Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memperlancar BAB

Siapa nih yang masukin 'Sehat' kedalam salah satu resolusi 2021-nya? Nah, salah satu ciri-ciri kondisi kesehatan kita normal adalah lancarnya bab (BAB) tiap hari. Bila bab tidak lancar, bisa saja pencernaan sedang terganggu. Untuk menanganinya, kita harus lakukan beberapa langkah memperlancar BAB. Ada beberapa gerakan memperlancar bab yang harus kamu ketahui, nih!

Penyebab BAB Tidak Lancar

Sejatinya frekuensi bab tiap orang berbeda, ada yang 1x satu hari dan ada juga yang 2x satu hari. Tetapi, saat frekuensi bab menyusut, hal tersebut bisa saja penanda jika keadaan tubuh sedang tidak bagus. Secara klinis, ada banyak pemicu seseorang alami sulit bab.

Kira-kira, ini dia nih sejumlah pemicu sulit bab. Yaitu adalah pola hidup kurang sehat, kehamilan, kerap menunda bab, dampak beberapa obat, mempunyai penyakit spesifik, misalnya diabetes, iritasi usus besar, hiperkalsemia, kelenjar tiroid, kanker usus, radang usus, dan sebagainya dan juga faktor psikis.

8 Cara Memperlancar BAB dengan Mudah

Gerakan memperlancar BAB

Emang paling nggak enak ya kalo tiba-tiba sembelit, suka bikin buyar kegiatan-kegiatan lainnya. Tapi, tenang aja. Ini dia nih beberapa cara untuk bisa melancarkan BAB yang efektif dan sangat mudah untuk dilakukan. 

1.Makan Makanan Berserat 

Agar BAB Lancar

Bila alami sulit bab, makanlah makanan yang mengandung serat. Makanan berserat bisa menyerap air lebih banyak hingga feses yang keras jadi lunak. Disamping itu, serat pada tubuh dapat memudahkan kontraksi usus waktu mengalihkan feses ke rektum.

Makanlah makanan yang memiliki kandungan serat yang gampang larut dan menyerap air, seperti gandum, kacang-kacangan, apel, jeruk, alpukat, ubi, brokoli, dan pir. Jauhilah makanan yang memiliki kandungan serat tidak larut, seperti kembang kol, buncis, kentang, dan sebagainya. Makanan itu memiliki potensi menjadikan sembelit semakin akut.

2. Mengubah Pola Makanan 

Untuk memperlancar bab, kamu dapat konsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin B12. Beberapa makanan yang memiliki kandungan vitamin B12, diantaranya ialah bayam, oatmeal, kiwi, keruk, yogurt, dan sebagainya.

Kurangnya vitamin B12 dapat membuat usus kamu teriritasi. Kamu bisa juga memperbanyak konsumsi protein misalnya daging sapi, telur, dan ikan. Disamping itu, kamu bisa juga konsumsi beberapa biji-bijian, sayur, kacang-kacangan, minyak kelapa, teh hitam, kopi, dan sebagainya.

3. Minum Air Mineral yang Banyak

Tips tidak sembelit

Sulit bab bisa juga karena badan kamu kekurangan cairan. Oleh karena itu, bila alami sulit bab, seharusnya minum air mineral sekitar 8 gelas setiap hari. Cairan pada tubuh berperan untuk memperlancar kerja usus besar dalam memproses sisa makanan menjadi feses.

Waktu badan kekurangan air, usus besar akan menyerap air dari sisa makanan yang kamu makan, hingga feses jadi kering dan mengeras. Selain air mineral, untuk perbanyak cairan pada tubuh, kamu juga harus rajin konsumsi buah-buahan. Disamping itu, disarankan untuk minum soda tawar atau air tawar berkarbonasi untuk memperlancar BAB.

4. Olahraga

Supaya BAB lancar

Kamu harus rajin olahraga supaya bisa bab dengan lancar. Dengan olahraga, maka tubuh bisa menyerap makanan lebih bagus, hingga usus aktif bekerja. Saat badan aktif bergerak, gerakan makanan dalam usus bisa jadi lebih cepat dan tekstur feses lebih lunak hingga gampang dikeluarkan. Kamu tidak harus lakukan olahraga yang berat, cukup hanya olahraga dengan gerakan yang ringan, seperti lari atau stretching sepanjang 20 sampai 30 menit sepanjang lima hari dalam 1 minggu.

