Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Memilih Peralatan Masak Yang Tepat Untuk Berbagai Hidangan

Memasak hidangan dianggap hal yang wajib serta asyik dilakukan. Selain lebih hemat, memasak juga bisa membuat Anda hilang stress dan dapat membuat hidangan dengan bahan yang sesuai keinginan.

Banyak orang yang memasak makanan tanpa mengetahui fungsi serta bahan yang ada pada peralatan masak yang dimiliki. Padahal peralatan masak memiliki fungsinya masing-masing dan memiliki bahan yang tidak boleh asal pilih. Bila tidak dilakukan, maka hidangan Anda jadi gagal dan akan menimbulkan munculnya zat yang berbahaya bagi tubuh.

Supaya Anda semakin tahu tentang peralatan masak, artikel ini akan membahas bagaimana memilih peralatan masak yang tepat untuk berbagai hidangan. Mari kita simak ulasannya!

Rekomendasi kompor gas BestSpy
(Pic source: Dane Deaner - Unsplash)


1. Ketahui Tipe-Tipe Panci yang Akan Digunakan

Peralatan masak dapat dipilih dengan tepat bila sudah dapat membedakan jenis-jenis panci untuk memasak. Secara umum jenis panci di pasaran terdiri dari berbagai jenis. Di antaranya adalah:

      Sauce Pan/ Panci Gagang

Panci ini biasanya memiliki 1-2 gagang di salah satu sisinya. Biasanya panci ini digunakan  untuk memasak sayur-sayuran.

      Stock Pot/ Panci Besar

Stock pot adalah panci yang besar dan merebus banyak makanan. Biasanya panci ini digunakan untuk membuat sup, kari, kaldu, sayuran yang berkuah hingga kari-karian. Panci ini memiliki dinding yang tinggi, sehingga cocok juga untuk memasak berbagai spageti. Di samping itu stock pot memiliki jaring lubang yang sangat cocok digunakan untuk memasak makanan seperti nasi, ketan, dan lain sebagainya.

      Presto/Pressure Cooker

Panci ini adalah sebuah panci yang dapat memasak dengan cepat. Presto atau pressure cooker dapat memasak makanan seperti semur, rebusan, kukusan, serta bahkan bisa menanak nasi.

Jika Anda ingin menggunakan peralatan masak untuk menggoreng dan memanggang, maka pilih saja wajan. Secara umum wajan terdiri dari beberapa jenis seperti frying pan yang berguna untuk menggoreng ikan atau telur dadar dengan minyak yang sedikit, saute pan untuk merebus sayur dan membuat gorengan, wok untuk memasak nasi goreng dan tumisan goreng, serta grill pan untuk memanggang ikan atau daging.

Hal yang mesti diingat adalah bahwa semua jenis panci dan wajan ini akan maksimal penggunaanya bila dilakukan di kompor gas, dan bukan digunakan di kompor minyak. Simak artikel dari Best Spy untuk mendapatkan rekomendasi kompor gas terbaik disini.

2. Pahami Bahan Dasar Peralatan Masak Anda

Bahan dasar dari peralatan masak juga penting untuk diketahui supaya bisa memasak dan menyiapkan hidangan dengan tepat. Peralatan masak saat ini selain tepat digunakan, juga harus aman untuk kesehatan Anda.

Secara umum ada 3 jenis bahan yang sebenarnya aman digunakan bila digunakan dengan hati-hati, di antaranya adalah bahan stainless steel, kayu, dan plastik.

Bahan stainless steel adalah salah satu bahan yang paling aman sejauh ini digunakan saat memasak. Namun kekurangannya adalah bahan ini sulit dibersihkan dan bila lapisannya rusak, maka dapat menyebabkan munculnya racun yang masuk dalam hidangan yang dicampur saat memasak.

Peralatan dari stainless steel dapat dijumpai pada wajan, panci, spatula, pisau yang digunakan untuk memasak hidangan rebusan hingga gorengan.

Kedua adalah plastik. Bahan ini dianggap bahan yang baik karena ringan dan mudah dibersihkan. Namun kekurangan dari bahan ini adalah bahwa plastik tidak direkomendasikan untuk masakan yang panas dan harus dipastikan adanya label aman di produk plastik yang digunakan. 

Peralatan plastik dapat dijumpai pada centong, mangkuk dan baskom yang biasanya digunakan untuk menampung hidangan yang sudah dimasak.

Terakhir adalah kayu. Jika Anda menggunakan bahan ini, kelebihannya adalah ringan dan mudah dibersihkan, sayangnya bahan peralatan masak yang terbuat dari kayu mudah terkena jamur dan harus dibersihkan dengan segera.

Peralatan masak dari kayu dapat ditemui pada centong, talenan, spatula yang biasanya digunakan untuk mengaduk makanan yang sedang dimasak.

3. Hindari Peralatan Masak yang Memicu Munculnya Zat Karsinogen

Peralatan masak yang tepat adalah peralatan masak yang aman saat digunakan dan tidak menimbulkan zat karsinogen yang membuat hidangan Anda beracun. Ada beberapa bahan pada peralatan masak yang rentan terhadap munculnya zat karsinogen seperti Politetrafluoroetilena, aluminium, tembaga, dan BPA.

