Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus online gratis di QuBisa, Cara Belajar Efektif di Era Digital

Udah pernah denger belom sih tentang beberapa pekerjaan yang akan hilang di tahun 2025? Era digital, selain membawa banyak kemudahan untuk kehidupan kita sehari-hari, tapi juga mengakibatkan hilangnya banyak jenis pekerjaan di tahun 2025 nanti.

Banyak perusahaan yang mulai melakukan transformasi digital yang kemudian menggantikan pekerjaan manusia dengan mesin otomatisasi. Transformasi digital adalah perubahaan cara kerja analog menjadi menggunakan mesin.

Lalu pekerjaan apakah yang akan hilang di masa depan?

Beberapa jenis pekerjaan yang akan hilang di masa depan adalah buruh pabrik, pengantar surat, teller bank, agen asuransi, telemarketing, customer service, loan officer, travel agen dan lain sebagainya. Pekerjaan tersebut awalnya mengandalkan tenaga manusia dan tergantikan oleh mesin otomatisasi, aplikasi, teknologi dan internet of things (IOT).

Namun jangan khawatir, karena "Patah tumbuh hilang berganti". Akan muncul jenis-jenis pekerjaan baru yang juga akan muncul di masa depan. Apa saja pekerjaan baru yang akan muncul di masa depan?

Beberapa jenis pekerjaan yang akan muncul di masa depan adalah data analyst, data scientist, artificial intelligence, machine learning specialist, big data specialist, digital transformation specialist dan lain sebagainya. Jenis pekerjaan baru yang akan dibutuhkan di masa depan merupakan jenis pekerjaan yang berkaitan dengan perkembangan digital dan teknologi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menguasai skil dan kompetensi baru mulai dari sekarang. Seiring perkembangan jaman, skill yang harus dikuasai juga terus berubah. 

Bagaimana cara meningkatkan skill?

Seperti yang telah dikatakan diatas, era digital merupakan era yang memberikan banyak kemudahan terhadap aktivitas manusia sehari-hari. Jadi, saat ini untuk mengembangkan skill dan kompetensi, nggak perlu deh repot repot sekolah atau kuliah formal lagi.

Karena, banyak banget kursus online gratis yang bisa didapatkan di aplikasi belajar online. Seperti kursus-kursus yang disediakan oleh aplikasi siap kerja QuBisa.

Nah, udah pada tau belom nih tentang QuBisa?

QuBisa, Aplikasi Belajar Online

Kursus online gratis di QuBisa untuk upskilling dan reskilling

QuBisa merupakan platform terpercaya untuk pendidikan dan pembelajaran. Dalam dunia digital ini, platform belajar online QuBisa sangat tepat untuk semua orang yang ingin serba praktis dan cepat dalam mengakses informasi. QuBisa merupakan wadah pembelajaran online (course) yang mempertemukan pemberi materi dan penerima materi.

Kalau sebelumnya QuBisa hanya bisa diakses via web aja, saat ini sudah hadir aplikasi belajar online QuBisa yang sudah bisa kamu download di AppStore dan juga Playstore smartphone kesayanganmu. QuBisa bikin belajar gak ribet.

Apa saja yang dapat kita pelajari di aplikasi siap kerja QuBisa?

Ada beberapa jenis pembelajaran yang dapat diikuti pada aplikasi siap kerja QuBisa, yaitu webinar, kursus, belajar kilat, dan microlearning.

Banyak sekali webinar dengan tema dan pembicara yang berbeda setiap minggunya, yang bisa kita ikuti secara gratis pada platform belajar online QuBisa. Sedangkan untuk kursus terbagi menjadi 2 kategori yaitu kursus online gratis dan kursus berbayar biaya terjangkau. Kesemua kursus yang diikuti akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti telah mangikuti pembelajaran yang berlangsung.

Microlearning merupakan jenis pembelajaran berupa video singkat dengan durasi sekitar 3-5 menit dengan tema-teme tertentu yang dapat dipelajari secara singkat. Sedangkan belajar kita merupakan kumpulan dari video microlearning dengan satu tema pembelajaran yang sama.

Tema pembelajaran yang dapat diikuti juga sangat beragam mulai dari Business, Design, Finance & Accounting, Human Resource, IT & Software, IT Development, Lifestyle & Health, Personal Development, Sales & Marketing hingga Teaching & Academics. Di QuBisa, kamu juga bisa belajar cara meningkatkan personal branding.