5. Latihan Zumba

Latihan Zumba bisa juga menolong kamu memperlancar BAB. Saat latihan zumba, jantung berdetak bisa lebih cepat dan memacu saraf dan otot untuk bekerja secara maksimal. Dengan ini, usus jadi lebih aktif bekerja dan membuat struktur feses lebih lunak hingga gampang dikeluarkan.

6. Gerakan Yoga 

Yoga adalah rutinitas fisik yang dapat menolong kamu memperlancar BAB. Waktu latihan yoga, saluran darah ke saluran pencernaan makin lancar. Ini akan memacu usus untuk bekerja dengan baik. Ada banyak gerakan yoga yang dapat kamu kerjakan di dalam rumah, misalnya gerakan cat and cow, wind relieving, dan supine twisting.

7. Jauhi Depresi 

Kemungkinan belum banyak  orang yang mengetahui jika depresi dapat mempengaruhi performa usus dan mengakibatkan sembelit. Waktu depresi, badan akan memberi respon dengan berkurangnya performa beberapa organ tubuh, seperti usus. Coba lakukan beberapa rutinitas yang bisa kurangi depresi, seperti bergabung bersama rekan-rekan, bermain game, berenang, melihat film, dan sebagainya.

8. Jangan Menahan BAB 

Jauhilah kebiasaan menahan bab, sebab akan membuat usus menyerap cairan pada feses. Ini akan membuat feses bertambah lebih padat dan susah untuk dikeluarkan. Bila telah merasa mulas, secepatnya pergilah ke toilet untuk bab untuk menghindari kemungkinan terjadinya sembelit.

Nah, itu dia, 8 cara memperlancar BAB. Semoga di tahun 2021 ini, kita semua diberikan kesehatan mulai dari segala aspek terkecil yaaaa. Aamiin! Salam sehat semuanyaaaa~

46 komentar untuk "Tips Memperlancar BAB"

  1. Aku paling sering dengar sih makan pepaya tuh bisa banget melancarkan BAB. Tentu minum air putih yang banayk juga olahraga memengaruhi. Ga bisa BAB sampai 2 hari aja ga enak ya begah perut tuh. Ternyata latihan zumba dan yoga dapat membantu ya hehehe...coba ah.

    BalasHapus
  2. wah baru tahu aku klo depresi juga bisa mengganggu kelancara bab..
    selama ini yg sudah aku lakukan sih perbanyak makan serat dan minum air putih mbak, biar ban lancar

    BalasHapus
  3. Pernah aku tu menaham BAB, lah kok malah jadi berhari-hari. Hanya akrena menunda sebentar menunggu jadi lama banget. Bukan itu aja, badan jjuga jadi pegel banget Mbak

    BalasHapus
  4. Yoga ini beneran ngaruh banget ke sistem pencernaan kak. AKu ikut yoga challenge, jadi teratur bab ku. Dulunya ya 2 atau 3 kali sehari. Sering sembelit juga. ^^

    BalasHapus
  5. Olahraga ... ya ampun ini yang saya kurang banget tapi untungna di rumah masih bergerak ke sana ke mari kalo ngerjain sesuatu .... eh sama kan ya hihi.

    BalasHapus
  6. Karena kurang gerak bikin BAB saya gak lancar saat pandemi...tips di atas lengkap dan bisa dicoba ini. Karena ga cuma serat masalahnya ternyata ya

    BalasHapus
  7. Bener banget tuh, jangan sekali-kali menahan BAB deh, sebab selanjutnya malah sulit keluarnya. Aku pernah mengalami soalnya dan sejak itu kapok deh nahan BAB.

    BalasHapus
  8. aku lagi nyoba pagi-pagi minum air hangat dan perasan jeruk nipis, lumayan sih bikin pencernaan lebih lancar, BAB juga jadi rutin, trus bergerak itu juga bisa jadi salah satu cara buat bikin pencernaan lebih sehat. oh sama banyak minum air putih

    BalasHapus
  9. Ternyata susah BAB itu bukan cuma karena kurang konsumsi makanan berserat tinggi ya. Selama ini aku ngiranya begitu. Eh, ternyata bisa jadi indikasi adanya penyakit serius....

