Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seberapa penting cemilan untuk tumbuh kembang anak?

Setiap hari menjelang jam 4 sore, Abang selalu nyolek-nyolek mama Dian buat bilang "Mah, Abang mau nyemil.."

Jadilah sekarang, minimal seminggu sekali mama Dian mampir ke minimarket buat belanja cemilan Una dan Abang. Pandemi dan sekolah dari rumah, ngebuat anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu dirumah dan menjalankan semua aktifitas dari rumah. 

Berasa nggak sih Buibu, karena di rumah terus karena pandemi, anak-anak jadi lebih sering nyemil? Stok cemilan mesti diperbanyak, dan varian cemilannya juga mesti makin beragam, ya.

Ngomongin soal cemilan, penasaran nggak sih tentang seberapa pentingnya cemilan untuk anak? Dan sebaiknya berapa banyak sih porsi cemilan yang boleh diberikan untuk anak-anak setiap hari?

Mama Dian sendiripun kadang masih suka ngasih cemilan apapun dengan porsi yang 'ngasal' nih. Yang penting anak doyan dan kenyang aja pokoknya. Jangan ditiru ya Buibu. Huhu.

Eh pas banget, kemarin mama Dian ikutan virtual meeting yang membahas tentang "Pentingnya Memilih Cemilan Baik untuk Tumbuh Kembang Anak" yang diadakan oleh Paddle Pop!

Fakta Cemilan Anak


Ternyata nih, ada data yang diperoleh dari Studi SMERU yang menunjukkan bahwa 97,7% atau hampir semua anak Indonesia terbukti lebih sering mengkonsumsi cemilan dibandingkan sayuran atau buah-buahan.


Dan ternyata cemilan yang sering dikonsumsi oleh anak-anak Indonesia juga umumnya mengandung gula, lemak jenuh dan kalori yang melebihi Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian anak.

Kayanya anak-anaknya mama Dian termasuk nih dalam angka 97,7% ini. Soalnya emang masih pilih-pilih banget nih tiap makan sayur dan buah. Huhu.

Alhamdulillah banget di kesempatan ini hadir pula dr. Attila Dewanti, Sp. A (K) seorang pediatrician yang akan memberikan informasi mengenai cemilan yang baik untuk anak.

Pentingnya Memilih Cemilan Baik untuk Tumbuh Kembang Anak


dr. Atilla mengingakan kita semua nih, para Mama Blogger yang hadir pada siang itu tentang Pola Konsumsi Ideal Anak-Anak.


Jadi dalam sehari, anak-anak bisa makan besar 3 kali, yaitu sarapan, makan siang dan makan malam. Ditambah dengan 2 kali cemilan pada jam 10 pagi dan 4 sore. Pastikan juga menu makan dan cemilan anak tidak melebihi AKG harian anak.

Oleh karena itu kita nggak bisa sembarangan dalam memilih cemilan untuk anak. Karena banyak dampak negatif jangka panjangnya antara lain anak-anak rentan terinfeksi virus dan bakteri dari jajanan yang tidak sehat dan juga akan menyebabkan beberapa macam penyakit untuk asupan gula dan lemak yang berlebihan.

Nah ini dia yang mesti dicatet bener-bener sama Buibu semua, seperti apa sih cemilan yang baik untuk anak?

Kriteria Cemilan yang Baik untuk Anak

Menurut dr. Atilla, ada 5 kriteria yang harus diperhatikan nih saat memilih cemilan yang baik untuk anak:


Yang pertama, pastikan untuk membaca kandungan nutrisi pada kemasan. Agak lama dikit pas milih-milih cemilan untuk anak, gapapa kok. Yang penting kita bisa memastikan hanya kandungan baik yang terdapat pada cemilan yang akan kita berikan, ya.

Kedua, penting sekali untuk memilih cemilan dengan kadar gula, kalori dan lemak yang sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) anak. dr. Atilla menjelaskan tentang rekomendasi WHO mengenai batasan konsumsi gula, kalori dan lemak jenuh untuk anak.


