Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Mengikuti Pelatihan Prakerja

Siapa nih yang udah resmi jadi alumni Pelatihan Prakerja? Atau masih mengejar peluang untuk mendapatkan Kartu Prakerja dan mencari cara mendaftar Prakerja? Yuk, yang belum berhasil mendapatkan Kartu Prakerja, tetap semangaaaat!

Jadi keingetan Program Kartu Prakerja dulu pertama kali dibuka pada tanggal 11 April 2020. Di tengah-tengah kondisi pandemi yang membuat banyak sektor perekonomian tumbang, pemerintah meluncurkan program Kartu Prakerja. 

Apa itu Kartu Prakerja?

Program Kartu Prakerja adalah program pemerintah untuk mengembangkan kompetensi kerja, meningkatkan daya saing dan produktivitas bagi tenaga kerja dan pencari kerja. Program Kartu Prakerja juga menyasar para pekerja yang terkena PHK karena dampak pandemi Covid-19 serta meningkatkan kompetensi individu dalam pengembangan perekonomian UMKM. 

Program Kartu Prakerja saat itu memiliki target untuk menjangkau 5,6 juta orang dan dibagi dalam beberapa gelombang. Di tahun 2020 kalo nggak salah pendaftaran Prakerja dibuka hingga gelombang 8, kemudian dilanjutkan hingga gelombang 16 di tahun 2021. Pada bulan Maret 2020 ini, Program Kartu Prakerja telah memasuki gelombang ke 25.

Pengalaman Mengikuti Pelatihan Prakerja

Pengalaman Mengikuti Pelatihan Prakerja

Eits, aku udah bilang belom sih, kalo aku juga salah satu alumni Kartu Prakerja? Hihi. Sejujurnya, aku sendiri malah baru mengetahui tentang Kartu Prakerja pada tahun 2021. Penasaran banget karena saat itu selalu rame di sosial media tentang Kartu Prakerja.

Akhirnya aku memutuskan mencari tahu, karena penasaran banget sama antusiasme orang-orang tentang Kartu Prakerja ini. Sebagai ibu rumah tangga dan freelancer, tantunya aku masuk ke dalam sasaran Kartu Prakerja. 

Tapi, awalnya nggak mau daftar karena ngerasa "Kayanya nggak bakal mungkin lolos deh." Tapi terus penasaraaan, emang apa aja sih benefitnya saat berhasil lolos dalam program Kartu Prakerja?

Keuntungan mengikuti Program Kartu Prakerja

Sebagai peserta Kartu Pekerja, manfaat Kartu Prakerja ini menarik banget. Seorang peserta akan mendapatkan manfaat Kartu Prakerja berupa benefit insentif Prakerja dalam bentuk tunai dan nontunai dengan total Rp 3.550.000,-. 

Selain uang tunai yang akan ditransfer langsung ke dompet digital kita sebesar Rp 600.000,- selama 4 bulan berturut-turut, ada juga insentif Prakerja nontunai berupa biaya kursus online sebesar kurang lebih Rp 1.200.000,-

Begitu tau bahwa insentif yang didapatkan lumayan bangeeet, akhirnya aku memutuskan untuk "coba deh!". Hihihihihi.

Syarat Kartu Prakerja

Ada 3 Syarat kartu Prakerja yaitu, Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan KTP, berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Jadi, pastikan kamu telah lulus dari suatu jenjang pendidikan, agar bisa mendaftarkan diri pada Kartu Prakerja.

Bagaimana cara daftar Prakerja?

Cara daftar prakerja

Cara daftar Prakerja tuh gampang banget! Sebelum daftar, jangan lupa siapkan e-KTP, ya. Lalu, langsung aja buka https://dashboard.prakerja.go.id/ dan pilih "Daftarkan Dirimu". Selanjutnya, masukkan email dan password kemudian klik "Daftar". Setelah itu, lakukan verifikasi dengan klik tautan yang dikirimkan via email. 

Kemudian ikuti seleksinya. Seleksi Prakerja terdiri dari tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Tenang, soalnya nggak susah-susah banget kok. Tapi tetep, usahakan yang terbaik saat mengerjakan tes Seleksi Prakerja, ya. Nah itu dia cara mendaftar Prakerja.

