Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini nih Tantangan Terberat Para Mama di Masa PJJ dan Cara Mengatasinya

Berasa ngga sih Mams, udah hampir setahun anak-anak belajar dari rumah? Untuk mama Dian sih berasa banget banget nih! Berasa banget stressnyaaaaaa~

Berperan sebagai tutor dan pengajar anak-anak di rumah tuh sungguh bukan sebuah hal yang mudah banget. Berasa banget ya bedanya antara hanya menemani anak-anak mengerjakan PR di masa sekolah normalnya dibandingkan dengan menjadi pendamping anak-anak Pembelajaran Jarak Jauh atau Belajar dari Rumah di masa pandemi ini?

Mungkin untuk para Mama yang anak-anaknya mengenyam home schooling, nggak terlalu berasa bedanya ya? Tapi untuk para mama yang anaknya sekolah formal, berasa banget bedanya.

Mama Dian sendiri punya 2 anak yang masih usia Sekolah Dasar. Una di kelas 4 dan Abang di kelas 3. Dua anak mama Dian ini belum bisa 100% dilepas, pas lagi kelas tatap muka daring maupun saat mengerjakan tugas.

Tantangan yang dihadapi orangtua di masa PJJ
Setor foto absen dengan seragam setiap hari.

Jadi yang mama Dian lakukan setiap hari selama hampir 10 bulan Belajar Dari Rumah ini adalah selain menjadi fotografer pribadi untuk setor absen foto kehadiran setiap hari ke WAG kelas. Juga menjadi tutor belajar Una dan Abang. Tutor pribadi yang bener-bener duduk disampingnya dan ngedampingin mereka online meeting bersama wali kelas dan ngerjain tugas-tugasnya.

10 bulan 'main sekolah-sekolahan' ini, super banyak banget tantangannya. Jujur, sampe sekarang sih rasanya belum nemu formula yang pas banget biar Pembelajaran Jarak Jauh ini berjalan lancar buat anak-anak.

Tahun kemarin sih udah nyoba beberapa 'formula' PJJ, dengan trial and error berulang kali tentunya.

Sampe akhirnya di semester baru tahun ini, dengan harapan selangit dan semangat menggunung mama Dian mencoba 'formula' baru dalam mendampingi anak PJJ. 

Sampe akhir Januari ini alias sebulan masa belajar di semester 2, Alhamdulillah anak-anak masih disiplin mengerjakan tugas di pagi hari dan mengirimkan tugas di hari yang sama, maksimal di tengah hari.

Beda banget sama tahun ajaran sebelumnya, yang pernah ngerjain tugas selalu di malam hari. Dan sering banget nunda tugas bahkan sampe nggak ngumpulin tugas selama seminggu. Huhuhu.

Tantangan terberat orangtua selama Pembelajaran Jarak Jauh

Dan dipostingan kali ini, mama Dian coba rangkum tentang tantangan terberat PJJ anak-anak di tahun lalu dan bagaimana cara mama Dian mengatasinya yaaa:

1. Tantangan Disiplin

Ini salah satu tantangan tersulit. Mama Dian sendiri bukan orangtua yang keras banget sama anak. Karena goals-nya adalah jadi temannya anak-anak, mama Dian pun lebih memilih gaya parenting yang santai. Tapi mungkin karena mama Dian terlalu santai, sampe ngebuat anak-anak jadi gak disiplin. Jadilah keteteran selama PJJ tahun kemarin.

Dan pas banget, diakhir tahun mama Dian ikut beberapa webinar parenting tentang cara belajar anak  yang baik selama belajar dari rumah dan salah satu poin penting yang harus digaris-bawahi adalah pentingnya membuat anak-anak mengetahui kapan jam belajar dan kapan jam bermain selama masa belajar dari rumah ini.

Jadi, cara mama Dian mengatasi si tantangan disiplin ini adalah:

Berusaha setegas mungkin tentang jam anak-anak mengerjakan tugas. Sesuaikan dengan jam sekolah anak sebelum pandemi. 

