Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEO Moms: Mama Blogger juga bisa belajar SEO!

Assalamu'alaikum.. Nggak terasa udah tahun 2021 yaaaa. Super banyak banget yang terjadi di tahun 2020 kemarin yang mostly mungkin bukan merupakan hal yang baik. Pandemi ini berasa banget menjungkir balikkan hidup kita dan merubah banyak aspek di kehidupan kita.

Blogger di masa pandemi

Kalo aku sebagai blogger sih, yang pasti merasa kehilangan undangan blogger gathering yang biasanya diadakan secara offline. Kangen banget dateng ke event buat moto-moto, review produk langsung ditempat, ikutan workshop atau talkshow offline dan tentu saja super kangen kumpul sama temen temen blogger!

Tapi semakin kesini, alhamdulillah banget beberapa brand tetep nawarin undangan event online. Jadi sekarang, ikutan talkshow, launching produk, dan ketemu temen temen bloggernya cukup lewat online room meeting aja. Hihi. Gapapah, tetep alhamdulillah bangeeeettt!

Eh selain kerjaan, alhamdulillah juga di tahun 2020 kemarin bisa ikutan 2 kelas online khusus tentang SEO dong! 

Para blogger pasti udah tau kan pentingnya SEO untuk blog kita? SEO nggak hanya bisa menempatkan blog kita di halaman depan mesin pencari, namun juga bisa mendatangkan pengunjung kepada blog kita.

Tapi menerapkan SEO yang baik di blog kita, nggak bisa dilakukan dengan sekejap mata. Karena SEO itu super rumit! Aku sendiri udah pernah mengikuti 3 kelas offline SEO di tahun 2018-2019, dan masih nggak paham 100% tentang penerapannya😂 

Jadi pas liat ada formulir pendaftaran untuk kelas SEO online dari SEO Moms, tanpa pikir panjang akupun langsung daftar! 

SEO Moms, kelas online perempuan belajar SEO

Kelas SEO gratis untuk perempuan

SEO Moms merupakan kelas SEO khusus untuk para mom (dan calon mom) blogger yang dibuat oleh mas Qbenk dan Mba Sari Widiarti.

Aku sendiri kenal mas Qbenk udah dari 3 tahun yang lalu. Saat itu, mas Qbenk menjadi mentor teknis SEO untuk sebuah project menulis dari Indoblognet.   

Mas Qbenk juga merupakan mastah SEO dari Pontianak. Pengalamannya di dunia SEO udah dimulai sejak 15 tahun yang lalu. 1,5 dekade menggeluti dunia SEO kini membuat namanya sudah dikenal luas di dunia per-SEO-an Indonesia.

Sedangkan mbak Sari Widiarti adalah seorang beauty blogger asal Surabaya yang juga merupakan kekasih hati-nya mas Qbenk. *uhuuuuyyyyy😍*

So sweet banget pertanya liat dua sejoli ini membuat sebuah wadah belajar SEO online untuk buibu blogger😍😍😍 

Tapi ternyata, ada makna yang lebih dalam lagi tentang SEO Moms ini. Mas Qbenk secara khusus membuat kelas online SEO gratis yang bernama SEO Moms ini sebagai bentuk dedikasi untuk ibundanya mas Qbenk, yaitu Ibu Mudiyah binti Sangaran yang telah berpulang pada bulan November 2019 lalu. *Al-Fatihah...*

InsyaaAllah semua ilmu yang diajarkan dalam kelas SEO Moms ini, akan mengalirkan pahala tiada henti kepada ibu Mudiyah, ibunda dari Mas Qbenk ya.. Aamiin ya Rabbal Alamin..

Jadi terharu yaaaa.. Ibunda Mas Qbenk pasti bangga banget dan bahagia banget disana, melihat niat tulus mas Qbenk dan mbak Sari ini :')

Apa aja yang diajarkan dalam kelas SEO Moms Basic?

Mas Qbenk membuka kelas dengan pengertian tentang SEO atau Search Engine Optimization. Pastinya para blogger udah familiar banget nih sama maksud dan tujuan SEO. Kalo tentang asal usul dan sejarahnya udah tau belom nih?

