Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Deposito BPR Komunal: Cara Mulai Investasi Deposito dengan Mudah dan Cepat

Nggak dimungkiri bahwa selama pandemi, keadaan keuangan untuk sebagian besar orang menjadi lebih sulit. Banyak yang harus berjuang lebih keras lagi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Tapi tenang, karena roda akan terus berputar. Di masa pandemi ini, cukup banyak juga orang yang justru meningkat penghasilannya atau punya penghasilan baru lewat usaha-usaha yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Keluarga kecilku pun merasakan juga up and down-nya kondisi keuangan di masa pandemi ini. Tapi tetep nggak berhenti bersyukur karena bersama kesulitan-kesulitan juga alhamdulillah muncul kemudahan.

Alhamduliilah banget tahun ini aku juga punya kerjaan baruuuwww~ Dari yang biasanya jadi blogger aja di suatu campaign, sekarang naik kelas jadi admin dan 'ngawal' temen-temen blogger di suatu campaign. Nggak nyangka banget malah bisa dapet kerjaan baru di masa pandemi. Alhamdulillah tentu saja, kerjaan baru berarti semakin nambah uang jajaaaan~

Biasanya uang jajan cuma berasal dari blog aja, alhamdulilah banget sekarang nambah banyak uang jajannya. Hihihihi.

Tapi, untuk aku yang boros dan sulit menabung, hal ini cukup membuat aku khawatir. Takut khilaf liat nominal uang di ATM. Gatel aja gitu bawaannya mau jajan ini itu. Huhuhuu.

Bukannya aku ngga nyoba buat nabung. Udah banget ribuan kali nyoba buat nabung. Tapi tetep aja rasanya 'uang tabungan' sulit dilupain dan malah kepake terus di kemudian hari dan berujung dengan gagal nabung! Kzl ngga tuh?

Nggak cuma nabung biasa, aku bahkan juga udah pernah nyoba buat investasi emas. Tapi ya itu, karena si emas dijual kembali dalam kurun waktu kurang dari setahun, kok jadinya malah ngga untungnya ya investasi emas. Malah rugi rasanya karena kadang jual dibawah harga beli. Syedih banget pokoknya....

Oleh karena itu, kemudian aku mencoba untuk puter-puter otak. Aku mesti investasi dan nabung dimana lagi nih supaya uangku benar-benar aman (dari diriku sendiri) plus kalo bisa biar dapet untung juga.

Eh, pas banget kemarin pas lagi scroll scroll instagram, aku ngeliat postingan salah satu temen tentang deposito berjangka. Wuah, ini nih yang belum pernah aku coba. Kayanya aku harus nyoba bikin deposito juga!

Apa itu deposito?

Nah, tentunya sebelum mulai membuka deposito, aku juga nyari tau dulu informasi lengkap tentang deposito. Deposito adalah simpanan yang pencairannya dapat dilakukan pada jangka waktu tertentu dengan syarat-syarat tertentu.

Sama seperti menabung, deposito merupakan sarana investasi yang aman. Tapi bedanya, uang di depositu ngga akan bisa seenaknya diambil seperti tabungan. Jadi kayanya sih lebih aman untuk aku yang tangannya gatelan kalo liat duit nganggur. 

Kemudian PR selanjutnya adalah memilih bank yang tepat. Eits tapi, pasti suka ada yang galau juga ya saat memilih deposito. Gimana sih caranya tau bahwa deposito yang akan kita pilih merupakan deposito yang aman?

Tips memilih deposito yang aman

Pilihlah bank dengan reputasi yang baik Supaya terhindar dari risiko penipuan, sebaiknya selidiki terlebih dahulu reputasi bank tempat kita akan menyimpan deposito. Perhatikan juga suku bunga yang ditawarkan, Jangan tergiur dengan bunga yang tinggi, ingatlah bahwa maksimal bunga yang dijamin LPS hanya 6,5 %. Jadi mesti waspada banget, kalo menemukan bank yang menjanjikan bunga yang terlalu tinggi.