Berdasarkan rekomendasi WHO, sebaiknya anak-anak dan juga orang dewasa membatasi konsumsi gula agar tidak lebih dari 50gram dan lemak jenuh tidak lebih dari 10% total energi (untuk anak 7-9 tahun, sekitar 18gram) dalam sehari. 

Ketiga, kurangi perisa gurih yang berlebihan. Semua yang berlebihan tuh emang nggak baik, kan? Begitu juga dengan perisa pada makanan atau cemilan anak. Jangan sampai nanti anak-anak terlalu terbiasa dengan perisa gurih yang berlebih, sehingga mengganggu kebiasaan makannya.

Perkiraan kalori dalam setiap cemilan

Keempat, berikan cemilan dengan porsi yang sesuai. Emangnya berapa sih porsi cemilan yang sesuai untuk anak. Menurut rekomendasi WHO, untuk anak 7 hingga 9 tahun, cemilannya disarankan mengandung tidak lebih dari 20% kebutuhan energi harian atau sekitar 330 kalori.

Kelima, Pilihlah cemilan yang mengandung kebaikan susu dan buah. Karena susu mengandung kalori dan juga kasium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang anak. Buah-buahan juga mengandung serat dan berbagai jenis vitamin yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Kemenkes RI juga menganjurkan balita dan anak usia sekolah untuk mengkonsumsi minimal 2-3 porsi buah setiap hari. 

Plus, Jangan lupa juga untuk memperhatikan ijin edar BPOM untuk cemilan yang akan kita berikan kepada anak. Pastikan, cemilan tersebut tidak mengandung Bahan Tambahan Pangan yang berbahaya dan dilarang oleh BPOM.

Apa sih dampak memberikan sembarang cemilan untuk anak?


Menurut dr. Atilla, saat kita memberikan cemilan melebihi AKG harian anak tentunya akan memberikan dampak yang tidak baik untuk tubuh anak. Diperkirakan juga bahwa 15-25% penyakit anak-anak disebabkan karena pola makan yang kurang tepat, termasuk cemilan.

Seperti, saat memberikan cemilan yang mengandung gula yang tinggi, akan membuat anak cepat mengantuk. Dan jika cemilan manis tersebut tidak diimbangi dengan aktifitas, dalam jangka panjang akan menyebabkan beberapa jenis penyakit seperti diabetes, kolesterol dan juga darah tinggi.

Cemilan yang mengandung garam atau perasa yang tinggi juga tidak baik karena akan membuat anak menjadi adiktif hingga akan mempengaruhi pola makan mereka hingga mereka dewasa nanti. Oleh karena itu penting sekali untuk menumbuhkan kebiasaan smart snacking pada anak.

Pentingnya menumbuhkan kebiasaan Smart Snacking


Menurut studi yang dipublikasikan di International Journal of Behaviour Nutrition and Physical Activity tahun 2017, menunjukkan bahwa orangtua yang sejak dini memberikan contoh positif dalam memilih makanan dan cemilan sehat, pada akhirnya akan menumbuhkan kebiasaan baik pada anak sehingga anak-anak akan terbiasa mengkonsumsi makanan dan cemilan yang sehat juga.

Sebaliknya nih jika anak dibebaskan mengkonsumsi cemilan apapun yang mereka suka, akan memicu kebiasaan snacking yang buruk dan dapat berujung pada nutrisi yang tidak seimbang.

Bener banget nggak sih? Apa yang kita berikan pada anak saat ini, tentunya akan mempengaruhi semua kebiasaan makan mereka hingga dewasa nanti. Seperti misalnya, kalo kita selalu memberikan cemilan yang mengandung perasa yang berlebihan, lidah mereka akan terbiasa sehingga kemudian berujung menjadi kurang suka dengan makanan yang mengandung kadar perasa normal. 

Nggak baik kan kalo pengennya yang terlalu gurih atau teralu asin atau terlalu manis terus?

Menurut dr. Atilla, masa pandemi dan di rumah aja saat ini menjadi waktu emas yang tepat nih untuk mulai menumbuhkan kebiasaan memilih cemilan yang baik untuk anak.

