Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ada Apa Aja di FinExpo Virtual Bulan Inklusi Keuangan 2021?

FinExpo BIK 2021 Prudential

Sejal awal pandemi, berasa banget ya dampaknya ke sektor perekonomian. Roda perekonomian pun jadi berputar lebih lambat. Nggak hanya negara yang terkena dampaknya, tapi juga perusahaan, UMKM, hingga perekonomian keluarga.

Banyak perusahaan yang melakukan pemotongan gaji, setelah memberlakukan WFH untuk karyawannya. Tapi yang terkena pemotongan gaji pun harus tetap banyak-banyak bersyukur, karena di masa pandemi ini banyak sekali karyawan yang terkena PHK.

Memasuki tahun kedua pandemi, alhamdulillah program vaksinasi telah berjalan dan sesegera mungkin akan menjangkau seluruh masyarakat Indonesia. Diharapkan nantinya aktivitas dapat segera berjalan normal dan perekonomian akan berangsur pulih.

Nah, dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, pemerintah mengadakan satu event keuangan yang bertajuk FinExpo Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2021. Dah pada tau belom nih, apa sih FinExpo BIK 2021?

FinExpo BIK 2021

FinExpo BIK 2021 Prudential

FinExpo BIK 2021 adalah pameran produk atau jasa keuangan yang digelar secara virtual dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan 2021.

Lewat FinExpo, masyarakat bisa mendapatkan informasi program promo dan reward produk atau jasa keuangan, edukasi keuangan dan informasi kegiatan lainnya yang dilaksanakan oleh Lembaga Jasa Keuangan OJK selama Bulan Inklusi Keuangan sepanjang bulan Oktober 2021.

Tahun ini menjadi tahun kedua FinExpo diselenggarakan dengan konsep virtual sebagai bentuk adaptasi terhadap dinamika perekonomian di masa pandemi.

BIK merupakan agenda tahunan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2016. BIK juga diselenggarakan untuk mendukung tercapainya target inklusi keuangan 90% pada tahun 2021.

Apa sih tujuan diadakannya Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2021?

Ada beberapa nih tujuan diadakannya BIK 2021. Pertama, untuk mendukung pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diinisasi pemerintah untuk meminimalisir dampak pandemi Covid-19.

Kedua, untuk membuka akses keuangan pada berbagai lapisan masyarakat. Ketiga, untuk mendorong pembukaan rekening, pemberian kredit, dan juga penggunaan produk serta layanan jasa keuangan.

Keempat, untuk meningkatkan pemahaman dan awareness masyarakat dan mempublikasikan program literasi, inklusi keuangan dan juga perlindungan konsumen. Kelima, BIK 2021 juga diharapkan dapat meningkatkan budaya menabung di berbagai sektor industri jasa keuangan.

Kapan Bulan Inklusi Keuangan diadakan?

Pada tahun 2021 ini, Bulan Inklusi Keuangan diadakan mulai dari tanggal 1-31 Oktober 2021. BIK 2021 mengangkat tema "Inklusi Keuangan untuk Semua, Bangkitkan Ekonomi Bangsa" dengan peserta dari KEmentrian, Lembaga, SRO, Asosiasi dan lembaga jasa keuangan hingga e-commerce.

Ada apa sih di FinExpo BIK 2021?

Banyak banget program menarik yang diadakan di FinExpo BIK 2021, mulai dari penjualan produk atau layanan jasa keuangan berinsentif alias banyak diskon, cashback, point, bonus hingga rewards!

Selain itu terdapat juga fasilitas pemberian kredit bagi masyarakat serta pelaku usaha kecil dan mikro melalui program business matching, kegiatan akuisisi pembukaan rekening atau polis, kegiatan edukasi keuangan, kegiatan pameran virtual hingga kampanye dan publikasi program literasi dan inklusi keuangan serta perlindungan konsumen secara masif.

Eh iya, kemarin mama Dian dah mampir juga loh ke FinExpo BIK 2021. Duh gampang banget mampirnya, nggak perlu dan dan dan keluar rumah, cukup klik www.finexpo-bik2021.id aja!

Mampir ke FinExpo BIK 2021, yuk!

Mampir ke FinExpo virtual ini senungguhnya berasa kaya mampir ke pameran beneran nih. Karena webnya semarak dengan musik dan ada berbagai booth virtual juga loh!

Pas banget, kemarin papa Api juga baru ngobrolin tentang asuransi pendidikan anak-anak. Setelah dipikir-pikir kembali, sepertinya mama Dian dan papa Api membutuhkan asuransi pendidikan untuk Una Abang nih. 