Awalnya aku juga bingun nih saat memilih bank untuk menyimpan deposito. Akhirnya baca baca review dan googling-googling dulu sampai akhirnya menemukan satu deposito yang aman dan cocok banget sebagai langkah pertamaku membuat deposito.

Deposito BPR Komunal

Apa itu deposito BPR? Deposito BPR adalah simpanan berjangka dari Bank Perkreditan Rakyat dengan bunga deposito bank umum dan jangka waktu penyimpanan hingga 12 bulan.

Jadi gimana caranya buka deposito BPR aman? Ribet ngga sih? Atau bisa lewat online aja?

Tenang, di jaman serba digital ini, buka depositobpr bisa dimana aja kapan aja dalam genggaman. Sekarang, kenalan dulu yuk sama fintech yang memudahkan kita membuka deposito dimana aja dan kapan aja.

Tentang Komunal

Komunal adalah platform aggregator pertama di Indonesia yang menhubungkan kita dengan lebihdari 1500 produk deposito BPR.  Komunal juga merupakan perusahaan berbasis teknologi finansial yang memberikan layanan peer-to-peer di Indonesia yang membantu menciptakan hubungan antara UMKM berpotensi dan para pemberi dana untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Keunggulan Deposito BPR Komunal

Yha, pastinya kau nggak akan memilih Komunal tanpa pertimbangan-pertimbangan khusus. Jadi kenapa memilih Komunal? Tentu saja karena Komunal memiliki berbagai kelebihan sebagai berikut:

Memiliki rate atau imbal hasil yang lebih tinggi

BPR menawarkan bunga deposito yang lebih tinggi jika dibandingkan bank konvensional lainnya di Indonesia.

Akses yang mudah dan nyaman

Lewat platform Komunal, kita bisa mengakses lebih dari 1500 produk Deposito BPR yang bisa kita pilih sesuai dengan kemampuan dan keinginan kita.

Dana terjamin sepenuhnya

Deposito BPR Komunal aman ngga sih? Tenang Manteman, pembukaan rekening deposito BPR di Komunal telah dijamin oleh pemerintah melalu Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan juga Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kebetulan banget nih kemarin aku udah nyobain langsung buka deposito BPR Komunal. Penasaran ngga sih segampang apa dan gimana caranya buka deposito BPR di Komunal?

Review Deposito BPR Komunal

Cara Membuka Deposito BPR Komunal

Mendaftar via online lewat website

Cara membuka deposito secara online di komunal

Nggak perlu datang langsung ke bank-nya, cukup klik aja https://depositobpr.id/ di samrtphone atau laptop kamu. Kalo aku sih kemarin daftarnya via HP aja. Dan ternyata proses pendaftarannya cukup simpel dan nggak terlalu ribet. Pilih "Daftar Sekarang" dan pilih daftar sebagai "Deposan" yaaa.

Isi data diri yang diperlukan

cara buka deposito BPR di Komunal

Selanjutnya, isi data data diri yang diperlukan. Jangan lupa siapkan KTP juga di dekatmu saat melakukan proses pendaftaran, ya. Karena untuk kelengkapan data, pihak Komunal akan meminta foto KTP kita.

Selanjutnya pihak Komunal akan melakukan verifikasi data. Akun yang belum diverifikasi tidak akan bisa mengajukan Deposito. Jadi, mohon bersabar dulu maksimal 3x24 jam hingga akun-mu terverifikasi, ya.

Kemarin sih alhamdulillah akun Komunal yang aku buat berhasil terverifikasi dalam waktu 1x24 jam saja. Kalo udah tervierifikasi, langsung cuss yuk ke langkah selanjutnya!

Pilih deposito yang kamu inginkan

Komunal deposito yang terjamin LPS

Ragam pilihan deposito di Komunal sangat beragam pilihan nominal, jangka waktu dan bunganya. Aku sendiri kemarin memilih Deposito BPR Buana Dana Makmur dengan nominal pengajuan Rp. 1.000.000,- dan suku bunga 3,1% p.a dengan tenor 1 bulan.

