Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pepsodent Active Defense Membantu Melawan Virus SARS-CoV-2 di Rongga Mulut

Hampir 10 bulan sudah kita 'terperangkap' dalam pandemi ini. Di bulan ke 10, bahkan sepertinya tidak ada tanda positif bahwa pandemi ini akan segera berakhir. Jumlah pasien positif terus meningkat hingga mencapai ke sebuah rekor baru.

10 bulan pertarungan ini memang terasa melelahkan, ya? Kejenuhan menghadapi pandemi ini mulai muncul dan membuat beberapa orang menurunkan tingkat kewaspadaannya. Lalu dengan beranjak menjadi tidak peduli, apakah kemudian pandemi ini berakhir dan virus bisa serta merta pergi begitu saja?

Saat ini total kasus positif COVID-19 di Indonesia telah menembus angka 550.000. Angka kematian sebesar lebih dari 17.500 orang juga menjadi angka kematian tertinggi di Asia Tenggara.

10 bulan perjuangan ini memang terasa sangat panjang, namun kita tak boleh menyerah. Teruskan perjuangan ini hingga pandemi ini berakhir!

Dan tentunya kita tidak bisa menghadapi pandemi ini sendiri, kita harus bahu membahu dan bergandengan tangan dengan semua pihak. Terus mengingatkan dan disiplin melakukan protokol kesehatan, serta semua hal lainnya yang bisa semakin menekan penyebaran virus ini.

Waspadai sumber penyebaran virus dari diri kita sendiri

Seperti yang sudah kita ketahui, virus Cov19 ini menular melalui droplet yang berasal dari saluran pernafasan kita, selama kita bernafas dan melakukan aktivitas. 

Dan ternyata, selain 'tinggal' di saluran pernafasan, banyak riset yang menunjukkan bahwa virus SARS-CoV-2 juga terdapat di rongga mulut orang yang terinfeksi. Faktanya: Di dalam 1 ml air liur terdapat lebih dari 1 juta partikel virus!

FYI, ada 3 ukuran cairan yang berasal dari rongga mulut:

Yang pertama disebut dengan Splatter cairan dari rongga mulut yang berukuran besar. Splatter ini biasanya muncul saat kita berbicara kencang, dan ternyata splatter ini bisa mengjangkau jarang hingga 1m di depan kita.

Kedua adalah Droplet. Cairan dari rongga mulut yang berukuran sedang dan biasanya keluar saat batuk atau bersin kecil. Droplet bisa menjangkau sejauh 1,5m dengan kecepatan 10m/detik.

Terakhir dan yang sangat harus kita waspadai adalah Aerosol. Cairan dari rongga mulut ini berukuran paling kecil dan mungkin tidak terlalu kaat mata. Aerosol biasanya muncul saat kita bersin dengan kencang. Aerosol mampu menjangkau area 6m kedepan dengan kecepatan 50m/detik. Dan mampu bertahan di udara selama 3 jam!

Sementara itu, data terbaru dari CDC menunjukan bahwa lebih dari 50% penyebaran virus SARS-CoV-2 berasal dari kasus konfirmasi tanpa gejala yang berada di sekitar kita.

Oleh karena itu, penting banget kan untuk selalu menggunakan masker dan juga nggak boleh lupa menjaga kesehatan rongga mulut kita.

Perlindungan ekstra untuk lawan virus di rongga mulut

Pepsodent yang merupakan bagian dari Unilever, sebagai brand yang selama ini membantu kita melindungi dan menjaga kesehatan gigi dan mulut juga turut serta memberikan perhatian besar di tengah pandemi ini. 

Unilever turut berpartisipasi dalam diskusi komunitas medis dan ilmiah global seputar penggunaan mouthwash untuk melawan virus SARS-CoV-2. Dan berhasil menemukan sebuah terobosan terbaru yang kemarin baru saja resmi diluncurkan melalui sebuah event virtual launching! 

