Serunya Kunjungan ke Pemadam Kebakaran

07.41.00


Assalamu'alaikum :)

Bulan lalu, TK Aisyiyah 49 Pulomas, mengadakan kunjungan ke Pemadam Kebakaran dalam rangka Puncak Tema Tahunan. Kebetulan tema yang diambil bulan Februari lalu adalah profesi, dan seluruh murid di TK Aisyiyah 49 dibawa ke Markas Pemadam Kebakaran terdekat agar melihat dan merasakan langsung bagaimana profesi seorang Pemadam Kebakaran. 

Kegiatan ini sebenarnya tidak wajib didampingi oleh orangtua murid, tapi para orang tua murid juga tidak dilarang untuk menyusul anak-anak ke Markas Pemadam Kebakaran di daerah Jalan Pemuda Jakarta Timur ini. Karena Pemadam Kebakaran ini nggak terlalu jauh dari sekolahan, jadinya cukup banyak juga ibu-ibu TK yang nyusul anaknya kesana. Mama Dian juga sebetulnya mau nyusul, tapi karena satu dan lain hal, akhirnya memutuskan untuk nggak jadi nyusul. Hihihi.

Jadi, ngapain aja ya duo krucil ini di Markas Pemadam Kebakaran? 

Kita siap berangkat ke Markas Pemadam Kebakaran!


Mendengarkan edukasi tentang kebakaran.

Antri untuk mencoba semprotan pemadam kebakaran.

Photo credit to Mama Faiz


Abang yang paling depan! Gemash!

Abang, Jibril, Farrel dan Ammara

Di dalam mobil damkar.


Playgroup class in action :D

Jibril, Farrel, Ammara, Abang, Dheya, Haura bersama bapak petugas pemadam kebakaran.

Bersama bu guru kesayangan 6 krucil ini, Bu Ria :)

Bersama mbak Ci, kesayangannya semua murid TK Aisyiyah 49 :D
All photo credit to Bu Ria 

Sebetulnya Luna dan Abang bukan tipe anak-anak yang susah bangun pagi. Tapi tetep aja ya, namanya juga anak-anak, abis dibangunin pasti pake ngulet-nguletan dulu di tempat tidur minimal 5 - 10 menit. *gak anak-anak aja sih, mama papanya juga sebenernya. Hihi* Tapi hari Rabu itu beda. Karena dari malemnya aku udah mengumumkan ke mereka berdua kalo besok bakal pergi ke markas pemadam kebakaran, mereka pun tidur lebih cepet dan gampang banget dibanguninnya pagi itu. 

"Abang, Una, ayo bangun! Hari ini mau jalan-jalan ke pemadam kebakaran loh.." Setelah aku bilang begitu, mereka langsung gerak cepet bangun dan turun tempat tidur. Mata masih separoh merem padahal. Setelah mandi, sarapan kemudian pake sepatu, sempetin foto di depan rumah dulu dong ya sebelum berangkat. Anak-anak emang super happy ya kalo jalan-jalan bareng temen-temen sekolahnya.

Anak-anak berangkat bersama dari sekolah sekitar pukul 08.00 pagi. Sesampainya di Markas Pemadam Kebakaran Jalan Pemuda, anak-anak berbaris dan kemudian duduk bersama untuk menonton film kartun fabel tentang edukasi kebakaran. Setelahnya salah seorang petugas Pemadam Kebakaran menjelaskan tentang kebakaran, dan memberikan nasihat kepada anak-anak tentang penyebab kebakaran.

"Kata bapaknya (petugas pemadam kebakaran), kita nggak boleh main kembang api, sama main api mah. Nanti bisa kebakaran." Kata Una pas aku minta dia cerita tentang kunjungannya ke Pemadam Kebakaran. 

Aku pikir kunjungan mereka ke markas Pemadam Kebakaran ini akan ngebuat mereka flashback ke peristiwa kebakaran rumah dua tahun lalu. Waktu itu ada 8 mobil damkar yang diturunkan untuk memadamkan api di rumah kita. Tapi ternyata mereka sepertinya nggak terlalu inget sama kejadian dua tahun lalu itu ya, mungkin karena mereka masih terlalu kecil waktu itu.


Setelah mendengar edukasi tentang kebakaran. Anak-anak kemudian berbaris lagi dan mengantri untuk merasakan semprotan air pemadam kebakaran. Ternyata Markas Pemadam Kebakaran sudah menyediakan seragam pemadam dalam ukuran mini untuk anak-anak ini. Sepertinya setiap Markas Pemadam kebakaran memang secara terbuka menerima kunjungan khusus dari anak-anak sekolah ya untuk edukasi tentang profesi pemadam kebakaran ini, makanya mereka sampe punya baju pemadam ukuran mini, biar anak-anak semakin mendalami peran mereka sebagai pemadam kebakaran. Seragam kebakaran versi mininya lucu banget! Sayangnya ga boleh dibawa pulang x) 

