Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Lowongan Kerja Idaman di Aplikasi Atma

Kira-kira saat ini, tingkat pengangguran di Indonesia meningkat atau menurun ya? Ternyata menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat pengangguran Indonesia di tahun 2022 ini mengalami penurunan dibandingkan tahun 2021 kemarin. 

Pada bulan Februari 2021, tingkat pengangguran Indonesia mencapai angka 8,75 juta orang. Sedangkan di tahun 2022, tingkat pengangguran Indonesia sebesar 8,4 juta orang. Yang berarti tingkat pengangguran di indonesia mengalami penurunan sebesar 350 ribu jiwa.

Walaupun mengalami penurunan, namun angka pengangguran tersebut masih terbilang cukup tinggi. Pengangguran merupakan salah satu masalah sosial banyak dihadapi oleh berbagai negara.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa sih bisa muncul banyak pengangguran? Umumnya, penyebab pengangguran adalah tidak seimbangnya laju pertumbuhan penduduk dengan lapangan kerja yang ada.

Pandemi Covid19 yang berlangsung selama 2 tahun lamanya juga menjadi salah satu penyebab terjadinya pengangguran di Indonesia. Goyangnya sektor perekonomian akibat pandemi, mengakibatkan munculnya gelombang PHK dari berbagai perusahaan yang tidak mampu bertahan.

Di tengah sulitnya mencari pekerjaan, semua kampus tetap melahirkan "fresh graduate" baru setiap tahunnya. Hal itu juga menyebabkan semakin ketatnya persaingan dalam dunia kerja. Sebagai seorang pencari kerja, kita harus semakin pintar dalam mencari kesempatan kerja. Salah satunya dengan cara mencari aplikasi penyedia lowongan kerja yang tepat.

Nah, masih bingung mencari aplikasi penyedia lowongan kerja yang tepat? Ini dia nih, satu aplikasi penyedia lapangan kerja yang harus ada di smartphone kamu!

Cari Lowongan Kerja Idaman di Aplikasi Atma

Yuk, Cari #KerjaIdaman di Atma


Atma didirikan sejak awal tahun 2022. Atma merupakan aplikasi penyedia lowongan kerja dan pengembangan karir yang berbasis komunitas. Atma bertujuan untuk membantu para pencari kerja di Indonesia untuk mendapatkan kerja idaman dengan lebih efisien dan efektif.

Nggak perlu ragu lagi, yuk langsung aja download Aplikasi Atma untuk Android dan buat profil kamu di Aplikasi Pencari Kerja Atma!

Cara mendaftar Atma

Cara mendaftar di aplikasi pencari kerja satu ini, mudah banget! Simak langkah-langkahnya dalam infografis berikut, ya!

Persyaratan Lamaran Kerja

Setelah proses download Atma selesai, langsung aja membuka aplikasinya. Kemudian masukkan nomor handphone yang aktif Whatsapp di dalam kotak yang disediakan. Setelah itu, akan ada proses verifikasi kode yang dkirimkan via Whatsapp.

Selanjutnya, langsung aja membuat kartu Atma kamu. Apa itu kartu Atma? Kartu Atma adalah pengganti CV tradisional yang berisi informasi diri secara ringkas dan bisa digunakan sebagai persyaratan lamaran kerja. Di aplikasi Atma, kita nggak perlu membuat atau mengirimkan CV. Cukup gunakan kartu Atma untuk cari kerja idaman di Atma.

Cara membuat kartu Atma juga gampang dan menyenangkan banget. Nggak seperti aplikasi lain yang cara mendaftarnya dengan mengisi form data diri, di aplikasi Atma, cukup menjawab pertanyaan dari Tama, si assisten pribadi yang ada di aplikasi Atma.

Tama akan menanyakan beberapa pertanyaan mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, hingga pendidikan akhir. Setelah semua data sudah lengkap, kamu akan mendapatkan kartu Atma-mu! Kartu Atma yang juga menjadi persyaratan lamaran kerja di Atma ini, dapat kamu download dan edit pada bagian bagian Akun di aplikasi Atma.

Setelah kartu Atma selesai dibuat, klik "Selesai". Selanjutnya pilih "Pekerjaan yang kamu cari". Kamu dapat memillih minimal 3 tipe pekerjaan, maksimal 8 tipe pekerjaan. Tipe pekerjaan yang kita pilih ini, akan membantu Atma merekomendasikan pekerjaan yang tepat untuk kamu.