Penasaran ngga sih sama terobosan terbaru dari Pepsodent? Ini diaaa~

Pepsodent Active Defense Mouthwash

Pepsodent Active Defense Mouthwash

Obat kumur ampuh lawan virus corona

kandungan CPC untuk melawan virus Corona

Pada tanggal 8 Desember 2020 kemarin, lewat Virtual launching yang dihadiri oleh teman-teman blogger dan media, Pepsodent secara resmi meluncurkan Pepsodent Active Defense Mouthwash!


Virtual launching Pepsodent Active Defense

Acara ini dihadiri oleh Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc (Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation), drg. Tritarayati, SH, MHKes. (Ketua Komite Kesehatan Gigi dan mulut Kementrian Kesehatan RI), Dr. drg. Armelia Sari Widyarman, M.Kes. (Dokter gigi dan Peneliti) dan dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes. (Ketua Umum PERSI).

drg. Ratu Mirah Afifah Unilever

Drg. Ratu Mirah Afifah menjelaskan bahwa Unilever menginisiasi studi ilmiah awal bersama Laboratorium Microbac, sebuah lab virologi di Amerika Serikat yang terpercaya dan diakui secara internasional untuk mengukur efektivitas mouthwash yang mengandung teknologi CPC, seperti inovasi  yang terdapat pada Pepsodent Active Defense.

Pepsodent merupakan brand yang sangat menyadari tentang kesehatan rongga mulut. Temuan tentang virus Sars-CoV-2 yang 'tinggal' di rongga pernafasan dan rongga mulut, cukup mengkhawatirkan.

Jumlah virus dalam air liur

Karena ternyata dalam 1 kali batuk ternyata terdapat 200 juta partikel yang keluar dari rongga mulut kita. Dan dalam 1 kali bernafas, droplet bisa menyebar hingga 1meter. 

Pepsodent Active Defense Mouthwash ampuh melawan virus SARS-CoV-2 di rongga mulut

Studi In Vitro Pepsodent Active Defense


Lewat studi in vitro (studi dalam lingkungan terkendali di luar organisme hidup) efektifitas mouthwash melawan virus Sars-CoV-2, ditemukan fakta bahwa teknologi Cetylpyridinuim Chloride (CPC) yang terkandung dalam Pepsodent Active Defense Mouthwash efektif mengurangi jumlah virus Sars-CoV-2 hingg 99,99% dalam waktu kontak 30 detik!

Sebelumnya, Unilever telah memublikasikan hasil penelitian tentang efek mouthwash yang mengandung CPC pada pengganti virus corona di platform riset bioligi Biorxiv, yang juga memperlihatkan bahwa Pepsodent Active Defense Mouthwash yang mengandung 0,07% CPC bekerja efektif mengurangi jumlah virus Sars-CoV-2 hingga 99,9% dengan menargetkan dan menghancurkan selubung lipid dari virus tersebut. 

Dalam studi yang membandingkan produk ini dengan produk mouthwash yang mengandung ethanol, campuran enzim dan zinc sulfat ini, ternyata hanya teknologi CPC yang sampai saat ini menunjukkan hasil yang konsisten dan positif. 

drg. Tritarayati Kemenkes

drg. Tritarayati mengatakan bahwa di etengah pandemi ini, masyarakat memang harus melakukan upaya pencegahan yang dapat menekan jumlah penyebaran virus. Terutama penyebaran virus via droplet dan aerosol dan rongga mulut kita.

Karena ternyata di dalam 1 ml air liur terdapat lebih dari 1 juta partikel virus. Dan virus Sars-CoV-2 ini juga terdapat pada mulut orang yang terinfeksi terutama di dalam air liurnya.

drg. Tari menambahkan bahwa sangat penting juga untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi dengan rajin menggosok gigi dan berkumur-kumur menggunakan mouthwash. 

dr. Armelia Sari

Sementara itu, Dr. dr. Armelia Sari  mengatakan bahwa sesungguhnya CPC telah digunakan dalam dunia medis sejak tahun 1939, sebagai bahan antiseptik dalam obat kumur salah satunya.