Sejujurnya, aku baru lolos Prakerja setelah mendaftar untuk yang ketiga kalinya. Jadi, perlu share-share tips lulus Prakerja nggak, nih?

Jadi apa aja yang harus dilakukan agar bisa lulus seleksi Prakerja?

Ada beberapa isu yang bilang bahwa yang lebih cepat mendaftar, lebih berpeluang untuk diterima Prakerja. Fix hoax kalo ini sih, karena justru di kali ketiga mencoba, aku daftarnya nyantai ada di saat-saat menjelang terakhir.

Jadi yang harus kamu lakukan supaya bisa lolos seleksi Kartu Prakerja adalah banyak-banyak berdoa dan baca bismillah pas mau klik daftar. Plus harus percaya kalo rezeki nggak kemana. Semuanya memang udah ada jalannya, jadi abis berusaha, langkah selanjutnya adalah pasrah dan berserah aja. Tapi harus tetap semangat! Harus selalu ingat kalo rezeki nggak akan pernah ketuker.

Apa yang harus dilakukan selanjutnya, setelah lulus seleksi Prakerja?

Saat-saat menunggu pengumuman adalah saat-saat yang bikin deg-degan dan penasaran. Biasanya pendaftaran suatu gelombang Prakerja dibuka antara 3-5 hari. Setelah itu proses seleksi akan dilakukan selama 3-5 hari yang kemudian dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi.

Ketika kamu lulus Kartu Prakerja, maka saat login ke akun Prakerja, kamu akan langsung diarahkan menuju video induksi Prakerja. Video induksi adalah video perkenalan yang membantu peserta memahami cara kerja program Kartu Prakerja. Video Induksi harus ditonton hingga selesai agar peserta dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu Pelatihan Prakerja.

Usai menonton video induksi, maka kamu akan mendapatkan saldo pelatihan Prakerja yang bisa digunakan untuk membeli pelatihan atau kursus online pada platform digital online learing yang telah bekerja sama. Yuk cari tahu cara mengikuti pelatihan prakerja di bawah ini.

Tips Memilih Pelatihan Prakerja

cara mengikuti pelatihan prakerja

Nah, ini juga merupakan  hal yang bikin galau. Kenapa bikin galau? Karena ada super buanyak banget jenis pelatihan Prakerja dengan berbagai tema di berbagai platform digital. Sini-sini, biar nggak bingung aku kasih tau sedikit tentang cara mengikuti pelatihan prakerja.

Cari materi pelatihan yang sesuai dengan minat dan kesukaanmu

Iyes, mengenali diri sendiri tuh emang penting banget. Terutama saat dihadapi pada super banyak pilihan pelatihan Prakerja. Biar nggak bingung, tarik nafas dulu terus pikirkan apa hal yang paling menarik minat kamu. 

Jangan maksain mengambil pelatihan yang nggak kamu sukai. Kenapa? Karena pelatihan Prakerja bukan cuma pelatihan atau online learning biasa, kamu bener-bener harus memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar online meningkatkan kompetensi yang kamu miliki. Durasi Pelatihan Prakerja juga nggak sejam atau dua jam aja. Ada beberapa video yang akan kamu pelajari dalam Pelatihan Prakerja, dan di akhir pelatihan ada tes kompetensi dengan standar nilai kelulusan.

Emang harus ya ngelewatin standar nilainya buat lulus? Harus laaaah~ Supaya bisa mencairkan insentif Prakerja tunai, kamu membutuhkan sertifikat Pelatihan Prakerja yang telah kamu selesaikan.

Jadi, pastikan kamu menyukai dan berkomitmen dalam mengikuti Pelatihan Prakerja tersebut yaaaa. Supaya saldo Pelatihan Prakerja yang kamu miliki nggak jadi mubazir. 

Cari tahu platform digital yang menjadi tempat Pelatihan Prakerja

Nggak cuma ragam materinya aja yang banyak, tapi platform Pelatihan Prakerja juga cukup banyak unuk dipilih. Pasti kamu bakal rada galau milih-milih tempat buat Pelatihan Prakerja.

