Apakah Youtube Kids benar-benar aman untuk anak-anak kita?

21:21:00

Apakah Youtube Kids benar-benar aman untuk anak-anak kita? Sebagai mama millenials, mungkinkah mama Dian bisa menampik godaan Youtube untuk Una dan Abang? Jawabannya adalah tidak bisa. Una dan Abang udah kenal Youtube dari sebelum mereka lancar ngomong, malah. Dan percayalah mama Dian tau bahwa Youtube itu nggak 100% membawa kebaikan untuk Una dan Abang. Negative side-nya memang buanyak. Dan sebagai orangtua biasa yang nggak sempurna, mama Dian memang belum bisa menjauhkan Youtube dari Una dan Abang.

Tapi apakah Youtube punya 100% negative side untuk Una dan Abang? Alhamdulillah nggak ya. Karena kalo untuk yang kenal deket sama Una dan Abang pasti tau kalo dua anak ini hobi banget ngobrol pake bahasa inggris. Aksennya bagus, artinya bener, dan rangkaian kalimatnya juga udah panjang. 

Sampe ada buibu yang denger Una ngomong pake bahasa inggris dan nanya ke mama Dian "Wah bagus bahasa inggrisnya, les bahasa inggris dimana bu anaknya?" Dan mama Dian cuma nyengir aja dengerin pertanyaan itu, dan jawab sejujurnya "Nggak les dimana-mana kok, belajar bahasa inggris dari Youtube aja."

Mama Dian juga ga mau sih sebenernya ngasih Una dan Abang nonton Youtube setiap mereka pegang gadget. Tapi di jaman serba digital ini, sepertinya mau nggak mau kita sebagai orangtua harus juga mengenalkan anak-anak dengan gadget. Karena kitapun sebagai orangtua juga nggak jauh dari gadget ya๐Ÿ˜…

Tapi ada beberapa batasan sih pastinya yang mama Dian terapkan saat Una Abang pegang gadgetnya terutama kalo pas nonton Youtube ya. 

Pertama, sebisa mungkin jauhkan anak dari gadget. Tapi dijaman ini menjauhkan anak dari gadget juga mesti pake penawar yang menarik ya. Seperti sediakan buku bacaan kesukaan anak-anak, sediakan mainana kesukaan anak-anak, sediakan peralatan crafting super lengkap yang akan ngebuat anak-anak asik berkreasi sampe lupa dengan gadgetnya, dan yang paling penting sediakan juga waktu kita sebagai orangtua untuk mendampingi anak-anak di jam-bebas-gadget nya. 

Mama Dian emang cuma ibu rumah tangga biasa, tapi kadang nggak bisa nyediain banyak waktu mendampingi anak-anak karena mesti ngerjain ini itu. (Mendampingi yang benar-benar mendampingi duduk disamping mereka untuk bermain bersama ya) Jadilah akhirnya, kelepasan ke gadget juga. Huhuhu.

Kedua, pemilihan tontonan yang ditonton anak-anak. Kalo buka Youtube, sebisa mungkin mama Dian minta Una dan Abang untuk mengeraskan volumenya. Mama Dian harus tau apa yang mereka tonton. Dan biasanya mama Dian prefer ke tontonan yang berbahasa inggris aja sih. Supaya nambah kosakata bahasa inggria Una Abang juga.

Ketiga, nyalakan Mode Terbatas pada aplikasi Youtube. Duh ini yang super penting, nggak kebayang deh berapa banyak video menjurus dewasa yang bisa ditonton anak anak kita di Youtube tanpa Mode terbatas ini. Bahkan kadang udah pake Mode Terbatas juga masih ada banyak video kartun kissing yang bisa ditonton anak anak kita. Ngeri kan?!

Eh tapiiiiiiii Alhamdulillah banget nih, pas tanggal 5 September 2018 ini Youtube Kids resmi launching di Indonesia! 

Youtube Kids sebenernya udah ada sejak tahun 2015 dan sudah digunakan di 37 negara. Tapi bener-bener resmi bisa diunduh untuk pengguna di Indonesia baru 6 September kemarin nih. 

Aplikasi Youtube Kids bisa didownload via Appstore dan Playstore. Bahkan sudah menjadi aplikasi terbaik nomer 5 untuk kategori aplikasi anak.

Apa sih bedanya Youtube biasa dengan Youtube Kids? Dengan menggunakan Youtube Kids, orngtua mendapakan akses penuh untuk mengontrol tontonan anak-anaknya yang disesuaikan dengan usia dan pengalaman edukasi. Youtube Kids merupakan platform berbagi video ramah anak.