Dr. Armelia mengapresiasi studi yang dilakukan oleh Pepsodent yang juga merupakan bentuk kepedulian untuk membantu melindungi masyarakat di tengah pandemi. 

Hasil studi ini juga didukung oleh sebuah uji klinis yang dilakukan oleh sekelompok peneliti independen di Singapura yang melibatkan sejumlah penderita Cov19.

Uji klinis yang dilakukan oleh kelompok peneliti independen di Singapura ini memperlihatkan bahwa berkumur selama 30 detik dengan mouthwash yang mengandung CPC dapat mengurangi jumlah virus Sars-CoV-2 secara signifikan hanya dalam waktu 5 menit dan mampu bertahan hingga 6 jam setelahnya. 

Kelebihan lain dari Pepsodent Active Defense Mouthwash

Selain mampu melawan virus Sars-CoV-2 pada rongga mulut, Pepsodent Active Defense Mouthwash ini jjuga memiliki beberapa kelebihan lain, diantaranya adalah no alkohol, memiliki rasa menthol yang nyaman dan segar di mulut, dan juga mampu membersihkan plak di gigi dan gusi dengan pemakaian teratur.

Jadi nggak hanya mampu menghilangkan virus di rongga mulut, Pepsodent Active Defense Mouthwash ini juga mampu membuat rongga mulut kita terasa lebih segar dan bersih dari plak ya!

Donasi Pepsodent Active Defense Mouthwash untuk RS Rujukan COVID-19

Saat ini, rumah sakit menjadi tempat risiko tinggi penularan virus Cov19. Seluruh dokter, perawat dan tenaga kesehatan berjuang bersama di garda depan untuk merawat para pasien positif dan melawan virus ini.

Hal itu menginspirasi Pepsodent untuk mendonasikan 50.000 produk Pepsodent Active Defense Mouthwash kepada sejumlah rumah sakit rujukan di wilayah Jabodetabek dan Wisma Atlet Kemayoran untuk perlindungan tambahan para tenaga kesehatan yang berada di garda terdepan dalam upayanya menekan laju transmisi COVID-19.

Ketum PERSI dr. Kuntjoro Adi Purjanto

dr. Kuntjoro Adi Purjanto selaku Ketum PERSI (Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia) yang menjadi salah satu mitra Pepsodent dalam menyalurkan donasi ini mengatakan bahwa saat ini industri Rumah Sakit sedang menghadapi perjuangan panjang melawan COVID-19.

Untuk itulah upaya pengendalian dan pencegahan di dalam lingkungan rumah sakit sangat diperlukan. Donasi dari Pepsodent ini diharapkan dapat membantu melindungi tenaga medis dan pasien dari penyebaran virus di tengah tingginya risiko penularan COVID-19.

Perlindungan 3M Ekstra dengan Pepsodent Active Defense 

Glyn Roberts PhD (Head of Unilever Global Oral care R&D) menerangkan bahwa, walaupun hingga saat ini penelitian dari Unilever masih berlanjut, para ilmuwan terkemuka telah meninjau data studi ini dan setuju untuk membagikan hasilnya secara luas. Prof. Iain Chapple (Head of Research Institute of Clinical Sciences, University of Birmingham) juga menyetujui hal ini.

Masyarakat dapat mempertimbangkan untuk mengikutsertakan berkumur dengan moutwash yang berbasis CPC seperti Pepsodent Active Defense Mouthwash ini sebagai tindakan tambahan pencegahan transmisi COVID-19. Mouthwash dengan teknologi CPC ini bisa menjadi langkah yang sederhana, efektif dan aman untuk masyarakat dalam perlindungan dan pencegahan transmisi virus ini.

Perlindungan prokes 3M Ekstra saat Pandemi

Jadi, kita bisa menambahkan Ekstra pada protokol kesehatan yang selama ini kita jalankan yaitu 3M: Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker dan Menjaga jarak serta Ekstra Menjaga kesehatan rongga mulut.