Politetrafluoroetilena biasanya dijumpai di teflon dan cenderung anti lengket, ini dianggap berbahaya karena bila dimasak dalam suhu yang tinggi dapat menghasilkan senyawa karsinogen di dalam hidangan.

Di samping itu bahan aluminium dan tembaga juga harus dihindari, karena ada zat berbahaya dari logam yang bisa masuk ke hidangan yang dimasak, serta BPA atau Bisphenol A yang berbahan plastik dan ternyata berbahaya bagi tubuh. Peralatan masak yang tepat adalah peralatan yang bebas karsinogen dalam makanan.

Catatan

Ada banyak bahan peralatan masak yang tepat digunakan ketika memasak di kompor gas kesayangan Anda, beberapa diantaranya seperti peralatan masak yang terbuat dari kaca, porselen atau keramik, adanya bahan peralatan dengan teknologi anodizing, dan peralatan masak dari besi tuang.

Setidaknya bahan-bahan dari alat tersebut aman digunakan, khususnya mencegah bahan peralatan mengalami korosi dan masuk di dalam hidangan makanan Anda. Peralatan memasak yang tepat tidak lepas dari jenis alat masak bahan, serta disesuaikan dengan fungsi peralatan masak itu sendiri.

Itulah cara tentang bagaimana memilih peralatan masak yang tepat untuk berbagai hidangan, semoga Anda bisa memasak dengan nyaman dan aman. 

18 komentar untuk "Bagaimana Memilih Peralatan Masak Yang Tepat Untuk Berbagai Hidangan"

  1. Wah aku sebagai istri yg baru terjun banget-banget k dunia dapur tuh kadang suka kewalahan buat list kebutuhan alat dapur kayak gini mbaa, kebantu bgt!

    BalasHapus
  2. Saya belakangan ini jadi takut memakai teplon masak karena mengandung bahan yang ternyata bisa ikut masuk ke masakan kita.
    Dan sekarang yang lagi hits pake peralatan masak yang dari granit ya mba..

    BalasHapus
  3. Memilih peralatan masak emang nggak bisa seenaknya. Jangan asal murah, langsung beli aja. Lebih baik mahal dikit, tapi aman buat kesehatan keluarga kita.

    BalasHapus
  4. Kalau mpo pengorengan punya buat kue dadar dan fry pan. Presto juga penting banget. Lumayan bisa menghemat waktu. Kalau peralatan masak lengkap mempermudah kerjaan kita.

    BalasHapus
  5. Nah bener, untuk masak makanan, kita gak bisa sembarangan pake alat ya. Harus jeli dan teliti. Gak asal bagus juga. Salah-salah milih, bisa aja kita malah pake alat masak yang berbahaya, yang bisa bikin makanan jadi beracun. Kudu yang foodgrade. Biar tubuh tetap sehat, kitanya tenang.

    BalasHapus
  6. makasih mba tipsnya kebetulan nih baru mau nyicil beli perlengkapan masak, selama ini saya masih pinjem peralatan masak mertua hehe

    BalasHapus
  7. Aku juha pengen banget nie mba punya peralatan masak kumplit dan sehat sayang nya pasti harganya mahal

    BalasHapus
  8. pilih alat masak nggak bisa sembarangan
    harus melihat bahannya juga, krn kan berdampak pada kesehatan

    BalasHapus
  9. Aku kok malah salfok sama peralatan masaknya ya, warnanya cakep banget. Aku tuh emang lagi demen cari peralatan masak juga nih.

    BalasHapus
  10. berguna banget nih buat awam yang baru mulai belajar masak kayak aku. makasih banyak mbak untuk informasinya

    BalasHapus
  11. Dipahami lebih dulu ya bahan peralatan yang dimiliki itu apa aja, biar dalam memasak bisa lebih nyaman

    BalasHapus
  12. penting banget nih lihat bahannya dulu sebelum membeli karena jangan sampai nyesal.
    peralatan masak yang multifungsi juga bisa jadi penyemangat kita rajin masak dan berkreasi di dapur :D

    BalasHapus
  13. Peralatan masak favoritku sbnarnya adalah yg dari granite cuma harganya terlalu mahal makanya kemarin pas beli online cma sanggup beli yg teflon heheh smoga kandungannya gk berbahaya deh

    BalasHapus
  14. Setelah beli teflon, aku baru dpat info dari teman teflon berasal dari bahan yang kurang aman huhu jadi bingung mau diapain

    BalasHapus
  15. Ternyata memilih peralatan dapur jangan sekadar dari lucu warnanya atau desainnya aja ya, harus lebih dipikirkan fungsi dan keamanannya biar pas pakenya juga nyaman

    BalasHapus
  16. Lama-lama jadi khawatir juga ya dengan bahan teflon, penggunaannya harus hati-hati agar tidak mudah tergores. Bukan karena harganya yang relatif mahal tetapi karena bahaya zat karsinogenik di lapisannya ya mba

    BalasHapus
  17. Ini hal-hal basic, ya, tapi emang harus diketahui supaya ga asal beli peralatan dapur terus jarang kepake, atau udah beli tapi ternyata cepet rusak hahaha

    BalasHapus
  18. Mba, terima kasih ya sudah menuliskan ulasan ini. Saya belajar banyak dari sini. Memang kita harus pintar memilih bahan dan alat memasak yang baik dan aman yaa untuk keluarga kita

    BalasHapus