Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Memasak Nasi dengan Kompor Gas

Cara memasak nasi menggunakan kompor gas. Anak-anak kelahiran tahun 90-an mungkin masih ada yang paham nih gimana cara memasak nasi pakai kompor gas. Karena dulu magic jar masih menjadi barang yang langka. 

Masih inget pasti ya sama pendahulunya magic jar, yaitu rice cooker. Alat yang hanya bisa digunakan untuk memasak nasi, tapi nggak bisa menghangatkannya. Jadi kelar masak, yaudah kelar. Nasinya bakal dibiarkan aja dingin di dalam rice cooker itu, karena nggak ada penghangatnya.

Tapi kehadiran rice cooker sendiri udah jadi barang yang dianggap memudahkan pekerjaan rumah tangga. Karena memasak nasi menggunakan kompor gas memang cukup ribet ya?

Tapi jangan salah, walaupun ribet, cara memasak nasi yang satu ini masih jadi pilihan untuk banyak kalangan masyarakat. 

Kapan sih biasanya memasak nasi dengan kompor gas dilakukan?

Saat ada acara syukuran

Karena untuk acara syukuran, biasanya dibutuhkan nasi dalam jumlah banyak dan perlu waktu yang cepat memasaknya. Kan repot dong ya masak nasi 5 liter-5 liter tiap jam. Lama kelarnya nantiiii๐Ÿ˜… Dengan cara menanak nasi manual ini nasi dalam jumlah besar jadi lebih cepat matang dan lebih tanak. 

Saat listrik padam

Dan tentu saja, memasak nasi menggunakan kompor gas bisa menjadi jurus penyelamat kamu nih saat listrik padam dan dirumah pas banget kehabisan nasi. Apalagi pas tanggal tua dan mesti hemat, daripada jajan mending masak nasi sendiri dan goreng telor ceplok aja yaaaa. Hihi.

Saat naik gunung

Eits, untuk kamu yang pengen naik gunung. Cara menanak nasi menggunakan kompor gas juga wajib kamu ketahui. Karena nggak bisa nyolok listrik buat magic jar juga kan di atas puncak gunung? ๐Ÿ˜

Saat mau memasak nasi uduk / nasi kuning

Emang nggak bisa masaknya pake magic jar aja? Ya bisa sih, tapi nasi kuning dan nasi uduk terasa lebih tanak dan sedap jika dimasak diatas kompor loh. Nggak percaya? Cobain aja~

Jadi untuk kamu yang belom tau cara masak tanpa rice cooker ini. Udah penasaran belom nih gimana caranya?

Cara masak nasi dengan kompor gas

Cara memasak nasi dengan kompor gas

Yang harus dipersiapkan adalah:

1. Beras (Takarannya disesuaikan dengan kebutuhan, ya)
2. Air
3. Panci (Boleh panci berkuping dua, ataupun panci bergagang. Besarnya disesuaikan dengan banyak berasnya ya)
4. Panci kukusan
5. Sutil / centong nasi

Langkah-langkah memasak nasi pakai kompor gas:


1. Cuci beras di dalam panci (Tips mencuci beras: Untuk menjaga gizi dalam beras, sebaiknya beras tidak dicuci sampai lebih dari 3 kali. Jangan meremas beras terlalu keras juga apalagi sampai berasnya hancur)
2. Ukur air beras setinggi 2 ruas jari. Karena takaran air memasak nasi idealnya sekitar 1,5 sampai 2 ruas jari.
3. Naikkan panci keatas kompor. Aduk-aduk beras hingga air di dalam panci mengental dan meletup-letup. Matikan kompor dan tutup panci selama 10 menit.
4. Siapkan panci dandang atau kukusan. Isi air dan naikkan ke kompor dengan api kecil.
5. Kemudian lihat ke dalam beras yang sudah ditanak, jika air sudah habis atau sat, pindahkan berasnya ke dalam panci kukusan.
6. Kukus nasi dengan api sedang selama 30-45 menit.
7. Selamat, nasi pulenmu sudah matang!

Kalo udah sukses memasak nasi biasa, selanjutnya mungkin kamu juga harus mencoba memasak nasi kuning/nasi uduk dengan menggunakan kompor gas.