Jangan kasih kendor! Tingkatkan kewaspadaan kita dalam menjalankan 3M dan juga berikan tambahan perlindungan ekstra dengan berkumur dengan Pepsodent Active Defense Mouthwash! 

anjuran pemakaian Pepsodent Active Mouthwash

Tetap semangat semuanyaaaa, semoga kita bisa tetap kuat dan kompak menhadapai pandemi ini hingga pandemi ini mencapai titik akhirnya yaaaa. Aamiin.

Untuk keterangan lebih lengkap, silakan klik Pepsodent Active Defense

60 komentar untuk "Pepsodent Active Defense Membantu Melawan Virus SARS-CoV-2 di Rongga Mulut"

  1. Di masa pandemi seperti sekarang wajib punya nih Pepsodeny Mouthwash ini, sebagai ikhtiar kita bisa terbebas dari berbagai virus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, aku juga mau beli ini. Memang kita butuh kumur-kumur untuk menjaga kesehatan mulut dari kuman, bakteri, dan virus ya

      Hapus
  2. Jadi udah bener banget ya pakai masker kalo keluar rumah. Apalagi mengingat sekarang pun masih banyak yang nggak pakai masker, lalu santai aja batuk dan bersin tanpa menutup mulut. Kebayang itu lontaran dari mulutnya ke mana-mana. Btw, makasih info Pepsodent Active Defense-nya. Langsung masuk ke catatan belanja, nih.

    BalasHapus
  3. Sepertinya memang harus sedia produk ini ya, buat kumur-kumur, kan virus c19 salah satu penyebarannya lewat droplet. Kudu jaga kebersihan mulut juga nih...

    BalasHapus
  4. Astaga, bener juga yah. Udah 10 bulan terperangkap. Geraknya cuma seputaran rumah. Paling jauh ke kampus. Itu juga bentar. Perlu nih obat kumur. Pake masker tuh gimanaaa gitu, pengap dan ada aroma tertentu. wkwkwk...

    BalasHapus
  5. Aamiin..
    Iya ya, di masa pandemi gini, kesehatan mulut harus dijaga ekstra dari biasanya.
    Pengin juga ah nyobain produk Pepsodent ini.

    BalasHapus
  6. Wah, berarti selain 3M harus sedia pepsoden active defense dong. Semoga corona segera berlalu dan Indonesia kembali baik-baik saja ya.
    Pandemi gelombang kedua lebih ngeri nih jumlah korbannya

    BalasHapus
  7. MasyaAllah, memang banyak cara untung menghentikan penyebaran Corona ini ya Mba, ya salah satunya dengan terus menjaga kebersihan mulut biar virus ga masuk. Alhamdulillah kami sekeluarga juga selalu pake mouthwash tiap hari biar jauh jauh dari Corona. Semoga kita semua selalu sehat ya Mba

    BalasHapus
  8. saya rutin menggunakan mouthwash setiap selesai sikat gigi. sepertinya menarik ini untuk mencoba mouthwash dari pepsodent. Apalagi di mouthwash pepsodent ini mengandung Cetylpyridinuim Chloride (CPC) yang bisa mengurangi risiko tertular covid

    BalasHapus
  9. Si kopit ini gak jelas kapan akan minggat. Yang bisa kita lakukan bertahan, jaga kekebalan tubuh, jaga kebersihan lingkungan dan diri serta berdoa.

    Sepertinya perlu dicoba nih Pepsodent Active Defense Mouthwash, biar virus di kerongkongan pada minggat, dan bikin nafas jadi segar.

    Makasih infonya...

    BalasHapus
  10. Splatter, doplet, aerosol.

    Dari ketiganya merupakan istilah baru denger mbak. Tapi maraknya covid lebih akrab sama istilah doplet karena sering dipakai dalam sosialisasi pencegahan corona 🤪

    BalasHapus
  11. produk wajib nih, apalagi virus rawan masuk melalui jalur penafasan salah satunya mulut.