Bangun pagi, sarapan, kemudian mengerjakan tugas. Nggak ada istirahat sampe tugasnya selesai. Titik.

Konsistensi juga merupakan kunci keberhasilan nih. Mama Dian juga full 100% nemenin Una Abang ngerjain tugas di kamar sampe tugasnya selesai. 

Dan tantangan disiplin ini bertemu dengan tantangan baru lainnya yang nggak kalah 'berat'nya...

2. Tantangan Mood dan Semangat

Nah, ini sesuatu yang kadang susah diprediksi. Mood dan semangat anak-anak nggak jarang juga drop banget. Nggak cuma mood dan semangat anak-anak aja, tapi mood dan semangat mama Dian juga kadang ikutan drop :(

Wajar dan normal banget sih karena memang pastinya kita semua udah jenuh banget dengan keadaan ini. Udah pengen semuanya cepet-cepet balik normal lagi. 

Tahun lalu mood Una bener-bener drop sampe dia lebih milih buat bengong aja tanpa ngerjain tugasnya. Reward screentime main hp juga udah nggak mempan. 

"Una nggak mau main hp kok mah, jadi Una nggak usah kerjain tugasnya gapapa kan..?" Kalimat yang bener-bener bikin mama Dian shock banget.

Abis Una ngomong gitu, langsung mama Dian kasih Una waktu buat ngejauh dari tugas-tugasnya dulu.

Dan sekarang, gantian Abang yang kayanya udah mulai jenuh dengan belajar via online meeting dengan guru dan teman-teman sekelasnya. Alhamdulillah Una dan Abang sekolah di SD Negeri yang nggak tiap hari zoom meeting. Minimal cuma 1-2 kali dalam seminggu dengan durasi 2 jam lamanya. 

Sekarang setiap mama Dian kasih tau "Besok Zoom meeting ya, Bang..", mata Abang langsung merah, berkaca-kaca dan ngomong "Kenapa sih Miss nggak kasih tugas aja..? Kenapa harus zoom terus..?" sambil ngelap air matanya yang jatuh.

Mama Dian sadar banget ini adalah sinyal kejenuhan dari Abang.

Dan, cara mama Dian mengatasi si tantangan mood dan semangat ini adalah:

Cheering up the kids all the time. Semangatin terus. Mama Dian juga harus keliatan semangat supaya mereka ikutan semangat juga.

Dampingin anak-anak 100% saat zoom meeting dan mengerjakan tugas-tugasnya. Iya bener, pas Abang Una zoom meeting, mama Dian pasti ikutan duduk deket situ juga. 

'Memudahkan' tugas anak-anak. Memudakan disini maksudnya bukan ikut ngasihtau semua jawaban tugasnya, ya. Cukup hal-hal kecil aja yang mungkin bisa meringankan mereka pas ngerjain tugas. 

Seperti, nyiapin semua buku dan alat tulis yang diperlukan untuk tugas di hari tersebut,  bikin garis untuk tugas yang ada tabel-nya. Dan tugas-tugas yang boleh difotokopi atau di-print, mama Dian langsung fotokopi atau print biar Una Abang nggak perlu nulis panjang lagi.

Mungkin hal ini terlihat seperti agak manjain dan ngurangin tingkat kemandirian mereka, tapi saat ini prioritas mama Dian ngejauhin mereka dari stress dan kejenuhan dulu. Kalo udah terlanjur stress dan jenuh, ngajarin kemadirian juga susah pasti kan?

Berikan rewards! Ini juga salah satu kunci penting dalam mengatasi tantangan mood dan semangat. Rewards-nya dari hal-hal kecil seperti siapin cemilan dan makanan kesukaan mereka. Rewards tingkat sedang adalah berikan hal yang mereka sukai, pulpen yang mereka suka, pensil yang mereka suka, headphones yang mereka suka yang bisa memotivasi semangat dan mood-nya saat mengerjakan tugas sekolah. 

Dan terakhir rewards terbesar adalah ajak liburan. Ini bener-bener bisa naikin mood dan semangat banget. Tapi memang untuk keadaan pandemi gini, mesti ati-ati banget juga untuk memilih tempat liburan ya. Kalo nggak bisa ketempat liburan yang jauh, ajak ke minimarket buat beli stock cemilan juga udah cukup membahagiakan anak-anak kok. Jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan 3M ya!

