Assalamu'alaikum.. Alhamdulillah bulan Ramadhan tinggal hitungan hari aja nih😍 Udah siap-siap apa aja untuk puasa Ramadan besok? Buibu sih biasanya dah mulai nyetok bahan makanan buat sahur ya? Persis seperti di rumah mama Dian, eh nggak lupa juga sih menyiapkan hati menyambut bulan suci ini.. Hihi.

Selain menyiapkan hati dan stock bahan makanan sahur, sebenernya ada satu hal krusial lagi yang mesti dipersiapkan. Yaitu adalah mulut segar sepanjang hari selama berpuasa! Yah, namanya juga lagi berpuasa ya, tanpa asupan makanan dan minuman selama sehari, pasti bau mulut kita juga jadi semerbak wanginya😅 Oleh karena itu menyiapkan kesegaran mulut selama berpuasa itu penting! Biar semakin percaya diri saat beraktifitas atau bersosialisasi sehari-hari yaaaa~

Nah pas banget nih, kemarin mama Dian diundang ke acara Blogger & Influencer Gathering Sahur Amal Pepsodent Herbal. Pas banget kan, pas lagi mikirin gimana caranya menjaga kebersihan dan kesegaran mulut selama berpuasa, eh diundang sama Pepsodent Herbal buat ngobrolin tentang hal itu.

Acara Gathering Sahur Amal Pepsodent Herbal ini bertempat di resto Seribu Rasa Menteng. ACara dimulai sekitar jam 5 sore dan jam 4 lewat, alhamdulillah mama Dian sudah sampai di venue acara dan siap buat foto-foto cantik dulu di venue yang sudah didekorasi serba hijau ini. 



Nggak cuma dekorasi tablenya yang semarak dengan warna hijau, dekor photocorner-nya juga hejo-hejo semua. Segeeeeer~


Eh kemarin disediakan cupcake decoration corner juga, mama Dian yang pecinta cupcake ini langsung ikutan ngehias salah satu cupcake-nya. Masih dengan tema hijau dong tentunya.😁


Nggak berapa lama kemudian, acara dibuka oleh kaka MC cantik yang langsung mengajak kita untuk membuat scrapbook dalam frame. Dan nanti hasil dari scrapbook dalam frame ini akan dikumpulkan dan diberikan kepada adik-adik yang kurang mampu dalam program Sahur Amal Pepsodent Herbal.


Bahan utamanya tentu saja menggunakan bungkus karton dari Pepsodent Herbal. Dan dalam sesi ini, kami semua dipandu oleh Kak Irvina, yang ngajarin kita langsung gimana sih cara membuat kreasi bunga menggunakan bungkus dari Pepsodent Herbal ini.


Nah karena nanti hasilnya akan diberikan kepada adik-adik yang kurang mampu, jadi kami harus menuliskan quote-quote penyemangat untuk mereka. 


Dan ini dia hasil kreasi mama Dian, semoga nanti adik yang menerimanya tetep terus semangat untuk bermimpi dan mengejar cita-cita yaaaa~

Setelah selesai membuat kreasi scrapbook dalam frame, teman-teman semua dipersilakan untuk sholat maghrib terlebih dahulu. Selepas sholat maghrib, kami semua langsung lanjut lagi mendengarkan sharing session bersama dengan Ustadzah Lulu Susanti dan drg. Ratu Mirah Afifah.

Sharing Session: Mulut Adem, Hati Adem


Ustadzah Lulu ini jago banget berpantun loh, selama tausiyah kami semua selalu terhibur dengan pantun-pantunnya. Lewat tausiyahnya Ustadzah Lulu mengingatkan kami semua untuk selalu menjaga kebersihan mulut sehari-hari terutama selama berpuasa nanti ya. 

Karena kebersihan merupakan sebagian dari iman dan Rasullullah SAW sangat mencintai kebersihan. Oleh karena itu pada zaman Rasul dulu sudah ada anjuran untuk membersihkan gigi menggunakan siwak. 