Setelah menge-klik salah satu Deposito yang kamu inginkan, pada halaman selanjutnya juga akan muncul keterangan lengkap mulai dari minimal penempatan dana, tenor dan suku bunga, pengembalian dana, mulai beroperasi, no. surat keputusan dan keterangan terjamin LPS. Di halaman yang sama juga terdapat laporan singkat Neraca Keuangan Periode terbaru yang mencakup nilai aset, kewajiban, ekuitas hingga loan to deposito ratio.

Setelah menemukan Deposito yang cocok dan tepat buatmu, selanjutnya masukan nominal pendanaan dan kode promo (jika ada) lalu pilih "Ajukan Deposito".  Jika telah memastikan bahwa nominal yang dimasukkan sudah tepat selanjutnya klik "Ya, Lanjutkan Pengajuan". Setelah itu Komunal akan meminta kita melengkapi data diri dan menyetujui syarat dan ketentuan yang ada.

Deposito aman dan praktis Komunal

Menanda tangani Dokumen Surat Kuasa melalui PrivyID

Nah selanjutnya proses pengesahan dokumen dengan tanda tangan cukup dilakukan dengan PrivyID. Jadi bener-bener praktis dan terjamin aman banget, nih! Biar lebih cepat tanda tangan-tanda tangannya, jangan lupa download dan buat akun di PrivyID sebelumnya, ya.

Yuk, transfer Depositonya

Bagaimana cara buka deposito BPR Aman

Setelah itu pada laman "Depositoku" kamu akan menemukan kolom Status Pengajuan akan berubah menjadi "Diulas",  Nah selanjutnya tinggal tunggu email dari Xendit yang mengabarkan tentang keterangan transfer nominal Deposito.

Transfer Deposito sejumlah yang tertera di email ke nomer Virtual Account yang diberikan. Proses transfer dapat dilakukan melalui m-banking atau e-banking kamu.

Konfirmasi alamat pengiriman bilyet

Selanjutnya tunggu konfirmasi alamat yang dikirimkan via Whatsapp Komunal untuk verifikasi data dan alamat pengiriman bilyet.

Terakhir, tunggu bilyet sampai di tanganmu

Bilyet Deposito BPR Komunal

Apa itu bilyet? Bilyet adalah bukti kepemilikan yang diberikan oleh bank kepada nasabah atas simpanan dalam bentuk deposito berjangka. Bilyet berbentuk surat resmi yang diterbitkan oleh bank tersebut yang berisi nomer deposito dan keterangan deposito. Kurang dari seminggu, alhamdulillah bilyet-ku sudah sampai! 

Akhirnya, punya deposito juga!

Terharu deh liat bilyet pertama-ku. Kaya nggak percaya akhirnya aku yang cuek sama nabung dan investasi ini, akhirnya punya deposito sendiri. Ahahahahaaaa. 

Kalo ginikan uangnya bener-bener aman, nggak akan bisa kutarik sesuka hati dengan dalih ngejer diskonan barang incaran :p Pssssst, udah gitu, bunga deposito BPR juga lebih tinggi dari bank umum lainnya (6% p.a)

Jadi, jangan ragu lagi. Yuk alokasikan dana kamu yang miliki di Komunal Deposito BPR. Nggak perlu khawatir dengan keamanannya, karena seluruh BPR di Komunal sudah terseleksi dan depositonya BPR sudah terjamin oleh LPS dan juga diawasi oleh OJK.  

Plus, buka deposito juga nggak pake repot karena #BisaDimanaAja dan kapan aja. Cukup kunjungi website Komunal.id dan daftarkan dirimu saat ini juga yaaa~

Temukan banyak promo menarik saat membuka deposito di Komunal

Nah buat kamu yang masih galau mau investasi, ngak perlu galau-galau lagi. Langsung aja buka deposito di komunal.id. Karena banyak banget nih promo-promo yang bisa di dapatkan.

Seperti di bulan Desember ini, terdapat promo Komunal Deposito BPR BrrBr! Hadiah. BrrHadiah banyak produk elektronik menarik dan juga bunga 6% Aman dijamin LPS!

