Kidzania: Dunia Anak untuk Mewujudkan Mimpi dan Cita-Cita!

18:42:00
Mams, sering bertanya ke anak-anak ngga sih apa cita-cita mereka? Ada yang cita-citanya masih suka berubah-ubah seperti Una (8th) dan Abang (7th)? Kemarin jadi polisi, terus berubah jadi detektif, terus berubah lagi jadi dokter hewan. Dan besok belom tau nih bakal berubah jadi apalagi.

Tapi ternyata seiring tumbuh kembang mereka, memang wajar banget sih ya kalo anak-anak punya cita-cita yang masih terus berubah-ubah. Setiap kali mereka belajar dan melihat hal baru, kadang muncul juga cita-cita barunya. Terus apa sih yang semestinya kita lakukan sebagai orangtua?

Kalo mama Dian sih mulai memperhatikan bakat dan minat anak-anak, untuk mengarahkan mereka ke cita-cita yang tepat. Walaupun balik lagi ke anaknya sendiri ya mau jadi apa saat besar nanti, tapi nggak ada salahnya kan mulai mengarahkan mereka berdasarkan bakat-bakat yang mereka miliki?

Nggak hanya mengarahkan mereka dengan bakat dan minat aja, tapi juga mengenalkan mereka ke berbagai macam profesi. Seperti di Kidzania! 

Para mama-mama millenials pasti udah kenal banget kan sama Kidzania?

Edutainment Park yang terletak di lantai 6 Pacific Place ini memiliki luas 7500 meter persegi, dengan lebih dari 70 establisment profesi di dalamnya. Di tempat yang bertemakan sebuah kota ini, anak-anak bisa mencoba beragam profesi seperti orang dewasa. Mulai dari dokter, artis, penyiar radio, wartawan, detektif, pembuat mie, pembuat cokelat, dan lain sebagainya. Di setiap profesi yang dijalankan, anak-anak juga mendapatkan gaji dalam mata uang Kidzania yaitu Kidzos. 

Pokoknya Kidzania ini benar-benar semacam kota impian untuk anak-anak deh. Mama Dian yang udah buibu aja rasanya happy masuk ke Kidzania, apalagi anak-anak. Hihihi.

Nah, pas banget nih. Hari Minggu 1 September 2019 lalu, mama Dian, Una dan Abang mendapatkan undangan dari Allianz untuk bermain di Kidzania. Woh, Una dan Abang happy banget!

Sesampainya disana pukul 8 pagi, Una, Abang dan Mama Dian udah sampai di Kidzania.


Cintai Keluarga, Cintai Bumi merupakan tema acara Allianz pada hari itu. Nggak cuma temen-temen blogger aja yang dateng, tapi para nasabah Allianz dan pendengar Kis95.1 FM. Karena di acara hari itu nggak cuma acara main-main di Kidzania aja, tapi juga ada Family Challenge, Allianz Smart Plan Board Game dan juga Parenting Talkshow. 



Pagi itu Main Square-nya Kidzania juga udah semarak nih dengan nuansa putih biru dan banner Allianz. Jadi semakin berasa ya keseruannya!


Ibu Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia juga turut serta menyambut para peserta acara yang sudah hadir pagi itu. Ibu Karin mengatakan bahwa tema Cintai Keluarga, Cintai Bumi ini selaras dengan tujuan Allianz Indonesia yaitu melindungi dengan memberikan proteksi yang tepat untuk seluruh keluarga. Kalo kita mencintai keluarga, tentunya kita juga mencintai bumi kita untuk masa depan anak-anak dan keluarga.

Banyak banget Parents yang nggak mau ketinggalan Parenting Talkshow bersama Mona Ratuliu dan Psikolog Anak dan Keluarga, Firesta Farizal yang diadakan di metropolitan theaters Kidzania.. Parenting Talkshow yang bertajuk "Cara Mengetahui Minat dan Bakat Anak Sejak Dini  dan Merencanakan Masa Depan Anak" ini dimoderatori oleh 2 penyiar kesayangan dari Kis95.1FM yaitu Sogi dan Liza Harun.