Kemarin akhirnya Mama Dian langsung buka Playstore dan download Youtube Kids ini. Penasaran kan, Seperti apa sih Youtube Kids? Beneran aman nggak sih Youtube Kids untuk anak-anak kita?


Abis download, buka aplikasinya dan ada opening video yang lucu dan gemez bgt dong diawalnya!



Eh sebelumnya mama Dian juga baca informasi tentang Youtube Kids ini di playstore. Ratingnya bagus. Dan ada banyak fitur kontrol yang tesedia juga di aplikasi Youtube Kids ini. Ada profil anak, koleksi channel, pemblokiran, pelaporan video, kontrol penelusuran, timer (ini salah satu yang terbaiq!), histori tontonan, dan tonton di TV.


Dari awal masuk, walaupun temanya udah anak-anak banget tapi yang diutamakan adalah tetap kontrol orangtua.


Diperlukan verifikasi umur orangtua untuk proses masuk dan log in ke Youtube Kids.



Tentang pemblokiran dan pelaporan. Disini Youtube menjelaskan bahwa pihak mereka telah melakukan yang terbaik untuk membuat batasan video yang tepat ditonton anak anak kita. Namun, memang ngga ada sesuatu yang sempurna ya. Jadi jika orangtua menemukan video yang masih tidak pantas ditonton anak-anak kita. Video tersebut bisa langsung kita blokir dan laporkan.





Halaman persetujuan orangtua. Tentunya disini dibutuhkan akun email orangtua serta persetujuan orangtua untuk dapat memulai aplikasi Youtube Kids ini.



Dan ini dia yang langsung menarik perhatian Una dan Abang. Pembuatan profil dengan nama anak, bulan dan tahun lahir serta avatar yang bisa dipilih. Lucu lucu semua deh avatarnya๐Ÿ˜


Mode Penelusuran. Nah ada 2 pilihan penelusuran yaitu aktif dan nonaktif. Penelusuran nonaktif lebih membatasi akses video anak-anak kita. Jadi memang 'lebih aman' kalo penelusuran non aktif ya, tapi nanti dibawah dah aku coba nih, pencarian keyword video konten dewasa di Youtube Kids. Bakal tetep ketemu apa nggak nih keyword ini. Tetep baca sampe bawah ya~


Setelah memilih mode penelusuran yang diinginkan, kemudia muncullah Youtube Profile anak yang tadi telah kita buat, lengkap dengan umurnya.


Nah selanjutnya mari kita mulai menikmati konten vidoe khusus untuk anak-anak~ Nah jadi ada 4 kategori video yang bisa kita pilih di bagian atas layar


Yang pertama kategori 'Acara', nah yang ini sepertinya sih kumpulan video acara acara kartun anak-anak.

Eh iya saat di halaman ini juga ada backsound musik anak-anak yang ceria ya. Jadi benran berasa masuk ke aplikasi yang khusus untuk anak-anak, warni-warni, animasi menarik plus backsound musik yang ceria.


Selanjutnya kategori 'Musik', yang isinya penuh dengan lagu-lagu anak-anak.


Kemudian ada kategori 'Pelajaran'. Nah yang ini banyak video tentang pengetahuan umum untuk anak-anak.


Terakhir adalah kategori 'jelajah'. Nah yang ini lebih banyak video daily vlog dari para Youtubers cilik. Ada video how to make juga.

Nah selanjutnya di awal pilihan tadi, mama Dian nyobain mengaktifkan penelusuran.


Nah kalo metode penelusuran aktif, anak-anak bisa melakukan seraching video dengan keyword yang diinginkan. Nah kemarin mama Dian coba search keyword 'awkarin' (kenapa mesti awkarin cobaaa? ya soalnya dia juga punya konten yang nggak pantes buat anak-anak kan?) Nah hasilnya seperti yang diatas ini nih gambar kucing yang mencoba memasuki pintu yang terkunci. Alias ga ada hasil pencarian apapun. Begitu juga untuk kata kunci dewasa seperti 'kissing' hasilnya pun akan seperti diatas ya buibu. Jadi aman nggak nih mode penlusuran aktif? Aman sih kalo menurut mama Dian.

Nah kemudian, mama Dian nyoba untuk menonaktifkan mode penelusuran. Caranya adalah pilih gambar gembok yang ada di pojok kanan bawah layar. 


Nah area ini adalah area khusus orangtua ya, untuk mengontrol penggunaan Youtube Kids anak-anaknya. Mau masuk ke area pengaturan aja, melalui tes perkalian dulu. Nah kalo anaknya udah jago perkalian, bisa juga setel kode sandi sendiri ya.



Selanjutnya kita akan masuk ke halaman ini dan langsung pilih aja 'Setelan' ya.