Eits, buat kamu yang mau buka deposito jangan lupa juga masukkan referral code berikut:

AY6454

Di awal pendaftaran akun, untuk mendapatkan cashback DANA yang lumayanlah buat jajan kopi kekinian~ Hihihihii.

Yuk, bisa yuk! Menuju kemerdekaan finansial dengan memulai investasi pertama kamu di Deposito BPR aman Komunal!

42 komentar untuk "Deposito BPR Komunal: Cara Mulai Investasi Deposito dengan Mudah dan Cepat"

  1. yes akhirnya aku ikutan punya deposito juga, dulu mikir kayaknya ga perlu gitu
    ternyata sekarang bisa dari nominal 1 juta aja

    BalasHapus
  2. Ah setuju banget, buat orang yang susah nabung kayak aku, emang bagusnya kalau ada duit diinvestasikan aja ke deposito. pengambilannya kan nggak bisa sesuka hati, ada temponya gitu. Asyik nih kalau buka deposito online bisa jadi semudah iotu. Deposito di BPR yang bunga nya levbih gede pula..

    BalasHapus
  3. Sekarang deposito jadi gampang banget ya. Bisa diurus via digital. Jadi, hemat waktu dan energi, deh

    BalasHapus
  4. Selamat dan semangat untuk kerjaan barunya ya, Kak
    Ini dia yang kucari deposito yang bikinnya mudah, dijamin OJK dan LPS ada hadiah pula...Berangkat bikin deposito BPR Komunal

    BalasHapus
  5. Senang ya mbak sekarang deposito gak perlu menunggu harta kita banyak. Tapi bisa dengan dana minimum. Caranya juga mudah ya mbak, bisa dilakukan di rumah.

    BalasHapus
  6. Deposito menurutku adalah pilihan investasi. Biasanya setiap bulan ada pencairan kaya bagi hasil gitu. Tulisan di sini menjelaskan banget tentang deposito. Thanks banget bisa nambah wawasanku.

    BalasHapus
  7. Semudah ini ya buka deposito..kupikir ya kudu duit gede..dan ribet lah pokoknya.. Ternyata bisa dibuka secara online gak perlu antri sana sini ..bisa mulai deposito dengan jumlah yang gak harus puluhan juta...Boleh nih dicoba ..

    BalasHapus
  8. BPR juga ternyata punya program deposito ya, dan bisa mendaftar via aplikasi jadi lebih mudah, jumlah dana minimal yang disetorkan juga nggak terlalu besar berbeda dengan bank-bank lain, memudahkan nasabah banget deh

    BalasHapus
  9. Toossss mbak
    Aku juga sudah memiliki deposito BPR komunal ini
    Dengan deposito, kita bisa lebih mudah mengatur keuangan

    BalasHapus
  10. Memang sebaiknya menyimpan uang di lebih dari 1 keranjang. Saya sukanya dengan deposito karena low risk. BPR juga udah dikenal oleh masyarakat, ya

    BalasHapus
  11. Wah, selamat atas pekerjaan barunya maak. Aku baru tau nih tentang komunal ternyata bisa investasi deposito. Benar banget mak, punya pemasukan baru itu kadang cobaan banget ya suka gatel pengen belanja haha makanya wajib banget nih ya mak kita alihkan uang jajan ke investasi.

    BalasHapus
  12. Persis banget kaya aku nih..
    huuhuu...tanggal muda foya-foya, tanggal tua kembali ke realita hidup. Ya Allah, sungguh tidak sehat sekali melihat kondisi finance keluargaku.

    Solusinya sudah jelas yaa...alokasikan dana untuk investasi. Salah satu instrumen mudahnya bisa menggunakan Deposito BPR Komunal.

    BalasHapus
  13. Hmm..cara buat rekeningnya praktis ya, online...ga usah datang ke kantor BPRnya..

    Kayak nya aku butuh juga deh punya deposito mba, soalnya klo tabungan biasa sering tergoda untuk narik sewaktu2..

    Makasih informasinya mba .

