk anak-anak kita. Dan mama Dian sama sekali nggak keberatan nyobain aplikasi tersebut satu persatu untuk mencari mana yang terbaik untuk Una yang saat ini udah menginjak kelas 5 SD atau 1 tahun lagi menjelang kelulusan sekolah dasar.

Nah kemarin, mama Dian nyobain salah satu aplikasi belajar yang bisa banget ih jadi pilihan tambahan pelajaran untuk anak-anak saat PJJ.

Zenius

Pasti rata-rata Buibu udah pernah denger deh tentang aplikasi belajar yang satu ini. Aplikasi yang memiliki dominan warna ungu ini memiliki misi utama untuk menumbuhkan rasa penasaran dan cinta akan proses belajar di dalam diri semua orang di manapun dia berada. 

Nah saat seseorang sudah cinta  dengan proses belajar, maka segala bentuk proses belajar bisa dilakukan dengan penuh rasa semangat dan kemerdekaan. Dengan semangat kemerdekaan belajar inilah, Zenius dibangun untuk bersama-sama merangkai Indonesia yang cerdas dan cerah. 

Sejarah berdirinya Zenius

Ini nih yang mungkin Buibu nggak tau, yaitu tentang sejaran berdirinya Zenius. Tau ngga sih Buibu, kalo Zenius sudah ada cikal-bakalnya sejak tahun 2004. Saat itu Founder Zenius, Kak Sabda PS dan Medy Suharta mulai memformulasikan kerangka belajar Zenius dan mulai menerapkannya di beberapa bimbel di Jakarta. 

Yang selanjutnya, rekaman pelajaran tersebut mulai dibuat dan dipasarkan dalam bentuk CD dan DVD. Hingga kemudian di tahun 2007 PT. Zenius Education resmi berdiri. Situs pembelajaran online Zenius.net pun resmi diluncurkan pada tahun 2010.

Di tahun 2017, Zenius menjadi perusahaan edutech pertama yang masuk ke Top 10 Startup di Indonesia.

Hingga akhirnya, pada tahun 2019, semua materi dan fitur belajar Zenius sudah bisa diakses melalui Zenius App yang telah hadir di Play Store dan App Store.

Dan di Maret 2020 kemarin, Zenius menggratiskan total layanannya untuk mendukung proses belajar selama masa pandemi COVID-19. 

Zenius App, cocok banget buat menambah materi pelajaran anak-anak

Zencore rekomendasi aplikasi belajar terbaik

Sebelum mama Dian cobain ke Una, tentunya mama Dian download aplikasi Zenius dan cobain daftar sendiri.

Setelah download dan daftar, mama Dian pun akhirnya sampe di tampilan home-nya Zenius. 

Aplikasi belajar online Zenius

Review Aplikasi Zenius

Cara mendaftar aplikasi zenius gratis

Dengan dominasi warna ungu, tampilan home aplikasi Zenius ini clean dan user friendly. mama Dian langsung pilih pelajaran Matematika sesuai dengan kelas Una. Pelajaran matematika ini emang jadi PR banget buat mama Dian. Huhu.

Dan alhamdulillahnya, Una suka nonton video penjelasan matematika yang ada di app Zenius. Mungkin karena videonya juga santai banget penjelasannya, nggak kaku plus ditambah penjelasan cara yang mudah dimengerti.

Kebetulan, mama Dian juga udah follow sosial media instagramnya Zenius. Dan beberapa waktu lalu, Zenius sempet mengumumkan peluncuran salah satu fitur terbarunya yang bernama ZenCore. Karena mama Dian penasaran, langsung deh mama Dian cobain fitur ZenCore ini.

ZenCore, bikin cerdas beneran!

Download aplikasi Zenius

Fitur Zencore untuk menambah kecerdasan

Menurut Zenius, ZenCore merupakan skill dan knowledge yang mesti dikuasai oleh semua orang terlepas dari apa pun jenjang pendidikan, jurusan dan bidang kerjaannya. ZenCore memang cocok untuk menigkatkan kecerdasan #mulaidarimanaaja.

Memangnya apa aja sih skill dan knowledge yang harus dikuasai?

Fundamental skills

Skill ini berguna untuk melatih cara berpikir agar semakin cerdas. Nah fundamental skills ini bisa dilatih di bagian ZenCore CorePractice, ya!