Berikan juga jeda waktu yang tepat antara jam nyemil dan waktu makan mereka. Usahakan jangan memberikan cemilan sejam sebelum jam makan, karena itu akan membuat mereka kenyang dan jadi nggak nafsu untuk menyantap menu makan mereka. 

Cemilan pagi mungkin bisa diantara jam 9-10 dan cemilan sore pada jam 3-4 sore, ya. 


Logo Cemilan Baik Untukmu pada Es Krim Paddle Pop


Tepat pada perayaan Hari Gizi Nasional 25 Januari 2021 kemarin, Paddle Pop Memperkenalkan logo baru! 


Ini dia nih logo Cemilan Baik Untukmu, Logo ini juga melambangkan komitmen Paddle Pop untuk merapkan standard cemilan yang baik sesuai kebutuhan gizi seimbang anak dan juga sekaligus mengedukasi para orang tua dan juga para caretaker anak tentang pentingnya memilih cemilan yang baik.


Seperti yang dikatakan oleh Ibu Hernie Raharja (Food & Refreshment Director Uniler Indonesia) nih bahwa sebagai pionir cemilan es krim anak selama 28 tahun di Indonesia, di momen perayaan hari Gizi Nasional 2021, Paddle Pop memperkenalkan logo 'Cemilan Baik Untukmu' untuk memberikan jaminan kandungan es krim Paddle Pop yang baik untuk anak. Logo ini akan diaplikasikan secara berkala pada kemasan dan media komunikasi Paddle Pop.

"Ini menjadi bagian dari komitmen Unilever terkait Pangan Masa Depan yang bertujuan membantu masyarakat mengubah pola makan yang lebih sehat dan ramah lingkungan. Kami secara konsisten melakukan inovasi dengan meluncurkan produk yang baik, termasuk es krim Paddle Pop yang dibuat secara bertanggung jawab untuk anak" -Ibu Hernie Raharja (Food & Refreshment Director Uniler Indonesia).

Tentang Paddle Pop


Duh, kalo ngomongin tentang Paddle Pop pasti langsung terbayangkan macem-macem es krim favorit dari jaman kita kecil ya Buibu!

Paddle Pop memang merupakan pionir es krim untuk anak yang sudah selama 28 tahun di Indonesia. Bener-bener es krim dari generasi ke generasi yaaa~

Selama 28 tahun hadir menjadi pionir es krim untuk anak, Paddle Pop mengerti tentang tanggung jawab yang diemban oleh orangtua dan caretaker, yang selalu menginginkan yang terbaik untuk sang anak.

Oleh karena itu Paddle Pop membawa standard cemilan es krim yang lebih baik dengan mengutamakan rasa yang enak dan kandungan nutrisi yang tepat.

Paddle Pop Ice Cream #CemilanBaikUntukmu


Dalam virtual meeting kemarin juga hadir mbak Memoria Dwi Prasita (Head of Marketing Ice Cream Unilever Indonesia) yang menjalaskan tentang kampanye beserta logo baru Paddle Pop yaitu #CemilanBaikUntukmu.


Melalui campaign #CemilanBaikUntukmu ini, kini semua es krim Paddle Pop dirancang khusus dengan standard nutrisi tinggi yang membatasi kalori (≤ 110 kilokalori), gula (≤ 12 gram)) dan lemak jenuh (≤ 3 gram), serta terbuat dari susu dan buah untuk meningkatkan asupan nutrisi anak.

Dan yang lebih penting lagi, sekarang para orangtua dan caretaker dapat lebih tenang lagi saat memberikan es krim Paddle Pop sebagai cemilan untuk anak. Karena Paddle Pop telah memiliki standard komposisi produk yang mengacu pada standar internasional dari WHO dan Kemenkes RI. JUga telah mendapatkan nomor ijin edar BPOM dan sertifikat halal MUI.


Wah, jadi berasa semakin tenang banget ya Buibu menjadikan es krim Paddle Pop sebagai salah satu pilihan cemilan baik untuk anak๐Ÿ˜ Karena nggak cuma rasanya aja yang enak, variannya juga banyak dan pastinya memiliki standar nutrisi cemilan yang tepat untuk anak.

