Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Serunya Belajar Coding untuk Anak di HACKTIVKIDZ

Berasa nggak sih Buibu, kalo persaingan kerja jaman sekarang tuh udah makin sulit? Jauh lebih sulit dibandingin 10 tahun yang lalu. Era digital berkembang semakin pesat. Terlebih dengan adanya pandemi, digitalisasi sudah memasuki semua sektor.

Sebagai orangtua, mama Dian dan papa Api sadar banget bahwa kebutuhan kompetensi digital semakin meningkat. Lebih-lebih setelah baca banyak banget penelitian yang bilang bahwa akan ada banyak pekerjaan yang 'hilang' di tahun 2025. Pekerjaan-pekerjaan yang hilang tersebut kemudian akan tergantikan dengan jenis pekerjaan berbasis teknologi. 

Kebayang nggak sih sesulit apa persaingan dunia kerja anak-anak kita nanti? Sekarang aja rasanya persaingan kerja tuh udah sulit banget, gimana nanti di tahun 2025?

Oleh karena itu, mama Dian udah mulai mikirin nih dari sekarang. Kira-kira, skill dan bakat apa yang harus diasah sejak dini, sebagai bekal anak-anak saat memasuki dunia kerja kelak.

Una (11 tahun) emang masih bingung kalo ditanya soal cita-cita. Jadi mama Dian mulai perhatiin, apa sih yang Una suka lakuin. Apa nih bakat-bakat yang harus mulai diasah.

Nah, ngga berbeda jauh dari anak-anak lainnya di masa pandemi ini. Una tuh suka banget main game. Anak-anak dan gadget saat ini emang sulit banget terpisahkan. Yha gimana dong, sekolah online pake gadget, selesai sekolah biasanya hiburannya juga main game di gadgetnya.

Terus mama Dian kepikiran.. Kalo passionnya emang di game, kenapa ngga sekalian diajarin bikin game aja. Siapa tau kelak bisa jadi game developer kan? (Aamiin..)

Akhirnya, mama Dian mulai cari-cari informasi tentang kursus coding untuk anak. Kebetulan banget, saat ini banyak kursus online yang mudah diikuti cukup dari rumah aja. 

Eh setelah googling-googling, ketemu deh sama HACKTIVKIDZ. Pas banget pula, saat itu lagi dibuka pendaftaran kelas trial gratis. Tanpa pikir panjang, mama Dian langsung daftar ke trial class-nya HACKTIVKIDZ.

HACKTIVKIDZ, Kursus Coding Untuk Anak

HACKTIVKIDZ merupakan bagian dari Hacktiv8. Hacktiv8 adalah perusahaan yang menyediakan tempat pelatihan yang mentransformasi para pemula menjadi digital talent terlatih dan berkompeten di Indonesia. HACKTIV8 adalah coding bootcamp pertama di Asia yang tergabung dalam Council on Integrity In Results Reporting (CIRR).

CIRR adalah standar yang dikembangkan oleh sekelompok besar sekolah coding yang percaya bahwa transparansi dalam memberikan hasil belajar kepada calon siswa adalah hal yang sangat penting.

Belajar coding untuk anak

Sedangkan HACKTIVKIDZ adalah tempat untuk mengenalkan keterampilan coding pada anak dengan konsep PictoBlox yang memungkinkan mereka membuat program sendiri dengan animasi. HACKTIVKIDZ juga merupakan kursus coding untuk anak dan tempat belajar coding untuk anak SD-SMP.

Kurikulum di HACKTIVKIDZ

Saat ini ada 3 jenis kurikulum di HACKTIVKIDZ yang dapat dipilih sesuai dengan minat anak, yaitu animation, art dan games.

Kursus coding untuk anak

Pada level Animation, anak-anak akan mempelajari block coding dengan animasi, pengenalan coding dasar, membuat animasi dengan aplikasi Pictoblox, memberikan efek suara pada animasi, dan membuat program animasi dengan storytelling.

Selanjutnya pada level Art, anak-anak akan belajar menggambar dengan coding, memainkan efek suara pada animasi, menggambar animasi dengan aplikasi Pictoblox, dan memberikan berbagai latar dengan animasi.