    BalasHapus
  14. Nyari tempat deposito dengan Dana terjamin sepenuhnya ini penting banget. Ya kita gak pernah tahu gimana ke depannya. Makanya kudu tetap hati-hati. Dan BPR udah terjamin LPS dan diawasi OJK. Lebih tenang deh

    BalasHapus
  15. wah semudah itu bikin deposito bunga gede di bpr komunal ya
    kirain ya kudu ada tabungan sana baru bisa ternyata ini gampang juga bisa online ya bisa di manapun
    selamat menabung masa depan cerah makk

    BalasHapus
  16. Sebagai orang yang belum pernah investasi di deposito, baca artikel ini rasanya seperti mendapat gambaran bagaimana berdeposito yang aman tuh. Makasih infonya ya mbak

    BalasHapus
  17. Asyik... Pekerjaan baru, pemasukan tambah. Dan memang bagusnya pemasukan tambah investasi dikencengin ya. Salah satunya lewat deposito di BPR komunal yang aman dan menguntungkan. Saya kemarin sudah coba juga. Cepet banget prosesnya..

    BalasHapus
  18. Walau kalau sudah terjamin sama LPS dan diawasi OJK udah pasti tenang ya kita kalau investasi deposito mbak.
    Investasi jenis ini menurutku cocok buat pemula krn risikonya juga tak terlalu besar, apalagi skrng cara buka deposito juga makin gampang yaa

    BalasHapus
  19. mudah, aman, terus bisa ambil juga kalao butuh dalam hitungan bulan. nabung itu emang untuk mempermudah ketika butuh. Penting nih bikin tabungan deposito bpr komunal... terutama pelaku umkm

    BalasHapus
  20. deposito yang keren dan menarik sekali infonya ya. Pilih bank yang amanah dan jangan sampai tertipu. Kalau deposito yang cepat dan aman pasti rekomendasi nih

    BalasHapus
  21. Pandemi memang memberi kita pelajaran yang berharga untuk berinvestasi ya. Salah satunya ya dengan cara deposito. Baru tahu kalo di BPR ada deposito juga. Selama ini tahunya tabungan dan kredit. Menarik nih BPR Komunal ya. Jadi kepengen nyoba. Cari tahu lebih jauh aaaah...

    BalasHapus
  22. Selamat atas kerjaan barunya, Kak! Deposito emang cara investasi yg aman ya karena hanya bisa ditarik dalam jangka waktu tertentu. Solusi alternatif buat yang susah nabung nih ya, saya pun gitu, hehe

    BalasHapus
  23. Gampang banget nih ya berinvestasi melalui deposito gitu. Kirain bakal ribet banget loh prosesnya, ternyata bisa dilakukan secara online semua ya langkah-langkahnya.

    BalasHapus
  24. Selamat ya mbak, dimasa pandemi bisa naik kelas, semua blogger kini bisa mengawal teman-teman blogger lain dengan jadi admin. Penghasilannya nambah, jadi yang disimpan juga mesti nambah ya. Simpannya di depositi BPR komunal biar nggak gatel buat sewaktu-waktu diambil

    BalasHapus
  25. BPR Komunal pilihan di masa pandemi, selain praktis tapi juga mudah. BPR mulai berinovasi mengadaptasi financial digital

    BalasHapus
  26. Aku bayangin dulu investasi deposito ini kok susah alias ribet banget yak. Apalagi setoran awalnya minimal Rp 5 juta atau Rp 10 juta. Ya utk generasi first jobber ya susah yak nabung segitu. Kecuali gajinya di atas itu hehe..

    Nah pas baca BPR Komunal ini, ternyata cara bikin akun, setoran deposito hingga syarat setorannya mudah dan murah banget. Hanya dgn minimal sejuta, kita udh bisa bikin akun. Prosesnya full online. Jadi kita ngga perlu rempong sekali ke kantor cabang buat bikin akun hingga setorannya.

    Pokoknya kita tinggal ongkang-ongkang kaki deh dari rumah. Cuan pun berlimpah.