Bersama dengan kampanye ini, Paddle Pop berkomitmen untuk menjadi mitra orangtua dan caretaker di Indonesia dalam memberikan cemilan yang baik untuk anak-anak. Melalui kanal digitalnya, kini kita semua juga bisa berkomunikasi langsung dan juga mendapatkan edukasi seputar Cemilan Baik Untukmu ini loh!


#PaddlePopMainYuk, Ajak Orangtua Bermain Bersama Anak


Sejak November 2020 lalu, Paddle Pop juga telah meluncurkan brand purpose #PaddlePopMainYuk untuk mengajak semua orangtua bersama-sama menciptakan momen bermain dan ngemil yang seri dan menyenangkan untuk anak-anak. 


#PaddlePopMainYuk dibuat karena Paddle Pop juga menyadari bahwa tumbuh kembang anak Indonesia yang optimal harus didukung dengan kreativitas dan keceriaan bermain dan juga disempurnakan dengan pemilihan cemilan yang baik.

Karena bermain bersama dengan anak memang punya segudang manfaat yang baik untuk tumbuh kembang mereka. Nggak hanya memperkuat bonding bersama anak aja. Bermain bersama anak juga bisa mengajarkan problem solving dan menumbuhkan rasa percaya diri anak.

Dengan memberikan cemilan yang mendukung pemenuhan gizi seimbang anak, anak akan mempu untuk beraktivitas dan bermain dengan baik.

Dan ternyata nggak cuma mama Dian aja nih yang suka pusing menghadapi PJJ dan sibuk memilih cemilan untuk anak. Tapi juga ada Kak Sophie Navita (Mom Influencer) yang juga merasakan hal yang samaaa!


Rata-rata tantangan Kak Sophie dan semua mama dalam menghadapi PJJ tuh kurang lebih sama, ya. Ada jenuhnya, ada lelahnya. Namun Kak Sophie tetap semangat terus nih mendampingi anak-anak belajar di masa pandemi ini. 

Kak Sophie juga tipe orangtua yang menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya, salah satunya dalam hal cemilan nih. Kak Sophie mengatakan bahwa sudah kewajiban kitalah sebagai orangtua untuk membekali anak dengan kemampuan untuk memilih cemilan yang baik, sehat dan sesuai untuk mereka.

Jadi pesan Kak Sophie, jangan lupa untuk selalu mengecek label kandungan nutrisi saat memilih cemilan untuk anak, jangan sampai cemilan yang kita pilih memiliki kandungan gula atau garam yang terlalu tinggi.

Jangan lupa juga untuk selalu mendampingi anak saat bermain dan berikan cemilan yang baik seperti es krim Paddle Pop!

Nyemil dan bermain bersama Paddle Pop!


Seneng banget deh dengan komitmen terbaru Paddle Pop #CemilanBaik Untukmu ini. Mama Dian jadi nggak ragu lagi deh memberikan es krim Paddle Pop sebagai cemilan baik untuk Una dan Abang.

Anak-anak mah pastinya happy banget ya kalo dapet lampu ijo untuk makan es krim untuk cemilan! Hihi

Eh, Mama Dian emang nggak takut anaknya batuk pilek kalo makan es krim?


dr. Atilla bilang, makanan dan minuman dingin memang nggak disarankan diberikan terlalu banyak untuk anak yang memiliki alergi dingin.

Alhamdulillah anak-anak nggak punya alergi dingin nih, jadi aman kalo makan yang dingin-dingin. Apalagi Paddle Pop memiliki kandungan buah dan susu yang baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak. Dengan kalori sebesar ≤110 kilokalori setiap sajiannya, masih aman banget kok memberikan Paddle Pop sebagai pilihan cemilan baik untuk anak.

Dan sebisa mungkin luangkan waktu untuk bermain atau mengobrol bersama anak. Paling cocok tuh emang bonding time sambil ngemil dan main game board ya, biar lepas dari gadget dulu.