Mulut yang sudah dijaga kebersihannya tentunya terasa adem ya, dan pastinya turut serta membawa pengaruh positif terhadap banyak hal termasuk bagaimana menjaga lisan kita. Mulut Adem inshaaAllah akan membawa perkataan yang memnerikan ketenangan dan berkah bagi diri kita dan juga orang lain. 

Apalagi pas di bulan Ramadhan ini, perkataan baik adalah salah satu amalan yang akan diganjar dengan pahala yang berlipat ganda. Jadi nggak cuma mulut aja yang adem, tapi hatipun kelak akan terasa adem yaaa~

Alhamdulillah merasa terhibur dan tercerahkan sekali dengan tausiyah singkat dengan Ustadzah Lulu ini, insyaaAllah akan diamalkan segala nasihat-nasihat dan pengingatnya.


Selanjutnya ada sharing session bersama Drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSc. Seorang pakar kesehatan gigi dan mulut. Drg. Ratu Mirah memberikan tips mencegah bau mulut saat berpuasa nih.

Tips mencegah bau mulut saat berpuasa:

1. Menyikat gigi dan lidah minimal 2 kali sehari yaitu setelah makan sahur dan sebelum tidur.
Kebiasaan ini memang mesti banget dilakukan agar sisa-sisa makanan yang menempel di rongga mulut bisa dibersihkan. Dan juga untuk mengusir bakteri penyebab mulut menjadi asam, bau mulut dan gigi berlubang.

2. Berkumur saat berwudhu
Ternyata berkumur saat berwudhu selama berpuasa juga bermanfaat membersihkan rongga mulut dan mengurangi gejala mulut kering saat berpuasa.

3. Memperbanyak minum air putih pada saat sahur dan berbuka
Air putih yang merupakan komponen utama dari air liur ini berfungs menyimpan mineral yang diperlukan oleh gigi, sekaligus membersihkan partikel makanan yang menempel di sela-sela gigi.

4. Perbanyak makan-makanan yang berserat tinggi seperti buah dan sayuran saat sahur dan berbuka puasa
Nah dua jenis makanan ini termasuk pembersih gigi alami yang membantu membersihkan plak dan sisa mekanan, juga mengandung antioksidan yang bisa menjaga kebersihan gigi dan mulut.

5. Mengkonsumsi kurma
Ternyata, kurma mengandung flouride yang bisa mencegah gigi berlubang. Dan juga kandungan manis dalam kurma, merupakan jenis fruktosa yang tidak memiliki efek samping terhadap kesehatan gigi.

Dan jangan lupa juga menjaga segala asupan yang masuk ke tubuh kita hanya yang halal dan thoyyib. Sehingga berpuasa menjadi sebuah amalan yang sempurna dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.



Seperti Pepsodent Herbal yang memiliki kandungan yang baik ini. Kandungan alami dalam pepsodent Herbal yaitu daun sirih dan garam adalah bahan anti kuman yang dapat merawat gigi dan mulut tetap sehat. Dan juga disertai dengan kandungan jeruk nipis yang dapat memberikan rasa segar!

Selain memiliki kandungan yang baik, Pepsodent Herbal juga sudah dijamin kehalalannya loh!


Pepsodent merupakan satu-satunya brand pasta gigi yang telah mendapatkan penghargaan Halal Award dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Pepsodent Herbal yang termasuk di dalamnya juga menjawab kebutuhan umat muslim akan produk halalan thoyyiban.

Penghargaan yang dianugerahkan pada tahun 2014 dan 2018 ini semakin mendorong komitmen Pepsodent untuk memastikan kehalalan seluruh proses produksinya dan juga terus menginspirasi Pepsodent untuk terus menyuarakan kebaikan melalui beragam program.


Seperti yang akan dijelaskan oleh Kak Distya Tarworo Endri sebagai perwakilan dari Pepsodent. Bahwa tepat di bulan Ramadhan ini, Pepsodent mengadakan sebuah program yang bernama  Pepsodent Herbal Sahur Amal.