Insightful Knowledge

Insightful knowledge adalah berbagai pengetahuan yang insightful seperti basic science, filsadat, big history dan lain sebagainya. Insightful knowledge ini bisa membuat kamu melihat dunia dengan berbagai sudut pandang dan perspektif. Insightful knowledge ini bisa di pelajari di bagian CoreInsight.

Sekarang, caritau tentang CorePractice yuk!

CorePractice adalah kuis yang bermanfaat untuk meningkatkan fundamental skills. Ada 3 kemampuan nih yang dilatih sekaligus menjadi fondasi dalam berpikir yaitu matematika, bahasa inggris dan verbal & logika.

Dengan meng-upgrade cara berpikir, anak-anak juga bisa menangkap informasih lebih cepat dan berpikir lebih kritis dan rasional hingga mampu meningkatkan kualitas hidup anak. Dengan berpikir secara kritis, anak-anak nggak akan mudah terjebak dalam informasi hoaks dan bakal memiliki pemikiran yang lebih sehat.

CorePractice itu seseru apa sih?

Ada ribuan kuis yang bisa dimainkan

Di CorePractice ada ribuan kuis yang dikombinasikan untuk menguji beberapa tingkatan berpikir. Pertanyaannya bisa mulai dari level termudah dan juga level tersulit yang bikin mikir.

Bikin cerdas beneran

Karena Zenius nggak hanya sekedar pengajar tapi juga mentor menyeluruh. Dengan tutor Zenius, anak-anak akan mampu terlatih mentalitas belajar yang tepat, membangun motivasi hingga bisa jadi temen curhat atau pendengar keluh kesah.

Adaptif dengan kemampuan anak-anak

Anak-anak bisa juga nih mendapatkan tambahan insight keren dari kakak tutor Zenius, langsng di kelas yang terasa hidup dan interaktif.

Bisa ajak teman push rank

Emang push rank cuma bisa di game online aja? Ih jangan salah, di ZenCore, anak-anak juga bisa push rank nih bersama dengan teman-temannya. Tinggal share aja link ZenCore untuk emnghubungkan anak-anak dan teman-temannya.

Review ZenCore dari Una

Kemarin, mama Dian langusng nyuruh Una nyobain fitur ZenCore di aplikasi Zenius ini. Dan kata Una seru banget!

Karena main ZenCore tuh berasa main kuis. Dikasi pertanyaan seputar pelajaran secara cepat menggunakan timer pula. Jadi mau nggak mau ngebuat Una untuk berpikir dengan cepat dan fokus mencari jawabannya.

Aplikasi belajar online gratis dan mudah yaitu Zenius

Dan menurut mama Dian, fitur ZenCore ini berkaitan dengan anak-anak dan cocok banget untuk meningkatkan atau meng-upgrade cara berpikir anak-anak.

Kenapa sih Una menggunakan ZenCore? Karena ZenCore emang cocok banget untuk melatih fokus dan berpikir cepat untuk anak-anak. Nggak ada lagi deh mikir jawabannya sambil bengong, karena waktu terus berjalan. Jadi mau nggak mau ya harus fokus dan berpikir secara cepat.

Apa itu Zencore dari Zenius

Yang paling Una sukai dari ZenCore adalah keseruannya! Jawabin pertanyaan-pertanyaan di ZenCore berasa lagi ikutan kuis cerdas cermat. lengkap dengan timer waktu dan hasil nilai di akhirnya. Plus bisa jak temen push rank. berasa cerdas cermat secara online yaaaa. Hihi

Sejauh ini menurut mama Dian dan Una, aplikasi ZenCore menarik sekali dari segi pertanyaan dan pengerjaannya. Tapi semoga kedepannya background di aplikasi ZenCore bisa disesuaikan dengan tingkatan anak-anak yang mengerjakannya. Maksudnya pengen lebih colorful atau dipenuhi dengan gambar-gambar animasi pendukung aja, biar nggak terlalu sepi halamannya. Hihi.

Yuk Buibu semuanya, langsung aja nggak perlu ragu lagi. Download aplikasi Zenius dan cobain fitur Zencore yang bermanfaat untuk meingkatkan kecerdasan anak. Cuss download app Zenius di Play Store atau App Store smartphone anak-anak kita yaaaa.

Yuk tetap semangat mendampingi anak-anak belajar #mulaidarimanaaja. Harus selalu semangat dan jangan mudah menyerah, karena penerus bangsa ini ada di tangan kita! 

Semoga masa-masa PJJ ini pada akhirnya dapat kita lewati dengan baik. Dan semoga pandemi bener-bener segera usai ya Buibu. Aamiin. S E M A N G A T !!