Nah untuk mengganti mode penelusuran, pilih profil anak kita. Kemudian nanti akan masuk ke dalam halaman pengaturan ini.



Nah di dalam halaman pengaturan ini ada juga pengaturan konten yang disetujui, hapus history, jeda history dan kode rahasia anak. 
 

Selanjutnya mama Dian nyoba untuk menonaktifkan penelusuran dulu ya. Tinggal pilik oke aja.


Nah kemudian ini dia yang muncul saat kita akan melakukan searching keyword di mode penelusuran nonaktif. Kalo mau diaktifkan, pilih 'Penelusuran Aktif' dan orangtua harus memasukkan password email terdaftarnya. Udah oke kan tingkat keamanan dari Youtube Kids ini?

Nah selanjutnya ada satu fitur yang nggak kalah oke lagi nih, yaitu adalah fitur 'Timer'.



Dengan fitur ini kita bisa memilih waktu yang diinginkan untuk penggunaan Youtube Kids ini.


Timer dimulai! Na apa yang terjadi kalo timer habis saat anak-anak sedang menonton video di dalam Youtube Kids ini?


Ini dia pemberitahuan waktu habisnya. Lucu banget yaaaaa. Dan halaman ini nggak bisa diback, kecuali anak-anak mengeluarkan dan masuk kembali ke aplikasinya. Lebih bagus lagi kalo aplikasinya nggak bisa dibuka dulu ya setelah anak anak menutup aplikasi saat timer habis. Biar mereka nggak langsung buka appnya lagi ya. Wehehehe. Tapi udah sampe di tahap ini udah oke kok sebenernya, tinggal kita beri pengertian ke anak-anak aja agar berhenti menonton dulu saat timer habis.

Jadi apa kesimpulan dari postingan ini? Jujur, mama Dian sih ngerasa lebih tenang saat Una Abang nonton video di Youtube Kids ini. Apalagi ada fitur Timer-nya ya. InshaaAllah nggak ada video-video aneh plus konten dewasa yang akan ditonton anak-anak kita ya.

Tapi lepas dari semua ini, tentunya sebagai orangtua mama Dian juga ga bisa 100% lepas tangan dalam mengawasi penggunaan gadget untuk Una dan Abang. Mendampingi dan mengawasi tetep jadi keharusan utama saat anak-anak menggunakan gadgetnya ya buibu!

Jadi gimana buibu? Dah download Youtube Kids juga belum? Gemez nggak sama animasinya?๐Ÿ˜
34 comments on "Apakah Youtube Kids benar-benar aman untuk anak-anak kita?"
  1. Dengan adanya Youtube kids anak-anak jadi tidak bisa nonton yang aneh-aneh ya ...

    ReplyDelete
  2. Dengan adanya youtube kids ini, kita tidak perlu khawatir apa yang ditonton anak-anak walaupun tetap harus diawasi ^^

    ReplyDelete
  3. Bagus tuh ada timernya juga, jadi dibatasi waktu menontonnya .....

    ReplyDelete
  4. Jadi mau download unt Kaka Bilqis nih, memang harus diawasi anak anak, kalau bukan YouTube sendiri. Khawatir salah klik malah dpt tontonan dewasa
    .

    ReplyDelete
  5. Mantep mbak review nya lengkap bangeett.. Jadi penasaran juga pengen download youtube kids

    ReplyDelete
  6. I know this web page provides quality based articles or
    reviews and extra stuff, is there any other web site which presents these kinds of data in quality?

    ReplyDelete
  7. Wah asik juga nih Youtube Kids
    Tontonan anak-anak jadi lebih terkontrol ya
    Meski begitu kita juga gak bisa lepas tangan, tetap harus ada pendampingan ya
    Tapi setidaknya, sejauh ini channelnya cukup aman buat anak-anak

    ReplyDelete
  8. Meski memang disediakan untuk anak-anak, tapi tetep yah jangan sampai kelamaan kecanduan dengan gadget

    ReplyDelete
  9. waaa kyaknya aku butuh banget donlot j ini nih. soalnya kadang klo kelewat iklan2 itu suka ada adegan2 jugaaa

    ReplyDelete
  10. Sangat bermanfaat, saya memiliki putri kecil yang sering mengakses Youtube.
    Saya sering khawatir nanti muncul konten yang kurang baik, tapi kalau dengan Youtube Kids sepertinya akan mengurangi kekhawatiran saya.

    ReplyDelete
  11. Adek aku yg masih umur 2thn udh hafal warna, berhitung, lagu dlm bhasa inggris karena tontonan anak di youtube.
    Bermanfaat banget ini youtube tp memang harus dengan pengawasan.. yay ada youtube anak bolehlah aku langsung unduh. Haha

    ReplyDelete
  12. mama Una kirain bisa ada gitu di tv ga perlu pake download di playstore hehehe anakku juga suka setel youtube yang bahasa inggris lumayanlah jadi tau inggrisnya apa walaupun masih ga bener wkwkk

    ReplyDelete
  13. Baguslah ya akhirnya YouTube merilis YouTube Kids.