Sambil memecahkan misteri-misteri dalam game board, bisa sambil nyemil es krim Paddle Pop kesukaan dan juga ngobrol dan ketawa bareng-bareng. Pastinya bakal jadi waktu yang super menyenangkan untuk anak nih Buibu!

Selama pandemi ini tugas kita sebagai orangtua memang terasa jadi berlipat lipat ganda banget ya. Huhu. Tapi gapapah, demi kebaikan kita bersama terutama untuk kebaikan buah hati kita. Kita. Harus. Tetap. Semangat!

Semangat mendampingi anak-anak belajar dan juga jangan lupa tetap semangat untuk memberikan makan dan cemilan yang baik untuk anak seperti es krim Paddle Pop yaaaa~ Semangat ya Buibu semuanyaaaaa๐Ÿ’š๐Ÿ’™๐Ÿ’›❤️๐Ÿ’œ

57 komentar untuk "Seberapa penting cemilan untuk tumbuh kembang anak?"

  1. Waaahhh seru bisa ikutan webinar nya, jadi lebih banyak tau informasi jajanan/cemilan yang baik untuk anak-anak. Ah Paddle Pop jangankan anak-anak kita yang sudah segede gini aja juga suka makan es krim Paddle Pop.

    BalasHapus
  2. Eskrim Paddle Pop ini kesukaan anak-anak saya banget mbak. Plus saya juga entah kenapa lebih memilih produk eskrim dengan merk ini. Jadi, setiap diajak ke minimarket pas weekend dua krucils selalu minta beli eskrim ini. jadi trico, raibow, banana, dll hampir semua sudah mereka coba.

    BalasHapus
  3. Duh klo es krim mah bukan cuma anak2 aja yg suka. Emaknya juga dong gak mau kalah. Emang nih gak ada bosennya nyemil es krim awww

    BalasHapus
  4. Nah, masalahnya milih snacking untuk anak-anak harus hati-hati ya kak. Sekarang kan banyak jajanan yang nggak jelas kandungannya. Paddle Pop emang udah jadi kesayangan masyarakat sih dari dulu. Enak, bergizi lagi.

    BalasHapus
  5. Memang, Mbak. Krucil saya juga doyan ngemil. Kalau dituruti minta terus hahaha. Makanya diakali, 70 persen camilan buatan rumah, 30 persen boleh jajan, tapi tetap diawasai camilan yang pas. Soalnya snack kemasan itu, perasa asin dan gurihnya kadang berlebihan.
    Nah, kebetulan krucil saya cocoknya es krim produk walls, termasuk Paddle Pop ini.

    BalasHapus
  6. Anakku doyan ngemil sama makan. Emang sih makannya sedikit-sedikit tapi sering. Baru selesai ngemil/makan, ehh satu jam kemudian minta lagi. Eeaaaa.. Kudu stok cemilan nih di rumah. Dan bisa 3- hari sekali mereka minta es krim lho... Haha

    BalasHapus
  7. Asik, asiiikk! Ternyata es krim merupakan cemilan sehat ya. Hepi banget aku baca kabar yg bikin sumringah ini! Soale, aku penggemar Es krim! Apalagi kalo ke minimarket, dijamin kami sekeluarga pasti ubek2 freezer-nya Walls :D
    Syukaakk banget sama semua produk Walls'!

    BalasHapus
  8. Bener banget pola dan jenis makanan saat kecil akan terbawa sampai dewasa. Karena itu kebiasaan makan besar dan juga ngemil pada anak harus tetap memperhatikan keseimbangan gizinya.

    Paddle pop ini es krim kesukaan anak-anakku juga, rasanya enak dan variannya banyak. Sayang ya, sekarang udah nggak ada lagi bonus CD film animasinya. Padahal itu juga jadi salah satu penyemangat buat jajan hehehe

    BalasHapus
  9. mama-mama perlu aware nih tips memilih cemilan anak. Selama PJJ jadi makin sering ngemil, yah. Kalau di sekolah jajan ke kantin, nah ini bolak-balik buka kulkas.