Pepsodent Herbal Sahur Amal


Udah tau belom sih bahwa salah satu waktu yang penuh dengan keberkahan bagi umat muslim saat bulan Ramadhan adalah waktu sahur. Waktu sahur dapat menjadi momen yang diutamakan untuk menambah ketakwaan terhadap Allah SWT dengan beribadah, berdzikir dan berdoa serta beramal kepada sesama.

Dan melalui "Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019", Pepsodent mengajak kita semua untuk beramal sekaligus berbagi berkah dan kebahagiaan, khususnya dengan membarikan paket sahur kepada mereka yang membutuhkan.

Dan kalo kalian merasa program Pepsodent Herbal Sahur Amal ini nggak asing di telinga kalian, itu karena sebenernya program ini sudah diselenggarakan rutin oleh Pepsodent semenjak tahun 2013 lalu. Dan hingga sekarang, program ini telah membagikan ratusan ribu paket sahur kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan.

Nah yang berbeda dari program tahun ini adalah, kita jadi lebih mudah untuk berbagi kebaikan. Karena cukup dengan membeli Pepsodent Herbal 190 gr kemasan khusus Ramadan seperti yang dibawah ini, kamu disah ikut mendonasikan Rp. 1.000,- untuk paket sahur yang akan dibagikan kepada anak-anak yatim piatu selama bulan Ramadhan ini.


Dan paket sahur dari Pepsodent Herbal Sahur Amal ini, nanti akan dibagikan kepada adik-adik yatim piatu di ratusan Panti Asuhan yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Dan pembagian paket sahur ini nanti akan melibatkan sejumlah sosok muslim dan muslimah inspirasional yang dapat membangkitkan semangat adik-adik yatim piatu dalam berpuasa, beribadah dan berbuat kebaikan di bulan Ramadhan.

Abis tau tentang program ini, mama Dian langsung mau ke supermarket untuk belanja Pepsodent Herbal 190 gr kemasan khusus Ramadan ini sebanyak-banyaknya. Biar bisa ikut beramal dan berpartisipasi juga dalam paket sahur yang dibagikan nanti.

photo credit: Pepsodent Herbal


Oh iya, pada hari yang sama di pagi harinya, ternyata sudah diadakan press conference Pepsodent Herbal Sahur Amal bersama dengan Tantri Syalindri Ichlasari, vokalis Band Kotak yang juga seorang ibu ini  sedang menikmati perannya sebagai sorang ibu dengan memberikan pemahaman tentang bulan Ramadhan kepada anaknya, Kara. Di dalam keluarganya, perawatan gigi dan mulut juga menjadi suatu hal yang penting. Sebagai seorang ibu, Tantri juga selalu mengajarkan Kara untuk menjaga kebersihan gigi dan mulutnya dengan menyikat gigi dua kali sehari.


Mama Dian sesungguhnya sama banget sih seperti Tantri Kotak, masih terus perlu mengingatkan Una dan Abang untuk rajin menggosok giginya dua kali sehari. Eh iya, Abang yang tahun ini juga akan belajar berpuasa jadi semakin semangat untuk menjaga kebersihan mulutnya dengan Pepsodent Herbal nih. Biar bisa ikutan berdonasi sebanyak-banyaknya dalam program Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019. Hihihi.

Alhamdulillah, program Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019 ini benar-benar mengajak kita untuk tetap menjaga kebersihan gigi dan juga berbuat kebaikan. Jadi, Mulut Adem, Hati Adem juga kaaaan? Yang mau ikutan berdonasi paket sahur kepada adik-adik yatim piatu melalui program Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019 ini, yuk gunakan Pepsodent Herbal mulai sekarang yaaaaa~ Semakin banyak Pepsodent Herbal yang kita beli, semakin banyak juga donasi Sahur Amal yang kita berikan loooh~
"Setiap anak itu unik."

