Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

NIVEA Sentuhan Ibu: Manfaat Luar Biasa Sentuhan Ibu untuk Anaknya

Seberapa pentingkah sentuhan ibu untuk tumbuh kembang si kecil? Seberapa penting bonding antar ibu dan anak? Bagaimana cara melakukan bonding yang tepat?

Penelitian menunjukkan bahwa anak yang rutin distimulasi secara skin to skin oleh ibunya cenderung memiliki perkembangan otak yang lebih baik dan memiliki peningkatan kemampuan bicara.

Ajaib dan bermanfaat banget kan ternyata kekuatan sentuhan ibu ini?

Oleh karena itu NIVEA sebagai brand yang telah ratusan tahun menemani keluarga di seluruh dunia dalam merawat kesehatan kulit, mempercayai kekuatan sebuah sentuhan. 

Kepercayaan akan kekuatan sentuhan ini mengukuhkan komitmen NIVEA dalam membantu mempererat bonding anara ibu dan anak dalam wujud panduan rutinitas #SentuhanIbu. Panduan ini disusun bersama dengan dermatologis dan dokter anak ahli neurologi mulai dari awal kehamilan hingga setiap momen kehidupan anak.

Dan pada tahun 2020 ini, NIVEA kembali mengadakan kegiatan tahunan yang bertepatan dengan Hari Ibu, yang juga telah berlangsung sejak tahun 2014.

NIVEA Sentuhan Ibu

NIVEA Sentuhan Ibu

Tahun ini merupakan tahun ke tujuh diselenggarakannya NIVEA Sentuhan Ibu. Perayaan NIVEA Sentuhan Ibu tahun ini diselenggarakan secara virtual melalui beberapa acara yang salah satunya diikuti oleh teman-teman blogger dan media, pada tanggal 10 Desember 2020 kemarin.


Acara virtual NIVEA Sentuhan Ibu 2020

Acara ini dihadiri oleh dr. Herbowo Soeromenggolo, Sp.A(K) (Dokter anak dan ahli neurologi), dr. Nana Novia Jayadi, SpKK (Dokter Spesialis Kulit) dan juga Diana Riaya (Marketing Manager NIVEA Skin Care).

Materi yang dibicarakan dalam acara ini bener-bener bermanfaat banget nih, untuk menambah pengetahuan setiap ibu tentang kekuatan sentuhan ibu terhadap anaknya.

Pentingnya Sentuhan Ibu sejak 1000 Hari Pertama Kehidupan

Sentuhan. Setau aku sendiri sih emang penting banget ya untuk memperkuat bonding ibu dan anaknya. Tapi sejak kapan sih sebenarnya sentuhan ini bisa memperkuat bonding seorang ibu dan anaknya? Sejak dari anak-anak lahir kah?

Ternyata menutur dr. Herbowo, sentuhan yang bisa memperkuat bonding ini sudah bisa dilakukan sejak anak-anak kita masih berada di dalam kandungan!

1000 Hari Pertama Kelahiran (HPK) terhitung sejak awal janin muncul di rahim kita. 1000 HPK ini merupakan periode emas dan pertumbuhan yang pesat terjadi dalam 1000 HPK ini.

1000 HPK ini merupakan periode ketika fondasi kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan saraf yang optimal di seluruh umur ditetapkan. 

Perkembangan sinaps di otak anak
dr. Herbowo Soeromenggolo, Sp.A(K) (Dokter anak dan ahli neurologi)

Perkembangan sinaps syaraf pada otak anak ternyata terus mengalami perkembangan hingga 24 bulan. Dan setelahnya sinaps akan berkurang. Sinaps membutuhkan stimulasi dan nutrisi untuk terus berkembang.

Dengan stimulasi, semakin sedikit sinaps yang berkurang setelah usia 2 tahun. Oleh karena itu, stimulasi merupakan hal penting di 1000 HPK. 

Apa aja sih stimulasi yang dapat kita berikan pada bayi? dr. Herbowo menjelaskan ada 4 jenis stimulasi yang dapat dilakukan kepada bayi, yaitu Auditory atau yang berhubungan dengan pendengaran, Visual atau yang berhubungan dengan penglihatan, Sensori atau yang berhubungan dengan sentuhan dan Motor atau yang berhubungan dengan gerakan.