Pemahaman Dasar SEO


Menurut Mas Qbenk, SEO merupakan sebuah teknik menempatkan web atau blog kita agar berada di halaman mesin pencari. SEO punya berbagai macam teknik penerapan, yang biasanya berbeda-beda nih tekniknya untuk setiap penggiat SEO.

SEO sebenarnya sudah ada sejak pertengahan tahun 90an, waktu itu google belum ada dan belum terlalu banyak faktor penetu dalam penempatan posisi di mesin pencari.

Ketika Google mulai menampakkan jati dirinya di tahun 2000-an, barulah saat itu muncul aturan yang mesti diikuti namun belum terlalu rumit. Kala itu yang terpenting adalah blog yang memiliki backlink yang banyak. Link exchange atau pertukaran link pun menjadi sebuah hal yang penting di masa itu.

Sekitar tahun 2011, google mulai melakukan aturan yang ketat dengan mengeluarkan algoritma mereka. Menurut Mas Qbenk, disinilah awal mula SEO yang sesungguhnya.

Algoritma Google sejak 2011 hingga 2016 cukup banyak mulai dari algoritma panda, pinguin, hummingbird, bert dan beberapa jenis lainnya. Google juga terus melakukan update core algoritma di akhir 2019 hingga awal 2020 kemarin.

Mas Qbenk sendiri mengibaratkan SEO sebagai sebuha rumah. Agar sebuah rumah bisa berdiri kokoh, tentunya kita juga harus memulai dengan membangun pondasi dinding, atap yang juga kokoh.

Oleh karena itu mas Qbenk menyarankan semua Moms dalam kelas SEO Moms Basic untuk memperkuat pondasi awal onpage dan offpage sebuah blog.

Materi dan tugas di kelas SEO Moms Basic


Sebuah kelas SEO Moms Basic diadakan selama kurang lebih 1 bulan lamanya via grup whatsapp. Grup akan dikunci pada saat mas Qbenk menjelaskan materi dan akan dibuka kembali pada saat sesi tanya jawab. Pada setiap materi yang disampaikan, biasanya mas Qbenk dan Mbak Sari akan memberikan tugas untuk dikerjakan.

Tugas yang diberikan merupakan tugas yang berkaitan dengan pembenahan blog kita sendiri. Misalnya, saat materi awal tentng judul dan deskripsi blog, mas Qbenk memberi tugas untuk membenahi judul dan deskripsi blog kita agar sesuai dengan branding yang ingin kita bangun, atau kata kunci yang ingin kita bidik.

Materi on page yang disampaikan mulai dari judul dan deskripsi blog, heading blog, niche dan content pillar dalam blog, RSS Feed, Keyword dalam blog, penggunaan Google Search Console hingga tugas uji materi penulisan konten blog sesuai kaidah SEO. Sedangkan materi offpage yang diajarkan adalah backlink, link building dan link wheel.

Mas Qbenk menjelaskan materi dengan gaya yang santai, namun tetap jelas dan lengkap. Mbak Sarijuga membantu dalam tanya jawab materi dan nggak lupa juga mengingatkan tentang materi dan tugas-tugas yang diberikan.

Oh iya, ada sistem kick juga di kelas SEO Moms Basic ini, untuk yang terlalu pasif ataupun tidak memperhatikan kelas sama sekali. Walaupun mas Qbenk dan mbak Sari super ramah dan santai, tapi nggak berarti kita bisa terlalu nyantai juga sampe nggak buka grup dan perhatiin kelas sama sekali loh. Karena mba Sari selalu memantau dan akan me-remove Moms yang nggak aktif sama sekali dalam kelas ini.

Selesai kelas, para Moms akan dipindahkan ke grup utama SEO Moms Community yang merupakan gabungan dari semua alumni kelas SEO Moms Basic. Alhamdulillah aku masuk di kelas ketiga SEO Moms nih, dan pas lulus ketemu alumni kelas yang udah super kece SEO blognyaaaa. 

Mas Qbenk juga akan memberikan info-info serta tips tips khusus kepada anggota SEO Moms yang mengikuti lomba blog SEO! Beberapa anggota SEO Moms dan langganan juara lomba SEO juga loohhh~ Bakal jadi langganan juarak juga nih, dibawah pengawasan mastah Qbenk. Hihihihi.