3. Tantangan Kesulitan Dalam Pelajaran

Jadi pengajar itu emang nggak mudah banget! Untuk pelajaran matematika, bisa menjawab sebuah soal bukan berarti bisa dengan mudah menerangkan dari mana asal kita mendapatkan jawaban tersebut.

Saat pembagian rapor kenaikan kemarin, wali kelas Una udah mengingatkan bahwa materi-materi kelas 4 akan menjadi dasar dari materi kelas 5 dan 6 nanti. Mama Dian emang agak shock ngeliat materi semester 2 kelas 4 ini. Materi matematikanya mulai masuk ke akar dan pangkat :(

Liat tutorial dari video pembelajaran yang dikasih, mama Dian ngerti sih cara ngerjainnya. Tapi pas jelasin ke Una, mama Dian malah bingung dan Una ikutan bingung. Huhuhu

Jadi, cara mama Dian mengatasi si tantangan kesulitan dalam pelajaran ini adalah:

Mencari pertolongan. Alhamdulillah Una punya tante yang pinter jelasin cara matematika, beberapa kali mama Dian minta tolong ke adiknya Mama Dian ini untuk jelasin materi matematika Una yang mama Dian ga bisa. Abis dijelasin sama tantenya, Una langsung ngerti dan bisa ngerjain soalnya. Sayangnya, tantenya Una juga sibuk WFH setiap hari. Jadi mama Dian nggak mungkin terus-terusan minta tolong buat ajarin Una beberapa materi matematika yang mama Dian nggak ngerti.

Daripada ngerepotin orang lain, akhirnya mama Dian cari-cari aja informasi tentang bimbel online yang bisa ngebantu Una untuk mengerti materi-materi yang sulit khususnya materi matematika.

Mama Dian kasih salah satu rekomendasi bimbel online yang oke nih, untuk buibu lain yang udah kewalahan menjelaskan materi pelajaran sendiri kepada anak-anaknya.

Kelas Pintar, Solusi Belajar Online

Kelas Pintar solusi belajar online

Udah pernah dengar kelas pintar belum nih? Kelas Pintar adalah sebuah solusi belajar online dengan metode pintar, personal dan terintegrasi yang didesain untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran guna mendapatkan nilai akademis yang lebih baik.

Kelas Pintar ini juga punya metode belajar yang oke banget. Karena kelas pintar percaya bahwa setiap anak punya cara belajar yang beda-beda, oleh karena itu metode belajar yang digunakan adalah pendekatan PERSONAL lewat metode penyampaian materi yang disesuaikan dengan ragam karakter siswanya, baik melalui visual, audio maupun kinestetik.

Kelas Pintar juga akan memastikan kurikulum pendidikan akan diserap baik oleh siswa-nya dengan metode pembelajaran PINTAR dengan pendekatan Learn, Practice dan Test.

Kelas Pintar nggak cuma menjadikan siswa sebagai satu-satunya fokusnya. Tapi orangtua dan guru juga bisa nih merekam kemampuan proses belajar siswa untuk digunakan sebagai bahan analisa orangtua tua, guru bahkan sekolah untuk memahami karakter, potensi dan juga apa aja sih kesulitan siswa tersebut dalam belajar.

Jadi, Kelas Pintar merupakan sebuah platform yang TERINTEGRASI dengan fokus utama untuk menguatkan dan mensinergikan peran guru, sekolah dan orangtua dalam proses pembelajaran siswa.