53 komentar untuk "Serunya ZenCore: Meningkatkan Kemampuan Otak dan Kecerdasan Anak"

  1. wah iya ZenCore ini memang seru ya mbak
    juga sangat bermanfaat untuk mengasah kemampuan otak
    untung aku sudah download aplikasi Zenius ini

    BalasHapus
  2. Seru ya menjawab soal pake timer jadi kayak ikutan kuis. Pasti anak-anak jadi betah belajar pake zenius

    BalasHapus
  3. Wah membantu sekali ya mba dalam mempersiapkan keterampilan pendidikan anak apalagi di masa PJJ seperti sekarang ini! Memang selalu solutif nih penawaran yang diberikan Zencore!

    BalasHapus
  4. Aku jg ketagihan bangett nihh sama fitur zencore dari zenius. Tiap hari jadi push rank. Untungnya push rank yang bikin cerdas yaa wkwkwk

    BalasHapus
  5. Kalo untuk urusan belajar di rumah, saya yang turun tangan Mba membimbing si sulung yang kelas 6 SD. Jadi istri tetap mengurus rumah. Nah buat ngebantu proses belajar anak saya, belum lama ini saya juga udah install Zenius nih. Biar tetap berprestasi meski cuma belajar dari rumah aja.

    Makasih ulasannya.....

    BalasHapus
  6. Aku juga ketagihan banget lho sama fitur ZenCore dari Zenius. Jadinya ketagihan push rank meluluuu untungnya push ranknya bisa ngasah kecerdasan kita hehehe

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah masih aman walaupun kadang bosan ya, tapi untuk kebaikan ya mau gimana lagi.
    Untuk belajar perlu banget ditambah dengan bimbel kaya di Zenius ini. Pernah denger dong aku apalagi suka diomongin sama Jerome :-D.
    Aku penasaran pingin coba fitur ZenCore nya nih

    BalasHapus
  8. ternyata sudah lama juga Zenius ini berdiri. Pembelajaran online memberikan kemudahan bagi siswa untuk belajar.

    BalasHapus
  9. Haha, emang tampilan yang colorful bisa lebih bikin semangat ya mbak dian

    Seru sekali aku bacanya, lihat una dan abangnya belajar di zencore pastinya pushrank jadia makin seru kayak balapan. emang sistem belajar yang begini malah bikin belajar jadi candu ya mbak

    BalasHapus
  10. Anakku tahun lalu ikut Zenius dan tahun ini keterima di Univ Brawijaya Malang. Mau tidur aku sempetin main ZenCore dulu. Untuk anakku sambil nunggu waktu kuliah juga mengasah skills di ZenCore

    BalasHapus
  11. Allhamdulllah ya mba, sekarang nggak perlu khawatir lagi dalam mendukung perkembangan kecerdasan anak. Udah ada zencore ini

    BalasHapus
  12. Jadi ZenCore ini merupakan skill dan knowledge yang perlu kita kuasai. Apapun jenjang pendidikan, jurusan dan bidang kerjaannya ya kak.

    BalasHapus
  13. Amiin, semoga pandemi segera berakhir ya, Kak. Anak-anakku udah bosan parah, untungnya kebantu sama aplikasi Zenius, khususnya fitur ZenCore yang berbasis gaming itu.

    BalasHapus
  14. Jadi guru atau tiba-tiba harus mendampingi anak belajar di rumah memang bukan pekerjaan yang ringan ya untungnya sekarang udah fitur ZenCore yang dapat membantu kita mengatasi masalah belajar saat pandemi

    BalasHapus
  15. Bersama zencore dapat untuk mendapatkan pengetahuan bagi anak bangsa Indonesia.. keren banget bisa untuk meningkatkan dan melatih kemampuan otak

    BalasHapus
  16. Bimbel Zenius punya aplikasi yg fiturnya salah satunya fitur ZenCore. Ini katanya bisa mengasah ksmpian otak ya? Macam game gitu ksh?

    BalasHapus
  17. Ikutan download aplikasi zenius setelah banyak review teman-teman. Karena sepertinya selain untuk anak-anak, bagus juga lho aplikasi ini untuk semua usia, bisa untuk meningkatkan kemampuan otak dan melatih daya ingat

    BalasHapus
  18. hihi aku juga keranjingan main ini kak. lumayan banget buat refreshing sambil rebahan 😁

    BalasHapus
  19. betul mbak, konsep ZenCore bikin anak nggak merasa kalau sedang belajar. Seperti main tebak-tebakan. Asyik jadinya.

