Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Konsultasi Psikolog Secara Online di Klee

pengalaman konsultasi psikolog online

2020 tahun yang berat banget ya? Udah kaya 'eneg' sendiri kalo ngomongin betapa beratnya tahun ini. Tenang, kamu nggak sendirian kok ngerasa eneg sama tahun ini. Banyak pasti yang merasakan hal yang sama.

Tapi, namanya manusia dan kehidupan, pasti selalu ada cobaan di dalamnya. Bener kan?

Ikhlas, tegar, sabar, berserah, pasrah. Saat semuanya udah dilakukan tapi masih terasa belom menemukan jalan keluar, terus apa yang mesti dilakukan selanjutnya?

Pernah nggak sih nemuin satu masalah dan berasa mentok? Nggak bisa mundur, nggak bisa maju. Cuma bisa diem disitu tanpa tau mesti ngapain. Buntu.

Buntu. Jalan keluar sih pasti ada, nggak mungkin ngga. Tapi rasanya nggak keliatan, dan saat itu kamu tau kamu membutuhkan sesuatu untuk mencerahkan jalan yang keliatannya buntu ini.

So, that was happen to me in this year. 

Padahal aku sendiri adalah orang yang percaya, kalo tiap manusia punya kekuatan super, pasti jenis kekuatan yang aku miliki adalah 'positif thingking'. Aku yakin nggak ada masalah tanpa jalan keluar, maju, mundur, iya, tidak. Semua masalah selalu menawarkan 'pilihan' di jalan keluarnya. 

Tapi nggak ngerti deh, mungkin karena 2020 ini emang 'spesial' jadi mendadak berasa nemuin kebuntuan ini. So yeah, diri sendiri yang aku pikir kuat ini, akhirnya 'mentok' juga di suatu jalan.

Dan kebetulan, aku pun juga bukan tipe orang yang gampang cerita ke orang lain. Aku selalu mikir, "i got it", "i can through it", "ga usah cerita", "ga usah minta bantuan", "semua pasti bisa diselesaikan sendiri". Pemikiran itu kemudian jadi mantra yang selalu diulang ke diri sendiri, dan sukses ngebuat aku bisa ngelewatin beberapa masalah sendiri. Hingga akhirnya kemarin mentok di suatu masalah tanpa bisa (atau berani?) minta bantuan ke orang lain.

Apa yang harus dilakukan saat menghadapi masalah?

Apa ya? Apa dong?๐Ÿ˜‚

Yah sebagai bagaimana manusia pada umumnya. Apa yang aku lakukan saat menghadapi masalah, pasti sama dengan yang lainnya juga kok.

Yang pertama sih pasti introspeksi, semacam melakukan penilaian keseluruhan dari masalah yang sedang aku hadapi, mulai dari mana karena apa, kenapa bisa. Pikirkan, cermati, menyesali, pikirin lagi, cermati lagi, menyesali lagi. Gitu terus sampe hari yang cerah terasa super mendung.

Selanjutnya mencari jalan keluar. Karena aku bukan tipe yang bisa minta pendapat orang, biasanya aku bakal nyari jawaban di google (((google))). Bukan jawaban juga sih pastinya, tapi semacam solusi, and what to  do untuk menghadapi masalah ini.

Kemudian yang pasti dan ga boleh lupa adalah curhat pas sholat sih. Tapi aku jarang curhat juga, malah lebih banyak minta ampun karena kurang bersyukur. Sebab aku sendiri selalu ngerasa kalo masih banyak banget orang yang punya masalah jauh lebih besar dibanding masalah yang aku punya. Dan masalah ini, yang kadang ngebuat aku jadi sedih, bete sendiri dan ngebuat hari yang indah seketika jadi hari paling suram sedunia. Jadi pas ada masalah, aku malah ngerasa nggak bersyukur dan ngebuat aku nge-list lagi semua nikmat yang sudah aku dapat, tapi lupa disyukuri karena masalah ini.

Terus setelah itu langsungkah aku menemukan jalan keluar?

Nggak sih, setelah itu masih lanjut bikin perbandingan positif negatif opsi-opsi jalan keluar dari masalah tersebut. Biasanya sih nemuin jalan keluar dibagian ini nih. Tapi untuk masalah kemarin, rasanya bener-bener nggak nemu jalan keluar. 

Buntu.

BUNTU.

B U N T U.

Sampai akhirnya, mendadak di explore instagram lewatlah postingan dari akun instagram @klee.

konsultasi psikolog di Klee

Klee - Layanan Psikologi

Jadi, selain memberikan konten-konten seputar masalah psikologis di instagramnya @Klee.id. Klee juga menyediakan layanan konsultasi psikolog secara online dan offline. 

Ada banyak psikolog yang tergabung sebagai Klee Expert dengan 3 jenjang yaitu Junior Psi dengan pengalaman sebagai psikolog 1 hingga 3 tahun, Middle Psi dengan pengalaman 4 - 10 tahun dan Senior Psi dengan pengalaman diatas 10 tahun.

Selain memiliki perbedaan tahun pengalaman, biasanya Middle dan Senior Psi yang direkomendasikan untuk masalah seputar pernikahan. Sedangkan Junior Psi cocok untuk masalah remaja.

Dan disaat pandemi ini, Klee melakukan pelayanan konseling via offline hanya untuk home visit. Sedangkan pelayanan via online dapat dilakukan dengan chat, voice call dan video call.

Bagaimana cara mendaftar konsultasi psikolog online di Klee?

Caranya mudah kok! Pertama, langsung aja buka akun instagram Klee di @klee.id dan whatsapp ke nomor customer service Klee yang tertera di bionya. Untuk mendapatkan info mengenai rate harga dan jenis pelayanan konsultasi yang disediakan.

biaya konsul psikolog online

Untuk kamu yang ngerasa introvert dan sungkan mau WA duluan untuk tanya rate harga konseling *apa deh*, nggak usah khawatir karena balasan di awal chat dilakukan oleh chat bot akun bisnis Klee. 

Kemudian kalo udah yakin, langsung aja melakukan registrasi di link yang disediakan dan screenshot dan kirim bukti registrasinya ya.

cara mendaftar konseling psikolog online

Selanjutnya untuk konseling online, kita diharuskan untuk mengisi data diri, pokok permasalahan yang dihadapi, jenis konseling yang diinginkan, durasi konseling yang dibutuhkan dan jenjang psikolog yang kita inginkan untuk berkonsultasi dalam gform yang diberikan.

Setelah mengisi form, kita akan diarahkan untuk pembayaran dan mengajukan pemilihan opsi waktu konseling yang diinginkan. Pemilihan waktu konseling ini dapat dilakukan dari Senin-Minggu dari jam 10.00 - 22.00 WIB. 

cara mendaftar konseling psikolog online

Opsi pilihan waktu yang kita ajukan akan disamakan terlebih dahulu dengan waktu luang psikolog-nya. Hingga akhirnya Klee akan mengabarkan mana dari 3 pilihan waktu yang kita ajukan tersebut cocok dengan waktu psikolognya.

cara mendaftar konseling psikolog online

Kemarin akhirnya aku memutuskan untuk memilih layanan konseling psikolog via voice call, biar lebih enak aja ngomongnya dan nggak capek ngetik juga. Hihi. Kemudian seperti yang tertera di chat diatas, Klee memberikan kontak psikolog dan tata cara melakukan konsultasi online-nya.

Info tambahan: Untuk kamu yang baru pertama kali melakukan konsultasi di Klee dan ngerasa clueless dengan para psikolognya, biasanya Klee akan memilihkan secara otomatis. Tapi kamu juga bisa memilih psikolog kamu sendiri dengan cara request saat pendaftaran via CS WA Klee. Ngerasa bingung mau pilih siapa? Kenalan dulu aja sama para Klee Expert di akun instagramnya @kleexpert yaaa๐Ÿ˜‰

Kemudian di waktu yang telah disepakati, kamu tinggal screenshot chat klee diatas ke kontak psikolog yang telah diberikan. Setelah psikolognya membalas, langsung dimulai deh konselingnya.

Pengalaman melakukan konseling psikolog secara online via telepon

Untuk pilihan konseling via voice call/telepon, bisa melalui whatsapp voice call. Setelah kita SS chat dari CS WA Klee, psikolog akan membalas dan kita bisa langsung menelpon via WA psikolog tersebut.

Kemarin aku memilih Middle Psi, Kak Indri untuk melakukan konseling. Nggak tau kenapa, abis nengok IG @Kleexpert ngerasa cocok aja gitu sama Kak Indri. Hihi.

Jadi yang pengen tau konseling via telepon seperti apa, ya seperti konseling biasa kayanya sih ya. Pertama kenalan dulu, dan ceritakan permasalahan yang sedang kita hadapi. 

Kak Indri dengan sabar dan perhatian mendengarkan permasalahan yang sedang aku alami, kemudian menanyakan apa saja yang sudah aku lakukan untuk mencoba menyelesaikan permasalahan ini.

Setelah itu Kak Indri akan memberikan saran dari sisi ilmu psikologis. 


Pertama kali melakukan konseling psikologi via telepon, berasa kaku ngga sih?


Nggak sama sekali. Kak Indri orangnya ramah banget, dengerin kita banget. Mau mencoba melihat permasalahan dari sisi kita, berempati sekali dengan masalah yang kita hadapi. Dan sama sekali nggak menghakimi. 

Hampir 1 jam telpon-telponan dan nggak berasa sama sekali sih. Bener-bener kaya curhat ke temen deket, tapi ngasih solusi yang pasti plus saran-saran dari sisi ilmu psikologi.

Jadi bener-bener berasa lega dan dapet solusinya juga. Alhamdulillah..

Setelah selesai melakukan konsultasi, Kak Indri juga mengirimkan rangkuman konselingnya via chat WA. Chatnya berasa mengharukan karena berisi pesan, saran dan juga penyemangat. :')

Kelar konsultasi hatiku terasa ringan dan langit pun terasa lebih cerah๐Ÿ’›๐Ÿ’›๐Ÿ’›

3 hari setelah konseling, CS Klee akan memberikan link feedback untuk kita isi. Jadi Klee bisa mengetahui apakah kita merasa puas dalam melakukan konseling online ini.

Kalo aku sendiri sih, ngerasa puas dengan konseling online ini. Tapi tetep jadi makin pengen ngerasain konseling offline kaya yang sering aku tonton di TV series luar negeri. Duduk di suatu ruangan dengan sofa yang besar dan nyaman, terus curhat sama psikolognya sambil duduk lipet kaki ataupun rebahan. Eh gitu nggak sih kalo konseling offline?๐Ÿ˜…

Your mental health matters!

Terakhir aku mau menyampaikan bahwa, kesehatan mental kamu juga penting, banget! Dan sayangnya kadang kita nggak bisa mengukur sendiri sesehat apakah mental kita.

Kak Indri juga pesen ke aku untuk nyari teman cerita, jadi jangan pernah pendem masalah sendiri. Karena itu tida' baik~

Kalo sedih nangis aja gapapa. Kalo menghadapi suatu emosi yang belom kita kenal sebelumnya, kasih diri kita waktu untuk mengenal emosi tersebut. Berikan nama kepada perasaan itu, dan bicaralah di dalam hati dengan perasaan tersebut.

Jangan lupa untuk me time atau melakukan hal yang kita sukai! Kasih diri kamu jeda waktu dan lakukan hal-hal yang bisa membuat kamu bahagia๐Ÿ’•

2020 bener bener parah! Ga masalah kamu kamu merasa down ditahun ini, normal banget kok itu. Yang penting cerita, nangis aja kalo sedih dan kalo udah nemu jalan buntu juga kamu bisa coba konsultasi psikolog online juga. 

InsyaaAllah konseling online juga bisa menjadi salah satu ikhtiar kita dalam menemukan solusi atas masalah yang sedang kamu risaukan.

Nggak tertutup kemungkinann mungkin aku bakal konseling lagi di Klee sama Kak Indri. Berasa nyaman aja curhat ke psikolog, karena nggak akan bocor kemana-mana dan juga bakal dapet solusi dari sisi psikologi. Superb!

Dan kamu, iya kamu! Your mental health matters! Jangan takut untuk mencari 'pertolongan' saat kamu merasa tidak menemukan jalan keluar di sebuah permasalahan.

Semoga postingan kali ini bermanfaat. Kalo ada yang mau ditanya, langsung aja ke kolom komen, insyaaAllah aku jawab secepatnya yaaaa~

41 komentar untuk "Pengalaman Konsultasi Psikolog Secara Online di Klee"

  1. via telpon yaa mba konsutasinya.. hmm, menarik jug aya, aku belump ernah coba nih. Selama ini kalau konsultasi dokter terbiasanya memang yang berhadap - hadapan

    BalasHapus
  2. Enak ya kalau di awal sudah jelas tarifnya jadi gak malu-malu lagi buat tanya biaya konsultasi onlinenya.
    Bener banget mental illness itu perlu banget bantuan supaya gak berkepanjangan ya

    BalasHapus
  3. Aku juga tipe orang yang ga mudah curhat sama ornag lain, nih Dian. Wah asik ya layanan offlinenya ada home visit. Trus yang voice call itu juga kayak curhat gitu ga sih? Jaman aku sma suka denger radio dan nyimak pendengar yang curhat sama penyiarnya. Jadi sambil belajar atau biki tugas diseling denger curhatan itu hehehe

    BalasHapus
  4. Ini sih bisa jadi solusi ya ka' apalagi di masa sekarang dimana anjuran di rumah masih di gaung kan. Disamping itu masih banyak orang yang enggan untuk mendatangi pusat kesehatan berkonsultasi mengenai kesehatan mental
    Dan digitalisasi kini memfasilitasi juga beri kemudahan

    BalasHapus
  5. Aku setuju, kesehatan mental memang penting banget untuk kita bisa menjalani hidup dengan lebih baik. Nggak banyak orang yang menyadari hal ini dan mengabaikan kebutuhan konsultasi ke psikolog. Alhamdulillah sekarang sudah tercerahkan ya, Kak, berkat konsultasi online.

    BalasHapus
  6. Sekarang sudah canggih semua ya mbk, konsultasi ke psikolog aja sudah bisa via online/telpon. Jadi keinget 5 tahun lalu ketika sya merasa butuh orang yang tepat untuk bercerita tapi nggak punya. Kalo misal dulu sudah tau atau sudah ada Klee, pasti lebih enak ceritanya. Karena klo cerita ke psikolog yang gk di kenal, Insya allah aib kita bisa lebih terjaga.

    BalasHapus
  7. kesehatan mental ini memang harus dijaga, karena bisa berdampak sama diri seniri plus sekitar, seneng ya ada psikolog online gini, bisa curhat sama ahlinya

    BalasHapus
  8. Wah bagus juga ya Mba, Klee.. terobosannya bagus bisa konsultasi online seperti ini.

    BalasHapus
  9. Waaahh ini yang ku cari. Kalau konsul berhadapan kadang kagok dan gak bisa lepasin semua krn masih grogi ya.
    Kirain td di aplikasi kesehatan yg biasanya gu konsulnya ternyata emang ini khusus buat konsul psikologi online ya mbak. TFS infonya

    BalasHapus
  10. Wow konseling untuk kategori psikolog senior besar juga ya biayanya. Masya Allah ... beruntungnya saya punya teman2 psikolog berpengalaman yang bisa sewaktu-waktu ditempati curhat.

    BalasHapus
  11. Betul sekali, inilah tahun paling istimewa buat seluruh manusia di dunia.
    Selain kadang bikin stres ada juga hal yg bisa dipetik, yaah semacam hikmah.
    Saya nih kalau lagi buntu biasanya cerita ke suami kalau tak ada jawaban yg memuaskan barulah ke keluarga lain. Nah, ada konsul online ini bisa juga dicoba.
    Ah, semoga kita semua baik-baik saja. Amin

    BalasHapus
  12. wah aq belum pernah melakukan konsultasi psikologi mbak, pengen sih.
    tapi msh takut gitu, takut bayarnya.hehhe

    BalasHapus
  13. Wah, ada konseling online ya jadi memudahkan kita untuk konsultasi dari rumah. Iya, sering nonton drama ya psikolognya duduk dengerin tokohnya curhat sambil rebahan hihi

    BalasHapus
  14. Wah, aku tertarik kak. Secara di kotaku tinggal sekarang masih belum ada praktek psikolog, kadang pengen konsultasi sesuatu tapi susah ngomongnya. Sama pasangan, ortu atau keluarga rasanya cuma nambah beban mereka aja :( terimakasih sdh sharing ya kak.

    BalasHapus
  15. Owh bs memilih sendiri ya psikolog yg akan membantu kita dan konsultasinya jg langsung ke wa pribadi Psikolognya. Utk yg type introvert setidaknya ga risi ya klo mmg lbh privat

    BalasHapus
  16. wah keren nih bisa konsultasi psikolog secara online, mekanismenya sangat baik ada jadwal agar sama sama bisa konsul tenang. akan aku sampaikan ke rekan ya kak

    BalasHapus
  17. aku belum pernah nih mba konsultasi psikologi secara online... sama nyamannya yaaa

    BalasHapus
  18. Simpan dulu, mana tau suatu saat ada yang membutuhkan. Kayaknya sih bakalan banyak yang konsultasi ke Klee, secara permasalahan di tahun 2020 ini secara global, yakni pandemic dan efek dahsyatnya.

    Tapi kita tetap berdoa, semoga diberikan kekuatan, kesabaran dan sehat jasmani rohani dalam menghadapi segala masalah (pandemic) di tahun 2020 ini, sehingga kita bisa melaluinya dengan meraih kemenangan. Aaamiiin...

    BalasHapus
  19. ini yang sudah lama saya cari, pengen konsultasi tapi nggak usah ketemu secara langsung. Sebagai introvert yang susah untuk curhat pada orang lain, kadang saya merasa butuh juga mengungkapkan apa yang saya pendam dan rasakan, tapi belum nemu orang yang bisa dipercaya.

    BalasHapus
  20. Konsultasi makin nyaman ya kalau bisa secara online, apalagi di tengah Pandemi seperti saat ini.

    BalasHapus
  21. Ternyata memang ada ya layanan psikologi online, kupikir hanya iklan-iklan aja. Tapi udah terbukti beneran nih. Saya juga pengin nyoba Mbak. Rasanya mau curhat ke suami terus kasian juga, dia pun berat. Meskipun saya juga berat banget dengan perubahan kondisi seperti ini. Jadi biar gak sama-sama keberatan enaknya lari ke pihak ketiga semacam psikolog gini. Asal bukan tetangga aja. Yang ada malah jadi bahan gosip.

    BalasHapus
  22. Aslinya akutu suka takut mau konsul psikologi. Antara takut, malu, dan takut dompet jebol, hahaha.
    2020 buatku seems like before aja sih, bedanya memang ada stresing karena BDR ini... huhu.

    BalasHapus
  23. Terkadang kita butuh seseorang untuk sekedar mendengarkan apa yang ingin kita ceritakan. Setelah itu kita akan merasa lebih lega. Tapi ya itu memang harus dengan orang yang tepat. Biasanya ke psikolog dirasa lebih tepat.

    BalasHapus
  24. Konsultasi masalah psikis dengan ahlinya melalui Klee, menurut daku adalah solusi yang bagus, biar lebih tepat penanganannya sehingga dapat jalan keluar yang menenangkan

    BalasHapus
  25. Seneng bangt kalau gini y maanfaat konseling di Klee, biarpun via hp tapi bisa nyaman karena therapist berpengalan mau deh suatu saat curhat gitu biar adem hati

    BalasHapus
  26. Curhat ke orang lain tu bagi saya juga nggak mudah. Mungkin karena terbiasa menyelesaikan apa-apa sendiri. Tapi bener banget, ada kalanya kita mentok dah butuh teman curhat yang bisa kasih solusi terbaik dan profesional seperti seorang psikolog.

    BalasHapus
  27. Baru tau saya ada layanan konsultasi Psikolog secara online seperti ini, tentunya di saat pandemi seperti ini banyak sekali permasalahan yg datang, melalui konsultasi setidaknya kita sudah berusaha untuk mencari solusinya, thanks infonya ya kak :)

    BalasHapus
  28. Bagus banget aku mau nyobain juga konsultasi mengenai kesehatan mental ini, selama pandemi suka pusing sendiri hihi....