Sebagai orangtua aku percaya banget dengan hal itu. Setiap anak nggak mungkin diciptakan sama. Setiap anak pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pada saat pembagian rapot semester tahun lalu, mama Dian nggak sengaja mengetahui bahwa Abang ternyata mendapat peringkat 21 di kelasnya. Bayangkan, peringkat 21!

Sebetulnya sistem rangking memang sudah dihapuskan dari sistem pendidikan kita. Etapi kemarin secara nggak sengaja bu guru Abang menggunakan daftar absen yang juga berisi rangkuman nilai dan peringkat nilai mereka dikelas. Jadilah, pas satu buibu tau rangking anaknya, buibu yang lain pun nggak kalah kepo termasuk mama Dian.

Pas pertama kali tau Abang ternyata mendapat peringkat ke-21 di kelasnya, reaksi mama Dian cuma ketawa dan tentunya nggak percaya. Karena mama Dian langsung membandingkan ke diri sendiri semasa SD dulu yang nggak pernah lepas dari 5 besar di sekolah. Kok ternyata Abang beda? Huhu.

Walaupun sebagai mama Millenials, tentunya udah paham banget bahwa nilai bukan segalanya, dan tentunya kesuksesan anak di masa depan kelak nggak semata ditentukan dari angka-angka di atas raport mereka. Tapi tetep pas tau peringkat 21 itu, ya mama Dian nyesek jugaaaa.

Tapi Alhamdulillah Bu Gurunya Abang juga memberikan respon yang positif, "Nggak apa-apa kok Mah, nggak masalah.. Peringkat nggak menentukan segalanya, masih kelas 1 juga jadi pasti masih bisa meningkat dan diperbaiki lagi."



Tapi memang kalo dilihat dari sifatnya, setiap kali mama Dian dampingi belajar, Abang agak susah untuk serius. Pasti lebih banyak bercandanya dibanding seriusnya. Tapi untuk matematika, mama Dian malah berpikir kalo Abang bisa menghitung lebih cepat daripada Una kakaknya (8 tahun, kelas 2 SD).

Walaupun mama Dian udah tau dan udah ngerti bahwa nilai-nilai di atas kertas itu bukan penentu keberhasilan Una dan Abang kelak, tapi kalo memotivasi Abang untuk lebih maksimal lagi dalam belajar sehingga bisa mendapatkan nilai yang lebih baik tentunya nggak ada salahnya bukan?

Tapi sejujurnya mama Dian juga agak bingung dengan dimana sih letak kesalahan mama Dian dalam mengajari Abang belajar?  Sejujurnya mama Dian nggak punya petunjuk sama sekali tentang hal itu. Huhuhu.

Sampai akhirnya hari ini mama Dian mengetahui tentang suatu test kecerdasan yang bisa mengenali dan mengembangkan potensi anak sejak dini, bahkan hasil tesnya kelak bisa memberikan gambaran lengkap tentang kemampuan anak serta membantu cara belajar anak lebih efektif. 

Nah ini dia tes kecerdasan yang sepertinya sangat dibutuhkan oleh Abang, yaitu adalah #AJTCogTest.

Tentang AJT CogTest


AJT CogTest adalah tes kognitif yang akurat dan komprehensif dalam membantu mengidentifikasikan kekuatan serta kelemahan belajar anak. 

Berbeda dengan alat test IQ yang biasanya dipakai di Indonesia yang merupakan saduran dari luar negeri sehingga belum sesuai dengan norma yang ada di Indonesia. AJT CongTest dinormakan untuk anak indonesia atau terstandarisasi sesuai dengan karakteristik bahasa serta budaya Indonesia.  Alat tes kognitif ini dirancang oleh psikolog dan ahli psikometri Indonesia maupun internasional untuk anak Indonesia.


AJT CogTest memberikan hasil yang komperehensif dari 8 bidang kecerdasan anak. Dengan melakukan tes IQ menggunakan AJT CogTest, diharapkan orangtua dan guru dapat memahami cara belajar yang terbaik untuk anak berdasarkan domain kognitif serta mengoptimalkan potensi yang dimiliki anak. 

AJT CogTest ini merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan selama lebih dari 4 tahun terhadap hampir 5.000 siswa dari propinsi di Pulau Jawa, bekerja sama dengan Fakultas UGM dan Kevin McGrew sebagai konsultan proyek, ahli dari teori CHC dan Co-Author dari Woodcock-Johnson III & IV. AJT CogTest telah diuji coba di 10 sekolah terkemuka se-Jabodetabek.

Teori CHC yaitu Cattel-Horn-Carrol merupakan model kemampuan kognitif manusia paling komperenhensif dan empiris yang mencakup beberapa dekade penelitian.

AJT CogTest yang ditawarkan oleh PT. Melintas Cakrawala ini terbagi menjadi 2 jenis paket yaitu,

1. AJT CogTest Full Scale yang dapat mengidentifikasi 8 kemampuan kognitif lengkap yang menampilakn profil lengkap kekuatan dan kebutuhan belajar anak. Biaya untuk AJT CogTest Full Scale sebesar Rp. 760.000,-

2. AJT CogTest Comprehensive yang diperuntukkan ketika seorang anak memerlukan data lebih terperinci untuk dianalisis, psikolog akan merekomendasikan tambahan tes. Biaya untuk AJT CogTest Comprehensive ini sebesar Rp. 1.200.000,-



AJT CogTest dirancang khusus untuk siswa Indonesa yang berusia 5 sampai 18 tahun. Test kognitif ini akan dilakukan oleh psikolog yang sudah mengikuti pelatihan dan disertifikasi. Hasil dari AJT CogTest akan dikirimkan berupa softcopy melalui email dalam waktu 7 sampai 14 hari kerja setelah tes dilakukan.

Diusia yang ke-7 Abang kini tengah mengalami masa penting dimana seharusnya mama Dian bisa mengetahui profil Kognitif guna membantu memotivasi Abang dengan tepat dan efektif. Dengan mengetahui profil pembelajarannya juga, sepertinya mama Dian akan dapat memahami bagaimana Abang dapat belajar sebaik mungkin dan bisa mengarahkan potensi yang dimiliki lebih maksimal seiring dengan perkembangan dan pertumbuhannya.

Kayanya, mama Dian bakal segera mengambil tes AJT CogTest nih untuk Abang. Mumpung masih 7 tahun kan, jadi biar kedepannya mama Dian bisa lebih mudah mengatahui pola pembelajaran yang tepat untuk Abang. Namanya juga ikhtiar orangtua. InsyaaAllah nanti kalo Abang udah ambil #TesKognitifAJT bakal mama Dian ceritakan lagi di blog ini yaaa~

#YukKenaliAnakKita dengan AJT CogTest! Untuk buibu lain yang mungkin tertarik untuk lebih mengetahui  dan memahami kemampuan istimewa belajar anak lewat AJT CogTest ini. silakan langsung klik www.melintascakrawala.id. Atau langsung aja follow instagramnya di @melintascakrawalaid atau WhatsApp CS di nomor 087883258354.
Assalamu'alaikum.. Siapa yang suka makan sushi? *tunjuk tangan* Sushi adalah salah satu makanan Jepang yang udah banyak disukai orang Indonesia, ya. Mungkin karena nasi menjadi bahan utama di sebagian besar sushi, jadi rasanya masih terasa bersahabat di lidah orang Indonesia kebanyakan. Sepertinya, sebagian besar mall di Jakarta pun, udah punya paling nggak 1 restoran sushi di dalamnya ya.

Jadiiiii, di postingan kali ini, mama Dian mau review salah satu resto Sushi yang belum lama dibuka di Mall Kelapa Gading. Kebetulan Una dan Abang suka makan sushi nih! Jadi kemarin pas mampir ke MKG, kita sekalian mampir ke siniiii~

Review SushiGO! One Price Sushi Mall Kelapa Gading

Ini dia SushiGo! One Price Sushi Mall Kelapa Gading ini terletak di Lantai 2, tepat disebelah tangga menuju XXI. Kalo nggak salah, sebelum buka di MKG, SushiGo! Udah buka di GI dan PIK. Jadi bukan resto sushi yang baru baru banget launching yaaaa~

Review SushiGO! One Price Sushi Mall Kelapa Gading

Untuk restonya sendiri nggak terlalu terlihat besar dari luar, tapi ambience-nya oke dan ternyata cukup banyak kok tempat duduk yang tersedia di dalamnya.