Cara mendaftar kelas SEO Moms Basic


Jadi gimana? Penasaran dan teratrik juga mendaftar dan mengikuti kelas SEO Moms? Psssst, pendaftaran akan segera dibuka loh. Menjelang 1 tahun SEO Moms di tahun 2021 iniiii, Mas Qbenk dan mbak Sari malah sudah membagi koordinator wilayah untuk pendaftaran kelas SEO Moms nanti. Nggak bakal kalah seru nih kayanya SEO Moms tahun iniiiii~

Pendaftaran kelas gratis  SEO Moms

Biar nggak ketinggalan pendaftarannya, langsung aja mulai sekarang follow instagram @seomoms yaaa. Barusan mampir ke instagramnya nih, ternyata pendaftarannya udah mulai dibuka looohhh~ Cussss, yang mau daftar atau tanya tanya langsung aja follow dan komen di instagramnya yaaaaaa!!!

Terakhir, aku mau mengucapkan banyak terima kasih untuk mas Qbenk dan mbak Sari yang sudah memperkenankan aku bergabung dalam kelas SEO Moms Basic ketiga di tahun 2020 kemarin. Banyak sekali pengetahuan baru yang bisa aku terapkan untuk blog. Alhamdulillah bisa makin sehat dan makin kece nih blog ini, salah satunya karena kelas SEO Moms Basic dari Mas Qbenk dan mbak Sari. 

Dan selamat menjelang ulang tahun pertama SEO Moms Community! InsyaaAllah semua ilmu yang telah disharing dalam kelas akan mengalirkan banyak sekali pahala dan amal jariyah untuk ibunda mas Qbenk yaaa.. Aamiin.

Pandemi ini memang membatasi ruang gerak kita, tapi bukan berarti kita harus berhenti mencari ilmu dalam keterbatasan ini yaaaa. Apalagi ilmu SEO untuk blog nih, semua blogger kayanya harus paham SEO agar tulisan-tulisan dalam blog kita bisa sampai dengan tepat kepada para pembacanya. 

Dengan semakin paham tentang SEO pada blog, insyaaAllah bakal makin banyak yang baca blognya, makin banyak viewersnya, makin banyak page onenya, makin banyak adsensenya dan yang juga nggak kalah penting nih, makin banyak tawaran job yang berdatangan yaaaa.. Aamiin! 

Yang masih penasaran dengan Kelas SEO Moms langsung aja follow akun instagram @seomoms dan klik websitenya www.seomomscommunity.com

24 komentar untuk "SEO Moms: Mama Blogger juga bisa belajar SEO!"

  1. seruuu bangett SEO Moms iniii
    aku jadi pengin ikutan juga mbaa
    karena, selama ini aku belajar SEO (terbilang) setengah2 sih,
    parsial gitu

    pengin belajar secara komprehensif!

    BalasHapus
  2. Welcome to the club Mbaak. Alhamdulillah bisa belajar di SEO Moms ya.

    BalasHapus
  3. asik banget bisa belajar ilmu SEO basic yang bikin nambah kece deh blognya, traffiknya juga bisa makin meningkat :)

    BalasHapus
  4. Ini nih, salah satu hal dalam ngeblog yang sampe sekarang masih bikin aku pusing mba. Kayaknya perlu ikutan kelasnya Mas Qbenk dan Mba Sari deh agar bisa makin paham tentang SEO. Selama ini ya cuma nulis nulis aja deh.

    BalasHapus
  5. Aku langsung buka IG dan follow akun @seomoms hihihihi :) Udah lewat dong ya mulainya 29 Januari. Kira2 bakalan ada lagi kapan tuh? Ini kalau belajar misalnya kita bingung karena jarak jauh alias online, kira2 gimana mbak? Interaksi via wag tsb ya? Makin canggih dong ya ngeblognya mbak Dian ini heheh mantap.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah ya jaman now ada wadahnya untuk belajar SEO khusus Blogger.
    Semoga makin memahami SEO makhluk yang bisa ditaklukan ko, asalkan kitanya mau belajar dan praktek
    Yang dulu menentang blogger ga perlu SEO, sekarang malah asik main pada SEO, alhamdulillah.
    Hihii lucuk, ku jadi penonton aja.
    Sukses buat Qbenk dan semuanya.