Tujuan asuransi tentunya untuk meminimalisur risiko yang akan terjadi di masa depan. Supaya dana pendidikan Una dan Abang bisa terjamin aman dengan asuransi pendidikan.

jadilah kemarin mampir sambil liat-liat booth asuransi. Eh ternyata di FinExpo BIK 2021, ada booth virtual dari Prudential juga nih!

Berkunjung ke booth virtual Prudential di FinExpo BIK 2021

Tampilan booth virtual di FinExpo ini berupa booth asli berbentuk 3D. Ngeliatin booth virtual benerna jadi inget sama booth-booth di pameran gitu. Eh iya, ini kan emang pameran beneran juga yaaaa. Hihi.

Ada apa aja sih di booth virtual Prudential?

Selain ada promo menarik (pastinya!) ada juga video edukatif seputar literasi keuangan loh! Ada kak Merry Riana nih dalam ideo gallery-nya Prudential yang membahas topik seputar memilih asuransi.

Video edukatif seputar asuransi

Video-videonya juga pas banget nih sama mama Dian yang rada buta tentang masalah asuransi. Seperti video Kak Merry Riana yang berjudul "Jenis-Jenis Asuransi dan Masa Pembayarannya"

Mama Dian akan bahas sedikit di bawah ini yaaa~

Jenis-Jenis Asuransi dan Masa Pembayarannya

Produk asuransi jiwa ternyata memiliki 4 jenis yang berbeda, dengan masa pembayaran yang berbeda tergantung dengan jenis produknya. Apa aja sih 4 jenis asuransi tersebut?

1. Unit link

Unit link memiliki masa pembayaran premi seumur hidup, terdapat juga alokasi untuk investasi yang nilai tunainya bisa dipakai untuk membayar premi. Nasabah perlu membayar premi saat nilai tunainya hampir habis untuk menghindari terjadinya polis lapse atau polis mati.

2. Endowment

Endowment memiliki masa bayar mulai dari 5, 10 hingga 15 tahun sesuai kesepakatan. Nasabah tidak akan dikenakan biaya apapun setelah masa pembayaran premi.

3. Whole Life

Produk whole life pembayarannya terus berjalan untuk perlindungan seumur hidup.

4. Term

Masa pembayaran produk Term disesuaikan dengan masa prlindungan yang dipilih nasabah.

Itu dia 4 jenis asuransi jiwa dengan masa pembayaran yang berbeda-beda. Mama Dian aja baru denger nih tentang endowment dan term. Selama ini familiarnya sama unit link dan whole life aja. Hihi.

Promo menarik Asuransi Jiwa Prudential

Eits di boothnya Prudential, ada juga nih promo menarik untuk polis asuransi jiwa. Nih, mama Dian catetin disini ya apa-apa aja promo menarik polis asuransi juwa yang ada di booth Prudential.

We Do Cashback

Ih, siapa sih yang nggak mau dapet cashback pas lagi beli produk yang dibutuhin? Pas banget nih Prudential memberikan cashback hingga 2 bulan premi atau kontribusi iuntuk pembelian polis baru yang terbit hingga 31 Oktober 2021.

Asuransi Jiwa Syariah PRUCinta

Mungkin kamu nasabah yang lebih menyukai produk keuangan syariah? Pas banget, di booth virtual Prudential, juga tersedia asuransi jiwa syariah PRUCinta nih!

Asuransi Jiwa Syariah PRUCerah

Selain Asuransi Jiwa Syariah PRUCinta, untuk yang lagi nyari produk asuransi syariah boleh juga nih mampir ke booth virtual Prudential untuk cari info lebih lengkap mengenai asuransi jiwa syariah PRUCerah. Asuransi jiwa syariah PRUCerah, untuk mewujudkan masa depan cerah buah hati dengan pendidikan tinggi.

PRUlink generasi baru dan PRUlink Syariah generasi baru

Produk asuransi konvensionalnya juga ada nih, langsung aja klik "hubungi kami" di bawah banner produk yang diminati, ya.

Naaaah, mumpung FinExpo BIK 2021 masih berlangsung, jangan lupa mampir langsung ke web-nya ya! Siapa tahu, kamu bisa menemukan produk keuangan yang sedang kamu butuhkan.

Jangan lupa juga mampir ke booth virtual Prudential, ya!