Selain bisa mengikuti kelas yang ada untuk meningkatkan soft skill dan hard skill, banyak juga nih kelas-kelas pembelajaran di QuBisa seputar motivasi. Kelas-kelas motivasi ini cara belajar efektif  dapat menjadi  membuat kita lebih bersemangat dalam menjalani hidup serta bisa merubah pemikiran kita terhadap kebiasaan dan kehidupan yang kita jalani.

Aplikasi siap kerja QuBisa  meningkatkan kemampuan diri

Seperti kursus online gratis yang berjudul Cara Sukses Terlepas dari Hedonic Treadmill dari Dr. Abdul Latief. Udah pernah dengr tenang sitilah hedonic treadmill? Yuk simak sedikit ringkasan dari kursus QuBisa berikut ini.

Kursus online gratis QuBisa: Cara Sukses Terlepas dari Hedonic Treadmill

Aplikasi belajar online QuBisa belajar gak ribet

Hedonic Treadmill merupakan konsep yang dicetuskan oleh Brickman dan Campbell pada tahun 1971. Saat itu hedonic treadmill dikenal sebagai hedonic adaptation.

Hedonic treadmill merupakan konsep yang mendefinisikan korelasi anatara uang dan kebahagiaan. Inti dari hedonic treadmill adalah bagaimana seseorang ternyata cenderung kembali ke standar kehabgaian hidup yang sebelumnya. Hedonic treadmill menyebabkan perasaan tidak puas atas kehidupan yang telah dijalani saat ini. Seperti lari diatas treadmill, sekencang apapun kita berlari, tidak akan membuat kita berpindah kemanapun hanya tetap ditempat.

Contohnya seorang karyawan muda yang iri melihat mudahnya kehidupan mahasiswa yang hanya terbebani oleh tugas kuliah dan tidak perlu mencari uang untuk dirinya sendiri. Sedangkan mahasiswa terseut justru iri kepada pekerja muda yang telah memiliki pekerjaan dan bisa hidup mandiri dengan uang yang dihasilkannya sendiri.

Itulah yang disebut hedonic treadmill, saat kita telah mencapai hal yang besar dalam kehidupan namun kita tidak merasa puas dan tidak mensyukuri hal telah kita dapatkan sehingga kita tidak bahagia. Hedonic treadmill muncul dari dalam diri kita sendiri, karena kita tidak fokus pada apa yang kita dapatkan, namun lebih berfokus pada apa yang telah orang lain dapatkan.

Ada 5 hal yang dapat kita lakukan untuk menghindari Hedonic Treadmil

Cara belajar efektif di Kursus online gratis QuBisa

Pertama, memiliki kesadaran. Kesadaran adalah hal pertama yang harus kita lakukan saat terjebak dalam hedonic treamill. Sadarilah bahwa rasa tidak puas atas pencapaian diri bersumber dari hedonic treadmill tersebut. 

Kedua, fokus pada hal yang ingin dicapai. Dibandingkan fokus atas pencapaian orang lain, mulailah untuk fokus terhadap pencapaian diri atau goals-goals yang ingin dicapai dalam hidup ini. 

Ketiga, miliki interaksi sosial yang positif. Hindarilah circle-circle yang membuat kita terus berlomba-lomba dalam pencapaian duniawi yang tidak penting. Mulailah mencari interaksi sosial yang positif dan selalu berlomba-lomba dalam membuat kebaikan. Cobalah untuk melihat sekitar, melihat orang-orang yang tidak seberuntung kita. Sehingga kita bisa mensyukuri apa yang telah kita dapatkan saat ini. 

Keempat, mindfullness. Mindfullness adalah latihan kesadaran penuh. Sadar atas yang telah terjadi,  sadar atas diri kita, sadar hakikat diri, sadar apa yang telah kita dapatkan, sadar atas kehidupan yang telah kita jalani. Sehingga kita bisa fokus terhadap apa yang ada di dalam diri dan apa yang telah kita miliki.

Kelima, terapkan apa yang telah kita dapatkan. Tingkatkan awareness diri dan mulailah menerapkan hal-hal tersebut dalam hidup yang kita jalani.