    BalasHapus
  12. Wah kemasannya manly banget ya apalagi pakai warna navy hehhee yang jelas khasiatnya ampuh banget ya bisa nih dicoba buat bekal di kantor biar makin pede

    BalasHapus
  13. Wah, pas banget untuk kondisi saat ini ya. Jadi kepingin beli deh. Apakah sudah tersedia di semua market ya?

    BalasHapus
  14. Inovasi dari Pepsodent cepet dan canggih juga ya. Sesuai dengan situasi sekarang. Jadi tertarik buat coba mouthwash nya. Kira2 bisa dibeli dimana ya Mbak?

    BalasHapus
  15. serius bisa melawan virus sars cov ini kak?

    wah klo iya keren bgt, mungkin saatnya aku ganti penyegar mulut nih

    BalasHapus
  16. wah beneran ini mbak bisa membantu melawan virus covid? wajib beli dong ini
    saat pandemi gini kan wajib banget jaga kesehatan tubuh, termasuk kesehatan gigi dan mulut ya mbak

    BalasHapus
  17. Jadi ingat mouthwash sedang habis di rumah. Pepsodent memang brand terkemuka soal perawatan mulut dan gusi, kebayang deh mentholnya bikin segar mulut dan bisa mengurangsi serangan kuman dan bakteri. Hebat ya walaupun berkumur cuma 30 detik tapi fungsinya sangat signifikan buat jaga kesehatan.

    BalasHapus
  18. makin kesini aku makin aktif nyari produk yang bisa mencegah virus kak, namanya juga usaha ya sebab si coronce ini belum berakhir, auto belanja bulanan ini bakalan nyetok pepsoden active defense

    BalasHapus
  19. Keren nih, varian baru pepsodent mouthwashnya. Berarti enggak mengandung alkohol, ya? Cari, ah...

    BalasHapus
  20. Eh, pepsodent sekarang punya obat kumur juga ya?

    Asyik asyik, bisa dibawa kemana-mana. Untungnya kemasannya travel-mate ya.

    BalasHapus
  21. ah iya ya, pandeminya belum berakhir
    kita harus tetap jaga kesehatan tubuh
    dimulai dgn menjaga kebersihan gigi dan mulut
    gosok gigi aja nggak cukup, harus dibantu dgn mouthwash
    seperti mouthwash dari pepsodent ini

    BalasHapus
  22. selain 'tinggal' di saluran pernafasan, banyak riset yang menunjukkan bahwa virus SARS-CoV-2 juga terdapat di rongga mulut orang yang terinfeksi. Faktanya: Di dalam 1 ml air liur terdapat lebih dari 1 juta partikel virus!

    Waahh, ini fakta yg super duper mengejutkan y mbaaa
    Untunglah Pepsodent selalu meluncurkan varian produk yg bermanfaat banget untuk kita semuaaaa

    BalasHapus
  23. Baru ngeh sih ya, kalo kita sakit tenggorokan bisa berpotensi sakit kemana², salah satunya covid ya. Penting juga ya mouthwash spt Pepsodent ini yg punya teknologi active defense ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nih, aku juga baru ngeh loh. Ternyata penting ya menjaga kesehatan dimulai dari kita sendiri. salah satunya ya dengan menjaga kebersihan mulut dan tenggorokan gini.

      Hapus
  24. Pepsodent Active Defense Mouthwash ini inovasi yang bagus dari Pepsodent, ya. Selama ini baru menggunakan pasta giginya saja untuk keluarga, kayaknya perlu juga punya mouthwash-nya. Supaya semua sehat terus, aamiin.

    BalasHapus
  25. Noted, Kita tambahkan Ekstra pada protokol kesehatan yang selama ini kita jalankan yaitu 3M: Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker dan Menjaga jarak serta Ekstra Menjaga kesehatan rongga mulut. Pilihan mouthawsh dengan CPC tentunya adalah pilihan terbaiknya yaaaa

    BalasHapus
  26. Cuss akh langsung beli 👌
    Thank infonya

    BalasHapus
  27. iyh, rata2 yg mnderita covid ini berurusan sm tenggorokan. kbtulan di lingkungan skrg ada yg penderita covid (otg), dy jg kmren ngluh klo skit tggorokan. mungkin dgn pepsodent mouthwash ini ikhitiar spya bs cpt terbebas covid,mksih info nya.

