Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Kebiasaan Baik yang Bisa Tetap Dipertahankan Setelah Pandemi Berakhir

Setelah 6 bulan pandemi ini melanda Indonesia, tiba jugalah berita baik mengenai vaksinnya. Yang kabarnya sudah ditemukan dan akan segera didistribusikan di awal tahun 2021 besok. Akhirnya yaaaa~


Sekarang baru bulan Agustus 2020, masih 4 bulan lagi menuju tahun 2021. Kira-kira apakah 4 bulan ini akan terasa sangaaaaat panjang, atau malah akan terasa cepat.


Setelah 6 bulan rasanya ada di tempat antah berantah yang kelabu karena virus ini, percaya nggak sih bahwa kita bisa kembali lagi ke kehidupan normal kita? Kehidupan yang biasa sebelum virus ini muncul dan merubah segalanya?


Walaupun rasanya agak sulit dipercaya. Tapi dimasa yang sudah sulit ini, mari kita tetap berusaha untuk berpikir positif!


Jadi kira-kira apa yang mau dilakukan pertama kali saat semua hal sudah kembali normal seperti biasanya? Traveling, kerja normal lagi, sekolah offline lagi, atau nongkrong-nongkrong tanpa khawatir?


Kalo mama Dian nggak sabar mau menikmati waktu sendirian saat suami di kantor dan anak-anak disekolah. Kedamaian sesaat yang menenangkan itu terasa merindukan. Dan nggak lupa juga mau ikutan event blogger lagi, menempuh panasnya jalanan jakarta dengan ojol, ketemu temen-temen blogger, foto-foto bareng, makan-makan. Ya ampun, ngebayanginnya aja udah bikin senyam-senyum sendiri! :')


Walaupun hari ini terasa berat, tapi rasanya harapan untuk kembali ke masa-masa normal itu seakan memberikan semangat tersendiri ya?


Katanya selalu ada pelajaran yang bisa kita ambil dibalik semua musibah yang menghampiri. Dan rasanya memang iya ya, banyaaaaaaaakkkkk banget pelajaran yang bisa kita ambil dari pandemi yang super panjang ini.


Salah satunya adalah beberapa kebiasaan baik yang sepertinya akan tetap mama Dian pertahankan walaupun nanti keadaan kembali ke normal yang biasa lagi. 


3 Kebiasaan Baik yang Tetap Dipertahankan Setelah Pandemi


1. Mencuci tangan 


Kalo dulu sebelum pandemi, santai aja masuk rumah setelah dari luar. Setelah pandemi, rasanya badan jadi kotoooor banget abis dari luar rumah. Terutama bagian tangan, ya. Nah sekarang, karena udah terbiasa cuci tangan saat pandemi, kayanya bakal terus dilakukan walaupun pandemi sudah selesai. Apalagi sekarang udah paham banget cara mencuci tangan yang baik. Karena mencuci tangan setelah dari luar rumah, merupakan kebiasaan yang baik supaya kuman-kuman yang terbawa di tangan kita tidak ikut masuk ke dalam rumah.


2. Menggunakan masker saat keluar rumah




Kalo pas pandemi tujuan menggunakan masker supaya nggak menulari / tertular virus. Setelah pandemi mungkin tujuannya biar muka nggak terpapar debu dijalan ya. Atau biar nggak perlu make up😂 Kalo keluar rumah belom mandi juga ga terlalu keliatan kok kalo udah pake masker. Apalagi persedian masker kain dirumah cukup banyak ya, jadi mungkin setelah pandemi usai, kalo keluar rumah bakal tetep pake masker kali yaaa. Hihi.


3. Rajin minum multivitamin


Ini juga salah satu kebiasaan di masa pandemi, minum vitamin ataupun ramuan rempah yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kalo dirumah biasanya minum vitamin C, Jeruk nipis madu atau kurma ajwa untuk meningkatkan daya tahan tubuh di saat pandemi. Kalo sebelum pandemi kayanya biasa aja kalo kena flu. Kalo di masa pandemi, horor banget nih kalo udah flu + demam. Jadi sebisa mungkin harus meningkatkan daya tahan tubuh dengan makan-makanan bergizi dan nggak lupa juga asupan multivitamin. Nah kebiasaan baik ini, oke juga kan kalo terus berlanjut walaupun pandemi sudah berakhir.


Dan selama pandemi ini mama Dian suka beli multivitamin secara online via Halodoc. dah pada tau kan kalo Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang lengkap banget fiturnya. Mulai dari konsultasi dokter secara online, menebus resep, hingga membeli obat dan vitamin. Aplikasi Halodoc ini bener-bener ngebantu banget deh di masa pandemi ini, karena Halodoc juga menyedia info tentang virus COVID-19 ini, menjual masker non-medis juga serta info rumah sakit yang menyediakan test swab dan rapid test. Lengkap!