Buat yang nggak lagi nyari produk keuangan juga boleh banget mampir kok, soalnya ada kompetisi video, kelas interaktif yang super edukatif, hingga hadiah berupa doorprize dan grandprize super menggiurkan. Siapa sih coba yang nggak tergiur dengan grandprize berupa 1 unit mobil, lembar saham hingga laptop dan tablet? Syarat dan ketentuan lengkapnya langsung mampir aja ke www.finexpo-bik2021.id yaaaaa!

72 komentar untuk "Ada Apa Aja di FinExpo Virtual Bulan Inklusi Keuangan 2021?"

  1. Mantep ini FinExpo yang menyediakan berbagai jenis dan promo asuransi. Penting banget untuk memiliki asuransi jiwa sekarang apalagi kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan nanti dan bisa dibuat jaga-jaga ini mah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget Mak, asuransi penting untuk meminimalisir resiko yaaa

      Hapus
  2. Seruuu polll ini mba, ada FinEXPO yg dilaksanakan secara virtual, artinya siapa aja bisa banget mendapatkan aneka ilmu dan wawasan dari acara ini yaaa
    duh, senangnyaaaaa ada bulan inklusi keuangan, mantuulll abis!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa diikuti secara virtual juga ya kaaaan

      Hapus
  3. keren yaa bulan inklusi keuangan ini, jelas banget bisa ke booth2 secara virtual dpt pemaparan ttg literasi keuangan juga ya. asik banget ada cashback2 gituu, seru

    BalasHapus
  4. Pandemi bikin banyak usaha terutama UMKM pada rontok. Semoga dengan terselenggarakan BIK 2021 ini, roda ekonomi akan bangkit lagi. Sektor-sektor bergerak, terutama keuangan, agar duitnya mengalir ke produk dan jasa UMKM, kasih darah biar segar lagi. Amin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaaAllah dengan ada finexpo ini, keuangan indonesia bisa bangkit lagi ya maaak

      Hapus
  5. Wiiihh, lengkap bangett ya Kakaaaa.
    ternyata di FinExpo ini bisa ngedapetin aneka ilmu seputar dunia financial.
    bener2 membuat orang makin melek seputar keuangan
    inklusi keuangan bisa utk banyak pihak dong ya

    BalasHapus
  6. Di masa pandemi ini makin unik & kreatif ya, kalau biasanya pameran itu offline tapi skr sudah bisa dilakukan online. Hadir di FinExpo jadi bisa memahami produk-produk keuangan yang ada ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes mak, jadi makin praktis kan kalo mau ikut finexpo virtual

      Hapus
  7. Asik ya bisa jalan-jalan ke expo meski virtual...kita bisa dapet banyak info dan edukasi seputar jasa keuangan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, berasa kaya ke pameran beneran.. hihi

      Hapus
  8. Udah selesai ya exponya. Semoga tahun depan ada lagi. Meskipun pandemi (mungkin) sudah berakhir. Karena expo virtual begini menarik juga. Bisa tetap datang meskipun gak hadir di lokasi expo

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mak, virtual expo gini bikin lebih mudah untuk dikunjungi yaaa

      Hapus
  9. Bagus acara FinExpo virtual BIK 2021 ini ya mbak. Isinya selain mengenalkan berbagai produk jasa keuangan juga ada edukasi tentang literasi keuangan. Moga setelah acara ini, masyarakat akan semakin banyak yang melek literasi keuangan dan mulai merencanakan keuangan dengan lebih baik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, bikin buibu makin melek literasi yaaa

      Hapus
  10. Penasaran dengan exponya. Kepengen tahu ada apa aja dan kepengen tahu juga ada produk finansial apa aja di sana. Aku buta deh dengan produk-produk keuangan ini. Cus ke websitenya aaah

    BalasHapus
  11. berasa ke pamerna beneran ya memnag, ada booth virtual, musik latar..wah..betah jadinya ke Fin Expo BIK 2021. Apalagi pas di booth Prudential, duh informatif dan edukatif videonya. bertabur promo pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, both virtualnya berasa kaya pameran beneraaaan

      Hapus
  12. Aku awalnya mengira asuransi ya unitlink itu saja. Teryata ada beberapa ya mba jenis asuransi. Harusnya aku iut keseruan acara ini biar tahu banyak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ternyata ada beberapa jenis asuransi ya maaak.. hihi

      Hapus
  13. Ternyata selain asuransi syariah ada pula asuransi lainnya, makasih infonya kak

    BalasHapus
  14. terima kasih ulasannya tentang asuransi dan jenis pembayarannya mak, jadi nambah wawasan yah