    BalasHapus
  20. Saya sudah mencoba aplikasi ini untuk anak saya dan memang bener2 membantu banget

    BalasHapus
  21. Saya pun untuk membantu anak saya belajar menggunakan aplikasi Zenius. Fitur ZenCore nya sangat bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak. Selain itu pada fitur ZenCore juga anak tidak akan mosan belajar karena banyak permainan-permainan dalam belajar

    BalasHapus
  22. Wah Aplikasi Zencore dari Zenius ini pastinya bikin anak-anak tambah semangat belajar yaa, karena ada tantangan serta reward yang bikin tambah semangat. Jadi tertarik nih buat anakku yang tahun ini di kelas 9, buat persiapan masuk SMA.

    BalasHapus
  23. Fitur Core Practicenya keren banget deh, Dian. Dari mengasah logika anak bisa jadi lebih mudah menyaring infomrasi hoaks dan dijadikan temen curhat. Aku terkesan sama fitur ini. Coba kalau aku dah punya anak, tak suruh les di sini deh. Biar bisa jadi temen ngobrol dan brainstorming sekalian. Seru kayaknya jadi punya temen ngobrol yang udah dapet insight baru dari ZenCore. Dalam itungan 10 tahun udah bisa kasih banyak buat khalayak. Gimana kalau udah lebih lama, ya?

    BalasHapus
  24. kemampuan dan kecerdasan anak memang harus selalu kita latih ya mba.. salah satunya melalui platform ini

    BalasHapus
  25. HAdirnya fitur Zencore pada aplikasi Zenius ini, bakalan bikin anak-anak mendopatkan "suntikan" booster yang bersahabat, mainan tapi outputnya adalah belajar, so cool deh Zencore

    BalasHapus
  26. ZenCore ini membantu mengasah otak anak ya mbak
    dengan metode gamifikasi seperti ini, anak lebih mudah untuk memahami materi pelajaran, juga lebih hepi karena bisa belajar sambil bermain

    BalasHapus
  27. Pembelajaran jarak jauh atau PJJ ini mengajarkan banyak kesabaran untuk para orangtua ya. Ternyata tidak semua orang bisa telaten menjadi guru, bahkan saat mengajari anaknya sendiri seperti saya. Hehe..Untung ada aplikasi belajar yang sangat membantu anak belajar ya. Keren..

    BalasHapus
  28. Seru ya, mengerjakan soal di ZenCore, ada level-levelnya, anak jadi terpacu untuk mengerjakan soal ya

    BalasHapus
  29. Aku awalnya bingung banget niih...yang dimaksud dengan fundamental skill itu apa..
    Ternyata pemahaman secara mendalam gitu yaa...terhadap sebuah materi bukan hanya cara mengerjakannya, tapi juga teorinya.

    BalasHapus
  30. PJJ masih aman awal pembelajaran ini. Pasti lama-lama bikin stress juga sih. Enaknya zaman now itu ada aplikasi belajar yang memudahkan anak belajar, kayak Zenius ini.

    BalasHapus
  31. semangattt Luna belajarnya <3
    aku juga lebih suka zenius dibanding pembelajaran sejenis seh selama ini. tapi ini sekarang ada zencore, bisa refreshing juga tapi sambil belajar ya mak. download lagi deh zenius, biar Raffi semangat belajarnya

    BalasHapus
  32. Anak jaman now harus belajar dengan sesuatu yang menarik dan inovatif seperti Zencore Zenius ini ya. Belajar rasa main game. Seru.

    BalasHapus
  33. cocok nih buat anakku Annasya, kebetulan ia penyuka ungu, hehehe. perlu banget support kayak gini selama pandemi,biar emaknya gak spaning, hahaha

    BalasHapus
  34. Allhamdulilah ya Mbak zencore bikin anak-anak makin giat belajar apalagi ad a push ranknya itu. Semoga membuat anak makin pintar di tengah pandemi yang gak bisa sekolah ini

    BalasHapus
  35. Benar thu Mbak, aku baru saja download dua hari yang lalu atas rekomendasi teman, aplikasi ini sangat efektif dan tentu membantu anak dalam pengembangan diri dan kreativitas dlm belajar

    BalasHapus
  36. Memang efektif nih buat masa-masa sekarang ini. Pandemi, daring, tapi nggak bikin pusing. Cukup buka ZenCore dari aplikasi Zenius, skill dan knowledge pun meningkat.