Jadiiiii, itu dia, 3 kebiasaan baik di masa pandemi, yang bakal mama Dian lanjutkan walaupun nanti pandemi telah usai. Kalo kamu gimana nih, apa aja sih kebiasaan kebiasaan baik di masa pandemi yang mau dilanjutkan walaupun pandemi telah usai? Sharing di kolom komen yaaaa~


25 komentar untuk "3 Kebiasaan Baik yang Bisa Tetap Dipertahankan Setelah Pandemi Berakhir"

  1. Betul banget Mbaaa
    Walaupun tampak "menyiksa" dan sama sekali nggak menyenangkan, pandemi ini ngajarin kita untuk konsisten menjaga kebersihan dan kesehatan ya.
    Healthy lifestyle at its best :D

    BalasHapus
  2. Kangen event yaa walau aku jarang ikut 😄
    Tp bakal kangen suasana rumah rame hehe yg wfh. Benerr.. bnyk hikmah kbiasaan baik krna corona
    Moga sehat terus yaaa mama Dian dan kluarga

    BalasHapus
  3. Kalau boleh jujur, banyak hal positif juga yg saya peroleh di masa pandemi ini. Salah satunya quality time sama keluarga. Klo biasanya suami brgkt subuh pulang Isya, sampai sekarang kerjanya masih dirumah aja..anak2 bangun tidur bisa kruntel2an dulu sm bapaknya. Tp tetep selalu berharap supaya pandemi ini segera berakhir ya..aamiin

    BalasHapus
  4. Kebiasaan baik selama pandemi tuh kudu tetap dijalankan. Aku dulu gak suka pakai masker, sekarang akhirnya nyaman dan suka aja. Ya semua hal kini berubah

    BalasHapus
  5. Betul, semoga kebiasaan baik ini akan tetap diterapkan ya. Dan semoga pandemi segera berakhir. aamiin yaa Rabb

    BalasHapus
  6. Nah ini benar banget. Jangan sampai ditinggalkan ya hehehe. Malah sekarang belum selesai pandemi, sayangnya banyak yang tiak melakukannya lagi padahal kita kan belum boleh meninggalkan perilaku2 tersebut.

    BalasHapus
  7. Aih iya yaa..jangan sampai begitu pandemi ini berakhir, kebiasaan hidup sehatnya pun berakhir. Padahal kan itu kebiasaan baik :)

    BalasHapus
  8. Saya nih uda kepikiran ntar selesai pandemi pun bakalan tetep sering pakai masker kalo keluar rumah. Entah kenapa berasa jadi Alan Walker gitu hahahahahaha

    BalasHapus
  9. jadi lebih rajin memasak, selain hemat bisa sesuai selera
    sebelum pandemi saya lebih males hihi

    BalasHapus
  10. Yes, kebiasaan baik itu tetap bisa dilanjutkan jika pandemi telah usai..

    BalasHapus
  11. Mudah2an aja ya kebiasaan2 baik yg sudah kita jalani hampir kurang kebih 6 bulan ini akan berlangsung seumur hidup. Baik ada corona ataupun tidak :) krn hidup sehat kan bukan hanya ada virus atau gak, melainkan karena kebiasaan ya.

    BalasHapus
  12. Setuju banget, ada atau tidak ada pandemi menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan keluarga itu wajib banget ya, karena kuman dan penyakit itu memang sangat dekat dengan kita, maka harus pintar menjaga kebersihan diri

    BalasHapus
  13. Sepakat banget mbak. Sekarang semua aware dengan cuci tangan dan masker. Ga sembarang salaman dan cipika cipiki juga

    BalasHapus
  14. kalo aku sebelum dan sesudah pandemi memang sudah membiasakan memakai masker untuk keluar rumah. karena ingin menjaga kesehatan kulit muka juga agar tidak terkena debu hehe

    BalasHapus
  15. aku pengen pandeminya berakhir. bisa gak ya? tahun depan mau berangkat haji nih.. tadinya sih tahun ini tapi ditunda. hikz

    BalasHapus
  16. Setuju, buat saya yang punya alergi, rasanya nyaman banget pakai masker... Aman dari polusi, asap rokok, dan ac mobil, hehehe...

    BalasHapus
  17. Dulu aku kalau naik kendaraan umum selalu pakai masker, apalagi di KRL dan selama bepergian ke Jkt. Jd saat kudu pakai masker ketika bepergian udah ngrasa biasa. Bener pandemi ini jg ada hal2 baik dan sebaiknya kita pertahankan yaa

    BalasHapus
  18. Berjemur, konsumsi makanan bergizi, itu juga penting banget ya, Mbak.. tapi kalau jaga jarak, itu yang sulit dilakukan terus-menerus. Hihihi.
    Btw Halodoc emang banyak membantu masyarakat ya terutama di masa pandemi ini :)

    BalasHapus
  19. Setuju Mak, meskipun sudah ada vaksin untuk covid 19, tetep kudu memperhatikan protokol kesehatan kan ya.

    BalasHapus
  20. Aku setuju denganmu mba, setiap hari aku melakukan ketiga hal tersebut ehhehe

    BalasHapus
  21. Iyaa...alhamdulillah, hikmah dari pandemi ini adalah kita makin menghargai pentingnya kebersihan tangan, yang memang sumber penyakit.
    Dan masker.
    Untuk menghindari penyebaran virus.

    BalasHapus
  22. Yes banget ....dulu Riau ada bencana asap..jadi terbiasa kemana2 pakai masker..eh sekarang covid..masker jadi barang wajib..malah jadi style..warna masker sesuai baju ..heheheh

    BalasHapus
  23. Dulu aku jarang minum multivitamin mama Dian. Tapi bener sejak pandemi ini, makin rajin deh :)

    BalasHapus
  24. Tetep oprtimis dan yakin klo kita bisa keluar dari bayang-bayang virus ini. Udah rindu travelling akutuuuuu. Dan semoga juga ya kebiasaan-kebiasaan baik selama pandemi ini gak ditinggalkan saat nanti tiba waktunya terbebas dari pandemi.

    BalasHapus
  25. Mencuci kaki tangan dan wajah malah ngga beras udah jadi kebiasaan yang ngalir aja gitu...

    Keluar rumah sedikit aja waktu masuk langsung cuci tangan kaki dam muka.

    BalasHapus