    BalasHapus
  10. hahaha olahraga niih yang aku beneran jauuuuh berkurang di masa pandemi. duuuh kangen renang sm yoga. sebenarnya klo yoga masih bisa di rumah...cuma pemalas akutu. palingan tepok bulu-an di weekend sm anak n suami

    BalasHapus
  11. Wah makasih banyak ya artikelnya informatif, memang harus banyak makan serat, dan minum air putih ya biar nggak sembelit..

    BalasHapus
  12. Aku nih mak, kadang kalau sehari belum BAB aku selalu banyak konsumsi buah, yogurt, dan air mineral, baru deh BAB lancar.

    BalasHapus
  13. Aku bersyukur jarang alamin susah BAB. Karna aku perhatikan benar asupan makanan dan air putih. Tapi pernah alamin juga dan nggak nyaman

    BalasHapus
  14. Iya nih aku pernah banget kayak ngalamin overthinking gitu, ngaruh juga sama sistem pencernaan. Jadi ngga enak banget. Emang kudu punya pola hidup sehat

    BalasHapus
  15. Duh berasa diingatkan mba, yang nomor 8 tuh sering banget kulakukan huhuhuuu... harus mulai tertib untuk BAB deh mulai sekarang. Kadang kalau udah malem tuh loh males banget mau ke toiletnya. :)

    BalasHapus
  16. Menghindari depresi dan menahan BAB saya kadang masih melakukannya. Pantas aja, kadang gak lancar..hiks hiks. Depresi ternyata bisa memicu BAB tidak lancar.

    BalasHapus
  17. Iya juga ya kalau menahan BAB yang ada nggak jadi terus malah bikin nggak enak perut. Lebih baik dikeluarkan saja sesuai keadaan dan minum air putih yang cukup

    BalasHapus
  18. kebiasaan menahan BAB memang bisa bikin kita sembelit ya mbak. terus kalau sering minum obat pemcahar gitu juga. pokoknya biar ga sembelit, banyakin serat, air, jauhi stress

    BalasHapus
  19. Menahan BAB ini efeknya emang nggak enak banget pas BAB. Anakku kalo susah BAB biasanya aku beliin pepaya, besoknya langsung lancar hehe

    BalasHapus
  20. Saya pun tengah mencari obat untuk melancarkan BAB
    Karena menyusui sering membuatku berada dalam kondisi ini
    Tips ini aku coba deh ya

    BalasHapus
  21. Saya sedang ikhtiar juga sama obat melancarkan BAB
    Tapi saya may coba tips ini supaya minimalisasi minum obat dulu

    BalasHapus
  22. Oh, ternyata depresi juga bisa mempengaruhi performa usus sampai bisa bikin sembelit. Ternyata masalah sembelit itu bermula dari banyak faktor rupanya.

    BalasHapus
  23. Depresi ternyata memberikan pengaruh terhadap pencernaan yah, wah makasih sharingnya nih.

    BalasHapus
  24. Ya..
    Paling kerasa hidup berkualitas kalau rajin rutin berolahraga.
    Selain bedan terasa fit dan ga gampang capek, BAB juga lancar.

    BalasHapus
  25. Minum air mineral ini beneran solusi no 1 buat aku. Pokoke abis bangun tidur langsung dah.. Wkwk. Masalah bab pernah ktk abis melahirkan sc aja. Takut lbh tepatnya.. Huhu

    BalasHapus
  26. Wah boleh-boleh nih tipsnya. Aku termasuk orang yang rada susah BAB. Bahkan sejak masih abg dulu. Padahal rasanya makan sayur dan buah banyak. Kudu nerapin semua tipsnya nih.

    BalasHapus
  27. Makanan makanan berserat nih. Harusku lakukan plus minum air putih yang banyak. Karena selama ini seringnya makan asal kenyang. :( Apalagi pas pagi hari, senemunya dah. Yang penting sarapan.