Terakhir pada level Games, anak-anak akan belajar tentang logika programming, mengenalkan konsep komputer untuk membuat game, praktik coding dasar untuk membuat game, membuat game sederhana dengan aplikasi PictoBlox dan membuat beragam game dengan storytelling

Review Trial Class HACKTIVKIDZ

Pada Jum'at sore kemarin, akhirnya Una ikutan les coding anak bersama HACKTIVKIDZ. Kelas virtual yang berlangsung via zoom tersebut, diikuti oleh lebih dari 30 anak dengan usia 10-14 tahun. HACKTIVKIDZ memang merupakan tempat belajar coding untuk anak SD-SMP, jadi paling banyak yang ikutan trial class-nya adalah anak usia SD-SMP.

Belajar coding untuk anak SD-SMP

Kelas sore itu dipandu oleh Kak Gita sebagai instruktur utamanya. Kak Gita merupakan salah satu instruktur berbekal berpengalaman sebagai programmer hingga mengajar training, workshop, webinar, dan online course yang juga senang bermain dengan anak-anak.

Oh iya, untuk mengikuti les coding anak HACKTIVKIDZ ini, nggak perlu mendownload aplikasi apapun. Cukup buka aja laman web Scratch. Scratch adalah bahasa pemograman yang interaktif dan fun! Nah, disinilah anak-anak akan berkreasi membuat game pertamanya.

Untuk alat belajar anak, laptop yang dipersiapkan harus memiliki spesifikasi ProcessorCore i3 (recommended: Core i5), RAM minimum 4GB (recommended: 8GB) dan memiliki kapasitas penyimpanan 1 TB.

Kebetulan banget laptop mama Dian rada jadul, jadi nggak bisa ngebuka Scratch. Jadilah Una lanjut pake tab-nya aja. Alhamdulillah lancar~

Pada kelas sore itu, Kak Gita mengajarkan anak-anak untuk menambahkan animasi dan membuat animasinya bergerak dengan perintah-perintah sederhana. 

Les coding anak

Selain itu, Kak Gita juga mengajak anak-anak untuk membuat game bertema virus dan vaksin. Sejujurnya, menurut mama Dian instruksi instruksi yang diberikan oleh kak Gita cukup cepat dan lumayan rumit. Tapi herannya, Una tetep bisa inget dan ngikutin dengan baik. 

Sekolah coding anak

Wuah, anak-anak gen Z memang berbeda, ya. Saking akrabnya sama teknologi sejak lahir, kefasihan mereka menggunakan teknologi pun juga oke banget. Kalo mama Dian perlu agak mikir dulu mencerna instruksi Kak Gita, sedangkan Una langsung sat set sat set. 

Manfaat belajar coding untuk anak

Eh iya selain ngebuat animasi dalam game-nya bergerak. Kak Gita juga mengajarkan cara menambahkan musik, sound efek hingga nilai skor penentu kemenangan. Bener-bener akhirnya Una berhasil bikin game beneran loh~ Zuper keren banget!

Tes Evaluasi HACKTIVKIDZ

Selesai membuat game, ternyata kelas belum selesai. Karena setelah itu anak-anak harus mengikuti tes evaluasi singkat untuk mengukur kemampuan mereka setelah mengikuti kelas sore itu.

Review HACKTIVKIDZ

Tes evaluasinya menggunakan google form dengan pertanyaan seputar apa yang telah diajarkan oleh Kak Gita di dalam kelas. Sama sekali bukan tes yang njlimet dan pasti mudah dikerjakan sama anak-anak yang sebelumnya udah serius banget di kelasnya. Hihi.

Kesan Una setelah mengikuti trial class HACKTIVKIDZ

Jadi, review HACKTIVKIDZ dari Una adalah kelasnya seru. Walaupun ini adalah pertama kalinya Una belajar tentang coding, tapi Kak Gita sukses mengajarkan tanpa membuat Una bingung. Hihihi. Alias ngajarinnya enak banget, mudah dimengerti untuk Una dan semua anak yang ada di trial class sore itu.

Mama Dian juga happy dan bangga banget liat Una berhasil bikin game sederhana pertamanya. 

Nggak heran sih Una cepet banget ngerti sama yang diajarkan Kak Gita di trial class HACKTIVKIDZ sore itu. Karena HACKTIVKIDZ mengajarkan dengan metode yang menyenangkan.

Metode mengajar di kelas HACKTIVKIDZ

Metode mengajar di HACKTIVKIDZ memang dirancang untuk memudahkan anak-anak memahami materi yang diberikan.

Kelas imajinatif

Kelas yang imajinatif membuat anak-anak dapat mengikuti kelas yang sesuai dengan kemampuan mereka.

Instruktur seru

Setiap kelas akan memiliki instrukstur yang senantiasa membimbing anak-anak dalam kelasnya. Setuju banget nih, Kak Gita emang instruktur yang komunikatif sama anak-anak. Pas ada anak-anak yang kurang mengerti, Kak Gita juga nggak sungkan untuk menerangkan kembali.

Pelajaran Menarik

Materi-materi yang disampaikan mampu membuat anak-anak untuk memiliki pola pikir yang kritis dan sistematis.

Belajar Sambil Bermain

Sekolah coding anak HACKTIVKIDZ akan membebaskan anak-anak untuk berimajinasi dalam praktik membuat program. 

Setelah Una mengikuti trial class HACKTIVKIDZ mama Dian jadi semakin yakin bahwa coding skill adalah salah satu skill yang wajib dimiliki oleh Una. Emang apa sih manfaat belajar coding untuk anak?

Manfaat belajar coding untuk anak

Berdasarkan yang mama Dian baca di web Hacktiv8, beberapa keuntungan belajar coding untuk anak yaitu, karena coding merupakan bahasa pokok masa depan, coding juga merupakan skill jangka panjang, coding membuat anak mampu berpikir logis, menumbuhkan kreativitas anak, membantu anak berinovasi dan menjadikan anak problem solver.

Gimana nih Buibu, penasaran juga nggak untuk mengikutkan anak-anak ke trial class-nya HACKTIVKIDZ? Langsung aja klik Kelas Trial Gratis untuk mengikuti free trial class belajar coding untuk anak di HACKTIVKIDZ pada tanggal 18 Desember besok, ya.

Mama Dian sebagai orangtua juga yakin banget sih kalo anak-anak yang gigih dan punya tekad kuat untuk belajar coding sejak dini, bakal punya kesempatan yang lebih besar dalam industri teknologi di masa depan. Sekian dulu postingan review HACKTIVKIDZ ini, semoga bermanfaat untuk semuanya.

Yuk Buibu, bekali anak-anak dengan skill coding, sebagai bekal masa depan mereka. Nggak perlu bingung-bingung lagi cari sekolah coding anak, langusng aja mampir ke web Hacktiv8 atau ke Instagram @hacktiv8id yaaaa!

65 komentar untuk "Serunya Belajar Coding untuk Anak di HACKTIVKIDZ"

  1. Hemm, seru banget ya bisa buat game sendiri dan diajari, lebih asyik pasti daripada main game melulu. Bagus ini untuk anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mak, salah satu skill yang dibutuhkan juga di masa depan niiih

      Hapus
  2. Beruntung anak-anak sekarang dalam hal mengakses berbagai ilmu, termasuk percodingan. Ini bisa menjadi salah satu ikhtiar agar anak setahap lebih maju dalam dunia digital dengan mengenalkan coding dan keseruan mempelajarinya. Keren hactivkidz

    BalasHapus
  3. Gara-gara ikut kelas ini, laptop saya dibajak bocah yang keasikan berlatih coding
    Una juga pasti senang sekali bisa belajar dengan cara yang menyenangkan ya
    Kapan-kapan Una ngoding bareng dengan Prema yuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahahahahahahaaaa. Kayanya Prema malah lebih jago dari Una niiihhh.. hihiiihii. Nggak nyangka ternyata anak anak bisa juga belajar coding ya mak. hihi

      Hapus
  4. Kayaknya kemampuan koding ini harus segera dikuasai anak saya juga. Supaya bisa mengembangkan diri ke depan dan bersaing di era teknologi informasi seperti saat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget, salah satu softskill yang dibutuhkan di masa depan nih maaaak

      Hapus
  5. Bener tuh kak. Persaingan kerja zaman sekarang makin sulit. Kalo anak2 kita ngga dipersiapkan sejak sekarang, pengangguran pasti akan melonjak ke depan. Belajar coding ini jd salah satu persiapan bagi anak demi mendapatkan skill terbaik. Hacktivkidz ini tempat belajar coding paling bagus deh. Aku juga lagi belajar di sana soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mas didik ikut yang coding bootcamp yaaa.. keren banget tuuuh

      Hapus
  6. Aiih masyaAllah si adikk, keren bangett ih anteng ikutan kelas coding anak di hacktivkidz. calon2 programmer iinii, aamiin. Aku kmrn ikutan sampe berasap kepalanya hihi. semangat teruss

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. iya nih anak-anak kok bisa lebih cepet nangkep. Kalo aku ikutan coding bootcamp dah pasti berasep juga kepalakuuuu.. hihiihii

      Hapus
  7. Waah seru banget belajar di HACKTIVKIDZ ya mbak. Banyaj keuntungannya untuk anak2. Memang perkembangan teknologi makin pesat. Dan anak2 harus diajarkan mulai dari sekarang untuk mengikuti perkembangan jaman. Karena pada saat anak2 kita besar nanti, bukan hanya biaya pendidikan yang makin mahal, namun persaingan dunia kerja dan persaingan skill yang menjadi syarat terjun ke dunia kerja lebih ketat lagi...makanya sejak saat ini anak2 harus dibekali dengan ilmu dan pendidikan yang mumpuni. Keren dah HACKTIVKIDZ ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mak, anak anak emang perlu nih ngasah skill coding di HACKTIVKIDZ sejak diniii

      Hapus
  8. Belajar coding saat ini bukan untuk kalangan dewasa saja ya. Anak anak memiliki kesempatan juga dan ini pastinya bisa mengembangkan bakat serta minat anak. Senangnya banyak bermunculan tempat belajar coding seperti kelas Hacktivkidz

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mak, kalo bisa anak anak juga harus mengasah skill codingnya yaaa

      Hapus
  9. Ada kurikulum dan levelnya juga, jadi bisa disesuaikan jenis coding mana yg mau dipelajari ya.

    BalasHapus
  10. Senangnya, Una didampingi oleh mama yang selalu mengarahkannya agar menguasai keterampilan yg diperlukan. Ternyata pilihan ikut kelas coding di Hacktivkidz merupakan pilihan yang tepat, Una senang mengikuti kelas dan penasaran dengan materinya.
    Keren banget mba Dian.

    BalasHapus
  11. Adanya kelas Trial dari HacktivKidz, tentu sangat membantu orangtua dalam melihat potensi yang dimiliki anak-anak. Apalagi anak-anak sekarang, sudah akrab dengan teknologi sejak lahir, pasti Coding menjadi kebutuhan dasar mereka kelak. Disamping itu, dengan kemajuan teknologi AI, hidup mereka pun identik dengan programming ke depannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mak, HACKTIVKIDZ ini bener bener tempat yang tepat buat anak anak belajar coding

      Hapus
  12. Dari postingan ini jadi tahu ternyata belajar coding itu bisa jadi hal yang menyenangkan ya bagi si kecil. Btw saya baru dengar nama coding saja udah terbayang pusingnya eh tapi di HACKTIVKIDZ pembelajaran ini bisa dikemas dengan sangat menarik ya dan bikin anak semangat dan happy belajarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Kak, ternyata belajar coding untuk anak malah menyenangkan buat mereka loh.. hihi

      Hapus
  13. seru yaaa bisa create game sendiri klo paham soal coding ini, jadi pengen cobain anakku trial les coding ini deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak, super seru banget coding class di HACKTIVKIDZ

      Hapus
  14. Pilihan yang tepat seorang Ibu ketika ingin memperkenalkan anak dengan ragam profesi yang mungkin ada dan berkembang di masa depan. Dengan ikutan belajar coding di HACKTIVKIDZ, anak-anak bisa mencoba setidaknya 1 level. Jadi ketika memang minat dan hobi, maka lanjut ke level berikutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mak, lumayan juga buat ngasah minat dan bakat anak anak yaaa

      Hapus
  15. asyik banget ya Mbak, anak-anak mah kalau belajarnya sesuai dengan yang disukai pasti semangat *hmm orang dewasa mah juga gitu sih ya.
    pasti setelah ini Kak Una jadi semakin semangat belajar codingnya ya apalagi di Kelas Hactivkidz belajarnya seru dan asyik ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes, makin penasaran anaknya sama coding.. hehe

      Hapus
  16. coding biasanya identik dengan serius dan fokus banget. Tapi klo belajar coding di HacktivKidz ini seru ya mbak
    Metode nya asyik, instrukturnya juga seru

    BalasHapus

  17. Seneng ya anak2 bisa belajar coding dengan cara yang menyenangkan begini. Anakku katanya malah pingin daftar lagi

    BalasHapus
  18. Setelah baca postingan ini kayaknya saya tertarik untuk mendaftarkan anak saya di kelas koding ini juga mbak, siapa tau bakat dia ada di koding ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul cobain ikut trial classnya dulu aja maaaak

      Hapus
  19. Horree akhirnya ada kursus coding buat anak-anak. Ini akan jadi rekomendasi buat anak-anak dampinganku

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes, cocok dan seru banget buat anak anak niiih

      Hapus
  20. menarik kelas coding buat anak hacktivkidz ini ya mba, diajarin coding tapi dengan cara2 yg menarik udh gitu ada trial class nya lagi jadi bisa kasih gambaran dulu anaknya sreg engga, suka engga sebelum lanjut ikutasn kelas full nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget, jadi anak anak bisa nyobain dulu kelas pertamanya lewat trial class

      Hapus
  21. Baguss banget coding itu apalagi anak2 dah mulai dikenalkan krn dunia IT berkembang pesat terasa banget di saat pandemi spt skrg kantor2 program IT nya berkembang pesat byk permintaan ini itu biar memudahkan transaksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, coding tuh salah satu skill yang diperlukan banget di masa depan loh maaaak

      Hapus
  22. enak yaa di Hacktivkidz ini udah dibagi per 3 kelas gitu jadi jelas anak mau masuk ke yang mana ya mbak. gak campur aja gitu bikin games atau animation aja :)

    BalasHapus
  23. Unaaa...pinter banget ya gak bi gung bljr CODING. Kl Nenek nih liat tulisan yg dibacanya *CODING* udah gemeter dan ldmah lunglai deeh. Serem sama CODING.

    BalasHapus
  24. persiapan buat belajar coding anak butuh laptop yang dipersiapkan harus memiliki spesifikasi ProcessorCore i3 (recommended: Core i5), RAM minimum 4GB (recommended: 8GB) dan memiliki kapasitas penyimpanan 1 TB. wow!! okeh harus upgrade laptop anakku dulu

    BalasHapus
  25. Anak2 zaman now makin tertantang kudu kreatif dan inovatif ya mbak. Si kecil belajar coding tuh keren banget, bisa bikin game sendiri dll. Bangga nih anak dan mamahnya hehehe :) Ada kurikulum khusus ya kursus di Hacktivkidz ini belajarnya menyenangkan dan paham dengan baik.

    BalasHapus
  26. Luar biasa zaman digital ini ya.
    Kini belajar coding sudah bisa dimulai sejak dini.
    Jujur aku baru tahu Hacktivkidz.
    Untung aja blogwalking di sini.

    Bertambah lagi nih referensi buat bunda-bunda yang buah hatinya hobi coding.

    BalasHapus
  27. Zaman sekarang modal ijazah sekolah aja kayak belum cukup gitu, ya. Hars menambah skill juga. Karena persaingan memang semakin berat dan semakin global.

    BalasHapus
  28. Pengen deh ikutan trial classnya buat Alde dia hobi mengutak-atik minecraft dan puzzle serta logo kayaknya cocok buat belajar coding

    BalasHapus
  29. Ada bebrapa pilihan ya mba untuk coding. Aku kira satu aja coding yang art. Kayaknya anakku bakalan suka cobain coding ini. Makasih rekomendasinya mba. Banyak manfaat juga buat anak belajar coding ini

    BalasHapus
  30. Sudah terbayang serunya ikut coding class di hacktivkids. Pengajaranya pakai metode bermain sambil belajar. Pantesan anak-anak gampang paham pas dijelasin. Emang lebih enak dileskan coding ya Mbak. Daripada anak main game terus. Sekalian belajar bikin game.

    BalasHapus
  31. Anak-anak dengan fasilitas teknologi yang canggih bisa banget nih..mengikuti Kursus Coding Untuk Anak.
    Karena banyak sekali manfaatnya untuk masa depan. Dipandu dengan pengajar yang seru dan menyenangkan, belajar di hacktivkidz bisa menjadi pilihan.

    BalasHapus
  32. Semangat ngoding ya, Una

    Aku yang dewasa belum kepikiran buat belajar ini. Tapi kalau betulan ada minat, pasti hayuk aja ikut kelasnya. Buktinya Una bisa ya

    BalasHapus
  33. Anak-anak sekarang dimudahkan ya untuk belajar coding dari kecil. Anakku juga belajar scratch ini sekarang dan Seneng banget.

    BalasHapus
  34. keren yaa anak sekarang bisa belajar coding dengan cara menyenangkan bahkan bisa game juga

    BalasHapus
  35. Iya juga ya belajar coding ada ukurannya. Tentunya belajar coding anak-anak akan beda dengan orang dewasa kurikulumnya. Persiapannya keren nih HACKTIVKIDZ. Semoga anak-anak banyak yang menyenangkan belajar coding

    BalasHapus
  36. coding emang jadi salah satu aktivitas yang disukai anak anak masa kini ya mbak
    pasti seru klo belajar coding di HacktivKidz ini

    BalasHapus
  37. anakku jua ikut kelas trial hacktivkidz mbak, suka banget ikutan lekas codingnya karena akhirnya dia bisa bikin game sendiri. Sekarang dia suka latihan sendiri penasaran katanya pengen buat lagi.

    BalasHapus
  38. Aku dulu kerja di software house, bbrp temenku yg programmer suka bikin game (tapi buat kerjaan) dan kyknya enjoy banget kek hobi yang dibayar haha
    Kdng aku jg kepikiran apa anakku kuarahkajn jd programer jg apa ya haha tp gak mau maksain
    Pernah ikuta kursus koding anaknya hepi jg, mungkin bisa lah diarahkan lagi
    Btw terima kasih info kursus kodingnya :D

    BalasHapus
  39. Kalau dulu belajar coding itu buat anak IT ya, tapi sekarang anak anak bisa belajar coding lho.. Keren banget ya.. Artinya mereka bisa juga ya nantinya bikin game gitu.. Wah, seru banget

    BalasHapus
  40. Seneng banget ada kelas koding buat anak-anak gini...Pengen deh ikutkan anak-anakku kelas koding hehe..

    BalasHapus
  41. Anak-anak jaman sekarang lebih cepat ya mba dalam memahami pelajaran coding gini. Iya ya, kalau kayak kita tuh harus berulang-ulang deh enggak kayak anak-anak Gen Z :)) Insya Allah penuh berkah dan manfaat belajar coding gini untuk nantinya bergelut di dunia teknologi masa depan.

    BalasHapus
  42. HACKTIVKIDZ ini konsepnya sederhana, jadi menyalurkan bakat dan minat anak, ya Dian!

    untuk anakku, dia udah pilih semua yaitu animation dan games saking penasaran!

    BalasHapus
  43. Wah asik banget ya kecil2 udah bisa coding, kebayang sewaktu aku kecil masih mainan boneka aja

    BalasHapus
  44. aku itu dari dulu pengen ikutan mak. cuma rada2 was2 biayanya
    dulu pernah robotik ikutan jadi dia bbisa main scratch skrg.
    tapi ini hacktivkidz patut dicobaa

    BalasHapus