Tenang dulu, masih inget pepatah "Tak kenal maka tak sayang" kan? Daripada bingung, mending kepoin dulu bebapa platform digital incaran kamu.

manfaat kartu prakerja

Salah satu platform online learning yang menarik menurut aku adalah QuBisa. QuBisa adalah platform e-learning di Indonesia yang punya ragam materi e-learning yang lengkap. Aku tuh suka banget sama konten microlearning dan webinar yang rutin diadakan QuBisa, bahasan temanya juga selalu yang ter-update dengan instruktur yang ahli di bidangnya. Microlearning, kursus online gratis dan webinarnya aja kece-kece, apalagi Kelas Pelatihan Prakerja atau ragam materi e-learning di QuBisa.

Oh iya, QuBisa juga punya job portal. Jadi makin gampang deh kalo mau cari-cari lowongan kerja setelah selesai mengikuti Pelatihan Prakerja. 

Belajar online di QuBisa juga nggak hanya bisa dilakukan via website-nya aja. Tapi, kamu juga bisa unduh Aplikasi QuBisa untuk iOS dan Aplikasi QuBisa untuk Android.

Jangan lupa berhitung dan buat perencanaan saldo Pelatihan Prakerja

Iyes, nggak cuma ragam materi dan platform e-learning-nya aja yang beragam. Harga Pelatihan Prakerja juga nggak kalah beragam, loh. Hihi.

Oleh karena itu, agar dana saldo Pelatihan prakerja dapat kamu manfaatkan semaksimal mungkin, jangan lupa untuk membuat perencanaan kelas yang akan diambil lengkap dengan perkiraan total dana yang diperlukan. 

Pelatihan Prakerja Pilihanku

Seneng banget pas pertama liat pilihan Pelatihan Prakerja yang ada, banyak banget! Akhirnya kemarin aku memutuskan mengambil pelatihan tentang hal yang aku suka dan selalu ingin aku lakukan (tapi nggak pernah aku lakukan karena merasa nggak mahir x). 

Pelatihan pertama yang aku ambil adalah pelatihan make up! Dari dulu selalu pengen ikut online make up class, eh beneran dikabulin langsung lewat Prakerja. Hihi. 

Walaupun udah merhatiin pelatihan yang aku ambil dengan seksama. Nyatanya, aku masih kesulitan juga saat mengerjakan tes kompetensi akhir. Emang bener-bener harus fokus selama mengikuti kelas Pelatihan prakerja, biar nggak perlu ngulang-ngulang Tes Kompetensi berkali-kali x)

Buat aku, pelatihan Prakerja merupakan hal yang sangat membantu di masa-masa sulit kemarin. Belajar hal baru dengan serius, rasa-rasanya jadi punya setitik harapan baru untuk bisa terus berkembang. Alhamdulilah banget bisa ngerasain manfaat Kartu Prakerja.

Jadi, teman-teman yang belum berhasil lolos Kartu Prakerja, harus tetap semangat! Tenang, rezeki pasti nggak kemana kok. Yang penting kamu terus berusaha dan tetap semangat terus, karena kamu pasti bisa! <3

36 komentar untuk " Pengalaman Mengikuti Pelatihan Prakerja"

  1. Wih mantep, kartu prakerja memang sejak dulu menjadi pilihan walau sekarang peraturannya semakin ketat, tapi tetap membantu banget buat yang masih belum kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, berguna banget buat nambah kompetensi yaaaa

      Hapus
  2. Fokus ini emang masalah kita kaum milenial ya Mbak,, kebiasaan multitasking dan memang tuntutan di hampir semua pekerjaan seperti itu.Tetap semangat belajar terus melalui pelatihan prakerja ya Mbak,, ilmunya dapet, insetifnya juga dong, sippp

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes, banyak banget ilmu yang bisa didapat dari prakerja iniiiii

      Hapus
  3. banyak banget ya manfaat jika kita punya kartu prakerja, bisa menambah daftar rujukan kita juga dalam mengikuti pelatihan. keren nih semoga ke depan makin baik situasi dan normal lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget Bli, kalo nggak pandemi, mungkin pelatihan bisa diadakan secara offline yaa

      Hapus
  4. Semangat raih kesempatan baik, untuk bisa memanfaatkan peluang mengikuti Prakerja, biar punya kompetensi yang mumpuni

    BalasHapus
  5. Sekarang saldo untuk pelatihan 1juta rupiah mbak bukan 1,2 juta. Alhamdulillah, aku baru aja lolos prakerja gelombang 25