Jadi, apakah kalian juga terjebak dalam hedonic treadmill ini? Yuk segera sadari dan mulai untuk membenahi diri. Jangan berfokus dengan kebahagiaan orang lain, fokuslah pada perubahan diri dan pencapaian diri. Jangan lupa bersyukur dan terapkan rasa syukur kita dalam hal-hal yang positif!

Selain kursus online gratis diatas, masih banyak lagi nih webinar dan video microlearning yang dapat dimanfaatkan sebagai cara belajar efektif untuk terus melakukan upskilling dan reskilling.

Yuk terus meningkatkan kemampuan dengan mengikuti pembelajaran di aplikasi siap kerja QuBisa. Oh iya mau dapetin hadiah puluhan juta ngga dari QuBisa? Caranya gampang banget, ikutan aja yuk blog competition dari QuBisa.

Meningkatkan kemampuan dengan aplikasi siap kerja QuBisa

Syarat dan ketentuannya bisa langsung aja kamu kepoin di info lomba blog QuBisa, ya!

Belajar online di QuBisa sungguh praktis dan menyenangkan sekali. Banyak banget hal yang dapat dipelajari sebagai cara meningkatkan personal branding dan juga upskilling dan reskilling.

Jangan sampai kita "tertinggal" di era digital ini, Teruslah meningkatkan kemampuan dengan mempelajari skill-skill terbaru. Dengan QuBisa, belajar gak ribet!

41 komentar untuk "Kursus online gratis di QuBisa, Cara Belajar Efektif di Era Digital"

  1. Menarik sekali Qubisa ini, Mbak. Saya sudah ikuti beberapa webinar gratisnya dan nonton beberapa microlearning-nya. Semuanya menambah wawasan saya. Sukaa.

    BalasHapus
  2. aku baru paham tentang hedonic treadmill, eh Qubisa menyediakan belajar apapun ya ternyata. Hem ini mah bisa dicoba untuk belajar dan menambah pengetahuan.

    BalasHapus
  3. Pernah tahu juga soal pekerjaan yang hilang. Memang kita harus siap dengan perubahan dan terus belajar, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, udah era transformasi digital soanya, mesti bener bener persiapkan diriii

      Hapus
  4. Banyak banget kelasnya ya di QuBisa, selain hardsklii juga softskill. Mumpung aktivitas di luar rumah masih dibatasi dan drpd kita gabut di rumah tanpa banyak aktivitas mending ikutan kursus2 semacam ini ya mbak.
    Wah baru tahu ada istilah Hedonic Treadmill. susah sih kalau melihat pencapaian org mulu, pdhl sbnrnya musuh terbesar yg harus kita kalahkan kan diri kita sendiri, intinya kudu selalu lbh baik dr kmrn yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget, initnya fokus ke diri sendiri ajaaa

      Hapus
  5. Iya sih ya..kebayang banget pekerjaan yang hilang, sudah dimulai dari sekarang.
    Contoh sederhananya adalah penjaga jalan tol. Kini semua sudah serba self service.
    Bagaimana meningkatkan skill?
    Tentu harus banyak belajar. Qubisa menawarkan sistem belajar online yang memudahkan dan flexible.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kan, karena era transformasi digital. banyak pekerjaan yang digantikan mesin dan otomatisasi. oleh karena itu mesti usaha buat nambah skill supaya ngga ketinggalan yaaa

      Hapus
  6. Korelasi anatara ini typo ya, aku tadi mikirnya apa ini istilah baru ya. Penting banget sih nambah skill sebab persaingan ke depan juga banyak banget ,terus berkembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuahahahaaa, iya inih typo. maapkeun maaak

      Hapus
  7. Mempersiapkan diri untuk menghadapi masa depan, cukup di Rumah aja bareng Qubisa aja yaa. Banyak pilihan yang fleksibel pula tinggal sesuaikan dengan minat. Aku jadi nambah gambaran untuk menyiapkan masa depan si kecil yang tentunya akan semakin serba digital.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah betul banget, ga kebayang gimana persaingan di era anak-anak kerja nanti yaaa

      Hapus
  8. Kamu glowing banget sih.

    Eh maksudnya aku jadi refleksi diri pernah berada di Hedonic Treadmill padahal itu ga baik. Hidup kan perlu terus maju.

