Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Tentang Menstruasi dan Review Pembalut Charm Cooling Fresh

Ada yang udah pernah menggunakan Pembalut Charm Cooling Fresh? Pembalut yang bikin adem dan semeriwing ituuuu~ Eh, masih ada yang belum pernah coba? Okeh, sebagai salah satu pengguna nanti aku review di bawah ini yaaaa!

Fakta Tentang Menstruasi yang Perlu Diketahui

Eits sebelumnya udah pada tau betul belum sih, apa itu menstruasi?


Apa itu menstruasi?

Menstruasi merupakan salah satu tanda pubertas bagi perempuan. Di Indonesia, menstruasi juga dikenal dengan istilah datang bulan atau haid. Pengertian menstruasi adalah pengeluaran darah dan sel-sel tubuh dari vagina yang berasal dari dinding rahim wanita.

Mengapa perempuan menstruasi?

Menstruasi terjadi karena setiap bulannya organ reproduksi wanita mempersiapkan kehamilan. Persiapan kehamilan ini ditandai dengan terjadinya penebalan endometrium atau dinding rahim yang berisi pembuluh darah. Nah, saat kehamilan tidak terjadi atau saat sel telur tidak dibuahi, maka dinding rahim ini akan luruh dan keluar bersama darah lewat vagina. Peristiwa ini yang kemudian disebut dengan menstruasi.

Kapan normalnya perempuan mengalami menstruasi pertama kali?

Normalnya, menstruasi pertama kali rata-rata terjadi pada perempuan pada usia 12 tahun atau 2-3 tahun setelah payudara mulai tumbuh. Menstruasi pertama kali ternyata disebut dengan Menarche. Menarche pada usia remaja putri sangat bergantung pada keturunan atau faktor genetik, gizi dan bentuk tubuhnya.

Mengenal siklus menstruasi

Terdapat 4 fase dalam siklus menstruasi yang biasanya dialami oleh perempuan. Dimulai dari fase menstruasi yang ditandai dengan keluarnya dinding rahim beserta darah dari vagina. Fase ini berlangsung selama 4 hingga 6 hari.

Selanjutnya yaitu fase folikuler. Apa itu fase folikuler? Fase folikuler adalah ketika ovarium membentuk folikel yang berisi sel telur yang belum matang. Sel telur dan folikel akan merangsang penebalan pada dinding rahim. Fase folikuler biasanya terjadi antara 11-27 hari.

Setelah fase folikuler yaitu fase ovulasi. Fase ovulasi adalah fase dimana ovarium melepas sel telur yang telah matang dan siap dibuahi pada bagian saluran indung telur. Namun bila tidak terjadi pembuahan maka sel telur akan melebur dalam waktu 24 jam setelah terjadinya ovulasi.

Terakhir yaitu fase luteal. Apa itu fase luteal? Fase luteal terjadi saat sel telur berbah menjadi jaringan korpus luteum. Jaringan ini selanjutnya akan mengeluarkan hirmon yang membuat endometrium menjadi lebih tebal. Nah, jika tidak terjadi pembuahan maka korpus luteum akan menyusut dan kembali diserap. lalu lapisan rahim akan luruh dan terjadilah menstruasi.

Apa penyebab menstruasi tidak normal

Siklus menstruasi biasanya muncul setiap 21-35 hari dengan lama menstruasi mulai dari 3-7 hari. Volume darah yang dikeluarkan saat menstruasi biasanya tidak lebih dari 80ml.

Setiap perempuan biasanya memiliki rnetang waktu siklus menstruasi dan menstruasi yang berbeda-beda. Namun tidak jarang siklus menstruasi mendadak menjadi tak normal dan berbeda dari biasanya.  Mengapa demikian? Terdapat beberapa faktor penyebab yang mengakibatkan siklus mentruasi menjadi tidak normal. Mulai dari pemakaian alat kontrasepsi IUD, mengkonsumsi beberapa jenis obat atau pil tertentu sepet pik KB atau obat antidepresan, mengidap masalah kesehatan tertentu seperti hiperteroid dan PCOS, mengalami stress berlebih, merokok atau melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat.

Apa itu PMS?

PMS singkatan dari PreMenstrual Sindrome.  PMS adalah gejala yang muncul sekitar satu minggu sebelum menstruasi. beberapa gejala PMS diantaranya mudah lelah, muncul jerawat, mudah lapar, moodswing dan nyeri pada payudara.

Lalu seberapa sering sebaiknya berganti pembalut saat menstruasi?

Darah menstruasi mengandung cukup banyak bakteri. Untuk mencegah terjadi kebocoran atau iritasi, sebaiknya rutin mengganti pembalut maksimal 4-8 jam dalam sehari. 

Review Pembalut Charm Cooling Fresh

Review Pembalut Charm Cooling Fresh

Selanjutnya seperti yang telah aku janjikan di atas, ini dia review Pembalut Charm Cooling Fresh. Banyak banget pertanyaan di base Twitter tentang gimana sih rasanya menggunakan Pembalut Charm Cooling Fresh? Apa bener rasanya seperti ada AC di bawah situ?😁

Kebetulan banget aku udah beberapa kali menggunakan Charm Cooling Fresh. Untuk yang nanya "Beneran dingin nggak sih?" jawabannya bener banget! Tapi bukan dingin aneh kaya pake balsem gitu yaaaaa.. Dinginnya berasa seger-seger semeriwing gituuuu. Nilai plus lainnya yang mesti digarisbawahi adalah saat menggunakan Charm Cooling Fresh ini, sama sekali nggak ada bau darah yang biasanya menganggu. Jadi buat kamu yang nggak suka nyium bau-bau darah di pembalut, Charm Cooling Fresh ini cocok banget buat kamu.

Nah itu dia review Pembalut Charm Cooling Fresh dan beberapa fakta tentang menstruasi yang wajib kamu ketahui. Semoga postingan ini bermanfaat untuk teman-teman yang membacanya yaaaa~

Posting Komentar untuk "Fakta Tentang Menstruasi dan Review Pembalut Charm Cooling Fresh"