    BalasHapus
  28. Inovasi baru dari Pepsodent yaaa. Dari kapan hari pengen nyobain Pepsodent Active Defense Mouthwash ini tapi nyari di minimarket deket rumah kok belum ada. Nanti coba nyari online deh, biar bisa terlindungi juga.

    BalasHapus
  29. Bagus sekali inovasi dari Pepsodent ini, di masa pandemi seperti sekarang memang butuh banget produk seperti Pepsodent Mouthwash ini

    BalasHapus
  30. Beneran ini, menjaga kesehatan rongga mulut utama banget ya dijaman now, apalagi mengeluarkan aerosol huuuu yang masih bisa kita jaga. Pepsodent inovatif banget, mengeluarkan produk barunya Mouthwash bisa buat menjaga kebersihan mulut juga.

    BalasHapus
  31. Pepsodent Active Defense jadi senjata baru untuk lawan penularan dan penyebaran Covid, jadi senjata baru juga supaya tetep aman selama pandemi, paling ngga kita ngga nularin orang deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya kak
      perlindungan kesehatan gigi dan mulut akan lebih optimal ya kak dgn berkumur pake mouthwash dari pepsodent ini

      Hapus
  32. Pepsodent makin inovasi dengan adanya active defense moutwash, makin melengkapi prokes 3M yaa, makin bersih2 area rongga mulut. Semoga kita sellau diberikan kesehatan.

    BalasHapus
  33. By the way mouthwash ini bisa dibeli dimana? Apakah sudah dijual bebas hingga toko sebelah atau belum? Apakah hanya dijual di online marketplace?

    BalasHapus
  34. Makasih dah diingatkan, Kak. Baru tahu ternyata berkumur sebentar saja bisa membunuh kuman dan bakteri. Apalagi pas pandemi begini, jaga kesehatan mulut sangat penting karena mulut kan awal masuk makanan. bagus inovasi Pepsodent!

    BalasHapus
  35. Wow nambah pengetahuan ni, dan saya baru tau kalau pepsodent ada produk ini. Sepertinya di Kalimantan belum nemu ya kayak nya. Semakin kesini semakin penting banget yaa menjaga kebersihan terutama untuk diri sendiri.

    BalasHapus
  36. Ngeri juga ya, aerosol bisa bertahan beberapa jam di udara. Inilah pentingnya menggunakan masker. Dan utk kesegaran mulut, pakai Pepsodent moutwash memang menyegarkan banget

    BalasHapus
  37. Mungkin kita membawa virus, misal covid. Untuk kitanya gak ada gejala. Tapi droplet yang berasal dari rongga mulut kita berbahaya bagi orang lain, yang mungkin daya tahan tubuhnya tidak sebaik kita. Jadi memang harus selalu waspada sebagai penyebar ya. Membersihkan mulut dengan berkumur dengan mouthwash plus menggunakan masker kalau kemana-mana

    BalasHapus
  38. No alcohol dan bisa cegah virus corona, waaahhh inovasi cemerlang nih dari Pepsodent.

    Setelah 3 M, dilengkapi juga dengan menjaga kesehatan mulut dengan Pepsodent Mouthwash.

    BalasHapus
  39. Masih belum ada tanda-tanda ya pandemi akan berakhir, tetapi bukan berarti kita lengah tidak menerapkan prokes, harus terus gencar dilakukan apalagi ada 3M+ yang plusnya adalah menjaga kesehatan mulut

    BalasHapus
  40. Setuju, pencegahan harus dimulai dari diri sendiri dulu. Besok mau coba Pepsodent Active Defense ini ah. Klo belum ada di toko dekat rumah, aku mau cari secara online aja lewat marketplace.