    Jadi penasaran dengan kelas-kelas di QuBisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kusyuka sekali komen ini. Di blogger kayanya belom ada fitur pinned comment ya? :p

      Hapus
  9. Aku pernah mencoba ikutan kursus online di Qubisa ini mbak
    hmm apa aku coba tulis ya pengalamanku ini buat ikutan lomba blognya
    kali aja menang, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ikutan mbaaaa, hadiahnya untuk banyak pemenang niiiihhh

      Hapus
  10. setuju miliki interaksi yang positif emang perlu ya mba karena menjadi penyemangat buat diri kita sendiri untuk bisa terus berlomba kebaikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betuuulllll. usahakan berkumpul dengan circle yang positif.. hihi

      Hapus
  11. Sebagai IRT yang pengen upgrade skill, app QuBisa ini keren banget ken tersedia banyak pembelajaran secara umum dan aksesnya gratis

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuss cobain mak, banyak kursus gratis yang isa dicobain niiih

      Hapus
  12. memang oke banget ya sekarang berbagai pilihan kursus online untuk semua yang membutuhkan keahlian ini yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mak, alhamdulillah banget jaman sekarang dikasih kemudahan buat cari dan upgrade ilmu yaaa

      Hapus
  13. Mpo sudah beberapa kali ikutan qubisa pembicara terkenal dan mumpuni di bidangnya

    BalasHapus
  14. Kursus online gratis sekarang semakin banyak yah, kita harus pinter nyari yang mana yang beneran memberikan peluang dan belajarnya ga ribet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget Teh, cobain QuBisa Teh. beneran cara belajar efektif dan ga ribet. hihi

      Hapus
  15. Zaman now eranya digital, kita juga harus menyesuaikan ya. Mesti punya skill abad digital agar bisa bekerja sesuai tuntutan zaman.
    Alhamdulillah ya ada QuBisa yang bisa bantu kita memperoleh skill yang diinginkan. Agar lebih siap memasuki dunia kerja zaman now :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes betul,jaman sekarang harus siap buat upgrade ilmu dan upgrade skill

      Hapus
  16. Daripada sibuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain, coba bandinginkan diri sendiri dari tahun ke tahun. Ada peningkatan ngga..

    Baru denger istilah Hedonic Treadmill, udah hedon sambil lari pula. Wkwk
    Pengen liat kelas gratisnya di Qubisa biar terhindar dari Hedonic Treadmill

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahaahah capek ya hedon sambil lari. wkwkwkwkw. betul, fokus sama diri sendiri aja yaaa

      Hapus
  17. Aduh, pada ngomongin QuBisa, kujadi penasaran. Kepengen juga deh nambah skill. Ada kelas gratisnya pula ya. Ceki-ceki ke tekape ah, aku penasaran dengan QuBisa ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuss, jangan lupa ikutan lomba blognya ya Maaaak

      Hapus
  18. Daripada terjebak hedonic treadmill, lebih baik upgrade diri sendiri aja deh ya. Melihat kehidupan orang lain memang tak akan ada habisnya. Yuk kita syukuri saja hidup yang kita punya dengan menjadikannya sarana menuju kebaikan.

    BalasHapus
  19. jaman pandemi bukan berarti diem2 aja ya mak tetap naikin skill biar tetep kompeten
    untung ada qubisa jadi di rumah aja jadi tambah ilmu
    aku baru sampe liat-liat mak belum daftar padahal pengen

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mak echa, harus sigap nambah ilmu dan upgrade skill.. hihi. Cuss mak Echa, banyak kursus soal entrepreneurship niiihh

      Hapus
  20. Saya senang karena ada QuBisa
    Bikin saya makin mudah upgrading skill
    Bahkan bisa sambil rebahan di rumah dan sambil momong anak juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget mbak Ammaaaaa, upgrade ilmu jadi lebih mudah yaaaaa

      Hapus
  21. Bener banget mbakk, era digital ini jangan sampai kita gak upgrade dirikita. Asli pasti tertinggal jauh kita. Apalagi semuanya sudah serba digital. Keren nih Qubisa bisa ngebantu masyarakat yang memang mau kursus online

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget, jangan lupa ikutan lomba blognya yaaaaa.. hihihii

      Hapus