Fakta stimulasi sentuhan selama kehamilan

Tenyata, penelitian menunjukkan bahwa stimulasi selama kehamilan dapat meningkatkan kognisi bayi dan juga dapat membaut anak lebih percaya diri di kemudian hari.

Jadi, bayi-bayi yang selama hamil rutin mendapatkan stimulasi sentuhan dari ibunya, akan memiliki perkembangan otak yang lebih baik, mudah dalam berteman saat besar nanti dan juga jika tantrum nggak akan lama-lama loh.

Stimulasi selama kehamilan

Stimulasi sentuhan ini dapat dilakukan saat bayi sedang terbangun. Jadi saat bayi sedang menendang-nendang atau bergerak di dalam perut, boleh banget nih disentuh dan dielus-elus dengan perlahan dan penuh kasih sayang.

Dianjurkan menggunakan satu teknik saja. Sentuhan yang dilakukan lebih baik menggunakan 1 pola saja, supaya bayi terbiasa dan sadar setiap kita sedang menyentuh dan berkomunikasi dengannya.

Lakukan secara berulang, minimal 2x seminggu. Jangan lupa untuk melakukan secara berulang minimal 2 kali dalam seminggu.

Stimulasi sentuhan saat bayi lahir

Setelah lahir, bayi dapat mendapatkan stimulasi sentuhan pertanya lewat:

Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Saat melakukan inisiasi menyusui dini, pelepasan hormon oksitosin membuat ASI menjadi lebih banyak, luka kelahiran ibu menjadi lebih cepat sembuh dan anak menjadi lebih nyaman.

Stimulasi sentuhan pada bayi sesudah lahir

Menurut penelitian di UCLA, sentuhan pada kulit bayi dapat membantu perkembangan amigdala yaitu bagian otak yang mengatur emosi, memori dan aktifasi saraf simpatis. Dan menurut penelitian di NICHD, sentuhan di kulit bayi juga dapat mengintegrasikan otak kecil dan orak area prefrontal bayi. 

Banyak sekali ya manfaat sentuhan untuk perkembangan otak bayi kita.

Jadi, apa aja sih stimulasi sentuhan yang bisa dilakukan pada bayi setelah lahir?

Jenis stimulasi sentuhan pada bayi

Diantaranya adalah memeluk atau mengayun, facilitated tucking (seperti pada foto) atau menekuk kaki dan tangan bayi supaya tidak nyeri, pijat bayi, skin to skin atau metode bayi kangguru.

Manfaat skin to skin dengan bayi ini juga banyak sekali loh, mulai dari kenaikan berat badan yang lebih baik, kualitas tidur bayi yang lebih baik, berkurangnya level stress dan kecemasan, dapat meningkatkan imun dan juga peningkatan kemampuan sosial dan bicara.

Prinsip Umum Stimulasi

Jangan lupakan juga prinsip umum stimulasi! Yaitu adalah waktu: hasilnya akan lebih baik dan maksimal jika dilakukan sejak dini dan dengan jangka waktu yang lebih lama. Dan juga intensitas, stimulasi yang lebih intensif ternyata akan memberikan hasil yang besar.

Selanjutnya ada pemaparan dari dr. Nana nih!

Peran Sentuhan Ibu disetiap Momen si Kecil

dr. Nana menjelaskan kesehatan kulit
dr. Nana Novia Jayadi, SpKK (Dokter Spesialis Kulit)

dr. Nana juga mengingatkan kembali nih, bahwa proses bonding ibu dan anak sudah dapat dimulai sejak dalam kandungan melalui sentuhan ibu. Bonding melalui sentuhan ibu ini dapat membangun keterikatan emosional antara ibu dan anak.

Tapi ternyata ada beberapa faktor fisik dan psikologis nih yang dapat mempengaruhi proses bonding ini. Yaitu salah satu faktor yang paling pentingnya adalah kesehatan kulit ibu. 

Yang terjadi pada kulit selama kehamilan

Emang ya, hamil itu terasa merubah segalanya. Mulai dari kesiapan mental kita menjadi seorang ibu hingga perubahan fisik yang nggak melulu positif. huhu.

Yang udah pasti terjadi sih peregangan pada kulit terutama abdomen selama kehamilan yang bisa menyebabkan robeknya serabut elastis dibawah kulit, atau yang bisa kita kenal dengan stretchmark.

Perubahan kulit pada ibu hamil juga disebabkan oleh perubahan hormonal seperti peningkatan human chorionoc gonadotropin (HCG), estrogen dan juga progesterone dari plasenta.