    BalasHapus
  41. Mama Dian sama kayak aku ya mamah DIan pakai Pepsodent Active moutwash ini juga. Mulut juga berasa lebih bersih dan segar ya

    BalasHapus
  42. Antusiasme brand untuk ikutan membantu berpartisipasi dalam memerangi covid 19 ini memang penting banget ya. Harus banyak research pokoknya.

    BalasHapus
  43. Penyebaran Covid-19 ini semakin masif dan tak terbendung ya Mbak. Menjalar ke seluruh pelosok negeri. Semoga dengan hadirnya berbagai produk kesehatan semakin dapat mencegah penularan dan penyebaran.

    BalasHapus
  44. Bagus nih terobosan baru Pepsodent untuk membasmi virus Covid. Semoga semakin banyak proteksi dari dalam yaitu imunitas, vaksin, dari luar yaitu pakai masker dan sosial distancing.

    BalasHapus
  45. Keren ya mba. Pepsodent ini terus berinovasi dalam memberikan kebutuhan konsumennya ya. Termasuk lagi pandemi gini, udah hadir moutwash dari pepsodent ini. Jadi pengen punya aku buat stok di rumah

    BalasHapus
  46. Pepsodent Active Defense mouthwash bikin mulut segar dan melindungi kesehatan keluarga juga buat mengurangi virus covid-19, yang aku suka tuh gak ada alkohol

    BalasHapus
  47. Wah, obat kumurnya bisa membantu kita menjaga kesehatan mulut di masa pandemi ya mencegah kuman dan virus menyerang kita

    BalasHapus
  48. Pepsodent Mouthwash ini rekomended ya, karena no alkohol, memiliki rasa menthol yang nyaman dan segar di mulut, mampu membersihkan plak di gigi dan gusi.

    BalasHapus
  49. Virtual launching ini berarti secara resmi merilis Pepsodent mouthwash ini ke publik ya Mbak. Semoga segera hadir di kotaku.

    BalasHapus
  50. Perlindunga kudu ekstra saat ini yaa..karena virusnya pinter banget, terus aja bertransformasi menjadi lebih begini dan begitu.
    Semoga dengan menggunakan Pepsodent Active Defense, kita bisa halau segala virus yang masuk ke dalam tubuh melalui rongga mulut.

    BalasHapus
  51. Aku pun kumur2 pakai pepsodent moythwash ini mak Dian :D
    Buat perlindungan ekstra aja sih utk keluarga. Khususnya utk suami yang sesekali masih ngantor aku sarankan utk kasi tau teman2nya juga supaya enak kalau interaksi, buat mencegah yg gak diinginkan yaaa

    BalasHapus
  52. aku juga pakai ini di rumah, apalagi semenjak tau ini mengandung new CPC technology. Selain itu Pepsodent Active Defense ini juga membantu kuatkan daya tahan gigi dan mulut.

    BalasHapus
  53. 10 bulan yang istimewa yaa. Dari dulu berdekatan sambil ngobrol biasa aja eh padahal ada tiga macam cairan yang mudah keluar dari mulut sambil bawa penyakit. Can I say thanks to this virus for making us more concern for our health?

    BalasHapus
  54. Tau-tau 10
    Bulan aja ya Mama Dian pandemi jni dan belum usai malah merajalela btw produk ini bikin aku penasaran jadi pengen coba

    BalasHapus
  55. Nah masih banyak yang harus diedukasi mengenai partikel yang keluar dari dalam mulut ya. Jangakauannya lumayan juga. Selain waspada dengan sekeliling, jaga diri dengan Pepsodent Active Defense Mouthwash juga perlu ya.

    BalasHapus
  56. Jadi sebagian besar covid itu berawal dr kebersihan rongga mulut ya. Kalau ga bersih ya gampang didiami virus.

    BalasHapus
  57. Halo, kak. Salam kenal ya. Aku belum pernah pakai Pepsodent mouthwash. Kalau sampai saat ini aku masih setia pakai pasta gigi Pepsodent.

    BalasHapus