Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melatih Daya Ingat

Siapa sih yang masih muda tapi suka pikun? Sering nggak sih mengalami tiba-tiba lupa naro kunci atau barang-barang penting lainnya?

Biasanya 'pikun' sering dikaitkan dengan faktor usia. Terus, salah ngga ya kalo masih muda, tapi sering lupa? Eh ternyata, emang ada beberapa hal nih yang menjadi penyebab seseorang menjadi pelupa di usia muda. 

Penyebab Menjadi Pelupa di Usia Muda

Kurang Tidur

Siapa nih anak muda yang hobi begadang? Padahal kan udah diingetin sama Bang Roma kalo "Begadang jangan begadang~" Yha biasalah ya, anak muda pasti sering terserang over thinking di tengah malam. Yang kemudian bikin susah tidur dan begadang. 

Ternyata begadang nggak cuma bikin kulit kusam dan penuaan dini, tapi juga bisa menimbulkan kecemasan dan perubahan suasana hati yang kemudian memunculkan permasalahan memori. Hmmm, tuh anak muda dengerin, ya. Jangan suka over thinking dini hari kalo nggak mau jadi pikun di usia muda.

Stress

Hidup memang penuh dengan permasalahan. Anak muda pun pastinya punya masalah tersendiri mulai dari masalah sekolah, hubungan, pertemanan hingga keluarga. Tak jarang, permasalahan tersebut dapat menimbulkan stress, kecemasan hingga depresi. Hal ini nih yang kemudian menjadi penyebab munculnya permasalahan memori.

Mengkonsumsi alkohol

Nah untuk anak muda yang suka mengkonsumsi alkohol juga harus hati-hati nih. Karena ternyata konsumsi alkohol berlebihan, juga dapat menyebabkan gangguan memori jangka pendek. 

Nah, terus gimana dong kalo udah terlanjur dan udah jadi pelupa? Tenang, ada beberapa hal nih yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan daya ingat.

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Daya ingat adalah fungsi untuk mengenang atau kembali mengulang pengalaman masa lalu. Daya ingat juga berhubungan erat dengan kemampuan otak menyimpan informasi. Yuk terus baca artikel berikut ini untuk mengetahui cara meningkatkan daya ingat.

Tidur Cukup

Pada yang telah kita bahas sebelumnya, ternyata kurang tidur dapat menyebabkan munculnya masalah memori. Oleh karena itu, cobalah untuk tidur cukup setiap hari. Karena menurut penelitian, dengan membiasakan cukup tidur setiap hari dapat meningkatkan daya ingat kita.

Tidur cukup juga dapat membuat kita mampu menerima informasi dan mempelajari hal baru dengan lebih baik. Nah, untuk mempertajam daya ingat, jangan lupa untuk mengusahakan tidur malam selama 7 - 9 jam setiap hari, ya.

Kurang Konsumsi Gula

Tau nggak sih bahwa ternyata mengkonsumsi banyak gula nggak cuma bisa menimbulkan penyakit diabetes tapi juga dapat menyebabkan pengurangan volume otak dan penurunan daya ingat. Oleh karena itu, yuk mulai kurangi konsumsi gula untuk kesehatan tubuh dan juga untuk meningkatkan daya ingat.

Berolahraga

Berolahraga ternyata nggak cuma bermanfaat untuk kesehatan dan menjaga berat badan ideal aja. Menurut penelitian, olahraga aerobik seperti berlari, berenang hingga menari dapat meningkatkan kemampuan daya ingat untuk pasien penderita alzheimer.

Mengkonsumsi kopi dan cokelat hitam

Ternyata mengkonsumsi kopi tak selamanya buruk, loh. Karena kandungan kafein di dalamnya dapat meningkatkan lemampuan daya ingat. Nggah hanya kopi hitam aja, tapi okelat hitam juga dapat berguna untuk meningkatkan kemampuan daya ingat. Karena cokelat hitam mengandung flavanoid yang terbukti mampu membuat aliran darah ke otak menjadi lebih lancar.

Bermain Kartu dan Permainan Asah Otak Lainnya

Bermain kartu ternyata dapat menjadi salah satu kegiatan untuk meningkatkan daya ingat loh. Karena ternyata bermain kartu dapat memberikan stimulus mental. Bahkan, bermain kartu sebentar saja juga dapat meningkatkan volume di beberapa area otak. Nggak cuma itu aja, bermain kartu juga dapat melatih daya ingat dan melatih kemampuan berpikir tajam.

Tapi mungkin buat kamu yang sibuk, bermain karu mungkin akan terasa merepotkan karena membutuhkan kartu,  teman bermain, hingga tempat yang agak luas. Tapi tenang dulu, karena di era digital ini, bermain kartu untuk meningkatkan daya ingat bisa dilakukan di gadget kesayangan kita aja loh.

Yang ingin meningkatkan daya ingat dengan bermain kartu dimana aja dan kapan aja, yuk langsung buka https://www.solitaire.org/

Bermain untuk Meningkatkan Daya Ingat di Solitaire.org

Udah coba klik link diatas belum? Solitaire.org adalah website permainan kartu, puzzle, teka-teki silang dan Permainan Asah Otak lainnya yang dapat dimainkan secara gratis. 

Asal mula permainan Solitaire?

Ternyata, Solitaire telah populer di kalangan masyarakat kelas atas Prancis pada pertengahan abad ke-19. Hingga akhirnya permainan ini berhasil melintasi Atlantik ke AS di tahun 1870 dengan nama Solitaire.

Solitaire pun semakin populer di antara pemain kartu dari semua lapisan masyarakat. Microsoft Windows, sistem operasi terkemuka, menjadi salah satu pendukung terbesar dengan menyertakan versi gratis Solitaire pada tahun 1990.

Yang kangen sama game Solitaire, bisa langsung aja klik https://www.solitaire.org/solitaire-games/

Jenis Permainan di Solitaire.org

Card



Pada https://www.solitaire.org/card-games/ terdapat beebrapa jenis permainan kartu seperti Blackjack Crazy Eights, Euchre, Gin Rummy, Hearts, Spice & Malite dan lain sebagainya.

Mahjong



Pada https://www.solitaire.org/mahjong-games/ terdapat beberapa jenis permainan mahjong seperti Solitaire, 3D, Animal Connection, China, Cooking, Golden Autumn, Panda dan lain sebagainya.

Hidden Objects



Pada https://www.solitaire.org/hidden-object-games/ terdapat beberapa jenis permainan menemukan benda tersembunyi yang dapat mengasah ketelitian kita.

Selain ketiga games diatas, juga terdapat beberapa games lainnya seperti Match 3 Games https://www.solitaire.org/match-3-games/, Logic Puzzle https://www.solitaire.org/logic-puzzle-games/, dan Word Games https://www.solitaire.org/word-games/.

Untuk terus meningkatkan daya ingat, yuk coba beberapa games seru di https://www.solitaire.org/free-online-games/!

1 komentar untuk "Cara Melatih Daya Ingat"

  1. Nah, bahaya ini yang suka lupa, jadi harus mengasa kembali daya ingat. Game memang melatih daya ingat yang paling ampuh.

    BalasHapus