Kemudian anak-anak secara bergantian menyiram tanaman dengan semprotan pemadam. Kok tanaman sih yang disiram, bukan api beneran? Ya bahaya lah ya, kalo dikasi api beneran.. Dan mungkin supaya airnya nggak mubazir, sekalian aja dibuat siram tanaman ya. Hihi. Walaupun cuma nyiram tanaman, tapi mereka udah keliatan bahagia dan mendalami sekali ya profesi ini :)

Setelah selesai main semprotan air dan nyiram tanaman, anak-anak kembali mengantri untuk naik mobil pemadam kebakaran. Iya, mobil yang paling besar. Yang ternyata bagian depannya super luas loh. Mobil damkar pun membawa anak-anak untuk muter ngga terlalu jauh sambil menyalakan sirene pemadam kebakarannya. Wuih, seru ya!

Setelah bergantian naik mobil damkar, akhirnya selesai jugalah kunjungan mereka ke Markas Pemadam Kebakaran ini. Saatnya kembali ke sekolah. Jam 11 siang, mama Dian pun jemput duo krucil ini disekolah.

Oh ya, semua foto-foto yang ada di postingan ini dikirim sama ibu gurunya Abang, ibu Ria. Makanya banyakan foto-foto dari kelasnya Abang yaa. Dan satu foto kiriman dari mama Faiz. Makasi yaaa Bu Ria dan Mama Faiz untuk kiriman fotonya. Hehe. Dan rangkuman kegiatan di Markas Pemadam ini merupakan hasil obrolan sama Una dan mama Valdis. Makasi infonya yaa mama Valdis. Karena kebetulan aku nggak ikutan nganter, jadi rangkuman kegiatannya hasil dari cerita Una dan mama Valdis aja ya. Jadi mohon maaf kalo kurang lengkap x)

Yang pasti pulang kunjungan dari Pemadam Kebakaran ini anak-anak super happy! Mereka jadi paham tentang apa aja sih kira-kira penyebab kebakaran, apa yang mesti dilakukan untuk mencegah kebakaran, dan gimana rasanya jadi seorang pemadam kebakaran. Mama Dian aja ngeliatnya super seru ya, apalagi anak-anaknya sendiri yang ngerasain yaaa :) 

Thank you for walking here :) 
Wassalamu'alaikum 

You Might Also Like

27 komentar

  1. Babam klo ada gak mau plg2 mainan semprotannnn nya terusss, kran di rumah ku gembok hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang ya Maaak, anak kecil mana sih yang ngga doyan main air? Ihihii

      Hapus
  2. wah bagus ya kegiatannya apalagi tuh ada yang nyemprot air pasti lebih suka anak2 mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mak, anak-anak suka banget main air. Hehehe

      Hapus
  3. wah lucu ya jadi keinget masa kecil dulu :)

    BalasHapus
  4. waaah, sampai disediakan jaket pemadam kebakaran utk para murid... They are look so cute ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaketnya yang bikin makin cute Mak. Hihi

      Hapus
  5. Wah seru banget, anak anak pasti suka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka benget banget banget Mak :D

      Hapus
  6. Anak saya juga semangat kalaunpas kunjungan ke damkar, apalagi trakhirnya memang sengaja diajak main hujan2an sama petugasnya, seruuuu bangeeet..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak-anak aku kayanya ngga diajak main ujan-ujanan deh, ngga basah soalnya bajunya Maaak. Hihi

      Hapus
  7. seruuuu... kayak di upin ipin

    BalasHapus
  8. Wah seru ya & penuh edukasi juga :)

    BalasHapus
  9. Klo dikasih tau mau ke tempat baru yg seru gini, anak jadi semangat ya mb....
    Walo yg disiram cuma taneman, tp gapapa...bikin ga layu haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak, main air dirumah aja seneng ya, apalagi main air di markas pemadam. Hihihi

      Hapus
  10. Seru banget, anak saya tahun lalu juga main ke Damkar Sleman. Seneng banget dianya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, anak-anak emang paling seneng kalo diajak main air ya.. Apalagi main airnya pake baju pemadam.. Hehehe

      Hapus
  11. Lihat postingan ini jadi inget dulu sebelah kantor markas pemadam kebakaran, suka kaget sama suara sirinenya. Dan anak2ku belum pernah juga diajak ke tempat ini, seru pastinya, tp sekarang anaknya udah pada bujang. Mana mau kali ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi. Kalo bujang, malu mungkin ya Mak, main air gitu.. Ehehehe

      Hapus
  12. pemadam kebakaranunya pada lucu-lucu semua :D

    BalasHapus
  13. Kegiatan yang sangat fositif dan bermanfaat untuk anak-anak itu nantinya :)

    BalasHapus
  14. lucuuu sekali, anak memang harus diberikan pengenal berbagai hal dari usia dini.
    Btw mampir ke www.safetyshoes.co.id untuk sepatu safety terbaik. :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