Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembangkan UMKM

Apa itu UMKM? UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Definisi UMKM adalah sebuah usaha produktif yang dimiliki oleh orang pribadi atau badan usaha dan telah memenuhi kriteria sebagai usaha. Ada 3 kriteria UMKM yaitu usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah.

Usaha mikro merupakan usaha ekonomi produktif yang dimiliki oleh orang pribadi atau badan usaha dan sesuai dengan kriteria usaha mikro. Apa aja sih usaha yang termasuk dalam usaha mikro? Usaha mikro merupakan usaha dengan kekayaan bersih yang mencapai nominal 50 juta, tidak termasuk bangunan serta tanah yang dijadikan sebagai tempat usaha. Usaha mikro harus memiliki penjualan maksimal 300 juta setiap tahunnya.

Lalu apa yang dimaksud dengan usaha kecil? Usaha kecil adalah usaha ekonomi produktif independen yang dimiliki oleh perorangan atau kelompok serta bukan sebagai badan usaha cabang dari perusahaan utama. Kriteria untuk usaha kecil adalah memiliki kekayaan bersih 50 juta dengan maksimal mencapai 500 juta. Setiap tahunnya, usaha kecil harus memiliki hasil penjualan bisnis mulai 300 juta hingga 2,5 milyar.

Lalu, bagaimana dengan usaha menengah? Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif dan bukan anak usaha maupun cabang dari perusahaan pusat serta bukan juga bagian langsung atau tak langsung dari usaha kecil dan besar yang total kekayaan bersihnya sesuai dengan yang telah diatur oleh peraturan perundang-undangan.

Usaha menengah juga sering dikategorikan sebagai bisnis besar dengan kriteria kekayaan bersih yang dimiliki lebih dari 500 juta hingga 10 milyar, tidak termasuk bangunan dan tanah tempat usaha. Dengan hasil penjualan tahunan antara 2,5 milyar hingga 50 milyar.

Tips Mengembangkan UMKM

Setelah sukses memulai usaha, selanjutnya saatnya kamu memikirkan bagaimana cara untuk mengembangkan usaha tersebut. Untuk mengembangakan UMKM tentunya dibutuhkan langkah serta strategi yang tepat. Sekarang, simak beberapa tips mengembangkan UMKM di bawah ini yuk!

Manfaatkan E-commerce

Saat ini banyak sekali e-commerce yang ada di pasaran. Setiap e-commerce memiliki pelanggan setia hingga pangsa pasarnya sendiri. Apalagi semenjak pandemi dua tahun terakhir, transaksi belanja online semakin meningkat.

Apa arti e-commerce? E-commerce adalah platform online tempat jual beli berbagai jenis produk. E-commerce merupakan marketplace yang menawarkan jasa bagi pengusaha untuk menjual produk yang dimiliki secara online dengan membuka toko dalam situs tersebut. Sebagai pemilik bisnis, wajib bagi kamu memanfaatkan fitur e-commerce untuk menjangkau semakin banyak konsumen.

Gunakan media sosial untuk sarana pemasaran

Di era digital saat ini, sebagian besar orang mencari informasi lewat internet. Media sosial merupakan salah satu platform yang banyak dimanfaatkan untuk mencari informasi, berita maupun tren terbaru.

Sebagai pemilik UMKM, penting bagi kamu untuk melakukan digital marketing. Apa itu digital marketing? Digital marketing adalah teknik pemasaran yang dilakukan pada kanal-kanal digital, salah satunya via media sosial.

Pemasaran digital via media sosial diperlukan untuk mengenalkan produk kepada calon konsumen. Apalagi pada tahun 2022 ini, pengguna media sosial di Indonesia mencapai angka 191,4 juta. Kamu harus bisa memanfaatkan luasnya pangsa pasar yang bisa kamu dapatkan lewat proses pemasaran digital via media sosial.

Mengikuti perkembangan teknologi dalam bisnis

Di era transformasi digital saat ini, sangat disayangkan jika kamu nggak bisa mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Apalagi banyak kehadiran teknologi yang semakin memudahkan pekerjaan kita.

Bagi kamu yang memiliki UMKM dalam bentuk toko offline, ada satu aplikasi nih yang cocok digunakan untuk mengatur atau menjalankan operasional toko salah satunya untuk sistem kasir.


Aplikasi Kasir iReap POS

Integrated Retail Application iReap POS

iReap merupakan singkatan dari Integrated Retail Application atau aplikasi yang dikembangkan untuk membantu pelaku bisnis dalam menjalankan dan mengatur operasional toko, yang terdiri dari Point of Sales atau sistem kasir dan sistem mengelola barang.

Aplikasi kasir iReap

Cara menggunakan aplikasi kasir iReap

Bagaimana cara menggunakan aplikasi kasir iReap? Caranya cukup mudah kok dan bisa kamu gunakan dari smartphone android kamu. Dimulai dengan mengunduh aplikasi kasir iReap POS Pro dari Google Play Store. Kemudian lakukan registrasi dengan mendaftarkan bisnis, toko, hingga administrator user. Kemudian masukkan master data seperti jenis produk yang dijual beserta harganya melalui iReap POS Pro App atau iReap POS Website.

Lalu, mulailah menggunakan iReap POS Pro sebagai aplikasi kasir bisnis kamu. Lewat aplikasi iReap POS ini, kamu juga bisa melakukan pemantauan terhadap sales, keuntungan hingga inventory secara realtime dimanapun dan kapanpun.

iReap POS Pro ini didesain secara sempurna sebagai solusi bagi pengembangan toko offline kamu. iReap POS Pro bisa digunakan pada bisnis makanan seperti kafe atau restoran, salon, barbershop, workshop, bisnis retail, bisnis fashion, bisnis klinik dan spa, profesional service hingga distribusi.

Bahkan aplikasi kasir iReap POS telah mendapatkan Great User Experience 2017 Award dan Rising Star 2017 Award yang diberikan oleh FinancesOnline. Gimana, tertarik menggunakan aplikasi kasir iReap POS? Langsung aja unduh di Google Play Store dan ulik lebih dalam lagi aplikasi yang memudahkan kamu mengatur dan menjalankan operasional toko ini yaaa!

2 komentar untuk "Cara Mengembangkan UMKM"

  1. UMKM itu sulit banget rasanya berkembang di tengah pertumbuhan ekonomi digital, jadi kalau enggak disiasati dan merambah bisnis online akan susah. Solusi tepat nih buat yang ingin mengembangkan UMKM, sekarang juga lagi melejitnya usaha UMKM, mantep iReap Pos makin memudahkan. Terima kasih tipsnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes betul bangeeeet. Makasi kembali mba Anisa <3

      Hapus