Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Tanda Pubertas Pada Anak Laki-Laki

Menemani anak-anak melewati masa pubertas, sama sekali bukan hal yang mudah. Kebetulan anak perempuan mama Dian dah melewati masa pubertas dua tahun yang lalu. Sekarang tinggal menunggu masa pubertas Abang.

Sejujurnya, agak deg-degan nungguin Abang pubertas karena mama Dian gatau gimana cara untuk menjelaskannya dengan baik dan benar pada anak laki-laki. Sebagai perempuan, agaknya lebih mudah menjelaskan pubertas ke sesama perempuan ajah.

Tadinya mama Dian udah nggak mau tau dan mau nyerah aja dengan mendelegasikan tugas tersebut sepenuhnya ke papa Api. Tapi setelah aku pikir-pikir lagi, kayanya aku juga mesti tau dan harus bisa menemani Abang melewati fase ini.

Jadi mulai sekarang mama Dian dah banyak baca-baca tentang pubertas pada anak laki-laki. Bismillah, doakan aku yaaaa~

Apa saja tanda pubertas?

Mau belajar tentang pubertas anak laki-laki bareng aku nggak? Yuk kita bahas bersama di postingan ini!

Pengertian Pubertas pada Anak Laki-Laki

Pubertas adalah fase perkembangan biologis yang umumnya dialami oleh anak laki-laki, dan dimulai ketika anak menginjak usia 9 hingga 14 tahun. Proses ini melibatkan perubahan fisik dan hormonal yang signifikan. Pubertas pada anak laki-laki mencakup perkembangan organ reproduksi, pertumbuhan tubuh, dan perubahan sifat emosional.

Apa Saja Gejala Pubertas Pada Anak Laki-Laki?

Apa saja tanda pubertas pada laki-laki

Seperti pubertas pada anak perempuan, pubertas pada anak laki-laki juga punya tanda-tanda tersendiri. Apa saja tanda-tanda pubertas pada anak laki-laki? Cari tahu di bawah ini, ya!

Perubahan Fisik

1. Pertumbuhan Testis dan Penis

Salah satu tanda pubertas utama pada anak laki-laki adalah pertumbuhan testis dan penis. Pada usia ini, testis mulai berkembang dan menjadi lebih besar, diikuti oleh peningkatan ukuran penis. 

Nah, salah satu tugas orang tua di masa ini adalah berikan pemahaman kepada anak mengenai perubahan ini agar mereka dapat merasa nyaman dengan tubuhnya sendiri.

2. Pertumbuhan Rambut Tubuh

Selain itu, perubahan pada rambut tubuh juga menjadi tanda pubertas. Nggak berbeda nih ternyata dengan anak perempuan. Anak laki-laki akan mengalami pertumbuhan rambut di area seperti ketiak, wajah, dan daerah kemaluan.

3. Perubahan Suara

Kalo perubahan satu ini, pastinya bakal jadi penanda jelas bahwa anak laki-laki kita telah mengalami pubertas, yaitu perubahan suara. Suara anak dapat menjadi lebih berat dan serak karena penebalan pita suara. 

Pasti nanti si anak juga akan cukup kaget dengan perubahan suara ini. Jangan lupa, dukungan emosional dari orang tua juga diperlukan untuk membantu anak menyesuaikan diri dengan perubahan ini.

Perubahan Emosional

1. Perubahan Mood

Pubertas seringkali menyertai perubahan emosional. Ternyata nggak cuma perempuan aja nih yang langsung mood swing kalo lagi PMS. Anak laki-laki juga mungkin mengalami fluktuasi mood yang tidak terduga. 

Mama dan Papa tentunya harus memahami hal ini, banyak-banuak sabar plus berikan juga pemahaman dan dukungan untuk anak laki-lakinya, ya.

2. Kecenderungan Menarik Diri

Beberapa anak laki-laki dapat menunjukkan kecenderungan untuk menarik diri dari lingkungan sosial mereka selama masa pubertas. Ini mungkin disebabkan oleh perasaan tidak nyaman atau kurangnya kepercayaan diri. 

Jadi gimana nih sebaiknya orang tua menghadapi sikap ini? Nggak perlu terlalu memaksa mereka untuk membuka diri, cobalah dulu memberikan ruang dan waktu untuk mereka.

Perubahan Psikologis

1. Perkembangan Identitas

Pubertas juga merupakan waktu di mana anak mulai mengembangkan identitas mereka sendiri. Jadi mungkin selama masa-masa ini, anak bisa mengalami krisis identitas dan galau dalam menentukan pilihan-pilihan. Bingung mau apa, mau bagaimana.

Di sini, orang tua perlu banget mendukung dan mendorong anak untuk menjelajahi minat dan bakat baru yang mungkin muncul.

2. Kesadaran Seksual

Penting untuk membicarakan kesadaran seksual dengan anak laki-laki. Dari pada anak-anak mencari tahu sendiri lewat jalur-jalur yang "salah". 

Lebih baik kita pelan-pelan mulai memberikan informasi yang akurat dan positif akan membantu mereka membuat keputusan yang bijak terkait dengan kesehatan seksual mereka.

Setelah mengetaui apa aja tanda tanda pubertas laki-laki, selanjutnya apa ya yang harus orang tua lakukan saat anak laki-laki mengalami pubertas?

Langkah-langkah yang Harus Dilakukan Orang Tua saat Anak Laki-Laki Mengalami Pubertas

Yang harus dilakukan orang tua saat anak puber

Ketika anak laki-laki mengalami pubertas, peran orang tua sangatlah penting. Ini dia beberapa langkah yang dapat diambil oleh orang tua untuk mendukung anak selama masa ini:

a. Komunikasi Terbuka

Mulai dengan membuka saluran komunikasi dengan anak. Ajak mereka berbicara tentang perubahan yang terjadi pada tubuh dan emosi mereka. Komunikasi terbuka akan membantu anak merasa lebih nyaman dalam mengatasi perubahan tersebut.

b. Pendidikan Seks

Berikan pendidikan seks yang sehat dan positif kepada anak. Jelaskan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dan hubungan yang aman dan bertanggung jawab. Pendidikan seks yang baik dapat membantu anak membuat keputusan yang tepat.

c. Dukungan Psikologis

Anak laki-laki mungkin menghadapi tantangan emosional selama pubertas. Oleh karena itu, orang tua perlu memberikan dukungan psikologis. Dengarkan perasaan mereka tanpa menghakimi dan bantu mereka mengelola stres atau kecemasan yang mungkin muncul.

Pubertas adalah fase alami dalam perkembangan anak laki-laki. Begitu juga menstruasi adalah hal yang akan dilewati semua anak perempuan. Mengetahui tanda-tanda dan cara mendukung anak selama masa ini adalah tanggung jawab penting bagi orang tua. Dengan komunikasi terbuka, pendidikan seks yang baik, dan dukungan psikologis, kita dapat membantu anak melewati masa pubertas dengan lebih baik.

Jadi orang tua tuh emang berat dan nggak ada sekolahnya, ya.. Tapi, kita nggak boleh berhenti belajar dan mencari tahu tentang ilmu parenting yang baik. Walaupun kadang praktek nggak semudah teori, tapi setidaknya kita udah belajar dan berusaha untuk menjadi orang tua yang baik.

Mama-mama yang udah melewati fase menemani anak laki-laki melewati pubertas, boleh dong share-share pengalamannya di comment box di bawah ini yaaa~

Posting Komentar untuk "Ini Dia Tanda Pubertas Pada Anak Laki-Laki"