    BalasHapus
  10. darell termasuk yang doyan banget ngemil, sehari bisa 2-3 kali ngemil hahaha.. apalagi cemilan yang berbau cokelat, beuh bisa-bisa abis sama dia sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. trus juga darell suka es krim, makanya aku kasih es krim paddle pop karena rasanya cocok dengan seleranya darell yang suka susu

      Hapus
  11. Keluarga ku juga suka banget sama es krim Paddle Pop. Apalagi sekarang ada logo Cemilan Baik Untukmu ya jadi lebih mudah memilih

    BalasHapus
  12. Jangankan anak-anak, orang dewasa aja cenderung lebih mudah menerima cemilan daripada makan utama. Makanya beberapa kali terjadi masalah dengan badan, paling gak timbangan semakn naik, gara-gara kebanyakan ngemil. Jadi memang penting banget mengetahui cemilan yang baik. Apalagi anak-anak masih bertumbuhkembang

    BalasHapus
  13. Kalo cemilannya es krim, emaknya juga mau. Haha. Anak-anakku jarang jajan, tapi kalo sekalinya bloeh jajan, pasti es krim ada di urutan teratas daftar rikues.

    BalasHapus
  14. Wuih data ini ... data yang diperoleh dari Studi SMERU yang menunjukkan bahwa 97,7% atau hampir semua anak Indonesia terbukti lebih sering mengkonsumsi cemilan dibandingkan sayuran atau buah-buahan ... anak2ku begitu .. hiks.

    SMERU ternyata punya data tentang anak juga ya, saya tahunya data yang ada seputar tingkat kemiskinan ....

    BalasHapus
  15. sejujurnya aku tuh sering menggunakan es krim paddle pop buat ngeboost semangat anak2..klo mrk lg ga mood belajar atau ini itu. Ayok semangat nanti ibu kasih hadiah...hadiahnya es krim aja mrk dah senang hehe

    BalasHapus
  16. Es Krim Paddle Pop ini emang udh jadi favorit banget dari jaman kecil, ternyata kandungannya baik buat cemilan anak2 ya. Ah nnti kalo anakku udh besar bisa aku beliin Paddle Pop juga hehe..

    BalasHapus
  17. Iya aku ngerasa banget, seminggu sekali beliin jajanan buat anak tuh kerasa banget ngeluarin uangnya. Wkwkwk. Kalau lagi rajin sih bikin sendiri. Tapi kalau urusan beli es krim emang anakku suka paddle pop.

    BalasHapus
  18. Camilan ternyata sama pentingnay dengan makanan utama tapi harus memilih camilan yang baik ya. Paddle Pop sekarang punya logo camilan baik untukmu jadi memudahkan kita memilih camilan

    BalasHapus
  19. Dengan adanya logo Cemilan Baik Untukmu, kita bisa lebih mudah dan cepat untuk menemukan cemilan yang baik untuk anak-anak ya...

    BalasHapus
  20. Yup, aku juga selalu baca kandungan nutrisi di setiap kemasan cemilan. Jadi aku selalu tau berapa kalori cemilan yang aku kasih ke anak.
    Nah kalau paddle pop sih udah dari zaman aku kecil jadi favorit. Dia ga cuma sekedar cemilan tapi juga penuh manfaat kebaikan susu dan buah.

    BalasHapus
  21. Suka deh kalo gini. Anak bisa makan camilan yang enak dan juga sehat. Yang pasti anak-anak suka. Karena rerata anak-anak suka es eskrim kan yaaa
    Berarti mulai sekarang gak ragu lagi deh ngasih eskrim ke anak, dan milihnya pasti paddle pop, sama dengan eskrim pilihan emaknya jaman masih kecil dulu haha

    BalasHapus
  22. Dari dulu udah sering belanjain cemilan buat keponakan, dulu sih apa aja dibeli kalau sekarang udah mulai teliti, baca label kandungan gizi di kemasan, agak pilah-pilih tapi kan sayang sama keponakan. Kalau dibeliin Paddlepop, selain keponakan, aku juga mau ngemil ini dooong :))

    BalasHapus
  23. P R banget buat aku, anakku terlanjur suka dengan keripik setan yang super pedas dan super gurih.
    AKu mengalihkan ke cemilan buah dan es krim, emang, untuk mengimbangi kesukaannya pada makanan terlalu asin ini