    BalasHapus
  7. Memang betul bahwa bloggers itu harus paham SEO. Supaya tidak mengeluh kalau blogpostnya sepi penonton, penontonnya salah komen, dan keluhan-keluhan lainnya yang sebetulnya disebabkan tulisan bloggernya tidak menyentuh target penonton yang tepat.

    BalasHapus
  8. Aku jadi pengen ikutan kelasnya SEO Moms ini deh mbak, coba ah aku intip instagramnya dulu. Karena aku emang pengen balajar lagi lebih mendalam tentang SEO.

    BalasHapus
  9. Aku udah daftar Mbaa.. .kelewatan ngga yaa, semoga ke angkut ya Mba, pengin banget memperdalam lagi, selama ini cuma belajar sendiri dan nggak ada yg mengcoaching

    BalasHapus
  10. Untuk kita-kita yang aktif ngeblog, ilmu yang diajarkan mas SEO Mom Community ini sangat bermanfaat. Siapa sih yang tak ingin traffic blognya ramai, banyak pembaca, dan bermanfaat bagi orang lain?

    BalasHapus
  11. Duh aku juga berapa kali ikut kelas SEO dan tetap belum mempraktekkan nya ke blogku masih mengalir sajaa kikikikk...

    BalasHapus
  12. Wah seru juga nih ada wadah belajar SEO untuk blogger. Banyak keuntungannya ya belajar SEO, salah satunya traffic bisa meningkat juga.

    BalasHapus
  13. aku dah baca ttg kelas ini dari timeline fb temen2 blogger. duh mupeng banget waktu itu pengen ikutan tp waktunya masih riweuh. kemaren liat buka untuk madura. skr diliat, buka pendaftarannya untuk jawa tengah aja ya? ditunggu kelas untuk jawa barat :)

    BalasHapus
  14. Seru nih ntar kalo bloger2 perempuan udah pada melek SEO. Bisa nih balapan kejar2an di pageone. Wkwkwk.

    BalasHapus
  15. Betul Mbak, pandemi ini memang membatasi ruang gerak kita, tetapi tidak boleh kita jadikan alasan untuk tidak mencari ilmu. Toh sekarang kita bisa memanfaatkan teknologi untuk bisa selalu mencari ilmu

    BalasHapus
  16. Keren banget kelasnya SEO Moms...
    SEO di blog saya enggak maju-maju nih, memang harus niat dan belajar dengan serius ya...

    BalasHapus
  17. Waaah mau deh.. langsung kepoin IGnya ah. Btw ini belajar online ya? Soalnya kadang suka ga masuk kalau diajarin online. Ada kelas offline nya ga ya, Mba?

    BalasHapus
  18. MashaAllah~
    Barakallahu fiikum, kak QBenk dan kak Sari.
    Motivasinya membagikan ilmu SEO bener-bener mulia.
    Dengan saling berbagi, semoga ilmu SEOnya semakin berkah.

    BalasHapus
  19. Seru juga belajar SEO bareng koma, kebayang rame nya suasana kelas daring. Ternyata algoritma google udah dimulai update sejak 2011. Mupeng deh belajar bareng moms kece, kayak punya teman baru kalo masih awal kan

    BalasHapus
  20. Aku langsung kepoin instagramnya seomoms nih, pas banget lagi buka yang jawa tengah nih. Pengen belajar juga biar blogku agak rame gitu. Makasi infonya mak

    BalasHapus
  21. seru banget kelas seo momnya mbak dian. aku udah lama dapat ilmu seo tapi entah kenapa kadang rada malas praktikinnya. maunya nulis aja ga usah mikirin keyword. hehehehe

    BalasHapus
  22. Betul nih penting banget belajar seo biar bmog makin kece. Dulu awal ngeblog aku ga paham seo, tapi nulis tentang mpasi dan seputar bayi. Sering banget masuk top one, sekarang sei semakin banyak dikuasai banyak orang ...artikelku bergulir turun hihihi

    BalasHapus
  23. Wah udah duluan ya mba? Baru minggu lalu bergabung SEO Moms Jogja, dan udh ga sabar belajar

    BalasHapus
  24. semangat belajar seo nya mak
    aku juga seneng gabung bisa tau bekling yang aku missed :*

    BalasHapus