Tabungan Emas Pegadaian, Tabungan Plus Investasi Masa Kini

on
Rabu, 30 November 2016


"Mbak, mendingan nabung Tabungan Emas Pegadaian apa tabungan biasa di bank ya?"

Pertanyaan itu diajukan oleh adik aku yang sekarang lagi magang di kampusnya dan bingung mau nabungin gajinya ke mana. Kebetulan aku adalah nasabah Tabungan Emas Pegadaian sejak hampir 6 bulan yang lalu, jadi pertanyaan ini bisa langsung aku jawab dengan mudah. Karena aku udah ngerasain sendiri manfaat dari Tabungan Emas Pegadaian ini.

"Kalo menurut gue sih, mendingan nabung di Tabungan Emas Pegadaian daripada di tabungan biasa, apalagi kalo tujuannya bener-bener untuk tabungan ya. Udah baca kan di blog gue tulisan tentang Tabungan Emas Pegadaian?" 

"Belom. Emang apa bedanya Tabungan Emas Pegadaian sama tabungan biasa di bank?"

"Jelas beda dong, tabungan biasa nilainya cuma uang aja kan? Kalo Tabungan Emas Pegadaian, nilai uang kita langsung dikonversikan ke emas. Tabungan emas itu bukan cuma tabungan tapi juga investasi emas yang aman, dan nggak akan terpengaruh sama inflasi. Lagipula harga emas udah dipastikan bakal naik tiap tahunnya sih. Jadi kalo kita punya 1 gram emas sekarang, nggak tertutup kemungkinan harganya bakal naik 2 kali lipat beberapa tahun mendatang."

Adik aku pun langsung ngangguk-ngangguk ngerti sambil kemudian langsung pamit untuk pergi magang. Semoga aku berhasil mempengaruhi dia ya, jadinya aku bisa dapet poin kalo dia jadi nasabah aku dan biar dia bisa menginvestasikan uangnya dengan baik dan benar.

Sebenernya nggak cuma itu aja sih perbedaan Tabungan Emas Pegadaian dan tabungan biasa, aku udah rangkum beberapa perbedannya di bawah ini nih:

Tabungan Emas Pegadaian
Tabungan Emas Pegadaian tidak memiliki fasilitas kartu ATM, dan itu jadi nilai plus banget untuk aku yang hobbynya belanja. Tanpa ATM jadi gabisa sembarangan diambil kan? :D Setoran awal ringan banget, beda sama tabungan di bank yang rata-rata setoran awalnya diatas Rp. 100.000,- ya. Kalo Tabungan Emas Pegadaian, setoran awalnya cuma sekitar Rp.17.000,- aja. Terjangkau banget kan?

Uang yang kita setorkan ke Tabungan Emas Pegadaian langsung dikonversikan ke nilai emas 0,01gr. Langsung jadi emas loh uang yang kita setorkan ke Tabungan Emas Pegadaian ini, paling happy kalo nabung pas harga emas turun, lumayanlah kalo turun 200 rupiah per 0,01gr nya, karena aku biasanya sekali nabung sekitar 0,2 gram perbulannya. Hehe. 

Bisa tarik tunai, maupun tarik emas. Tarik tunai udah tau kan ya? Semua bank pasti bisa kaaan, kalo di Tabungan Emas Pegadaian tarik tunai juga bisa loh, kalau nominal tabungan kita sudah mencapai harga emas 1gr atau sekitar Rp. 600.000,- Pas banget buat mama Dian yang tangannya suka gatel mau ngambilin uang di tabungan, bye-bye deh perilaku nabung dikit tarik-nabung dikit tarik :p Kalo tarik emas? Tarik emas mah bahasa aku aja nih, hehehe. Yang sebenarnya adalah cetak logam mulia. Jadi Tabungan emas kita bisa dicetak langsung jadi emas logam mulia kalo udah mencapai berat 5 gr ya. Tuh, asik banget kaaaan, nabung duit keluarnya emas batangan.

Tidak memiliki biaya administrasi yang akan mengurangi jumlah tabungan kita. Iyes, bener banget. Lelah nggak sih kalo nabung di bank dikit-dikit dipotong biaya ini itu? Kalo di tabungan emas, nggak ada tuh potongan ini itu di tahun pertama. Tahun kedua baru nih muncul biaya pemeliharaan sekitar Rp. 30.000,- aja untuk setahun. Tetap jauh lebih ringan daripada tabungan biasa kan yaaaaah :D

Gimana, udah tertarik belom buat Tabungan Emas Pegadaian juga? Mau tau nggak apa aja persyaratannya, persyaratannya gampaaaaaaaaang banget!

