Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa kisaran suhu badan normal anak bayi?

Berapa kisaran suhu badan normal anak bayi? Suhu tubuh adalah ukuran kemampuan tubuh bisa menghasilkan dan menyingkirkan hawa panas. Tingkat suhu tubuh dapat dipengaruhi oleh berbagai hal seperti suhu lingkungan. Tinggi rendahnya suhu tubuh seseorang juga dapat menjadi indikator kesehatannya.

Suhu tubuh normal orang dewasa berkisar antara 36,1 - 37,2 derajat celcius. Lalu bagaimana dengan suhu tubuh normal anak bayi?

kisaran suhu badan normal anak bayi

Kisaran suhu badan normal anak bayi


Kisaran suhu tubuh yang normal pada anak bayi adalah 36,6 - 38 derajat celcius. Suhu tubuh anak dikatan tinggi ketika menginjak angka 38 derajat celcius, namun hal itu tidak mutlak berbahaya.

Moms pasti sering ya mengalami masa-masa panik karena si kecil demam? Karena demam adalah penanda sistem imun tubuh sedang melawan virus atau penyakit tertentu. Si kecil yang demam juga terkadang menjadi lebih rewel dan lebih sering menangis karena merasa tubuhnya tidak nyaman. 

Apa sih yang harus dilakukan ketika anak demam?


Ada beberapa hal nih yang dapat menjadi pertolongan pertama saat si kecil terserang demam. Yuk simak pembahasannya di bawah ini:

Jangan panik


Iyap, poin pertama adalah jangan panik dan coba tetap tenang. Yang pasti jangan panik dan cobalah untuk tenang saat menghadapi situasi tersebut. Karena si kecil biasanya punya ikatan batin nih dengan Moms. Jadi kalo Moms ikut panik, si kecil bisa jadi lebih rewel. Yang pasti tarik napas terlebih dahulu, coba untuk tidak panik dan berpikir pelan-pelan. Selanjutnya lakukan hal di bawah ini. 

Ukur suhu tubuh anak


Nah, saat Moms merasa si kecil sumeng. Langsung ukur panas si kecil dengan menggunakan termometer. Jangan termometer tangan ya, sebaiknya gunakan termometer air raksa atau termometer digital. 

Berikan kompres air hangat


Nah, jika suhu tubuh anak diatas 38 derajat celcius, boleh langsung diberikan kompres kain dengan air hangat. Atau bisa juga menggunakan kompres instan untuk anak.

Kompres menggunakan air hangat bermanfaat untuk membuka pori-pori anak sehingga hawa panas dalam tubuhnya dapat keluar. Kompres air hangat juga bermanfaat untuk merangsang tubuh menurunkan kontrol suhu tubuh.

Berikan minuman yang cukup


Saat sedang demam, mengonsumsi banyak air putih dapat membantu sistem imun tubuh melawan virus dan bakteri. Karena air tidak hanya diperlukan untuk mengisi cairan dan menetralkan suhu tubuh, tetapi juga untuk melarutkan racun di dalam tubuh. Untuk si kecil yang masih bayi dan mengkonsumsi ASI, pastikan untuk menyusui sesering mungkin.

Hindari baju tebal dan jaga suhu ruangan


Hindari memakaikan baju tebal kepada si kecil saat sedang demam. Karena baju tebal dapat menghambat keluarnya hawa panas pada tubuh si kecil. Sebaliknya gunakan pakaian nyaman yang menyerap keringat.

Pastikan juga suhu kamar terasa sejuk untuk si kecil. Jika si kecil merasa kepanasan, nyalakan AC dengan suhu rendah atau gunakan kipas angin dengan kecepatan rendah. Hindari mengarahkan kipas angin atau AC secara langusng ke tubuh si kecil, ya.

Berikan obat penurun panas dan bawa kedokter


Berikan juga obat penurun panas kepada si kecil, speerti parasetamol setiap 4 jam sekali sesuai dengan dosis yang diperlukan. Jika demam si kecil belum juga turun setelah 3 hari lamanya, bawalah si kecil ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Nah itu dia beberapa tips pertolongan pertama saat si kecil terserang demam. Jangan lupa juga untuk terus menjaga kesehatan si kecil dengan mengonsumsi makanan sehat serta vitamin terutama di musim pancaroba dan hujan saat ini ya Mom!

1 komentar untuk "Berapa kisaran suhu badan normal anak bayi?"

  1. Nah terima kasih infonya, Mbak. Sering bingung dan takut kalau si kecil demam jadi kaang langsung dibawa ke dokter gitu aja.

    BalasHapus