    BalasHapus
  15. Seru banget ya acaranya. Aku baru tau ternyata jenis asuransi itu banyak macamnya ya, unit link ini gabungan asuransi dan investasi ya mbak. Kok tertarik aku heuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ih sama, aku jadi makin penasaran juga sama asuransi syariah nih.. hihi

      Hapus
  16. Semoga Indonesia segera pulih ya mbak perekonomian nya. Alhamdulillah ada finexpo bik 2021 yang membantu memulihkan ekonomi dan jadi ajang edukasi dan pameran produk2 keuangan

    BalasHapus
  17. Baru tahu kalau Oktober diperingati sbg bulan inklusi keuangan.
    Kalau asuransi jiwa tradisional itu masuknya ke mana ya bu Dian? Ke whole life itu apa ya? Yg murni asuransi gak pakai investasi2?
    Harus dipikirkan baik2 sblm mutusin mau ambil asuransi kyk apa yaaa
    Wah kmrn ada promo utk pembelian asransi syariah Prudential ya? Lumayan juga tu kyknya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mak april, sebelum ambil produk asuransi mesti dipertimbangkan dulu sebaik-baiknya yaaa

      Hapus
  18. Pengetahuanku tentang asuransi meningkat drastis setelah mengunjungi virtual booth Prudential. Sekarang jadi tahu kenapa masa pembayaran asuransi bisa beda-beda. Begitu pun dengan pertanggungjawabannya.

    BalasHapus
  19. Meskipun dilaksanakan secara virtual tapi keren ini loh rame juga banyak yang jalan jalan dengan keluarganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bisa dari rumah aja pula ngikutinnya yaaa.. hihi

      Hapus
  20. Menarik banget nih konsep pameran tapi dalam bentuk virtual, kita bisa klik-klik berbagai booth yang kita ingin mampir gitu yaa... Apalagi di booth Prudential nih yang memberikan banyak wawasan seputar asuransi untuk keluarga kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes, virtual booth nya bikin kaya pameran beneran mak.. hihi

      Hapus
  21. Paling tak terlupakan saat Berkunjung ke booth virtual Prudential di FinExpo BIK 2021 yaa, kak..
    selain banyak insight yang diperoleh mengenai literasi keuangan dan perencanaannya untuk masa depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, walau hanya diadakan secara virtual, tapi acaranya dikemas dengan menarik banget ya maaak

      Hapus
  22. Ada banyak kegiatan seru! Yeayy ku jawab judulnya nih. Kebayang gimana seru vibesnya kalau ini pameran offline, saya yang menghadiri secara virtual aja udah berasa asyiknya. Kapan lagi ye kan, bisa belajar banyak, beli produk finansial dengan banyak diskon dan hadiah menarik, kalau bukan di event tersebut. Untung kemarin-kemarin udah sempat ke sana, eh ke halaman pameran virtualnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya, virtual aja seru, apalagi kalo diadain secara langsung ya maaak.. hihi

      Hapus
  23. Ternyata istilah inklusi populer bukan hanya dalam dunia pendidikan, ini juga populer di keuangan, sampai-sampai ada bulan khususnya. Keren ya.
    Sebagai orang yang masih belum melek soal keuangan apalagi investasi-investasi, rasanya saya perlu belajar deh.

    BalasHapus
  24. Waahh ada expo virtual yaa, seru banget nih bisa edukasi keuangan di sini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak, ada banyak promo menariknya juga loh maaak

      Hapus
  25. Sangat penting asuransi di hari gini. Membuat nyaman mikir masa depan ya kak, akupun baru jelek asursnsi baru-baru ini...

    BalasHapus
  26. Edukasi literasi financial untuk masyarakat akhirnya diprioritaskan pemerintah ya. Senang nih bisa nambah ilmu serta wawasan dengan ikut pameran virtualnya

    BalasHapus
  27. Banyak banget info yang bisa didapat di sini, ya. Jadi pingin intip, deh

    BalasHapus
  28. Beruntungnya bisa ikutan acara FinExpo, meski secara virtual. Dapat banyak wawasan baru. Semoga saja dengan adanya program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ini, bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia.

    BalasHapus
  29. Semoga dengan diadakannya bukan inklusi keuangan dapat menciptakan insight baru kepada masyarakat. Dan nantinya masyarakat semakin melek betapa pentingnya asuransi untuk melindungi di setiap kondisi.