Mom Mona Ratuliu mulai membuka talkshow tersebut dengan cerita seputar cita-cita anak-anaknya. Ternyata cita-cita anak-anak mom Mona memang suka berubah-ubah juga loh sejak kecil. Tapi Mom Mona selalu mendukung cita-cita mereka terutama dengan memperhatikan minat dan bakat mereka sejak kecil.

Psikolog anak dan keluarga, Firesta Farizal juga mengatakan bahwa butuh proses dan banyak eksplorasi untuk mengetahui bakat dan minat anak di bawah umur 18 tahun. Makanya wajar banget nih kalo kegemaran anak-anak masih suka berubah-ubah. Pantes setiap ditanya cita-cita kadang-kadang cepet bener ya berubahnya. Hihi.

Untuk mengehui tentang minat dan bakat mereka, kita sebagai orangtua perlu waktu yang berkualitas untuk mengobrol dan mengobservasi mereka. Kalo untuk mama-mama yang suka msukin anaknya les, harus diobrolin juga ya dengan anak-anak. Apakah les dan kursus tersebut sesuai dengan minat dan bakat mereka.

(Photo credit: Allianz)

Pada Parenting Talkshow ini hadir juga Bapak Hadi Sukmono, Product Development Allianz Life Indonesia yang memberikan pencerahan mengenai Perencanaan Masa Depan Anak.  Nah ternyata nggak cukup ya mendukung cita-cota anak hanya dengan memperhatikan minat dan bakat mereka sejak kecil. Tapi juga diperlukan investasi atau tabungan pendidikan untuk mengamankan pendidikan mereka kelak. Bener banget ya Moms?

Sesuai dengan Tema yang diambil yaitu "Cintai Keluarga Cintai Lingkungan", Allianz juga turut memperhatikan pelestarian lingkungan nih. Diantaranya dengan menyediakan layanan digital seperti Allianz Discover, Allians eAZy Connest dan juga layanan Polis Elektronik. Dengan memilih Polis Elektronik, kita bisa mengurangi penggunaan kertas sebanyak 26 lembar dalam penerbitan polis cetak. Dan juga Allianz akan menanam 1 pohon mangrove untuk setiap 1 polis elektonik yang terbit. Tuh, keren banget yaaaaa~

Nah saat para orangtua menimba ilmu parenting di parenting Talkshow-nya. Anak-anak sudah bisa memulai aktivitas di establishment Kidzania. 

Salah satu establishment yang patut dicoba saat ke Kidzania tentunya establishment Allianz dong. Karena seru-seru banget! Allianz punya 2 establishment nih di Kidzania, yaitu:

Allianz Building Climbing 




Establishment menyerupai wall climbing ini aman banget loh untuk anak-anak. Anak-anak bisa memanjat bangunan sekitar 7 meter dengan menggunakan safety tools yang terjamin keamanannya. Untuk anak-anak aktif yang hobi menjat-manjat, nyoabian establishment Allianz Building Climbing ini dijamin bakal super duper seru! 

Nah, Establishment selanjutnya adalah;

Allianz Secret Agent



Nah, Allianz Secret Agent ini juga nggak kalah seru nih sama Allianz Building Academy. Karena pada establishment Allainz yang kedua ini anak-anak bisa merasakan profesi sebagai seorang detektif yang memecahkan misteri. Buat anak-anak yang jiwanya petualang banget, kayanya mesti nyobain establishment persembahan Allianz yang satu ini yaaaa!

Selain kedua establishment tersebut, juga masih banyak banget establishment profesi lain di Kidzania. Kebetulan kemarin adalah kali ketiga Una dan Abang main ke Kidzania. Jadi mama Dian berniat untuk mencoba establishment yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Penasaran nggak kemarin Una dan Abang nyobain establishment apa aja?


Earthquake Survival Institute. Di establishment ini, anak-anak bisa merasakan simulasi gempa dan apa apa ja yang harus dilakukan saat gempa terjadi. Cocok banget nih buat memberikan edukasi nyata kepada anak-anak soal gempa.


Hotelier. Nah, di satu-satunya hotel di Kidzania ini, anak-anak bisa merasakan profesi sebagai hotelier loh. Mulai jadi manajer hotel, sampai jadi room boy/ room girl-nya. 


First Aid Rescue. Kalo disini, anak-anak diajarkan langsung bagaimana sih mmemberikan pertolongan pertama pada kecelakaan. Mulai dari merawat luka hingga membawa korbannya ke dalam tandu.


Internet Center. Dijaman millenials ini pastinya internet seperti menjadi sahabat untuk kita semua ya? Tapi apa anak-anak bener-bener tau tentang apa itu jaringan internet? Nah anak-anak bisa langsung belajar tentang wifi di interne center ini.


Pizza Maker. Kalo yang ini bener-bener salah satu favorit Una Abang setiap ke KIdzania. Ngga pernah deh nggak mampir ke Pizzania ini. Tempat mereka belajar membuat PIzza dengan topping favoritnya sendiri.



Science Lab. Disini anak-anak akan pretend to be Professor yang mempelajari bakteri-bakteri jahat dan baik dengan menggunakan mikroskop asli. Ini pertama kalinya Una Abang melihat bakteri dari mikroskop, pengalaman pertama yang pastinya ngebuat mereka takjub.


Towel Factory. Pertama kalinya Una dan Abang nyobain estblishment towel factory. Belajar tentang pembuatan handuk dan juga dapat souvenir handuknya loh. Hihi.


Nugget Factory. Disini anak-anak akan belajar membuat nugget dan juga langsung mencoba mencetak nugget dari adonannya.


Chocolate Factory. Belajar bikin cokelat langsung di pabrik coklat dan dapet oleh-oleh cokelat yang udah kita buat. Siapa sih anak-anak yang nggak happy kalo mampir ke chocolate factory ini?


Radio Station. Belajar jadi penyiar langsung di stasiun radio? Bisa banget. Mampir aja ke radio stationnya Kidzania yaaaa.


Di awal masuk, anak-anak akan mendapatkan cek sebesar 50 Kidzos yang bisa dicairkan di bank Kidzania. Selama "bekerja" di establisment yang ada, anak-anak juga akan mendapatkan gaji berupa kidzos sesuai dengan pekerjaannya. Semua uang kidzos yang didapatkan juga bisa ditabung kembali di dalam tabungan, dan anak-anak bisa mendapatkan kartu ATM-nya juga loh. Tapi cuma bisa ditarik di Kidzania nih, karena kartu ATM yang berisi uang Kidzos hanya ada di Kidzania. Hihihi.

Nggak terasa deh jam untuk sesi satu udah berakhir tepat di pukul 14.00. nak-anak udah lelah banget sekaligus super puas dan happy karena udah bermain di Kidzania seharian. Hihihi. Terima kasih untuk undangannya Allianz dan Mominfluencer ❤️

Moms disini udah pernah mampir ke Kidzania juga kah? Udah nnyobain establishment apa aja nih di Kidzania? Cerita-cerita establishment apa aja yang paling seru di comment box di bawah ini yaaaa~
17 comments on "Kidzania: Dunia Anak untuk Mewujudkan Mimpi dan Cita-Cita!"
  1. Wah seru banget nih Mbak, kalau si kecil di bawa ke sini pasti seneng banget

    ReplyDelete
  2. Enak banget nih ya. Si kecil bisa sekalian belajar di sini dan juga mewujudkan cita cita hihi

    ReplyDelete
  3. Lucu banget nih si kecilnya. Ada juga yang menjadi penyiar radio nih hihi

    ReplyDelete
  4. Kayaknya seru nih main di Kidzania, belum pernah ke sana soalnya anakku udah jelang remaja SMA dan SMP, yang ada mereka ngamuk-ngamuk diajakin main di Kidzania. Tapi beneran kok mak, anak-anak dulu juga cita-citanya suka berubah tergantung situasi, kadang mau jadi dokter, ahli otomotif, jadi gamer, terus berubah lagi jadi youtuber hahahaha, dasar anak-anak, tapi kalau memang keinginannya keras biasanya aku mulai intens kasih perhatian, kalau memang serius baru deh diarahkan belajar di tempat yang tepat.

    ReplyDelete
  5. Dari duluuuu banget aku mupeng ajak anakku ke Kidzania
    sekarang dese udah SMP :D
    Udah ga mau play role gini yak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. Seru banget ya bisa jadi detektif segala. Selalu inovatif deh, wahana bermain di kidzania ini

    ReplyDelete
  7. wah Una dan Abang, walau capek tapi pastinya seneng banget ya hari itu, belajar sekaligus bermain di kidzania.

    Saya belum pernah ke sana, jauuuh.... cuma bisa mupeng aja dan berharap ada kidzania juga di kota lain di luar Jakarta

    ReplyDelete
  8. aku udah 2 kali ke kidzania. pertama bareng keluarga. kedua ikut acara sekolah. yg pertama kecewa krn si bungsu ga bisa masuk ke banyak permainan krna usianya kurang dan antrian panjang jadi dia bete duluan. kedua bareng sekolahan, idem penuh banget. tapi anaknya enjoy krna bisa main 5 permainan dalam waktu 3 jam :D

    ReplyDelete
  9. Wow review kidzania lagi. Seru-seruan sambil mengenalkan profesi pd anak. Keren banget...

    ReplyDelete
  10. Akuh nunggu anakku besar dikit bentar lagi biar biza main di kidzania gitu..seru banget deh

    ReplyDelete
  11. Ya Allah seru banget siiih main di Kidzania. Saya belum kesampaian nih ngajak si kecil ke situ. Kayaknya anak saya bakal milih main jadi Hotelier dan penyiar radio, deh. Btw Ibu Firesta ini psikolognya anak saya, Mbak. :P coba saya ikutan acara Allianz yaaa bisa ketemu deh.

    ReplyDelete
  12. Sama mbak, anak anak di rumah juga sama, cita citanya berubah ubah terus haha tapi begitulah mereka, dengan dunia mereka terus tumbuh dan berkembang.

    Bagus ini program permainan di Kidzania ya mbak, anak anak aksi kebayang passion apa yang bakal mereka minati nanti. Pernah juga anak anak saya ke kidzania di Malaysia, kurang lebih sama ya dengan yang di jakarta

    ReplyDelete
  13. Seru banget kidzaniaa. Aku ma anak2 ke sana 3 tahunan lalu. Beberapa peran belum bs dimainkan krn tingginya blm cukup. Jadi pengen balik lagi.

    ReplyDelete
  14. huwaaa banyak amat dapat establishment-nya. Asyik yaa bikin pizza, pas SID ke sana eh udah tutup. Trus pizzanya beneran dibawa pulang atau gimana sih? Insya Allah bakal balik lagi ke Kidzania buat cobain banyak profesi.

    ReplyDelete
  15. Seru ya acaranya, kalo di Kidzania itu anak-anak bisa belajar menjadi profesi apa aja yang ada di sana ya. Kalo soal cita-cita memang sama kayaknya, tiap anak pasti suka berubah-ubah deh

    ReplyDelete
  16. Anak-anak pasti suka ya bermain aneka profesi ini. Mereka jadi ada gambaran pekerjaan apa saja yang dilakukan orang dewasa untuk mencari nafkah.

    ReplyDelete
  17. wahana edukasinya beragaam ya mbak, dengan permainan seperti ini bisa jadi sarana mengetahui bakat dan minat anak. Anak-anak saya bakal senang nih kalau diajak ke sini.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature