Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arummi Cashew Milk: Enaknya Susu Kacang Mede Produksi Asli Indonesia

Siapa nih Buibu yang hobi ngopi setiap hari? Sebagai Buibu yang punya hobi ngopi, setiap hari aku nggak pernah absen melewatkan konsumsi kopi yang selalu dicampur dengan susu. Segelas kopi susu di pagi hari selalu jadi sumber semangat yang nggak boleh dilewatkan.

Nggak jarang, aku juga suka beli kopi susu literan di kedai kopi langganan untuk dikonsumsi saat siang atau sore hari. Tapi seringnya sih ngerasa lebih boros kalo jajan kopi di luar, jadi lebih baik bikin kopi susu sendiri di rumah.

Ngomong-ngomong, dalam sebulan terakhir ini aku lagi cobain satu produk susu kacang mede yang rasanya enak banget buat dicampur sama kopi. Minum kopi dicampur sama susu kacang mede ini, rasanya kaya minum kopi susu di kafe. Happy banget deh rasanya bisa bikin susu kopi ala kafe sendiri di rumah. Hihi.

Nanti aku spill produk susu kacang mede favorit-ku ini di akhir artikel yaaa~ Sebelumnya, aku juga mau ngasih tau bahwa ternyata susu kacang mede punya banyak manfaat untuk kesehatan kita nih.

Manfaat Susu Kacang Mede untuk Penderita Lactose Intolerance

Tahu nggak sih bahwa ternyata orang Indonesia mengonsumsi kurang lebih 190 juta ton susu dalam 1 tahun (Berdasarkan data tahun 2020). Sayangnya, cukup banyak juga orang indonesia yang punya alergi terhadap susu sapi dan lactose intolerance.

Apa sih bedanya alergi susu sapi dengan lactose intolerance?

Alergi susu sapi biasanya menyerang respon imun tubuh yang berlebihan terhadap susu sapi. Alergi ini ditandai dengan adanya ruam merah pada tubuh setelah mengonsumsi susu sapi. 

Sedangkan lactose intolerance biasanya menyerang pencernaan. Orang yang memiliki intoleransi laktosa terhadap susu sapi biasanya akan merasa kembung, mual atau menderita diare setelah mengonsumsi susu sapi. Pokoknya, setelah minum susu sapi, perut terasa nggak nyaman banget deh.

Nggak cuma orang dewasa yang mengalami alergi susu sapi dan intoleransi laktosa ini, anak-anak juga bisa mengalami dua hal ini.

Menurut aku, susu nabati seperti susu kacang mede atau cashew milk, bisa menjadi opsi pengganti susu sapi. Ini dia beberapa kelebihan lain dari susu kacang mede untuk kesehatan:

Kelebihan Susu Kacang Mede untuk Kesehatan

manfaat susu kacang mede

1. Kandungan Gizi yang Tinggi

Susu kacang mede kaya akan nutrisi, termasuk vitamin E, kalsium, dan vitamin D. Vitamin E merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, sementara kalsium dan vitamin D penting untuk kesehatan tulang dan gigi yang optimal.

Walaupun kandungan gizi-nya berbeda dengan susu sapi, susu kacang mede juga tetap memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh kita.

2. Cocok Untuk Diet

Susu kacang mede juga memiliki kandungan vitamin B yang melimpah, yang bisa membantu proses metabolisme karbohidrat. Selain itu, susu nabati ini juga mengandung senyawa bioaktif asam anakardat, yang bisa membatasi akumulasi lemak selama adipogenesis atau pembentukan sel-sel lemak, yang bisa membantu menjaga berat badan.

Jadi susu kacang mede ini cocok banget untuk Buibu yang lagi menjaga berat badan dan bisa membantu mengatasi masalah kembung juga lho.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Ternyata, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi susu kacang mede dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Susu kacang mede memiliki kandungan bebas kolesterol serta kaya akan lemak sehat dan antioksidan dalam yang bisa memberikan efek anti-inflamasi dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

4. Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes

Selain itu, susu kacang mede juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah. Dibandingkan susu sapi dan susu nabati lainnya, susu kacang mede ternyata juga memiliki kandungan gula paling rendah.

Untuk mendapatkan manfaat optimal untuk penderita diabetes, pastikan untuk tidak menambahkan gula tambahan saat mengonsumsi susu kacang mede, yaaa.

5. Baik Untuk Mata

Kacang mede juga tinggi kandungan karotenoid yaitu lutein dan zeaxanthin yang banyak ditemukan pada sayuran dan buah-buahan. Untuk tubuh kita, kedua senyawa ini ternyata bisa membantu mencegah kerusakan sel pada mata yang disebabkan oleh radikal bebas.

Wah banyak kan manfaat susu kacang mede untuk kesehatan? Jadi gimana, mau cobain konsumsi susu kacang mede juga nggak nih?

Oh iya, aku janji untuk spill susu kacang mede favorit di rumah kan. Ini dia Arummi Cashew Milk Classic!