Tabungan Emas Pegadaian

Persyaratannya cuma 2, yaitu fotokopi kartu identitas kita dan uang yang menjadi setoran awalnya. Setoran awal minimalnya sekitar Rp. 17.000,- aja. Tapi kalo mau langsung nabung, boleh lah dilebihin ya setoran awalnya :) 

Nah, setelah mempersiapkan persyaratannya, langsung berangkat yuk ke Pegadaian besar yang terdekat dari rumah. Kalo bisa dateng ke Pegadaiannya sekitar jam 10 pagi aja ya, karena saat itu harga emas terbaru di hari itu udah keluar, jadi bisa langsung buat deh Tabungan Emasnya. Untuk langkah-langkah selanjutnya, silakan baca di infografis berikut yaaaa:
Tabungan Emas Pegadaian
Semua langkah-langkah di atas nggak makan waktu lebih dari setengah jam kok. Terbilang cepet dan ringkas sih proses pembuatannya. Hari itu juga aku dapet buku tabungan emas aku. Dan sekarang buku tabungan emas aku udah lumayan panjang daftar transaksinya loh, liat aja foto di bawah ini nihhh :D

Tabungan Emas Pegadaian

Tabungan Emas Pegadaian aku hampir 1 gram sekarang, karena setiap bulan aku rutin masukin Rp.100.000,- ke dalam tabungan. Nah, diatas juga ada contoh logam mulia emas 1 gram Pegadaian. Mungil bangeeeetttt. Kalo emas yang diatas itu bukan hasil dari Tabungan Emas, tapi hasil dari Pembiayaan Mulia-nya Pegadaian. Itu loh, pembelian logam mulia emas dengan cara cicilan.


Oh iya, beberapa waktu yang lalu aku juga dapet sms dari Pegadaian, yang menginformasikan bahwa, sekarang masukin uang ke Tabungan Emas Pegadaian nggak cuma bisa di kantor Pegadaian aja. Tapi bisa juga melalui ATM BRI atau BNI. Duh, mempermudah banget ya untuk para nasabah yang sibuk :D Makin love love banget deh sama Tabungan Emas Pegadaian ini.

Setelah jadi nasabah Tabungan Emas Pegadaian, biasanya aku rajin banget nih bolak-balik ke webnya Pegadaian di Pegadaian.co.id untuk ngecek harga emas setiap harinya, maklum mau nabung banyaknya pas harga emas lagi turun aja. Hihihi. Tapi sekarang ternyata, aku nggak perlu repot-repot lagi bolak balik ke webnya Pegadaian, karena udah ada aplikasi Sahabat Pegadaian! Yang belum download, ayo download dulu, karena disini banyak banget informasi terkini seputar produk-produk Pegadaian.


Tabungan Emas Pegadaian

Cara downloadnya gampang kok, tinggal search aja "Sahabat Pegadaian" di Playstore smartphone kamu dan setelah ketemu, langsung pilih Unduh yaaaa. 

Tabungan Emas Pegadaian

Pada aplikasi Sahabat Pegadaian ini yang pastinya ada update-an harga emas per 0,01gr setiap harinya. Jadi kalo lagi mau nabung emas, langsung cek dulu harganya di aplikasi Sahabat Pegadaian ini yaa. Ada juga pilihan Hadiah, Calon Nasabah dan Pointku yang merupakan bagian dari promo-nya Pegadaian nih, yang mana kalo kita bisa ngajak orang lain untuk ikut menjadi nasabah pegadaian, kita bisa langsung mendapatkan point yang bisa ditukarkan dengan banyak hadiah menarik dari Pegadaian. Ada juga informasi tentang produk-produk Pegadaian pada pilihan Produk Pegadaian, Simulasi Produk untuk para calon nasabah yang masih bingung dengan segala macam perhitungan produk-produknya Pegadaian. Dan juga lewat aplikasi ini kita bisa mengecek cabang-cabang Pegadaian terdekat yang ada di daerah kita. Lengkap banget ya app-nyaaa. Ayo para nasabah dan calon nasabah Pegadaian, cuss download app Sahabat Pegadaian ini yaaaa❤

Yang lagi galau kebanyakan uang atau mau merencanakan masa depan dan bingung mau nyimpen uang dimana, udah deh, nggak perlu galau lagi. Langsung aja ke buka Tabungan Emas Pegadaian dan #AyoMenabungEmas. Karena Tabungan Emas Pegadaian bukan cuma tabungan aja, tapi juga investasi yang bagus untuk masa depan. Yang masih bingung dan mau tanya-tanya dulu, boleh silakan tanya-tanya lewat comment box di bawah ini yaaa, kalo bisa aku jawab, pasti aku bantu jawab. 