Ada 4 solusi belajar yang disediakan oleh Kelas Pintar nih:

Fitur di aplikasi belajar Kelas Pintar
(picsource: kelaspintar.id)

Ada Kelas Pintar Regular, Tanya, Soal dan Guru. Kelas Pintar Regular adalah sebuah solusi pembelajaran lengkap dengan video pembelajaran, soal latihan dan juga simulasi ujian. Fitur Tanya di Kelas Pintar bisa memudahkan anak-anak untuk memecahkan soal sulit yang tidak mereka mengerti. Perlu latihan soal supaya anak semakin mahir dan paham dengan materinya? Ada fitur Soal nih di Kelas Pintar. Dan yang paling terakhir ini kayanya cocok untuk buibu kaya Mama Dian, yaitu Add on belajar Guru yang bisa memberikan pendampingan belajar anak-anak via daring.

Materi kelas 4 di aplikasi Kelas Pintar

Kalo mama Dian sendiri sih tertarik banget dengan Kelas Pintar. Di Kelas Pintar, kita bisa memilih materi yang diinginkan. Misalnya cuma perlu materi tema 5 dan matematika. Kita bisa nih membeli hanya kedua materi ini. Paket materi yang akan diberikan nanti akan berisi materi pembelajaran, soal latihan dan juga soal ujian. Mau beli semua materinya juga bisa banget kok!

Cocok banget nih kayanya buat Una yang gurunya nggak terlalu banyak ngasi materi apalagi catatan. Karena yang dikasi cuma tugas, tugas dan tugas. Huhu.

Mama Dian juga semakin percaya dengan Kelas Pintar karena udah digunakan sebagai platform belajar banyak sekolah loh. Jadi pas liat web-nya Kelas Pintar ini semacam dapet pencerahan dan jalan keluar atas tantangan ketiga ini :')

Coba gratis aplikasi Kelas Pintar selama 7 hari

Sekarang Una lagi nyobain paket free trial Kelas Pintar selama 7 hari ini. Kesan pertama untuk Kelas Pintar ini adalah user friendly banget, apalagi buat anak-anak. Materinya lengkap dengan video animasi yang mudah dimengerti. Dan juga soal-soal latihan untuk mengukur seberapa besar kemampuan anak kita memahami pelajaran. 

Una sama Mama Dian sih suka banget menggunakan aplikasi Kelas Pintar ini. Membantu sekali menjelaskan beberapa materi yang sulit mama Dian jelaskan ke Una. Setelah masa free trial berakhir, mau coba berlangganan juga ah! 

Buat mama-mama yang merasa membutuhkan penolong juga, saat kesulitan mengajarkan materi pelajaran kepada anaknya. Langsung aja download Kelas Pintar dan langsung cobain 7 hari free trialnya ya!

Kira-kira, itu dia 3 tantangan terberat yang mama Dian hadapi selama PJJ ini. Sama nggak sih Buibu, tantangan terberat kita di masa PJJ ini? Huhu.

Tapi, dibalik semua musibah pandemi dan kejenuhan belajar dari rumah ini, mama Dian percaya banget ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil. 

This shall too pass.. Pelan-pelan, sedikit-sedikit kita lagi bergerak menuju ke jalan keluar, ke garis finish

Jadi buibu semua, mari bergandengan tangan secara virtual, mari berpelukan juga.. Kejenuhan ini, kerumitan ini, kesulitan ini pasti bakal berlalu kok. Tetap semangat, tetap berdiri kuat untuk anak-anak ya. 

Tapi kalo udah merasa lelah banget, berenti sejenak pun nggak apa-apa. Berhenti dulu untuk mengumpulkan tenaga, me-refresh pikiran dan memulai langkah baru dengan semangat yang berbeda. 

Semua ini pasti berlalu! Tetap semangat ya mama-mama semuaaaaa, untuk masa depan anak yang cerah dan juga untuk kebahagiaan anak-anak kita semua. Kita pasti bisa!

42 komentar untuk "Ini nih Tantangan Terberat Para Mama di Masa PJJ dan Cara Mengatasinya"

  1. Abaaang, wakakak gayamu yah. Bebas mah daripada enggak mau difoto nanti dikira absen.
    Begitu yah banyak sekali tantangan dan tuntutan orang tua hadir 100% mendampingi anak selama PJJ

    BalasHapus
  2. Bimbel Kelas Pintar ini memang bisa membantu anak belajar lebih optimal ya mom, karena memang orangtua gak selalu bisa mendampinginya karena ada kerjaan lain juga yang harus dikerjakan, belum lagi mood kita sebagai orangtua yang jsering tak jelas efek lelah, pokoknya memang harus coba deh download applikasi kelas pintarnya ni

    BalasHapus
  3. Memang sih belajar PJJ itu jauh banget kualitasnya sama belajar langsung di sekolahan. Materi yang disampaikan jadi kurang maksimal, sehingga sulit diserap sama anak-anak. Ujung-ujungnya, suruh nyari di Google.