    BalasHapus
  24. Kalau saya yg colek2 minta cemilan bukan anak2, tapi bapaknua.. hahaha.. tapi mau ga mau ya buat cemilan buat keluarga deh. Kalau males ya suruh ambil stock es krim yg ada. Apalagi kalau bkn paddle pop

    BalasHapus
  25. Cemilan Sehat teryata tuh pengaturan waktu pemberian cemilan juga ada ya kalau dengar dari webinar itu. Kadang aku tuh asal kasih aja selama anak minta

    BalasHapus
  26. Melihat persentase fakta cemilan, memang iya sih, soalnya Ponakan daku demen camilan, sayur masih doyan tapi kadang-kadang, makanya perlu asupan camilan yang baik seperti itu ya

    BalasHapus
  27. Benar adanya, sebagai ibu aku jadi lebih tenang saat memberikan es krim Paddle Pop sebagai cemilan untuk anak-anakku
    Apalagi Paddle Pop telah memiliki standard komposisi produk yang mengacu pada standar internasional dari WHO dan Kemenkes RI dan bernomor ijin edar BPOM dan sertifikat halal MUI.....Enaggk cuma baik tapi rasanya enak bikin anak anak dan emak suka

    BalasHapus
  28. Camilan yang enak dan sehat ya es krim Paddle Pop ya tidak terlalu manis dan asin jadi seimbang..musim dingin begini rasanya pengen makan dan ngemil terus...

    BalasHapus
  29. Iya fakta banget kalo anak2 memang lebih sering mengkonsumsi cemilan dari pada mengkonsumsi sayur dan buah, huhuu susaah banget ya. Untungnya ada pilihan cemilan yang baik, bergizi dan menyehatkan kek Paddle Pop, solusi buat para orang tua .

    BalasHapus
  30. Iya bener banget stok camilan cepet habis jadinya. Beli banyak buat stok eh dihabiskannya lebih cepat, kalau beli sedikit apalagi hahaha. Ternyata camilan juga harus diperhatikan nutrisinya ya

    BalasHapus
  31. Terus terang anakku juga banyak makan cemilan beli kyknya ketimbang bikin. Yaaa krn bikin cuma sesekali hehe.
    Salah satu yg sering dicemilin ya es krim paddle Pop ini.
    Alhamdulillah ya skrng dgn adanya logo cemilan baik untukmu jd tambah yakin es krim ini baik dikonsumsi anak2

    BalasHapus
  32. ya ampun, es krim legend, jaman aku kecil sampai aku punya anak kecil masih melegenda ini yah :D btw udah nggak ada kang es krim yang pakai gerobak merah ya sekarang, padahal seru juga nungguin si babank pas lagi panas2 :D

    BalasHapus
  33. setuju mama Dian selama pandemi ya anak-anak di rumah malah sering ngemil makanya butuh cemilan sehat yah cem paddle pop di rumah juga selalu stock sih untuk es krim

    BalasHapus
  34. Aiih, senangnya...
    Setelah belajar lalu bermain dan bisa sambil ngemil Paddle Pop.
    Suka banget sama rasa buah-buahannya yang yuummii~

    BalasHapus
  35. Bener-bener memudahkan kita ya kampanye logo yang dikeluarkan oleh Paddle Pop membantu orangtua menentukan camilan baik

    BalasHapus
  36. Yes..emang penting sih camilan buat anak...dan yang lebih oenting lagi jenis camilannya ya...harus yang sudah jelas komposisinya sesuai dengan kebutuhan gizi..

    BalasHapus
  37. Mengawasi jumlah gula, sodium dan kalori dalam cemilan kadang masih lalai aku nih, selain orangtua, masyarakat juga terbantu dengan adanya logo dari paddle pop ini

    BalasHapus
  38. Jadi orangtua harus bijak pilih snack, jangan sampai asal beliin snack. Paddlepop es grim kita semua ahahaha, esgrim lwgend ya mak

    BalasHapus
  39. Kalau anak udah minta camilan,ibu2 suka pada goyah ya mom,mau kasih produk ini takut gak sehat,mau bikin kok males dan keburu cranky. Untuk ada penjelasan tentang kerennya es krim paddle pop,jadi gak ragu lagi deh kasih camilan sehat ini ke keponakanku.