    BalasHapus
  37. wah ini system belajar baru dan pastinya seru. Kalau lihat video pasti lebih enak daripada membaca dan cobain sendiri. Jadi enak ya kalau lihat video gitu. Asyekk belajar jadi happy

    BalasHapus
  38. Waaaah asyik banget nih belajar online dengan aplikasi Zenius nya. Anak pasti makin asyik belajar nya.

    BalasHapus
  39. Ngebantu banget ya ZenCore dari Zenius ini mbak, anakku aja selalu ngajak aku latihan soal bareng, seru katanya anakku ngerjain soalnya

    BalasHapus
  40. Seru juga model pembelajaran ala Zenius. Apalagi ada Zencore yang bakalan bantu penggunanya untuk belajar kemampuan dasar.

    BalasHapus
  41. Asliii...seru banget ZenCore ini. Nggak cuma buat anakku (yang kelas 9). Tapi juga buat kakaknya yang udah kuliah. Aku juga ikutan. Hehe... Upaya buat jadi ortu cerdas no lemot-lemot club :D

    BalasHapus
  42. Selain seru kuisnya, juga pastinya bisa meningkatkan kemamupuan otak ya, Mbak. Dan saya pun sudah download aplikasi Zenius dan mencoba fitur ZenCore. Saya dan Krucil semangat sekali menjelajah Matematikan, Bahasa Inggris, dan Verbal Logic.

    BalasHapus
  43. Aku udah download dan coba sendiri fitur ZenCore di aplikasi Zenius. Memang the best sih, aku yg udah lulus kuliah 2 tahun lalu masih merasa asik jawabin soal di Core Practice..haha

    BalasHapus
  44. Zenius emang beneran membantu banget ya di masa pandemi gini, proses belajar di rumah jadi lebih seru karna ada banyak fitur keren yang bisa dicobain di Zenius, terutama fitur ZenCore-nya. Belajar berasa kayak lagi main game, push rank terus tiap hari hihi

    BalasHapus
  45. Ternyata Zenius ini sudah ada lama ya, sejak 2004. Wah kalau pengalaman memberi dukungan belajar buat anak selama itu, pastinya sudah ada banyak penyesuaian yang dilakukan biar anak anak belajar dengan senang.

    BalasHapus
  46. Hihihi...wah mama Dian repot banget ya kalau harus nemenin anak-anak selama daring. Satu kuping kanan , satu kuping kiri. Soalnya anak anak masih SD ya jadi masih harus didampingin.

    Anak-anakku SMP dan SMA jadi kalau zoom aku tinggal. Sejak mereka berdua SMP malah. Soalnya dah gede sih. Tapi emang pelajaran sekarang susah susah yaa. Jadi penasaran sama Zenius

    BalasHapus
  47. Kemarin ngeliatin tetangga bilang ayo pushrank, ku kira main game.. ternyata mereka cobain zencore dari zenius ini. Katanya aplikasi ini sangat membantu mereka dalam melatih fokus dan bisa menambah wawasan .. Aku sendiri belum pernah mencoba, tapi keliatannya zenius ini perlu diinstal di hp deh

    BalasHapus
  48. Kemarin sudah download juga mbak, aplikasi nya sangat user friendly dan mudah diakses serta materi yang disajikan juga sangat menarik dan seru.

    BalasHapus
  49. Asik banget emang kalo buka ZenCore, bikin lupa waktu karna keseruan ngulang pelajaran zaman sekolah

    BalasHapus
  50. setuju, aku dan anakku juga sudah nyobain fitur ZenCore dari aplikasi Zenius ini mbak
    asli seru jawab pertanyaannya, beneran melatih kemampuan otak

    BalasHapus
  51. Belajar makin seru dan hepi nggak kebeban dengan zencore ini ya mba. Gerakan baru dari zenius keren

    BalasHapus
  52. Sungguh hebat buibu di masa PJJ ini ya. Aku gak kebayang mama Dian mendampingi kedua anaknya ngezoom itu. Yeay aku sama kayak Una nih, seru banget main ZenCore berasa lagi cerdas cermat :)

    BalasHapus
  53. Bukan setahun lagi ini mah PJJnya mbak, hampir dua tahun! Banyak banget ketinggalan kalau nggak proaktif mencari alternatif anak mengasah otaknya.

    BalasHapus