Arummi Cashew Milk Classic Review

arummi cashew milk

Sebelum nyobain susu kacang mede dari Arummi ini, biasanya konsumsi susu nabati aku terbatas cuma di susu oat dan susu almond aja. Eh abis nyobain Arummi Cashew Milk Classic ini, rasanya beda banget dari susu nabati lainnya dan bener-bener bikin ketagihan!

Arummi Cashew Milk Classic, nggak cuma punya rasa yang enak, tapi juga punya keunggulan tambahan yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen yang peduli akan kesehatan.

The Story Behind Arummi Cashew Milk

Ternyata, ada cerita unik dari lahirnya Arummi Cashew Milk ini. Tiga orang pendiri Arummi ternyata merupakan penderita lactose intolerance yang merasa kecewa dengan terbatasnya pilihan susu nabati yang enak dan punya harga terjangkau di Indonesia. 

Dari situlah, muncul semangat untuk menemukan solusi. Para founder Arummi akhirnya menciptakan susu plant-based untuk memenuhi kebutuhan pola makannya.

Dengan rasa yang enak dan harga yang terjangkau, lahirlah Arummi yang juga memberikan alternatif pilihan untuk orang yang memiliki masalah yang sama.

Fakta lainnya, Indonesia merupakan salah satu dari 10 negara terbesar penghasil kacang mede di dunia. Sayangnya konsumsi kacang mede masyarakt kita masih tergolong rendah.

Oleh karena itu, Arummi, minuman kacang mede, hadir menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan dan juga lingkungan loh! Emang apa aja sih kelebihan Arummi Cashew Milk?

Kelebihan Arummi Cashew Milk

susu kacang mede asli indonesia

Ini dia, beberapa kelebihan dari Arummi Cashew Milk:

1. Lactose Free, Dairy Free dan Gluten Free

Seperti susu kacang mede pada umumnya, susu kacang mede Arum juga tidak mengandung laktosa, sehingga cocok untuk mereka yang intoleran terhadap kandungan gula dalam susu sapi.

Arummi juga memastikan bahwa susu kacang mede mereka benar-benar bebas dari produk susu, sehingga aman bagi kamu yang punya alergi susu atau intoleransi laktosa.

Selain itu, susu kacang mede Arummi juga bebas gluten, sehingga bisa dinikmati oleh orang-orang yang sensitif terhadap protein gluten tanpa khawatir akan reaksi alergi.

2. Menambah Opsi Susu Bebas Laktosa yang Diproduksi Secara Lokal

Yup, Arummi Cashew Milk merupakan susu kacang mede pertama yang diproduksi secara lokal di Indonesia. Dibuat dari kacang mede asli Indonesia yang dihasilkan oleh petani lokal Indonesia, tentunya kehadiran Arummi juga membantu perkembangan industri dan kesejahteraan petani.

3. Meningkatkan Keberlangsungan Lingkungan Melalui Produksi Hyper-Local

Seneng nggak sih kalo produksi yang kita konsumsi punya efek positif untuk lingkungan? Yup, Arummi diproduksi dengan produksi hyper-local yang membantu mengurangi jejak karbon, memiliki prioritas pada keberlangsungan lingkungan dan proses produksinya juga lebih ramah lingkungan.

kandungan gizi susu kacang mede

Selain 3 keunggulan di atas, Arummi Cashew Milk juga punya kandungan vitamin dan mineral yang bagus banget untuk tubuh kita, seperti:

  • Vitamin E yang bisa berfungsi sebagai antioksidan sekaligus menjaga kesehatan kulit
  • Vitamin B9 atau Asam Folat untuk menjaga kesehatan mental, mood dan juga bisa mencegah terjadinya cacat lahir pada otak dan tulang belakang anak selama kehamilan
  • Kalsium bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang
  • Vitamin D untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Vitamin B12 membantu memproduksi sel darah merah dan mendukung perkembangan sel otak dan saraf
  • Vitamin B2 sebagai produksi energi dan juga antioksidan yang menjaga kesehatan kulit

Review Arummi Cashew Milk Classic

Ada beberapa cara nih untuk mengonsumsi Arummi Cashew Milk. Yang pertama, bisa kamu konsumsi secara langsung, diminum langsung aja rasanya juga udah super enak banget kok.

bagaimana rasa susu kacang mede

Kedua, bisa juga dicampur ke dalam sereal, kue atau puding. Pokoknya bisa dicampur ke dalam makanan, deh. Cocok juga untuk teman sarapan sereal anak-anak di rumah.

resep dalgona coffee with cashew milk

Ketiga, untuk dicampur dengan kopi. Tekstur creamy dari Arummi cocok banget dipadukan dengan kopi favorit kita. Kaya minuman dalgona coffee with cashew milk yang aku buat sendiri ini. Enak banget persis minuman ala kafe. Superluv banget sama Arummi!

Buat yang penasaran sama rasa susu kacang mede seperti apa sih? Aku coba gambarkan disini rasa dari Arummi Cashew Milk ini, ya. Dengan tekstur yang agak kental, rasa susu kacang mede Arummi ini gurih dan creamy, rasa manisnya juga pas banget. Diminum tanpa dicampur kopi aja udah enak banget kok!

Kayanya aku bakal selalu stock susu kacang mede Arummi di rumah buat temen kopi-ku setiap hari. Eh kebetulan anak-anak juga suka minum Arummi Cashew Milk Classic ini. Kata Una rasanya enak!

Susu kacang mede adalah pilihan yang sehat dan bergizi bagi kamu yang ingin menghindari susu sapi atau memiliki intoleransi terhadap laktosa, alergi susu, atau sensitivitas terhadap gluten. 

Dengan manfaat kesehatan yang luar biasa dan kelebihan tambahan lainnya dari susu kacang mede Arummi, nggak heran kalo semakin banyak orang yang beralih ke susu kacang mede sebagai pengganti yang sehat dan lezat.

Kalo kamu gimana, udah pernah cobain susu kacang mede Arummi belum? Saat ini Arummi Cashew Milk punya dua varian loh yaitu yang Classic dan Barista. 

varian arummi cashew milk

Aku baru cobain yang Classic nih, nah untuk varian Barista merupakan varian yang paling cocok untuk dicampur dengan kopi pilihan kita. Jadi penasaran mau cobain yang varian Barista juga niiih.

Penasaran mau cobain juga? Langsung aja mampir ke website Arummi atau cari produk Arummi di e-commerce kesayangan-mu yaaaa!

15 komentar untuk "Arummi Cashew Milk: Enaknya Susu Kacang Mede Produksi Asli Indonesia"

  1. jadi penasaran mau nyobain ini Mak.
    apalagi ini mengandung kacang mede ya, jadinya bisa dapat manfaat bagusnya untuk tubuh

    BalasHapus
  2. ih aku jadi pengen coba juga deh arummi cashew milk, dicampur sama kopi jadi latte gitu enak juga ya

    BalasHapus
  3. Enak banget ini, aku udah nyobain.... diminum dingin enak, diminum tanpa kopi enak, dibuat campuran kopi juga makin enak... duh mau lagi

    BalasHapus
  4. Wah itu sungguh menggoda Dalgona Coffe pakai Arummi Cashew Milk-nya...
    Aku ngopi tiap pagi, seringnya pakai susu. Kalau begitu susunya ganti Arummi Cashew Milk saja. Bisa juga dikonsumsi sendiri dengan manfaat baik sekali

    BalasHapus
  5. Aku kadang beliin keponakan Susu rasa Kacang Mede. Kalau Arummi Cashew Milk Classic ini belum coba sih. Kebayang rasa gurihnya. Soalnya kacangnya sendiri sudah enak sih, iya kan?

    BalasHapus
  6. Aku si penyuka kacang mede, karena ini satu-satunya kacang yang aku suka. Tapi jujur aku belum pernah cobain minum susu kacang mede sih, penasaran juga sama rasanya sih. Kalau susu gini tuh aku lebih suka minumnya dingin atau biasanya ku kasih es batu.

    BalasHapus
  7. Saya pernah cobain yang Arummi Cashew Milk classic tapi belum pernah nyobain yang varian Barista. Kayanya enak juga nih. Udah gitu lebih sehat juga karena terbuat dari susu kacang mede

    BalasHapus
  8. Aku udah cari di mini market mini market belum ada ya Dian?
    Kesukaan aku tu susu terbuat dari nabati seperti ini soalnya :)

    BalasHapus
  9. Aih enak banget ini ya susu kacang mede, aku suka juga yang susu almond. Manfaatnya bagus banget buat kesehatan deh, jadi pengen cobain dalgona Coffe pakai Arummi Cashew Milk wkw aka. Ngayal aku tuh karena Jagakarsa mendung

    BalasHapus
  10. Ada banyak sekali cara konsumsi Arummi Cashew Milk Classic supaya gak monoton dan tetep bisa mengambil banyak manfaatnya. Aku juga suka bikin kopi ala ala di rumah. Selain lebih santai juga uda nyediain gelas khusus yang lutu lutuuu.. jadi gak perlu dandan ke cafe.. hehehe, anggep rumahnya coworking space.

    BalasHapus
  11. Aku juga penasaran buat mencari Arumi Cashew Milk. Dan bener sekali kalau penggemar kopi pasti akan senang mencobanya. Apalagi pas buat yang lagi program diet

    BalasHapus
  12. Bangga banget Indonesia bisa punya produk seciamik Arrumi. Keren lho inovasi nya dan memberikan solusi nyata bagi penderita alergi susu sapi. Udah gitu kandungan produknya pun beneran the best, gak rugi sih beli produk Arrumi buat membantu mrmrlihara kesehatan tubuh. Mana rasanya enak.

    BalasHapus
  13. Aku suka banget sama kacang mede
    Makanya penasaran banget sama susu kacang mede ini
    Rasanya pasti enak ya
    Tapi emag harganya sedikit pricy ya

    BalasHapus
  14. Rasanya enak nih apalagi kalau disandingkan dengan kopi, duh bikin nagih memang.

    BalasHapus
  15. Saya belum pernah minum susu kacang mede ini, mbak. Kebayang nih guriihnya, dijadikan campuran dalgona oke juga yaaa.. Buat saya yang tidak suka susu sapi, bisa jadi opsi tambahan nih selain susu kedelai.

    BalasHapus