    BalasHapus
  27. Sama kitaaa.. kalau ada uang nganggur, tangannya udah gatel dulu pengen manfaatin. Iya klo manfaat ke jalan yg bener. Seringnya sih ke jalan yg bengkok, wkwkwk.

    Boleh deh buka deposito di BPR Komunal klo gitu. Apalagi cara daftarnya secara online, praktis untuk aku yg gak hobi ngantre kelamaan di bank ini.

    BalasHapus
  28. Wah, deposito BPR Komunal banyak banget promonya. Nggak kaget akutu. Soalnya selama jadi deposan BPR Komunal, aku merasakan banget semua kemudahannya.

    BalasHapus
  29. Deposito mulai dar 1 juta kaya ga mungkin pada awalnya, pas saya daftar jadi deposan di deposito BPR Komunal, ternyata emang bene. Daftarnya praktis banget, no ribet-ribet

    BalasHapus
  30. Suka banget sama produk deposio satu ini. Soalnya prosesnya bisa dari rumah. Apalagi nominalnya juga terjangkau. Bermanfaat kalau mau nyimpen biaya tertentu yang akan diamankan untuk beberapa bulan ke depan.

    BalasHapus
  31. Berkat Deposito BPR Komunal, saya bisa memiliki rekening deposito di BPR, soalnya rate/imbal hasil di BPR lebih besar dibanding bank konvensional, apalagi buka deposito bisa dilakukan dari mana saja dan bilyetnya juga sudah saya terima dengan cepat, suka dengan dengan pelayanannya.

    BalasHapus
  32. Sama kak. Keinginan punya deposito pun sering terhalang karena urusan sirvey bank yang tepat. Kan ngeri kalo salah pilih

    BalasHapus
  33. Dulu aku mengira kalau mau investasi deposito itu harus punya uang puluhan juta dan tenor tahunan. Tapi itu terbantahkan setelah kenal Deposito BPR Komunal. Udah gitu pengajuannya juga enggak ribet sama sekali. Mudah dan cepat

    BalasHapus
  34. Huahaha, daku pun demikian mbak Dian, ada tabungan yang ada malah kepake. Sepertinya memang deposito ini jadi solusinya biar punya dana yang terjaga

    BalasHapus
  35. aku belum paham nih terkait kalau kita investasi 1.000.000 dengan suku bunga 3,1% p.a dan tenor 1 bulan itu artinya apa ya? mungkin aku harus konsultasi langsung ke BPR nya ya? setelah itu baru deh mengajukan depposito setelah paham dan yakin

    BalasHapus
  36. Deposito ini emang solutif bgt agar tabungan enggak di otak atik, akupun biar bisa nabung ya aku depositoin. Dan sekarang deposito enggak harus nunggu uangnya banyak, deposito bpr komunal ini loh ngebantu banget. Saldo awal bisa sejuta aja.

    BalasHapus
  37. Setuju mbak, saya sudah membuktikan
    Bahwa deposito BPR komunal ini sangat mudah dan cepat dalam membukanya

    BalasHapus
  38. Mengamankan uang yang ada untuk tujuan keuangan yang pasti ini menarik sekali.
    Karena ketika ada tujuan, berarti ada yang ingin dicapai. Jadi semakin semangat investasi di BPR Komunal dalam bentuk deposito.

    BalasHapus
  39. aku belum paham tentang deposito jadi belum pernah, ternyata dia gak bisa diambil seenaknya ya. boleh juga nih buat yang suka pengin nabung tapi diambil-ambilin mulu kayaknya mesti coba deposito XD

    BalasHapus
  40. Sekarang lebih praktis ya kak lewat ponsel bisa deposito, segera meluncur download.

    BalasHapus
  41. akses untuk invesatsi makin terbuka lebar ya mbak. bahkan sambil rebahan juga bisa mengahsilkan cuan kalau kayak gini sih, salah satu dampak positig di era digital

    BalasHapus
  42. BPR ini emang terpercaya kok. Banyak teman yang memilih BPR Komunal buat nyimpen uang dalam bentuk deposito di BPR.

    BalasHapus