    BalasHapus
  40. Penting banget nih cemilan untuk anak. Apalagi kayak masa pandemi kaya sekarang. Anak-anak bawaannya laper melulu

    BalasHapus
  41. Ice cream paddle pop ini cemilan favprit keluarga ku lho kak kalau anak-anak suka banget yang choco lava kalau saya sih yang rainbow.

    BalasHapus
  42. Cemilan anak-anak siapa sih yang nggak suka? Pasti suka deh. Di sinilah pinter-pinter kita sebagai orang tua buat memilih cemilan yang sehat dan bergizi jangan kasih cemilan yang banyak micin dan gula terus anak-anak kita hehe ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  43. wah anak-anaknya ngemilnya masih sesuka hati nih, belum sesuai dengan waktunya. Coba nanti mau diterapkan aturan ngemil yang baik deh.

    BalasHapus
  44. Camilan emang makin mudah diterima daripada makanan utama. Tidak buat anak, tapi orang dewasa juga. Camilan yg baik memang harus diperhatikan ya. Supaya nutrisi dan gizi yg didapat juga seimbang

    BalasHapus
  45. cemilan favorite banget nih sejak dulu, rasanya ga berubah yah

    BalasHapus
  46. Anakku juga udah ngerti es krim lho mom. Tentunya aku pilihkan cemilan sehat yang baik untuk kesehatan dia ya es krim walls

    BalasHapus
  47. Maaf nih kak, kalau camilannya es krim, sepertinya saya yang belum emak-emak nggak akan nolak loh hehehe

    PS

    BalasHapus
  48. Kalau ada informasi lengkap mengenai kandungan nutrisi memang bikin ortu jadi lebih tenang pas kasih cemilan ke anak ya

    BalasHapus
  49. Aku baru tahu loh Bund, kalau Paddle Pop mengandung serat juga. Ternyata memang benaran sehat yah Paddle Pop ini, jadi tenang kasih jajanan Paddle Pop buat ponakan aku.

    BalasHapus
  50. Ini sih anak-anak happy banget ya mbak, selain dapat es krim dan ada boxnya juga yang bisa untuk mereka main bersama. Anakku aja senang banget itu mainnya.

    BalasHapus
  51. note kak, makasih infonya dan bisa jadi rekomendasi buat si bobil

    BalasHapus
  52. Cemilan wajib penghuni frezer dirumah paddle pop tuh. Gak khawatir karna takaran nutrisi nya pas buat anak. Plus favoritnya anak² banget

    BalasHapus
  53. Ternyata efeknya selain untuk kesehatan, memilih cemilan yang tepat untuk keluarga juga bisa menjadi sebuah lifestyle yaaa..

    BalasHapus
  54. mbak, aku penasaran sama mainan dari paddle pop-nya itu. dimana ya bisa dapetinnya?

    BalasHapus
  55. Setuju, cemilan emang penting banget buat anak-anak soalnya kebutuhan kalori mereka tinggi. Kalau cuma mengandalkan makan utama aja dihitung-hitung gak cukup buat memenuhi kalori hariannya.

    Tantangannya emang gimana caranya cari cemilan yang kalorinya cukup tinggi tapi juga rendah gula, padahal gula ini yang nyumbang kalori tinggi di makanan tapi kalau kebanyakan juga gak baik.

    Eh ternyata Paddle Pop ini kandungan gulanya masih di batas aman dan kalorinya cukup untuk melengkapi kebutuhan anak, ya. Jadi lebih tenang buat ngasi anak-anak Paddle Pop sekarang. Anak-anakku pengabdi es krim banget soalnya :D

    BalasHapus
  56. Aku sama.anak anak juga suka banget makan padle pop ini mom,

    Baiknya dalam sehari dikonsumsi berapa kali ya mom batasnya supaya gak berlebihan

    BalasHapus