Jadi gimana? Udah tertarik buka Tabungan Emas Pegadaian belum? Atau malah ada jugakah yang udah jadi nasabah Tabungan Emas Pegadaian? Sharing-sharing dibawah ini yuuuk :D

47 komentar on "Tabungan Emas Pegadaian, Tabungan Plus Investasi Masa Kini"
  1. Infonya mantap. AKu lagi pengen nabung dalam bentuk investasi yg lain selain uang emang mbak :) thnaks ya :) btw salam kenal ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalo infonya bermanfaat :) Salam kenal mbak Dewiii, terima kasih sudah mampir kesini yaaaaa <3

      Hapus
  2. Saya baru tahu ada tabungan emas di Pegadaian. Terimakasih infonya Kaka Adriana Dian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mama Bilqis.. Hayuk ikutan nabung juga maaaak :D

      Hapus
  3. aagggghhhh aku mau nabung ini.... di deket rumah tinggal ngesot padahl ada pegadaian.. tp selama ini blm prnh nginjakin kaki kesana :D.. spertinya bkl jd rutinlah kalo buka rek emas... dulu aku pernah ambil tabungan emas di Bank Syariah Mndiri mbak. tp di sana kan sistemnya, kita nyicil tiap bulan, dan harga emasnya udh dilock pada saat kita tandatangan... trs byr dp 20% pula... kalo yg ini berarti hrg emasnya ngikutin hrg saat kita beli kan ya.. jd bisa berubah2... memang mnding nabung ini, drpd duit.. inflasinya bikin nilai turun beberapa thn kedepan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener bangeeeettt. Aku juga ngerasain langsung, nabung emas di Pegadaian ini emnag fleksibel banget siiihhh. Nabungnya bisa mulai 10 ribu, dari uang langsung diubah ke meas. Paling happy kalo harga emas lagi turun, nabung 100ribu, dapet emas lebiih banyak dari biasanya. Hihihihihihii. Hayuk nabung emas di Pegadaian juga maaaak :D

      Hapus
  4. waaa infonya lengkap bangeeet.. Aku baru tau ada tabungan emasnya soalnya selama ini jadi nasabah Pegadaian karena punya cicilan Krasida sama cicilan emas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren, nasabah Krasida berarti mak Ayu punya usaha yaaaaa. Aku pun juga nyicil emas maaak, baru dapet yang segram kemarin. Hihihiii. Langsung mau lanjut segram yangkedua. Eheheheheee. HAyuk ikutan nabung emas juga maaak :D

      Hapus
  5. Wah jadi kepengen buka tabungan emas juga nih. Gampang banget ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya maaaak, simpel banget niiihhh. Hayuk ikutan buka jugaaaa :D

      Hapus
  6. Mba Dian, uang setorannya terjangkau banget yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaaaak, aku juga nggak percaya awalnya, kok murah banget setoran awalnyanya yaaa. Ternyata Pegadaian memang mau memudahkan masyarakat untuk mulai invest emas lewat tabungan emas yaaa :)

      Hapus
  7. wah.. makasih infonya mbak.. jadi tertarik punya tabungan emas.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-samaaaa, yuk ikutan buka tabungan emas Pegadaian mbaaak :D

      Hapus
  8. Sebelumnya saya belum pernah mbak nyoba nabung emas, karena jarang juga sih beli emas, ahi hi hi. Tapi kalau nabung uang mah pernah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena tabungan emas bukan cuma tabungan biasa mas, tapi juga investasi yang oke banget nih karena pasti bebas inflasi. Ayo ikutan nabung emas di Pegadaian mas.. Hehehee

      Hapus
  9. mantaff dehh mbaa diann...pastinya untuk masa depan yang cerahh...pengenn dong nanti ke sana dehh nyobaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihiii. Hooh, investasi emas emang oke banget untuk masa depan.. Hehe. Yuk buka tabungan emas juga maaaas :D

      Hapus
  10. Bagus programnya Pegadaian jadi kalau sistemnya nabung dengan konversi harga emas, alhasil kita bener2 bisa nabung untuk beli emas ya. Kaya orang jaman dulu, kalo nabung yaa dijadiin emas. Tapi, terbukti mereka bisa pada survive

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, soalnya emas memang investasi yang aman karena bebas inflasi maaaak. Kalo uang kan bisa kena inflasi, makanya tabungan emas ini nggak cuma tabungan aja, tapi juga investasi yang oke banget mak untuk masa depan..