    Sebenarnya pengen banget bilang "dari dulu kek" hihihi. Tapi ya sudahlah, lebih baik sekarang ya daripada tidak sama sekali ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  14. Lengkap banget, baru tahu juga lho kalau udah lauching.
    Bagus sih, memang hal negatif dan positif itu ada, tergantung dari kitanya.
    Terlebih untuk anak-anak yang memang baiknya masih diawasi oleh orangtua ya, Teh.

    ReplyDelete
  15. Malah aku baru tahu loh ada aplikasi gini, bisa direkomendasiin buat keponakan nih

    ReplyDelete
  16. Waaaah ok3 jg nih ada youtube kids.. jd lebih aman..

    ReplyDelete
  17. wkwkwk awkarin yangdicari, ada disini nih kak... aku kepo dan langsung download loh hihihi selama ini pakai youtube yg biasa aku pakai aja.. tapi ya gitu, baru ngetik huruf K, udah muncyl video dewasa kaya video clip luar negeri, padahal mau nyari kids...

    ReplyDelete
  18. Halo mba Dian :*
    Aku baru tahu kalau youtube ada youtube kids dan memang perlu banget mode terbatas ya untuk pelindungan pengawasan anak :)

    ReplyDelete
  19. Anakku juga yutub kids huhuhu, sukanya nonton yutub. Sekarang dia sukanya liat - liat yang lebih edukasi gitu. Dulu sih sukanya barney.

    ReplyDelete
  20. Asyik ada youtube kids nih bisa ngawasi utk tdk nonton yg aneh2 bgi anak

    ReplyDelete
  21. Jadi inget dulu wkatu Keke masih TK ada teman sekelasnya yang jago banget bahasa inggris. Ketika saya tanya ke mamanya katanya gak pernah kursus. Cuma sering nonton acara anak-anak di channel Disney aja hehehe

    Sebetulnya zaman sekarang enak, ya. Banyak media bagus yang bisa dimanfaatkan. Tinggal bagaimana kitanya aja yang bijak untuk menggunakannya

    ReplyDelete
  22. Bagus banget nih ada Youtube Kids, jadi ga perlu khawatir anak-anak liat channel toxic yg bisa bawa pengaruh negatif

    ReplyDelete
  23. Wah bisa nih buat alternatif tontonan anak2 haha, meski aku tu suka galak kalau anak nonton YT. Kyknya ntr aku pilihin jug. Meski judulnya buat anak2 emang kontrol ortu paling penting yaaaa

    ReplyDelete
  24. Asyik asyik asyik.. ma kasih mama diaaan.. love u. Asli saya baru tau ini. Bermanfaat banget tulisannya buat aku. Yg si duo fi doyan yutuban.

    Langsung cari aah di playstore

    ReplyDelete
  25. Wah keren bisa bahasa Inggris bagus dengan nonton di youtube saya belum nemu tuh Mba... adakah chanel khususnya..? Btw youtube kids memang membantu banget ortu ya yg tidak bisa selalu terus menerus ngontrol anak2 :)

    ReplyDelete
  26. YouTube kids ini memang ngebantu banget untuk kontrol tayangan untuk anak. karena anak anak sekarang udah pinter untuk buka youtube sendiri loh.. suka gemes kalo ponakan tiba tiba udh buka youtube aja di hp.

    ReplyDelete
  27. aku langsung unduh buat di HP yang sering dipegang SID. EH tapi aplikasi Yutub yang biasa itu bisa dihapus gak sih? Aku tuh sering report konten aneh-aneh yang ga sengaja dilihat SID. Huhu... bete banget deh kartun anak diselipi hal-hal seperti itu.

    ReplyDelete
  28. Ada yang buat anak banget..ini..,n bisa dibatasi waktunya. Ini aku wajib download ..soalnya ..kadang susah diberhentikan...

    ReplyDelete
  29. Makasih banget infonya, langsung gercep instal di hp adik ku deh, soalnya yang youtube biasa masih gak kesaring tuh konten dewasanya padahal yang dia sering tonton film kartun.

    ReplyDelete
  30. Youtube kids ini benaran anak2 yg operatornya. Soalnya aku suka liat itu konten anak2. Tapi operat orang dewasa..iklan juga dewasa :)

    ReplyDelete
  31. Kayaknya aku juga harus download youtube kids. Soalnya anak-anak doyan youtuubean

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature