Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja yang Perlu Diketahui tentang PPDB Jakarta 2024?

Buibu yang deg-degan karena PPDB mana suaranyaaaa? Ayo kita bergandengan tangan!

Tahun ini adalah tahun kedua mama Dian daftar PPDB. Tahun lalu daftar untuk masuk SMP Una, dan tahun untuk masuk SMP Abang.

Alhamdulillah tahun lalu PPDB Una lancar, nggak banyak drama berarti, cuma deg-degan karena nggak lolos di Jalur Prestasi, tapi alhamdulillah-nya lulus di Jalur Zonasi. 

Berbekal pengalaman PPDB Jakarta 2023, alhamdulillah mama Dian cukup siap menghadapi PPDB Jakarta 2024 ini.

Memahami kegundah-gulanaan Buibu seputar PPDB, aku mau share beberapa hal tentang PPDB dalam artikel ini, Baca hingga akhir untuk mengetahui info lengkapnya yaaa~

Apa Saja yang Perlu Diketahui tentang PPDB Jakarta 2024?

ppdb jakarta 2024

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jakarta 2024 adalah proses yang sangat penting bagi para orang tua dan siswa di Jakarta. Setiap tahunnya, proses ini menjadi sorotan utama karena menjadi penentu bagi masa depan pendidikan anak-anak.

Setaipa tahunnya, PPDB juga memiliki polemik dan konfliknya tersendiri. PPDB Jakarta 2023 sempat ramai karena penerimaan jalur zonasi. Masalahnya, banyak orang tua yang rela menitipkan anaknya di Kartu Keluarga orang lain yang jarak rumahnya masuk ke dalam zonasi prioritas pertama sekolah. 

Lalu, apakah tahun ini PPDB Jakarta 2024 juga akan mengalami masalah yang sama?

Pengertian PPDB Jakarta 2024

PPDB Jakarta 2024 adalah sistem penerimaan siswa baru untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah di DKI Jakarta. Proses ini diatur oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan bertujuan untuk memberikan kesempatan yang adil dan transparan bagi seluruh siswa untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Tahapan PPDB Jakarta 2024

Proses PPDB Jakarta 2024 terdiri dari beberapa tahapan yang harus diikuti oleh calon peserta didik dan orang tua. Apa aja tahapan PPDB Jakarta 2024?

1. Sosialisasi dan Pengumuman

Tahap pertama adalah sosialisasi dan pengumuman. Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan memberikan informasi terkait jadwal, persyaratan, dan prosedur PPDB melalui berbagai media, termasuk website resmi PPDB Jakarta.

2. Pendaftaran Online

Pendaftaran dilakukan secara online melalui portal resmi PPDB Jakarta. Calon peserta didik harus mengisi formulir pendaftaran dengan data yang benar dan lengkap. Pada tahap ini, sangat penting untuk memeriksa kembali data yang dimasukkan agar tidak terjadi kesalahan.

timeline ppdb jakarta 2024

Nah di tahap pendaftaran online ini terdapat beberapan tahap lagi, di antaranya:

  • Pra-Pendaftaran SMP-SMA-SMK: Tahap ini dimulai sejak tanggal 20 Mei hingga 5 Juni 2024. Tahap ini diperuntukkan untuk siswa-siswi dari luar Jakarta yang ingin bersekolah di Sekolah Jakarta. Ada beberapa dokumen yang terlebih dahulu harus diinput pada sistem, agar proses pendaftaran dapat berjalan lancar untuk siswa dari luar jakarta ini.
  • Verifikasi KK dan Pengajuan Akun: Untuk SD dimulai sejak tanggal 20 Mei, untuk SMP dimulai sejak tanggal 27 Mei dan untuk SMA-SMK dimulai sejak tanggal 3 Juni. Tahap kedua ini mengharuskan CPDB untuk membuat akun yang akan digunakan untuk mendaftar di tahap selanjutnya.
  • Jalur Prestasi, Disabilitas dan PPDB Bersama Tahap 1: Dimulai tanggal 10-14 Juni 2024. Pada tahap ini, setiap anak yang telah memiliki akun bisa mendaftar lewat jalur prestasi atau akumulasi nilai rapot sidanira dan jalur khusus untuk anak dengan disabilitas.
  • Anak Panti, Anak Nakes, PTO dan Anak Guru: untuk SD, SMP, SMA dan SMK dimulai sejak yanggal 10 Juni hingga 28 Juni. Jalur ini merupakan jalur khusus yang dipoeruntukkan untuk anak panti, anak nakes, PTO atau anak dari ASN yang dipindah tugas dan anak guru.
  • Afirmasi: Mulai 19 Juni hingga 24 Juni diperuntukkan untuk anak-anak yang mendaptkan bantuan KJP dan KIP.
  • Zonasi: Diperuntukkan untuk anak-anak yang memiliki tempat tinggal dengan jarak tertentu dari sekolah. Prioritas jarak ini terbagi menjadi 3 yaitu Prioritas 1-3. Dimulai dari tyanggal 24 hingga 28 Juni.
  • Tahap Kedua dan Ketiga: Merupakan jalur yang dibuka untuk mengisi bangku kosong yang tersisa dari CPDB terdaftar yang tidak melakukan daftar ulang.
Selanjutnya mama Dian mau share beberapa tips sukses mengikuti PPDB Jakarta 2024.

Tips Sukses Mengikuti PPDB Jakarta 2024

tips ppdb jakarta 2024

Untuk memastikan proses PPDB berjalan lancar, yuk ikuti beberapa tips berikut:

1. Persiapkan Dokumen dengan Baik

Pastikan semua dokumen yang diperlukan sudah lengkap dan sah. Lakukan verifikasi dokumen jauh-jauh hari sebelum jadwal pendaftaran dimulai.

2. Pahami Prosedur dan Jadwal

Baca dan pahami setiap tahapan dan jadwal yang telah ditentukan. Jangan sampai terlewat satu pun tahapan penting dalam proses PPDB.

3. Cek Website Resmi Secara Berkala

Selalu cek website resmi PPDB Jakarta untuk mendapatkan informasi terbaru dan terupdate. Perubahan jadwal atau persyaratan bisa terjadi sewaktu-waktu.

4. Siapkan Mental dan Fisik

Proses PPDB bisa jadi menegangkan bagi siswa dan orang tua. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental agar siap menghadapi setiap tahapan dengan baik.

Stress? Pasti. Sedikit saran dari mama Dian, cobalah untuk mengurangi ekspektasi di jalur prestasi.

5. Banyak-banyak Berdoa

Salah satu hal penting yang wajib dilakukan, saat kita sudah melakukan yang terbaik, saatnya memasrahkan dan mengembalikan semuanya kepada Allah SWT. Harus yakin juga kalo semuanya pasti terjadi dengan izin Allah.

Oh iya, PPDB Jakarta 2024 tidak membutuhkan biaya apapun ya Buibu. Jadi hati-hati kalo ada yang menawarkan uang pelicin untuk mendapatkan kursi di sekolah tertentu, karena sekarang udah menggunakan sistem yang teintegrasi, nggak ada lagi tuh "beli kursi' di PPDB Jakarta 2024 ini. Makanya, banyak-banyak berdoa aja biar anak-anak kita bisa masuk ke sekolah tujuannya, yaaa.

Dengan memahami setiap tahapan, persyaratan, dan jadwal PPDB Jakarta 2024, yuk persiapkan diri dengan baik dan tetap semangat dalam memilih sekolah anak. Jangan lupa untuk selalu memantau informasi terkini melalui website resmi PPDB Jakarta.

Selanjutnya mama Dian bakal tulis artikel tentang tahapan pengajuan akun PPDB Jakarta 2024. Ditunggu segera di blog ini.

Gimana nih Buibu yang kemarin dah mengajukan akun? Dah diverifikasi kah? Ada kendala nggak? Share-share di kolom komen yaaa~

Posting Komentar untuk "Apa Saja yang Perlu Diketahui tentang PPDB Jakarta 2024?"