    BalasHapus
  28. saya klo susah BAB biasanya banyakin makan sayur dan minum air putih aja. Ternyata berolahraga dan berpikir positif juga berpengaruh ya

    BalasHapus
  29. Kadang-kadang aku juga menahan-nahan BAB. Dan memang sih, akhirnya jadi susah BABnya. Pupnya jadi keras.

    BalasHapus
  30. Mbak diannnn, apakabar? Sehat2 terus yaa mbak.

    Aku sih yang mesti dijauhi itu stress kaliya, jatuhnya bisa ke depresi. Ibu2 suka gt ya overthinking apalagi masa pandemi.

    BalasHapus
  31. latihan Yoga kalau pas bisa atasi sembelit juga ya ternyata, thanks banget nih sharingnya.

    BalasHapus
  32. wah yoga bisa memperlancar bab ya ternyata, baru tahu aku..
    klo aq sih sering makan pepaya dan pisang biar bab lancar

    BalasHapus
  33. Aku pun kadang melalukan beberapa hal biar BAB lancar...makan buah dan sayur yang banyak, minum air putih juga yang banyak..kadang makan yang pedes2 juga..heheh

    BalasHapus
  34. Wah betul banget nih karena mang kebutuhan harian kita nih, tiap pagi mesti lancar buang nya

    BalasHapus
  35. Selama ini saya selalu rutin minum air putih, dan gak mau terlewatkan untuk gak minum. Alhamdulillah BAB saya lancar, setiap hari malahan, hehehe...

    Kunci utamanya memang di kualitas minum air putihnya.

    BalasHapus
  36. Ah iya. Jangan menahan BAB juga penting ya. Trus satu lagi, jangan angkat beban2 ekstra berat melebihi kemampuan juga sih, biasanya bisa sulit BAB.

    BalasHapus
  37. Ternyata menjauhi depresi mampu memperlancar BAB ya. Hmm.....patut di coba nih.

    Karena tanpa sadar memang depresi menimbulkan beberapa penyakit yang tak terduga tanpa disadari.

    BalasHapus
  38. Semoga aku bisa mengamalkan jadi ga ada lagi drma sembelit yang bikin mood ambyaaart

    BalasHapus
  39. Menhan-nahan BAB juga menjadi salah satu penyebab susah buang air besar karena semakin menumpuk ya di usus tak terbuang sementara penyerapan air tetap berlangsung.

    BalasHapus
  40. Zumba ini bisa jadi alternatif bener kalau misal olahraga seperti lari masih tergolong berat hihi, selain itu Yoga juga bisa ya, udah lama aku pengin Yoga juga. Hmm, kalau air putih sih sudah selalu rutin tiap bangun tidur :3

    BalasHapus
  41. Bener banget, jangan sampai menahan BAB. Sebaiknya memang BAB itu bisa lancar setiap hari. Sekali menahan BAB, malah bakalan sulit untuk bisa BAB. Terpaksa deh harus dibantu dengan obat tertentu supaya bisa BAB.

    BalasHapus
  42. Ternyata depresi juga bisa menghambat BAB ya. Tapi nggak heran sih karena stres memang bisa menimbulkan banyak penyakit

    BalasHapus
  43. Setuju tuh aku harus mengkonsumsi makanan berserat. Karena emang selain juga dibutuhkan tubuh. Nyatanya khasiatnya juga baik untuk proses pencernaan ya kak

    BalasHapus
  44. BAB kurang lancar memang sangat menggangu. Kudu dicoba nih tips-tipsnya. Selama ini ingetnya makan makanan berserat dan minum air putih cukup. Yg belum dirutinin tuh olahraga. Masih PR ini

    BalasHapus
  45. Karena lancar BAK dan BAB adalah niqmat yang sering terlupa ya Mbaaa. Baru berasa kalau lagi nggak lancar. Kaya barusan aku bilang ke suami, seharian ini aku belum BAB. Padahal baru sehari, udah nggak enak banget perut rasanya berat dan begah, huhuhuu. Biasanya andalanku minum banyak air putih sama makan pepaya banyak-banyak, hehehe

    BalasHapus
  46. Jangan menahan bab ini emang paling betul sih, efeknya kemana-mana hingga panik sendiri kadang

    BalasHapus