    BalasHapus
  29. Seriuuss...
    Semua orang wajib merasakan kebahagiaan. Dengan cara yang baik, jadi gak menyebarka keburukan **apa ini??

    Hehehe...kalau rekues psikolognya boleh gak yaa..?

    BalasHapus
  30. Terima kasih banyak audah curhat soal klee.id ini dan saya beneran langsung penasaran.

    Saya sedang tergoda mengambil jenjang kuliah lanjutan di bidang psikologi. Maka saya pun kebetulan sedang mengulik banyak soal ini sebagai bahan matrikulasi entah hingga kapan

    Sekali lagi, terima kasih banyak Kak

    BalasHapus
  31. Yuni termasuk orang yang sulit sekali menemukan teman curhat. Jadinya kalau ada masalah sering dipendam sendiri. Kalau hati udah nggak sanggup lagi, paling menangis di pojokan berharap nggak ada orang tahu.

    Tapi emang benar sih. Kalau udah diambang batas kesanggupan, bahkan ketika menangis nggak lagi bisa meringankan. Pilihannya ya meminta bantuan pada sang ahli. Psikolog misalnya.

    Di tengah kondisi sekarang, bisa berkonsultasi online tu rasanya surga banget. Iya kan ya?

    BalasHapus
  32. Memang bener tuh, mending ke profesional aja sekalian kalau ada masalah mental health. Curhat ke teman, belum tentu dapet solusi, malah dianya gibah ke orang lain. Huf...ngeri-ngeri. Mending mana ya, ke Junior dulu atau langsung ke Senior euy kalo mau curhat...

    BalasHapus
  33. Pas banget ini, bulan lalu aku baru nanya sama saudara bagaimana prosedur kalau mau konsultasi dengan psikolog. Ternyata diulas disini dengan cara onlin pun bisa juga ya. Menarik sekali ini.

    BalasHapus
  34. ah pandemi ini jadi bikin banyak hal hal baru ya mbak..
    termasuk konsultasi psikologi secara online

    BalasHapus
  35. waaah kak aku baru tau loh ada layanan psikologi secara online. dulu aku pernah sih konsul, eh ada yang bilang : stres put?
    gk semua orang paham kalau gangguan psikologi tidak semuanya "gila". tekanan kerja pun termasuk gangguan psikologi kalau membuat kita susah tidur dan stress

    BalasHapus
  36. Udah lama liat postingan dari Klee namun belum pernah coba konsultasi, untuk 2 jam dengan rate tertera sesuai lah ya nggak jauh beda kalau offline. Thanks kak ku coba kapan2 konsul dg psikolog d Klee nanti

    BalasHapus
  37. Aku juga merasa tahun ini sangat berat. Berasa banyak banget cobaannya... Iya kadang pengen curhat ada yg mendengarkan, tapi di sisi lain suka sungkan. Apalagi kalau orangnya Introvert ya. Bagus deh ada pilihan layanan psikolog online gini. Apalagi kalo layanannya oke dan bikin nyaman

    BalasHapus
  38. Kesehatan mental otu pondasi dalam diri untuk bisa hidup bahagia. Harus ditangani dengan fokus jika kita mendapat gangguan mental baik ringan, apalagi berat. Kalau ada konsultaso online ini di masa pandemi bikin nyaman ya

    BalasHapus
  39. Kesehatan mental penting banget dijaga ya kak, dan kalo bisa konsul via online gini makin enak tuh nggak pake keluar rumah

    BalasHapus
  40. selama pandemi, semuanya enakknya kita lakukan secara online ya mbak, termasuk konsultasi kesehatan dan psikolog. semoga kita sehat selalu

    BalasHapus
  41. jadi pertanyaanku bgt dari dulu, konsultasi ke psikolog itu biaya nya berapa.

    trus kan kayaknya juga harus kontinue yaaa.

    mungkin aja nih, byk org yg sungkan mau ke psikolog krna belum bisa ngira2 biaya berapa.

    konsultasi online jadi terobosan yng bantu bgt di masa pandemi ini ya kak

    BalasHapus