Beberapa tipe pekerjaan yang dapat kamu pilih diantaranya, customer service atau telecaller, guru atau konselor atau pelatih, konten kreatif atau desain, sales marketing atau business development, admin atau back office, kurir atau supir, beauty atau hair, F&B atau hotel atau pariwisata, farmasi atau rumah sakit, akutansi atau keuangan, logistik atau operation, OB atau satpam atau house keeping, software atau IT, teknisi dan HR atau legal atau PR.


Last but not least, sebagai aplikasi penyedia kerja berbasis komunitas untuk pengembangan karir, kamu juga harus bergabung dengan beberapa komunitas yang tersedia di aplikasi Atma. Beberapa komunitas ynag terdedia mulai dari komunitas Atma, komunitas Persiapan Kerja, komunitas Bahasa Inggris hingga komunitas yang menginfokan Loker Bodong. 

Kamu bisa memilih hingga 10 komunitas, jika sudah memilih komuitas yang cocok, selanjutnya langsung klik "Mulai pakai". Hooray! Semua tahapan pendaftaran telah selesai, selanjutnya yuk mulai cari pekerjaan yang cocok dengan kamu.

Fitur-Fitur dalam Atma yang Cocok untuk Pengembangan Karir

Ini dia beberapa fitur dalam aplikasi Atma yang cocok untuk mengembangkan karirmu~

Pekerjaan

Cari Kerja Idaman di Atma

Dalam fitur ini terdapat rekomendasi pekerjaan yang sesuai dengan tipe pekerjaan yang telah kamu pilih sebelumnya.  Beberapa rekomendasi pekerjaan ini terbagi menjadi pekerjaan yang paling sesuai untuk kamu, pekerjaan rekomendasi Atma, pekerjaan dengan gaji tinggi, pekerjan paling dekat dengan tempat tinggal kamu dan lowongan pekerjaan terbaru.

Siang tadi aku coba mengecek rekomendasi lowongan pekerjaan dari Atma, eh keluar lowongan pekerjaan dari RANS Entertainment. Langsung apply deh! cara apply-nya juga mudah banget, cukup tekan tombl hijau bergambar pesawat kertas yang ada di tengah. 

Nah jika dirasa pekerjaan yang direkomendasikan tidak cocok, cukup geser ke kiri atau tekan button merah bergambar "X". Sedangkan jika kamu masih galau mau langsung apply lowongan pekerjaan tersebut atau nggak, kamu bisa menyimpan lowongan pekerjaan tersebut dengan menggesernya ke kanan atau pencet button kuning bergambar bintang. Nantinya lowongan pekerjaan tersebut akan tersimpan di bagian "Tersimpan" di laman "Pekerjaan".

Komunitas


Pada bagian "Komunitas" kamu dapat menemukan berbagai komunitas yang telah kamu ikuti. Dalam halaman komunitas ini, kamu bisa mendapatkan beragam informasi bermanfaat. Selain itu juga terdapat giveaway dari Tama yang lumayan banget hadiahnyaaa~ Makanya jangan sampai nggak bergabung dan nggak aktif di komunitas yang kamu ikuti ya!

Manfaat Bergabung di Atma

Sebagai aplikasi penyedia lowongan kerja dan pengembangan karir yang berbasis komunitas, cukup banyak nih manfaat yang bisa kita dapatkan dengan bergabung di Atma. Mulai dari lebih mudah untuk menemukan pekerjaan yang cocok hingga bisa bergabung dengan komunitas yang juga memberikan beragam manfaat.

Namuanya juga ikhtiar dalam mencari kerja ya kaaaan~ Siapa tau, kamu berjodoh dengan pekerjaan yang aplikasi pencari kerja ini rekomendasikan untuk kamu. Selain itu, sambil menunggu pekerjaan yang cocok, kamu juga bisa mengembangkan skill, relasi, pengetahuan dan informasi lewat berbagai komunitas yang kamu ikuti dalam aplikasi Atma.

Jadi, jangan ragu lagi, langsung aja unduh aplikasi Atma sekarang juga. Buat kartu Atma, gabung di berbagai komunitas yang ada untuk pengembangan karir dan langsung cari kerja idaman di Atma.

Buat teman-teman pencari kerja jangan lupa untuk terus kembangkan skill yang kamu miliki, dan raih segala kesempatan kerja yang ada salah satunya dengan menggunakan aplikasi Atma. Yuk tetap semangat dan jangan mudah menyerah yaaaaaa~

15 komentar untuk "Cari Lowongan Kerja Idaman di Aplikasi Atma"

  1. Tambah mudah aja nih sekarang cari lowongan kerja idaman, di aplikasi Atma aja cukup yaaa.. kalau dulu aku berlangganan banyak-banyak mailing list lowker, dah sekarang sih klak klik aja via Atma.

    BalasHapus
  2. Aplikasi pencari kerja ini baru ternyata, Masya Allah memudahkan sekali aplikasi Atma ini.

    Ga ribet2 kayak jaman aku dulu nulis surat lamaran pekerjaan dikirim via post dkk (gusti yeni)

    BalasHapus
  3. Aplikasi Atma, memudahkan para pencari kerja ya untuk mendapatkan pekerjaan. Semoga semakin banyak lowongan di sana, biar pengangguran semakin turun.

    BalasHapus
  4. Wahhh...super duperrr penting nih buat para pencari kerja. Coba dari dulu ada yaaa. Wkwkwk. Dulu zaman aku lulus kuliah, kerjaan datang ke pameran kerja, datang ke carier center di kampus, dan bacain lowongan di koran. Wkwkwk. penuh perjuangan banget buat sekadar tahu info lowongan. Semoga ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh teman2 yg lagi butuh kerjaan

    BalasHapus
  5. Nama aplikasinya unik. Mengingatkan saya pada nama sebuah universitas dan nama teman seorang PR yang kerja di sebuah brand gadget ternama. Tapi ini Atma aplikasi lowongan kerja ya. Menarik sekali, tentu perlu diketahui oleh lebih banyak orang yang butuh pekerjaan. Aku bantu share ah infonya. Tfs ya mbak.

    BalasHapus
  6. wah inget jaman baru lulus kuliah nih carikerjanya di web, sekarang sudah makin canggih ya bisa lewat aplikasi. Aplikasi Atma, baru dengar tapi bantu banget buat mereka yang cari kerja ya & mengatasi pengangguran. Fiturnya juga lengkap ya bisa cari lowongan yang cocok juga

    BalasHapus
  7. Meskipun sudah gak fresh graduate tetapi yang namanya ada lowongan kerja menarik, bisa ikutan melamar lagi yaa.. Apalagi melalui apps begini, jadi lebih mudah dan semoga rejeki bisa mendapat pekerjaan yang flexible.

    BalasHapus
  8. Dengan aplikasi Atma ini, para fresh graduate dan job seeker bisa mudah mendapatkan pekerjaan impiannya ya mbak

    BalasHapus
  9. Fitur² Atma ini beneran b'manfaat utk job seeker.
    Mantuull bgt. Memudahkan urusan banyak orang ini mah

    BalasHapus
  10. Enak sudah kalau ada aplikasi kayak Atma ini, beban mencari kerja jadi berkurang. Memang digitalisasi memudahkan segalanya termasuk dalam mencari pekerjaan ya mbak.. online sendiri itu udah bisa disebut pekerjaan ahahhaa

    BalasHapus
  11. Sumpah, ini aplikasi keren dan helpful menurutku. Inget banget jaman dulu lulus kuliah, harus rajin baca koran, lihat kolom lowongan yang kecil-kecil itu tulisannya, nanya teman sana sini buat cari kerjaan.
    Kalau ada aplikasi kaya Atma gini kan lebih simpel dan lebih praktis.

    BalasHapus
  12. Agak susah nyari kerja sekarang ya. Adikku udah 2 tahun kerja tapi statusnya masih magang aja. Coba kurekomendasikan Atma ini aja deh.

    BalasHapus
  13. Allhamdulilah ya sekarang sudah ada aplikasi lowongan pekerjaan yang memudahkan milenial jaman now ya mba.

    BalasHapus
  14. Wah segampang itu pake aplikasi Atma ya. Mempermudah para fresh graduate untuk mencari pekerjaan.

    BalasHapus
  15. Jadi ingat masa-masa berburu pekerjaan lewat agen tenaga kerja terus rajin buka website hingga akhirnya keterima setelah wawancara puluhan kali di berbagai perusahaan. Jadi kangen ngantor..

    BalasHapus