Perubahan hormon ini juga menyebabkan terjadinya peningkatan pigmentasi akibat adanya stimulus terhadap sel pigmen kulit atau melanosit. Jadi wajar banget nih kalo saat hamil, bagian ketiak, puting dan daerah sekitar vagina menjadi menggelap saat masa kehamilan.

Nggak hanya itu aja sih, kehamilan juga biasanya membuat rambut dan kuku kita menjadi tumbuh lebih cepat. Terjadinya vaskularisasi atau pelebaran pembuluh darah yang membuat wajah menjadi sembab dan kaki menjadi bengkak dan juga membuat kulit menjadi lebih kering hingga timbulnya flek hitam.

Masalah kulit yang sudah ada sejak sebelum hamil, bisa juga terasa semakin parah saat masa kehamilan.

masalah kulit saat kehamilan

Masalah-masalah kulit ini biasanya membaik setelah kita melahirkan, tapi nggak 100% sih jaminannya. Makanya, menjaga kesehatan kulit selama kehamilan itu penting banget.

Bagaimana menjaga kesehatan kulit selama kehamilan?

Yang pastinya menurut dr. Nana, pertama, kenali terlebih dahulu masalah kulit yang dapat timbul selama kehamilan dan pasca melahirkan. Lakukan perawatan kulit yang tepat dan teratur dan juga hindari stress yang dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif dan juga reaktif.

Masalah kulit pada ibu pasca melahirkan

Sesungguhnya nggak berbeda dengan saat hamil, setelah proses melarkan juga terjadi perubahan hormon yang menyebabkan beberapa masalah kulit.

Kondisi kulit juga bida dipengaruhi oleh kondisi stress dan kelelahan saat mengurus newborn. Dan kesibukan mengurus newborn ini juga pastinya berasa menyita waktu sekali ya buibu? Yang kadang sampe ngebuat kita lupa atau nggak sempet melakukan perawatan kulit.

Perawatan kulit ibu hamil dan menyusui

Nah, ini juga yang nggak kalah penting. Sebagai ibu menyusui, kita nggak boleh lupa untuk menyempatkan waktu melakukan perawatan kulit dengan produk skincare yang tepat pastinya. 

Jangan lupa juga untuk membersihkan wajah dan mandi secara teratur 2 kali sehari dengan sabun yang lembut. Lalu gunakan pelembab setelahnya, sempatkan juga mengaplikasikan sunscreen SPF 30 atau 50. Perlu banget nih apalagi pas lagi jemur adik bayi. Hehe. Oh ya, exfoliation juga bbisa dilakuakan 1-2 minggu sekali untuk mengangkat kulit mati.

Kandungan produk skincare yang harus dihindari selama hamil dan menyusui

Nah ini juga yang nggak kalah penting. Sebagai bumil dan busui, kita harus lebihs elektif dengan produk perawatan kulit. 

kandungan skincare yang tidak boleh ada pada skincare ibu hamil dan menyusui

Dan pastikan menghindari beberapa kandungan seperti isotretinoin dan tretinoin, hydroquinone, paraben, dan benzoil peroxide selama kehamilan dan menyusui ya. Karena ternyata kandungan yang tinggi ini bisa terserap oleh bayi kita.

Perawatan kulit anak

Selain ibu, anak juga perlu nih diperhatikan kesehatan kulitnya. Perlu diingat nih tapi bahwa kulit bayi berbeda dengan kulit dewasa. Kulit bayi lebih tipis, sangat sensitif dan mudah dipengaruhi berbagai faktor. 

Hindari! Produk perawatan bayi yang memiliki kandungan pewarna, pengawet dan juga pengharum yang terlalu menyengat.

Biasanya kulit bayi memang sangat sensitif, ya. Jadi bersihkan seluruh kulit dan rambut dengan sabun pH semibang yang didesain khusus untuk bayi. Boleh banget juga nih diberikan pelembab dikulitnya setelah 3-4 menit setelah mandi.

Pentingnya pelembab untuk kulit

Ternyata kulit kita memiliki pelindung atau barrier yang berbetuk seperti batu bata. Nah jika kulit kita kering maka fungsi barrier ini juga akan terganggu dan menyebabkan kulit lebih mudah mengalami infeksi, iritasi dan juga alergi. 