Mirip-mirip kok cara memasak nasi kuning/nasi uduk dengan memasak nasi langsung dengan dandang. Bedanya hanya untuk nasi uduk tambahkan santan kental, garam, daun sereh dan laos, sedangkan untuk nasi kuning tambahkan juga air perasan kunyit seruas jari yang diparut, ya. 

Sebelum dinaikkan ke atas kompor, kamu bisa merasakan airnya terlebih dahulu, apakah sudah pas asinnya, atau belum. Proses selanjutnya sama persis seperti memasak nasi biasa diatas. Mudah kan?

Sesungguhnya, memasak nasi dengan cara seperti ini memang tidak terlalu sulit kok! Asalkan kita mau sabar saat memasaknya, nasi yang dihasilkan akan matang sempurna.

Jadi inget jaman dulu, aku sendiri malah masak nasi menggunakan kompor minyak. Tentu saja proses memasaknya lebih lama dibandingkan kompor gas. Dulu tuh sampe bengong duduk di depan kompor, nungguin berasnya mendidih. Rasanya lamaaaaaa sekali, kalo dengan kompor gas nasi cepat matang kan pastinya. Kelar masak ditaruh di canting nasi dan ditutup dengan tudung saji.

Beruntung sekali anak-anak jaman sekarang yang nggak perlu mengalami masak nasi menggunakan kompor, ya. Hihi. Karena masak nasi menggunakan rice cooker atau magic jar cukup cetek dan mateng. 

Sebagai ibu ibu masa kini, aku juga merasa beruntung sih, nggak perlu repot masak nasi di kompor seperti buibu jaman dulu. Semua hal emang punya sisi plus minusnya sendiri ya. Hihi.

Demikian postingan kali ini, semoga berguna untuk semua yang membacanya yaaa~ Kalo kamu gimana, udah pernah masak nasi pakai kompor gas belum?

26 komentar untuk "7 Cara Memasak Nasi dengan Kompor Gas"

  1. Jadi inget zaman dulu masak nasi pake kompor minyak. Sekarang hampir ga pernah aku masak nasi pake gas. Besok aha sesekali ngajarin anak-anak

    BalasHapus
  2. Ya ampun aku malu belum pernah masak nasi pakai kompor nih, Aku contek cara masaknya ya mak, jangan diketawain :) Pas banget mati listrik nih sekarang langsung praktik masak nasi

    BalasHapus
  3. Aku belum pernah masak nasi pakai kompor gas. Hahha. Soalnya takut nggak matang euy. Hiks. makasih tipsnya mba. Ntar aku coba deh

    BalasHapus
  4. Hahahahah iya nih jadi ingat zaman dulu kita masak nasi menggunakan kompor minyak yach. Lualaaaaa pisan kelarnya padahal masakan udah jadi, perut lapar hihihihi :) Lama2 ada kompor gas. itu juga masaknya masih pake panci biasa. Alhamdulillaah kehadiran rice cooker sangat membantu kita masak nasi dan menghangatkannya jd praktis deh mamah2 happy :D

    BalasHapus
  5. Belum pernah sih masak nasi pakai kompor gas. Tapi pakai kompor minyak tanah sudah khatam, haha. Sebenernya lebih enak nasi kukus gini dibanding nasi magic com menurutku sih ya

    BalasHapus
  6. Sejak pindah rumah, saya selalu masak nai pakai rice cooker. Tetapi, memang jangan sampai kemampuan masak nasih pakai gas dilupakan. Nanti repot kalau mati listrik :D

    BalasHapus
  7. Heu ... haruskah pakai panci plus kukusan? Ga bisa satu aja ya? *nawar
    inget ga waktu pulomas mati lampu karena banjir di awal tahun? untungnya ada ibuku di rumah jadi bisa masak nasi, hahaha ... trus tetanggamu masak nasi pakai panci presto.

    BalasHapus
  8. Etapi beneran loh, masak menggunakan kompor yaitu diaron dan dinaikkan ke dandang tuh rasanya jauh berbeda dengan menggunakan rice cooker. Lebih pulen dan wangiiii gitu deh perasaan.

    BalasHapus
  9. Aku jadi ingat almarhum papaku, karena dia paling senang itu masak nasi dengan menggunakan kompor karena menurutnya lebih enak.

    BalasHapus
  10. Saya masih sering pakek kompor khusus untuk nasi merah. Karena yang makan saya sendiri jadi suka dimasak tersendiri. Anak saya juga saya ajari masak pakek kompor. Ya biar punya keterampilan aja sih. Toh realitanya bisa beli nasi putih kan kalau gak ada rice cooker atau magic com.

    BalasHapus
  11. Di rumah ibuku masih sering masak manual pake kompor mbk. Meskipun ada rice cooker, tapi paling buat ngangetin aja

    BalasHapus
  12. Ini yang aku lakukan sekarang..hehe udah lama sih gak pake rice cooker. Meski agak ribet..keluarga lebih suka rasanya yang enak kalo dimasak pake kompor gas..

    BalasHapus
  13. wah ini mantap tipsnya...
    jujur aku selama ini nggak tahu cara ini, krn aq masak nasinya pake magic com, hehe

    BalasHapus
  14. sejujurnya aku belum pernah masak nasi menggunakan kompor gas, tapi suka liat kalo pas nyokap nasi pakai kompor gas di rumah. dan iya loh hasil nasinya beda dengan pakai rice cooker ya

    BalasHapus
  15. Aku dulu diajarin emakku nih, kami org jawa bilangnya "sego dikaru" hehehe
    Sekarang sesekali kulakukan kalau bikin nasi berbumbu seperti nasi kuning. Eh pas listrik di rumah mati trus nasinya blm tanak akhirnya ya terpaksa dikukus ulang di kompor jg sih

    BalasHapus
  16. Belum pernah, Mbak. Hahaha. Tapi perlu dicoba nih untuk bikin nasi kuning dan nasi uduk. Kalau masak nasinya pakai dandang aromanya lebih istimewa katanya ya.

    BalasHapus
  17. Saya masak nasi pakai kompor gas cuma pas mati listrik aja... Bahkan masak nasi kuning pun pakai rice cooker, hihihi...

    BalasHapus
  18. Kudu tau jg ya mba anak zaman now ttg cara masak nasi di kompor gas. Jgn cm tau sm rice cooker. Kek aku dulu, masak di kompor bisa, rice cooker bs. Pas di rumah mertua tyt mertua pake kayu. Whahaha.. Bengong sendiri akhirnya.

    BalasHapus
  19. Masak pakai kompor udah sejak di rumah emak sih. Begitu di rumah bumer, tinggal penerapan lebih lanjut lagi. Soalnya kalau di rumah sendiri, magic jar bisa. Kalau di rumah bumer, magic jarnya hanya berfungsi sebagai pemanas aja. Jadi masaknya tetap dari kompor.
    Trus kalo masak dg porsi besar, ya pakai kompor atau ditungku, hehehee

    BalasHapus
  20. Kalau saya masak nasi pakai kompor gas saat mati listrik dan belum nyolokin magic com atau saat pengen bikin nasi kuning dan nasi uduk. Tapi sekarang bikinnya udah sering pakai megic com hehe.

    BalasHapus
  21. Jadi inget salah satu artis Korea yang ngajarin cara masak nasi.
    Aku pikir "Apa hebatnya? Orang Indo juga tiap hari masak nasi, helooow..."

    Ternyata dia ngajarin cara masak nasi pake kompor.
    Aseli salut..
    Karena doi artis dan lakik...gitu.

    BalasHapus
  22. Sudah mbak, saya pernah masak nasi di kompor, iya sebab tiba tiba mati lampu seharian dan Alhamdulillah ternyata bisa juga masak nasi di kompor hehe seneng banget

    BalasHapus
  23. Sudah mbak, saya pernah masak nasi di kompor, iya sebab tiba tiba mati lampu seharian dan Alhamdulillah ternyata bisa juga masak nasi di kompor hehe seneng banget

    BalasHapus
  24. Sudah mbak, saya pernah masak nasi di kompor, iya sebab tiba tiba mati lampu seharian dan Alhamdulillah ternyata bisa juga masak nasi di kompor hehe seneng banget

    BalasHapus
  25. Saya pernah memasak nasi pakai kompor gas. Kebetulan waktu itu rice cooker lagi rusak. Mau tak mau masak nasinya pakai kompor gas. Proses memasaknya jadi lebih panjang, ya. Berasnya dimasak pakai panci dulu, lalu dikukus pakai dandang ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  26. Duh, aku udah lupa deh masak nasi dengan kompor. Terbiasa dengan magicom bikin lupa deh. Masak nasi dengan kompor bikin inget masa SMA ke sana deh. Aku tiap hari masak nasi dengan cara itu.

    BalasHapus