    BalasHapus
  30. Edukasi keuangan seperti ini memudahkan buat belajarnya, karena caranya asik, sehingga meningkatkan semangat untuk semakin cakap literasi keuangan kita

    BalasHapus
  31. Seru banget sihhh acaranya. Ada video edukatif seputar literasi keuangan juga, apalagi ada kak Merry Riana. Pasti banyak banget ilmu yang didapatkan. Seru yah bulan inklusi keuangan iniii.

    BalasHapus
  32. Wah, sayang belum sempat mampir ke FinExpo ini. Semoga lain kali diadain lagi. Acara semacam ini bagus banget pasti untuk meningkatkan wawasan seputar keuangan.

    BalasHapus
  33. Asuransi pendidikan memang penting sekali. Kita nggak pernah tahu apa yang terjadi di masa depan. Boleh jadi saat ini dana seakan nggak berarti apa pun untuk kita. Tapi di masa depan nggak ada yang tahu.

    Meskipun rejeki sudah ada yang mengatur. Tapi tetap saja, Tuhan meminta kita terus berusaha dan berdoa. Nah bisa jadi asuransi pendidikan menjadi satu bentuk usaha.

    BalasHapus
  34. meskipun pamerannya virtual tapi berasa banget ya nuansa pamerannya.
    sebenarnya lebih mengasyikkan karena gak perlu berdesakan tuk bisa masuk ke booth dan menyimak penjelasan yang diberikan.
    bisa lebih ngena gitu ilmu yang didapatkan, apalagi literasi keuangan ini emang penting bagi semua :)

    BalasHapus
  35. Setelah datang ke acara FIN EXPO BIK tahun ini, aku jadi nggak sabar datang lagi di tahun 2022
    biar lebih melek literasi keuangan

    BalasHapus
  36. asuransi itu seperti payung, terlupakan saat hari cerah dan dibutuhkan saat hujan deras

    BalasHapus
  37. Wah keren banget finexpo iniii, jadi penasaran nih mbaa. Soalnya tema2 inklusi keuangan gini aku jg seneng bangett, masih pengen belajar banyak gitu

    BalasHapus
  38. Melalui FIN BIK 2021 kita menjadi sadar banyak hal yaa..
    Literasi keuangan itu penting dan memahami apa yang akan kita lakukan untuk masa depan diri sendiri dan kenyamanan keluarga.

    BalasHapus
  39. Tiga tujuan diadakannya bulan Inklusi Keuangan, yaitu: dukung pemulihan ekonomi, akses keuangan, dan penggunaan produk dan layanan jasa keuangan, ini bagus lho. Selain itu juga meningkatkan literasi keuangan juga buat masyarakat umum ya, termasuk buat aku yang masih butuh banyak belajar tentang pengelolaan keuangan.

    BalasHapus
  40. Sekalian belajar tentang literasi finansial nih. Asuransi kan jadi hal penting disituasi seperti ini yang tak menentu. Kudu tepat pilihan sesuai kebutuhan

    BalasHapus
  41. Banyak juga program program yang digelar selama FINExpo ya, semoga dapat dimanfaatkan dengan baik bagi mereka yang membutuhkan...

    BalasHapus
  42. waaah seru. makin enak ya sekarang rasanya banyak dijejali literasi keuangan. bikin kita semakin aware :)

    BalasHapus
  43. Banyak wawasan di FinExpo Bulan Inklusi Keuangan yaa Mama Dian. Jadi semangat deh buat nandain bulannya yaitu setiap bulan Oktober ya. Dalam rangka BIK ini pula juga ada booth virtual Prudential yam jadi tahu produk2 asuransinya ya

    BalasHapus
  44. Kreatif nih yang bikin kegiatan virtual semacam ini. SemogaFinExpo bisa mengedukasi banyak orang apalagi di masa pandemi begini

    BalasHapus
  45. Saat ini memahami keuangan sangat bagus, apalagi sdh bertransaksi secara online, agar setiap warga memahami dari sistem keuangan

    BalasHapus
  46. Ketinggalan nih buat buka websitenya padahal banyak program menarik seperti layanan jasa keuangan berinsentif seperti diskon, cashback, point, bonus, dll

    BalasHapus
  47. Wlopun dilakukan secara virtual, tetap terasa kayak hadir langsung di lokasi ya
    Informasinya benar-benar bermanfaat agar kita bisa mengatur keuangan dengan baik

    BalasHapus
  48. pas banget saya sedang belajar tentang inklusi keuangan, terus join acara virual ini banyak banget ilmu yang bisa diambil di acara virtual ini

    BalasHapus