      Hapus
  11. Wah lengkap banget nih Dian ulasannya, jadi tertarik nih melirik #ayomenabungemas apalagi hanya minimal Rp. 17.000 untuk setoran awal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, setoran awalnya terjangkau banget kaaaaan. Proses pembukaannya juga mudah kok Ly, nggak pake ribet.. Hehe.. Ayo ikutan menabung emas di Pegadaian yuuukkk

      Hapus
  12. Ini menggiurkan *_*
    Jadi kepingin investasi emas.
    Jaman makin susah, musti pinter-pinter cari akal buat tabungan masa depan. Investasi dah. Emas harganya naik terus kan yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh. Kalopun turun cuma sedikit, dan biasanya pasti naik lagi.. Jadi inget jaman SMP dulu kalo gasalah emas 1 gram itu 300ribuan, eh sekarang udah hampir 600ribuaaannn. Investasi emas itu pasti dan menggiurkan bangeeeettt

      Hapus
  13. wah jadi punya uang seberapa aja lama-lama bisa punya emas ya mak. tadinya mah mikir dulu kan, segramnya berapa, uang cuma sekian,dapet emas apa.. makasih infonya mak dian. infografisnya gemesssin as always love love love

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makaci mak Dew <3 iyaaaa, sekarang 6000 aja bisa jadi emas. yuk ikutan nabung emas yuuuksss

      Hapus
  14. mamaku juga punya tabungan emas pergadaian, pengen ikutan juga tapi belum jadi2 hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihii. Ayo ikutan buat juga dooonggg :D

      Hapus
  15. Untuk aku yang gak bisa liat uang di dalam tabungan, cocok nih. Jadi uangnya gak bisa diambil dan tau2 habis. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, aku banget niihhh. gatel pengen bolak balik atm, atau debit sana sini buat belanja kalo nabungnya di tabungan biasaaa. Hihihii

      Hapus
  16. Setoran awal cuma 17 ribu?? Trus setelah itu minimum 100rb per bulan, boleh dicoba nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minimumnya, 10.000 ajaaa, nabungnya kapanpun aja boleeeh, ga mesti setiap bulan sekali, tiap hari masukin minimal 10ribu itu juga gapapaaa. Hehehee

      Hapus
  17. Aku suka inves emas, nah kalau tabung emas di Pegadaian belom pernah, harus coba pelajari neh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk silakan dipelajari dulu maaaam, tabungan emas pegadaian ini menurut aku, cara untuk invest emas yang paling ringan dan mudah kok.. Hehee

      Hapus
  18. makasih infonya mbak, alternatif lain selain menabung uang yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget, nggak cuma tabungan aja, tapi juga investasi maaaak :D

      Hapus
  19. Balasan
    1. Cuss langsung ke Pegadaian aja mbak Niss :D

      Hapus
  20. Iyap bener, cari yang tempat nyimpennya nda banyak tetek bengek biaya admin hihi
    Wah pas banget ni, secara harga emas kan kemungkinan besar naik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, emas itu aman dan bebas inflasi sih pastinyaaaa. Jadi ini nggak cuma tabungan, tapi juga investasiii

      Hapus
  21. Penting banget nich ngak ada kartu ATM, biar ngak kebanyakan gesek tarik sana sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh. Aku banget, gesek tarik mbanking, gitu terus sampe uang di tabungan segitu-gitu aja ga nambah-nambah. Hihihihihiii. Ayo ikutan nabung emas dong mas Cumiii :D

      Hapus
  22. Beberapa tahun lalu pernah diajak teman buat nabung emas dipegadaian, trus karena kesibukan jadi lupa.
    Baca info di atas tambah paham dengan tabungan emas dan jadi pengen nih, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk ikutan nabung sekaligus investasi di Tabungan Emas Pegadaian juga mbaaaak :D

      Hapus
  23. Mbaa makasih banget ya infonya, tapi aku masih kurang paham sama yang pembiayaan mulia emas dari pegadaian. aku baca di websitenya kalo mau cetak ada biaya tambahan lagi nah itu gimana mba? mohon penjelasannya yaa hehe terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, alhamdulillah kalo infonya bermanfaat mbaa. Hehe. Iya kalo mau cetak emas, nunggu saldo di tabungan emas kita mencapai 5gr dulu. Dan iya memang ada biaya cetaknya mba.. Semacam biaya ngebuat emasnya dulu kali yaa. Ehehe. Kalo ngga salah hanya beberapa persen, tapi aku kurang tau jg pastinya brp persen. Mungkin lebih jelasnya bisa lgsg ke pegadaian terdekat mba. Boleh pasti deh tanya-tanya disana.. Hehee. Terima kasih sudah mampir kesini ya mbaaa :D

      Hapus
  24. mbak minta sarannya dong klo buka tabungannya harus pas harga emasnya lagi turun atau gmana?

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature