Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenalan sama Dubes Korea Selatan yang baru yuk!

Kalo ngomongin tentang korea selatan, pasti langsung ngebayangin K-Drama atau K-Pop-nya yaaa. Iyes, saat ini siapa sih yang nggak tau tentang Korea Selatan? 

Dimulai dengan K-Pop dan K-Drama, Korea Selatan bahkan sukses meraih Oscar di tahun 2020 untuk salah satu K-Movie-nya yang berjudul Parasite. Nggak hanya itu aja sih, dari K-Drama yang dicintai oleh banyak masyarakat Indonesia, Korea Selatan juga sukses membius kita semua dengan sektor pariwisata-nya yang sering tergambar di scene-scene dramanya.

K-Wave emang sukses ngebuat Korea Selatan semakin terkenal di seluruh dunia. Pernah ngebayangin nggak sih, kapan ya sinetron Indonesia bisa semaju K-Drama Korea Selatan? Sebagai masyarakat Indonesia sih, aku juga mengharapkan banget Indonesia bisa bekerja sama dengan Korea Selatan di berbagai sektor. Biar terasa semakin ikrib hubungan persahabatan antara Indonesia dan Korea Selatan. Hihi.

Nah, agar bisa menjalin hubungan yang semakin ikrib, tentunya Indonesia perlu mengirimkan Duta Besar ke Korea Selatan untuk menjaga hubungan yang telah dibangun.

Apa itu duta besar? Duta Besar adalah pejabat diplomatik yang ditugaskan ke pemerintah asing yang berdaulat untuk bekerja sebagai pejabat yang mewakili negaranya. Beberapa tugas duta besar adalah mewakili negara secara keseluruhan di luar negeri dan menjalin serta meningkatkan kerjasama ekonomi, politik, keamanan, hukum, hak asasi manusia, juga promosi sosial dan budaya di negara penerima.

Mengingat pentingnya tugas yang diemban oleh seorang duta besar, tentunya perwakilan Dubes Indonesia untuk berbagai negara buka orang sembarangan yaaa. Dibutuhkan seseorang yang mampu membangun jembatan penghubung antara Indonesia dan negara tempatnya bertugas.

Tau nggak sih, beberap waktu lalu Presiden Jokowi baru aja nih melantik Dubes Indonesia untuk Korea Selatan yang baru! Kenalan sedikit yuk sama Bapak Dubes Indonesia untuk Korea Selatan.

Profil Bapak Gandi Sulistiyanto, Dubes RI untuk Korea Selatan


Pada Rabu, 17 November 2021 kemarin, Bapak Gandi Sulistiyanto resmi dilantik menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) RI untuk Korea Selatan oleh Presiden Joko Widodo, di Istana Negara. 

Sebelum menjadi Dubes RI untuk KorSel, Bapak Gandi merupakan bagian dari keluarga besar Sinar Mas sejak 1992. Beliau menjabat sebagai Managing Director Grup Sinar Mas dan telah mengabdi selama 30 tahun. 

Memulai karirnya di Astra International, kemudian berlanjut ke Sinar Mas dengan bergabung pada salah satu perusahaannya, PT Asuransi Jiwa Eka Life dengan beragam penugasan serta posisi di sejumlah pilar usaha Sinar Mas.

Funfact: Istri dari Bapak Gandi ternyata merupakan penggemar drama korea juga loh. Begitu pun dengan cucu-cucu beliau yang juga merupakan penggemar BTS dan Blackpink. Jadi Bapak Gandi sama sekali ngga merasakan kesulitan ketika tahu bahwa akan menetap di Korea Selatan selama bertugas sebagai duta besar di sana.

Jurus Diplomasi Ala Gandi Sulistiyanto

Bapak Gandi juga telah menyiapkan 'jurus' diplomasi yang akan dilancarkan untuk memperat hubungan antara Korea Selatan dan Indonesia yang juga akan menguntungkan kedua belah pihak. 

Menurut Bapak Gandi, target duta besar adalah membuat trade balance Indonesia positif. Ada 3 poin penting yang akan dilakukan yaitu dalam bidang ekonomi kreatif, kebudayaan dan green energy.

Ketika menjabat nanti, Bapak Gandi akan memulai fokus pertama pada peningkatan sisi ekonomi, perdagangan dan investasi. Karena hal itu merupakan misi utama yang dibebankan dari pemerintah. Untuk langkah awal, beliau akan menawarkan proyek-proyek infrastruktur yang ada di Indonesia agar Korea dapat lebih aktif berpartisipasi. Salah satu bentuk investasinya adalah melalui Indonesia Investment Authority.

Program pertama yang akan Bapak Gandi jalankan adalah meratifikasi turunan dari perjanjian yang sudah ditandatangani bulan Desember tahun lalu. Yaitu mengenai perjanjian CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement) di mana Indonesia dan Korea Selatan telah sepakat membebaskan bea masuk beberapa produk masing-masing.

Hmmm, happy pasti nih ya para fandon K-Pop di Indonesia, pssssst kita bisa beli album dan merch dari idol K-Pop kesayangan kita dengan biaya yang mungkin lebih murah! Hihi.

Sebagai Dubes, Bapak Gandi juga menginginkan menginginkan agar neraca perdagangan Indonesia nantinya bisa lebih seimbang. Jadi nggak hanya produk impor dari Korea saja yang masuk, tapi produk Indonesia yang keluar juga dapat mengimbangi. 

Bapak Gandi juga ingin agar UMKM di Indonesia dapat terintegrasi menjadi rantai pasok yang andal pada ekosistem perusahaan-perusahaan besar yang masuk dan berinvestasi di Indonesia. 

“Indonesia seharusnya sudah dikenal disana, pasar drama terbesar kedua di dunia bagi mereka ya Indonesia. Begitu juga dengan K-Pop, Indonesia sudah terkenal menjadi pasar disana, jadi nanti juga sebaliknya, kita akan menjadikan mereka sebagai pasar untuk produk Indonesia,”

Yuk semangat yuk untuk UMKM Indonesia, semoga bisa lebih maju dan berkembang lagi hingga ke negeri ginseng Korea Selatan yaaa! Aamiin.

Wah mendengar banyak program menarik dari Bapak Gandi berasa dapet angin segar ya ditengah kondisi pandemi ini. Semoga semua program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik untuk Indonesia dan juga mempererat hubungan diplomasi dengan Korea Selatan, ya. Aamiin..

Selamat bertugas Bapak Gandi Sulistiyanto!

20 komentar untuk "Kenalan sama Dubes Korea Selatan yang baru yuk!"

  1. Wah ada dubes baru mantap nih korsel, selamat bertugas dubes baru!

    BalasHapus
  2. Semoga programnya berjalan dengan baik. Dan produk-produk Indonesia jadi dikenal juga di Korea. Nggak cuma kita aja yang impor ya hehe

    BalasHapus
  3. wahh salut aku sama program kerja pak dubes ini
    nggak hanya misi budaya saja, tapi juga ada program green energy
    mantap pak dubes

    BalasHapus
  4. Semoga Bapak Gandi Sulistiyanto menjalankan tugas dengan penuh semangat dan lancar terus ya kak. Agar hubungan Indonesia dan Korea Selatan lebih mesra lagi. Semoga aja semangat dan etos kerja orang Korea Selatan nular nih ke Indonesia.

    BalasHapus
  5. Selamat pak Gandi semoga bisa mengemban amanah dg baik. Mengaminkan program nya yang dapat memajukan UMKM Indonesia :)

    BalasHapus
  6. pak gandi, aku kok kepingin produk2 kreatif indonesia juga bisa sukses di korea, ya. seperti film dan drama serialnya, gitu

    BalasHapus
  7. Selamat bertugas Pak Gandi. Dan saya setuju sekali, harus ada "Batter" antara Indonesia dan Korea Selatan. Kan, masyarat Indonesia fanatik sekali dengan K-Pop, drakor, dan sham yang, jadi orang korea juga harus fanatik dengan produk-produk Indonesia yang beragam dan berkualitas. Bisa tuh, sering diadakan event atau pameran.

    BalasHapus
  8. Wah, selamat bertugas di korea selatan untuk bapak gandi... Semoga lancar dan berhasil memajukan umkm indonesia...

    BalasHapus
  9. Saya kira dubes itu harus dari kemenlu ternyata ngga juga ya..

    BalasHapus
  10. semoga pak gandi bisa mewujudkan semua program nya . aamiin

    BalasHapus
  11. Wah pak Gandi ini memiliki pengalaman diplomasi yang sangat baik dan rasanya memang cocok menjadi dubes Indonesia di Korsel

    BalasHapus
  12. Selamat untuk pak Gandi. Semoga beberapa jurusnya ampuh dan bisa membawa Indonesia lebih dikenal di korsel sanaaa..

    BalasHapus
  13. Selamat bertugas Pak Gandi. Banyak sekali warna negara kita yang mengidolakan sosok aktris dan aktor dari Korea lho, Pak... Hehehe

    BalasHapus
  14. Sehat-sehat selalu ya Pak Gandi Sulistiyanto, agar 3 jurus diplomasi yang direncanakan dapat berjalan lancar demi kemajuan bersama.

    BalasHapus
  15. Sejauh ini yang aku tau hubungan diplomasi paling efektif dilakukan dari pertukaran budaya. Ternyata masih ada 2 strategi lainnya lagi. Semoga setelah ini hubungan Indonesia dan Korea makin erat. Apalagi banyak juga kan warga Indonesia yang menyukai budaya KPOP dan korean entertaiment. Nanti gantian Indonesia yang memperkenalkan produk2 Indonesia yang gak kalah bagusnya supaya makin dikenal luas di Korea.

    BalasHapus
  16. Selamat untuk Bapak Gandi. Salfok dengan ibu Gandi with her grey hair. So beautiful. Semoga lancar mengemban tugas sebagai dubes Korsel

    BalasHapus
  17. Bangganya.

    Semoga dengan bertugasnya Bapak Gandi sebagai Duta Besar Luar Biasa Indonesia di Korea Selatan, nantinya bisa bikin warga KorSel makin kenal sama Indonesia. Mana tau K-wave yang menjamur di Indonesia, bisa bikin warga KorSel ketularan Indonesian wave ya. Mana tau gitu.

    BalasHapus
  18. Semoga saja apa yang menjadi fokus utama dari Pak gandi untuk meningkatkan ekonomi, perdagangan dan investasi serta proyek-proyek infrastruktur yang ada di Indonesia segera terlaksana nantinya ya

    BalasHapus
  19. Sukses terus, Pak Gandi Sulistiyanto.
    Salut dengan programnya yang mendukung UMKM dan pertumbuhannya. Semoga semakin baik perekonomian Indonesia.

    BalasHapus
  20. Wah, selamat bekerja ya pak Gandi, semoga hubungan bilateral Indonesia - Korsel makin mesra nggak cuma ekspansi K-Pop atau k-drama, tapi sinetron dan musik pop Indonesia

    BalasHapus