    BalasHapus
  6. Aku juga pernah mba ikut gelombang pelathan prakerja, seneng banget sih kapan lagi coba difasilitasi sama pemerintah buat naikin skill kita pribadi ya kan

    BalasHapus
  7. saya juga masih blm tau banyak tentang prakerja . Buat IRT bisa ya mba atau yg terdampak pandemi aja? Tertarik juga ikut prakerja jika syarat terpenuhi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa banget buat IRT mbaaa, cuss daftar aja buat gelombang selanjutnyaaa

      Hapus
  8. saya belum mendaftar prakerja ini, penasaran pengen cobain saiap tahu lolos. teman banyak yang lolos dan lumayan katanya meningkatkan kemampuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul banget Kak Mei, banyak manfaat dari kartu prakerja inii

      Hapus
  9. Aq dlu ikut pelatihan pas gelombang ke delapan, dan ambil Skill Academy, lumayan pelatihan nya mudah dipahami, klu skrg mkin bxk pilihan pelatihan prakerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. betuuulll, dulu belum begitu banyak ya Kak.. Sekarang sudah makin beragam dan bervariasi pelatihannyaa

      Hapus
  10. Aku alumni prakerja mbak. Bener2 bermanfaat sih programnya buatku. Aku bisa meningkatkan skill dan belajar gratis. Seneng banget juga. Apalagi materi2nya juga bagus2 dan banyak pilihannya jadi bisa disesuaikan sama kebutuhan kita juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, banyak banget ragam pelatihan yang bisa kita ambil ya Kak Miiit

      Hapus
  11. wah saya termasuk yang belum beruntung mendapatkan kartu prakerja ini. pengen juga dapat pelatihan gratis. Antara lain ingin mengembangkan skill public speaking, desain Canva, dan optimasi Instagram. Tapi apakah bisa mewadahi itu ya? pokoknya kalau dapat pelatihan dibiayai, saya bakal pilih yang paling potensial.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa Kak, hayuk dicoba lagi jangan menyeraaah

      Hapus
  12. Aku juga pernah beberapa kali ikutan daftar prakerja. Tapi nggak pernah lolos hiks.

    BalasHapus
  13. Jumlah insentif yang diberikan di program prakerja ini lumayan banget ya... Penasaran seleksinya berdasarkan apa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener, aku kadang suka mikir, apa random ya seleksinyaaa.. hihi

      Hapus
  14. Aku selalu ikutan tetapi enggak lolos lolos
    Alasannya dulu KTP bermasalah
    Belakangan adalah login
    Ah beruntung yang bisa dapat kartu prakerja pokoknya

    BalasHapus
  15. Wah mba Adriana dah alumni kartu prakerja ya? Pasti udah dapat banyak ilmu dari pelatihan di platform online. Jadi pengen ikutan nih program kartu prakerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah Kak Erny belum ikutan? ayo coba ikutan daftar juga Kak

      Hapus
  16. Aku blm pernah lolos nih mbaa wkkw tp sukaa aja gitu ikut pelatihan apalagi gratiss dan ada benefit untuk karir ya kaann

    BalasHapus
  17. Aku blm pernah lolos Prakerja. Eh tapi emang daftarnya cuma sekali iseng pula hihi. Tp emang sih ini pelatihan di QuBisa banyaaak bgt yg bisa diakses gratis dan bermanfaat semuanya

    BalasHapus
  18. Sebagai alumni Prakerja, aku emang kebantu banget sih sama program pemerintah ini. Kita jadi bisa makin upgrading skill yah. Apalagi sekarang udah ada QuBisa juga, makin banyak deh pilihan konten untuk dipelajari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget, di QuBisa banyak banget jenis pelatihan yang bisa diambil yaaa

      Hapus
  19. Belum pernah lolos nih klu daftar prakerja padahal kan lumayan juga ya klu bisa lolos. Tapii ya klu lolos bakal bingung juga klu dihadapkan dengan kelas Prakerja yang punya banyak pilihan.

    BalasHapus
  20. Uwuwww ikut pelatihan make up ya ka. Aku penasaran juga sih sama pelatihanmake up. Karena mau tahu lebih detail juga gimana urutan make up dan koreksi wajah.

    BalasHapus