Oleh karena itu, penggunaan pelembab secara teratur dapat menbuat kulit tetap terhidrasi dan barrier ini juga akan lebih terjaga.

dr. Nana berpesan bahwa kesehatan kulit ibu dan anak merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses bonding. Ibu hamil dan pasca melahirkan perlu beradaptasi dengan perubahan kulit yang terjadi, dan penting juga nih untuk menjaga kesehatan kulit sehingga proses bonding bisa berjalan dengan baik.

The Power of Touch

Selanjutnya hadir Mbak Diana yang menjelaskan tentang The Power of Touch dan pentingnya sentuhan ibu di setiap momen si kecil.

Sejarah NIVEA Creme
Diana Riaya (Marketing Manager NIVEA Skin Care)

"A Mom's Touch starts before she meets her child"

Sentuhan ibu ternyata bisa dimulai sebelum dia bertemu langsung dengan anaknya, dalam hal ini tentu saja pada masa kehamilan, ya. Dan tentunya, sentuhan dan kasih sayang ibu ini juga akan berlangsung selamanya.

Kalo ngomongin tentang sentuhan dan perawatan kulit, tentunya langsung bikin kita keingetan sama salah satu produk NIVEA yang legend banget nih!

Bener-bener legend banget karena, mama aku pun juga pake produk sejak jaman aku kecil. Masih lekang dalam ingatan, mama ngolesin NIVEA Creme yang warna jarnya biru ini, ke kulit aku, dan aku juga suka mijitin kaki mama dengan NIVEA Creme ini. :')

NIVEA pun mengatakan bahwa NIVEA Creme ini nggak cuma sebuah krim biasa, tapi juga mejadi sebuah simbol dari keaslian produk NIVEA.

Kalo inget NIVEA, ya udah pasti juga mengingat produk NIVEA Creme klasik dalam jar berwana biru ini, ya.

Dan NIVEA Creme ini nggak cuma bisa digunakan untuk selfcare aja, tapi juga bisa jadi cream pengisi waktu bonding time ibu dan anaknya. Persis kaya aku dan mama dulu!

Bonding dengan anak menggunakan NIVEA Creme

Tentang NIVEA Creme

NIVEA berasal dari bahasa latin niveus/NIVEA/niveum yang artinya 'snow-white'. Pada tahun 1900, Oskar Troplowitz menciptakan Eucerit yang merupakan basis dari NIVEA. Eucerit ini adalah skin care pertama yang menggunakan formula emulsi air dalam minyak.

Dan pada tahun 1911, NIVEA Creme menjadi emulsi air dalam minyak pertama di dunia yang menggunakan Eurecit sebagai unique ingredientsnya.

NIVEA Creme Tin

NIVEA Creme ini juga merupakan ikon dari NIVEA dan asal mula berkembangnya produknya NIVEA yang lainnya hingga saat ini. 

HIngga saat ini NIVEA merupakan brand skin care terbesar dengan penualan terbanyak dan juga selama 10 tahun berturut-turut, NIVEA terpilih menjadi brand yang paling dipercaya untuk kategori skin care oleh Reader's Digest.

Kandungan NIVEA Creme

3 kandungan NIVEA Creme

Ada 3 magic trio nih yang menjadi kandungan NIVEA Creme, yaitu Eurecit, Pathenol dan Glycerin. 3 Kandungan ini juga menjadikan NIVEA Creme menjadi produk perawatan kulit yang telah diuji secara dermatologis aman untuk dewasa dan anak-anak.tepat.

Boleh dan bagus juga nih untuk menjaga kesehatan kulit ibu hamil dan menyusui! dan juga pastinya untuk mendukung proses bonding ibu dan anak.

Perayaan Sentuhan Ibu di tahun 2020 ini diharapkan semakin memberikan pemahaman kepada seorang ibu tentang manfaat dari sentuhan ibu terutama untuk anak-anaknya.

Wah, ternyata memang sangat banyak sekali ya manfaat sentuhan ibu terutama untuk mmeperkuat bonding ibu dan anak. Nggak hanya itu aja, berikan juga apresiasi terhadap diri kita sendiri dengan melakukan perawatan kulit dan tentunya menjaga kesehatan kulit kita.

Jadi buibu, udah melakukan kegiatan bonding apa dengan anak hari ini? Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan kulit kita yaaaa~

Selamat hari ibu 2020! Karena semua ibu hebat dan pastinya akan selalu ingin melakukan yang terbaik untuk anak-anaknya๐Ÿ’™๐Ÿ’™๐Ÿ’™

17 komentar untuk "NIVEA Sentuhan Ibu: Manfaat Luar Biasa Sentuhan Ibu untuk Anaknya"

  1. wah produknya keren banget, baru tau ada produk nivea yang untuk mother and baby

    BalasHapus
  2. Nivea is my best and favorit skincare. Bahkan dari zaman smp uudah pake hand and body dari nivea. Terbaik memang.

    Dan menariknya aku baru tahu kalo nivea itu artinya snow white ๐Ÿคช

    BalasHapus
  3. Bahasa sentuhan bisa mengalahkan segalanya ya kak, kayak anak pas tantrum atau sedang sakit bakal lebih nyaman kalo sudah dipeluk atau dielus2 sama ibu

    BalasHapus
  4. iyaaa dan mereka tuh suka banget main dengan badan2 kita
    jadi tubuh kita adalah mainan mereka, hoho

    BalasHapus
  5. ngga ada yang bisa menggantikan sentuhan kasih ibu ya kak, apalagi saat baru dilahirkan dan langsung skin to skin didada ibu. Pasti suatu kebahagiaan yang bisa mengikat hangat hubungan ibu dan anak

    BalasHapus
  6. Produk Nivea yg ini bisa untuk seluruh keluarga ya, jadi nggak ribet lagi nih satu produk untuk semua usia ya...jadi makin simpel juga kalau dibawa traveling

    BalasHapus
  7. Beneeeer....bayi memang sangat butuh sentuhan ibu. Sedih banget kalo lihat ada yang nggak peduli sama bayinya. Nivea aja peduli ya :)

    BalasHapus
  8. Wah saya baru tau ternyata pada ibu hamil, rambut dan kukunya menjadi tumbuh lebih cepat. Hanya tau perubahan pada wajah yang sembab dan kaki menjadi bengkak aja. Ternyata itu wajar ya mbak..

    BalasHapus
  9. Brand Nivea ini udah lama banget ada ya. Mengatasi berbagai masalah pada kulit. Betul banget, seorang bayi butuh sentuhan dari seorang Ibu dan sentuhan dari Nivea..

    BalasHapus
  10. Produk Nivea dari dulu emang terkenal bagus untuk perawatan kulit ya mba... makanya meski sudah jadi ibu harus tetap merawat diri sendiri, jangan membiarkan keriput menghiasi kulit kita hehehe....
    Aku setuju banget, sebagai ibu kita harus menciptakan kedekatan yang harmonis dengan anak....bila kita makin dekat, yakin deh si anak bakal merasa diperhatikan sepanjang hari...bahkan ia akan sering curhat ke ibunya tentang apa yang dirasakannya....

    BalasHapus
  11. Wuaah makasih artikelnya Mbak, pas banget nih saya lagi hamil. Berarti sudah benar nih udah membiasakan diri mengelus perut saat si debay di perut nenadang dan gerak-gerak. Nggak sabar pengen melakukan sentuhan setelah lahir nanti.

    BalasHapus
  12. Aku cocok nih ama Nivea cream. Dari zaman kapan, udah merek jaminan mutu sih. Bagus dong sekarang ada produk untuk bayi juga...

    BalasHapus
  13. Produk oke nih buat para mom. Bisa buat rekomendasi istriku dhe. Thanks for info kakak

    BalasHapus
  14. Wah, pantes banget anak saya ini gak mau pisah sama mamanya. Mungkin karena dekat banget dengan mamanya waktu bayi ya. Kadang gak ngomong aja, anak saya bisa tahu apa yang diinginkan oleh mamanya, hehehe.

    BalasHapus
  15. Sentuhan Ibu, merupakan salah satu hal terpenting di dunia ini, karena memiliki segudang manfaat untuk membantu tumbuh kembang si anak. Smoga ketika kita semua bisa menjadi "ibu" bagi mereka yang tidak beruntung memiliki ibu kandung.

    BalasHapus
  16. duuuhh, pengen nangiis bacanya hihii... inget anak-anak waktu masih bayi, digendong kemana-mana, nempel sama tubuh orangtuanya...

    BalasHapus
  17. Makin sayang sama ibu jadinya yah, apalagi kalau sudah menjadi ibu.

    BalasHapus