Review SushiGO! One Price Sushi Mall Kelapa Gading

Konsep resto SushiGo! ini adalah sushi putar (Kaiten Sushi) ala Jepang. Tapi kalo biasanya resto sushi putar lainnya beda warna piring-beda harga, kalo di SushiGo! semua warna piring sushi yang terhidang di rel putarnya, hanya satu harga yaitu 15ribu sajaaaa. Cukup murtje kaaaan?

Review SushiGO! One Price Sushi Mall Kelapa Gading

Selain sushi putar, juga tersedia banyak menu a la carte. Sayang sekali aku lupa fotoin buku menunya. Tapi harga menu lain juga masih cukup terjangkau kok, sekitar 30ribu hingga 100ribu-an kurang lebih (Correct me if i'm wrong ya, lupa-lupa inget soalnya😅)

Review SushiGO! One Price Sushi Mall Kelapa Gading

Untuk minumannya juga banyak macemnya kok, yang paling murah ada ocha Rp. 5.000,- yang boleh terus direfill kalo habis.

Nah sekarang mari kita lihat suasana resto SushiGo! MKG ini yaaa~

Review SushiGO! One Price Sushi Mall Kelapa Gading

Review SushiGO! One Price Sushi Mall Kelapa Gading

Kebetulan kemarin pas mama Dian kesana jam 10an, suasana resto masih belum terlalu rame. Jadi ga pake waiting list kita dapet duduk di high chair tepat di depan rel sushi putarnya. Langsung deh kita cobain, beberapa piring sushi 15ribuan ini. Ada sushi 15ribuan apa aja disiniii?

Review SushiGO! One Price Sushi Mall Kelapa Gading

Review SushiGO! One Price Sushi Mall Kelapa Gading

Review SushiGO! One Price Sushi Mall Kelapa Gading

Review SushiGO! One Price Sushi Mall Kelapa Gading

Review SushiGO! One Price Sushi Mall Kelapa Gading

Review SushiGO! One Price Sushi Mall Kelapa Gading

Review SushiGO! One Price Sushi Mall Kelapa Gading

Satu piring sushi 15ribuan ini, isinya cuma 2 potong aja. Macemnya juga cukup banyak kok. Kamu bebas pilih-pilih sushi yang kamu mau dari conveyor belt ini, sumpit, saus dan wasabinya ada di rak kecil hitam berlaci yang ada tepat di meja kita.

Review SushiGO! One Price Sushi Mall Kelapa Gading

Eh iya, kemarin waktu mama Dian makan disana, pas banget pas lagi ada photo competition Sushi Plate Stacking. Sayangnya mama Dian cuma makan 7 piring+2 piring yang lagi dibungkus, jadinya nggak tinggi-tinggi amat ya tumpukan piringnya. Hihihihii.

Quick Review SushiGO! One Price Sushi Mall Kelapa Gading

Untuk rasa sushi 15ribuannya, masih oke dan masih bisa diterima lidah kok. Untuk yang nggak suka amis-amisan, masih banyak varian sushi yang biasa. Ambience restonya enak,  tempat duduknya walau kita duduk di high chair tapi masih nyaman juga kok. Pelayanannya cepet, dan untuk harga masih okelah yaaaa~ SushiGo! MKG ini resto yang nggak bikin kapok untuk balik lagiii. 

Baiklah, cukup sekian dulu resto sushi murah meriah enak di jakarta ini. Semoga bermanfaat untuk kamu para pecinta sushi yaaaa~

Custom Post Signature

Custom Post  Signature