    Nah beda lagi ceritanya nih kalau sudah belajar online di Kelas Pintar, dijamin bakalan bisa meningkatkan minat belajar siswa.

    BalasHapus
  4. Waaahhh semangat kak membimbing anak-anak pada masa PPJ ini, kita doakan semoga pandemi segera berakhir dan anak-anak bisa kembali berkesekolah seperti sedia kala. Tapi ada untungnya juga ya, jadi bisa nemu platform seperti kelas pintar buat membantu proses belajar walaupun dirumah aja.

    BalasHapus
  5. Ponakan daku yang cowo juga senyumnya gitu pas difotoin buat setor absen 🤣.

    Persoalan mood memang nggak gampang ya. Soalnya kadang lurus, kadang juga malasnya datang. SemangatCiee selalu buat para mama..

    BalasHapus
  6. hahahaa benaran mbak..
    hampir setahun ini ya kita dampingi anak anak pjj
    kadang strees juga,
    aku mau coba ikutin anak anak kls pintar ah
    biar bljr di rumahnya lebih optimal

    BalasHapus
  7. Hahaha.. tampangnya si abang lucu dan menggemaskan hahaha. Tapi repot juga kalau setiap hari setor foto pakai seragam ya, Mbak. Kalau krucil saya cukup isi absensi saja lewat formulir google.
    Dan memang Mbak, kuncinya harus disiplin. Saya pun menerapkan pada krucil jam pelajaran sekolah. Misalnya dari setengah 8 sampai pukul 12 berkutat dulu dengan pelajaran, termasuk mengerjakan dan mengirim tugas. Setelah itu bebas. Malamnya belajar lagi.

    BalasHapus
  8. Kendala-kendalanya makin berasa di saya nih mba, terutama kendala signal. Pengin padahal nyoba kelas pintarnya. Ada free trialnya lagi.
    Nanti kucoba lagi deh, demi anak.

    BalasHapus
  9. Wah, benar banget yang Mbak tulis, kami di rumah ya alami terutama disiplin dan mood saat menemani anak. Kebayang rongsengnya pas hadapi anak yang malas karena rebahan di rumah dan pengin main melulu. Untung ada Kelas Pintar ya, kelasnya inovatif dengan video pembelajaran, soal latihan, dan juga simulasi ujian. Udah gitu ada free trial jadi bisa dicek dulu pas apa enggak buat anak kita. Solusi PJJ nih!

    BalasHapus
  10. Anakku udah pad abisa mandiri tapi tetap minta bimbel juga untuk menambah materi soalnya udah mau lulus SMP persiapan ujian akhir nanti. Semangat mama Dian di masa PJJnyta. Kalau aku tantangannya harus masak terus :-D

    BalasHapus
  11. Banyak kisah menarik ya tentang PJJ yg sudah berjalan hampir satu tahun ini. Setiap orang tua punya mencoba pakai metode yg pas utk anaknya. Dan adanya Kelas Pintar ini bisa menjadi solusi utk membantu anak belajar. Semoga pandemi ini segera berakhir ya

    BalasHapus
  12. Bener banget sih. Emak2 emang jadi tumpuan terberat saat PJJ ini. Hampir setiap emak2 pasti mengeluh. Wah kalo ada Kelas Pintar ini jadi makin asyik ya belajarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas
      asli jadi cobaan tersendiri buat mamak mamak
      beruntung ada Kelas Pintar yg bisa membantu anak belajar saat PJJ

      Hapus
  13. tantangan terberat PJJ anak-anak?

    banyak...kadang malah emaknya yang emosi hihihi......seringnya anak bosan karena tidak bisa bermain dengan teman.

    BalasHapus
  14. Memang semenjak daring, orangtua kudu stok sabar sebanyak-banyaknya ya kak.
    Soalnya kita musti ikut nyemangatin anak apalahi kalo mereka mulai jenuh. Gak bisa dilepas sendiri.
    Btw, kelas pintar nih wajib coba soalnya ada free trial. Jadi si anak bisa nyoba dulu.. ngerasain dulu.. kalo belajar di kelas pintar berbeda sama daring dari sekolah. Lebih interaktif

    BalasHapus
  15. Bisa nih aku kasih tahu adikku, karena dia yang saat ini sedang menghadapi belajar online. Terimakasih informasinya mba

    BalasHapus
  16. Di saat masih pandemi kayak gini aplikasi online macam Kelas Pintar ini membantu banget ya mba, anak bisa mendapat alternatif pelajaran dari luar sekolah ada paket trialnya lagi :)

    BalasHapus
  17. Haha aku salfok sama foto anaknya mba... ^^
    Btw ni langganannya berapaan mba ? mulai kelas berapa bisa ikutan?

    BalasHapus
  18. Haha aku salfok sama foto anaknya mba... ^^
    Btw ni langganannya berapaan mba ? mulai kelas berapa bisa ikutan?

    BalasHapus
  19. Kalau aku tantangannya ditambah dengan adanya balita & bayi, jadi gak bisa dampingin Si Kakak belajar. Hash..
    Kewalahan banget.
    Kalaupun ada fitur Kelas Pintar yang bisa dipilih, itu adalah Fitur Tanya. Anak butuh banget interaksi 2 arah dalam memahami materi. Gak cuma dapet materi, ngerjain soal, begitu seterusnya.

    BalasHapus
  20. untung ada kelas pintar jadi anak" bisa belajar dengan baik dan semangat ngeliat tutorialnya hehe

    BalasHapus
  21. Keren banget ya bund! Kelas Pintar ini hadir sebagai solusi pembelajaran jarak jauh yang super lengkap fitur-fiturnya, mulai dari video pembelajaran, soal latihan, bahkan simulasi ujian. Tentunya bakalan sangat membantu orang tua dalam membimbing dan mengawasi anak yang mengikuti program PJJ.

    BalasHapus
  22. Menyenangkan bangettt pakai Kelas Pintar ini ya.
    Karena bisa memahami rempongnya ortu membimbing anak2 dalam melakoni PJJ

    Semangaattt untuk kita semua 😍

    BalasHapus
  23. Waahh harus setor foto absen setiap hari ya, posenya si abang lucu banget xixi. Apalagi skrg ada kelas pintar yang pastinya membantu Mama Mama di luar yang sekarang pada merangkap menjadi tutor ya dgn banyak tantangannya

    BalasHapus
  24. Kalo udah bagi raport, jadi berasa kita yang dibagi raport haha. Karena selama PJJ bener-bener mendampingi anak. Beda kaya sekolah tatap muka yang si anak ni udah capek sekolah full day, pulang ke rumah ndusel-ndusel antara pengen main & istirahat tapi ada PR menanti. Selama PJJ juga jadi rada lega'an waktunya untuk bisa ikutan les ya mak? Walaopun kita harus berkorban kuota lebih banyak daripada biasanya, tapi demi anak ya nggak papalah.

    BalasHapus
  25. Mengajari anak selama pembelajaran dirumah tentunya itu jadi tantangan banget bagi para orang tua, kelas pintar nya cukup menarik untuk diikuti apalagi dengan fiturnya yang efisien. Tutorialnya juga cukup lengkap ya, jadi para orang tua lebih tercerahkan bagaimana membimbing belajar anak secara tepat

    BalasHapus
  26. Pertama tama titip cubit pipi si Abang yang lucu yaaa mama Dian!

    Nah selama PJJ memang dibutuhkan pendamping ortu yang intens karena kadang anak selama belajar kan ga ada yang bisa di tanya

    Kelas pintar ni aku baru dengar. Coba deh nanti aku buka dan daftar aplikasinya

    BalasHapus
  27. Tantangan berat banget ya Mama Dian buat mendampingi anak-anak belajar di rumah. Untung ada Kelas Pintar, lumayan bisa free trial dulu kalau cocok bisa lanjut.

    BalasHapus
  28. Eh, aku blm pernah nyobain kelas pintar ini..tapi yakin tertarik. Aku termasuk mamak-mamak yang sering emosi di masa PJJ ini mba... makin hari anakku makin ntar2 melulu klo mendapatkan tugas dari sekolah.. sepertinya si bocah udah mulai bosan dengan model penugasan dan penugasan mlulu

    BalasHapus
  29. kalo ada kelas pintar jadi merasa terbantukan dalam memenuhi kebutuhan anak akan pelajaran dan memahami pelajaran

    BalasHapus
  30. memang ngga mudah ya mba mendampingi anak - anak kita selama PJJ ini.. soalnya tantangannya asli banyaak bangeet

    BalasHapus
  31. Aduh langsung ngebayangin soal matematika pangkat dan akar. Pasti pusing banget tuh apalagi buat aku yang dari jaman sekolah nggak suka mtk, gimana ntar ngajarin anakku ya. Hahaha. Pasti langsung aku ikutkan bimbingan Kelas Pintar semua anak-anakku deh.

    BalasHapus
  32. Iya ya, gak terasa udah setahun aja jadi Bu Guru SD dan TK. Eh itu aku ding, hehe. Sebenarnya sudah super bete, jenuh dan sebagainya. Pokok aku sudah pada taraf, "Mau belajar alhamdulillah, enggak yowis" Makanya aku lagi nyari aplikasi pendamping begini. Pas banget dapat info Kelas Pintar.

    BalasHapus
  33. Tantanganku saat ini adalah mood dan waktu yang nggak menentu karena pekerjaanku sebagai blogger kadang ada ada saja yang butuh segera ditulis

    BalasHapus
  34. Seru ya ada aplikasi Kelas Pintar, nggak cuma anak yang belajar secara tidak langsung kita orang tua jadi ikutan belajar. Meski berbayar tapi aku rasa Kelas Pintar ini worthed banget.

    BalasHapus
  35. Perjuangan orang tua dan anak belajar jadi lebih maksimal ya Kak dengan adanya kelas pintar in i. Aku si mendukung banget, tapi di rumah karena nggak ada anak kecil aku rekomen ke keponaakn.

    BalasHapus
  36. Tantangan banget memang yah menemani dan bimbing anak belajar daring di rumah

    BalasHapus
  37. Tantangan mood itu yaa yang gak mudah ngadepinnya. Apalagi kalau sampai nangis mogok belajar gitu.. huhu.. aku pasti bingung tuh ngadepinnya.
    Btw Kelas Pintar solutif juga yaa buat belajar :)

    BalasHapus
  38. Bener banget kalau ngajarin anak apa lagi di rumah tanpa pembantu itu rasanya capek banget jadi memang kita harus sabar

    BalasHapus
  39. Pembelajaran jarak jauh ini memang memberi efek kejut ke semua pihak ya. Mau tak mau semua harus beradaptasi. Ya gurunya, anak sekolah, dan tentu saja orangtua seperti saya yang tidak siap dengan perubahan ini. Tapi, semua harus tetap berjalan kan? Maka selalu ada solusi kalau kita mau berubah menjadi lebih baik demi masa depan anak..

    BalasHapus
  40. Keren banget...
    Aku jadi pengen tiru idenya mama Dian niih... buat kasih anak-anak reward bila mereka sudah menyelesaikan dan berusaha dengan baik untuk belajar hari itu.
    Buat memahamkan materi sekolah, bisa diperkuat bersama kelas pintar.

    BalasHapus
  41. Tantangan selanjutnya adalah ketika nanti sudah boleh sekolah, dari biasa santai lalu kembali disiplin berangkat ke sekolah. Semoga anak2 kita menjadi generasi yang siap dengan perubahan.

    BalasHapus