Sebuah blog berisi informasi tentang parenting dan review

Anyang-anyangan, Infeksi Saluran Kemih dan Prive Uri Cran

on
Wednesday, 30 May 2018

Buibu sering nggak sih saat lagi keluar rumah, kebelet buang air kecil. Terus pas mampir ke kamar mandi, ternyata kamar mandinya jorok! Atau sering nggak sih nahan-nahan buang air kecil pas dirumah karena suka lagi nanggung ngerjain sesuatu. Pas mau buang air kecil, pas lagi goreng lauk dan hampir matang. Atau kepengen buang air kecil, tapi mesti jemput si kecil di sekolah? Duh, maklum ya buibu aktivitasnya banyak dan perempuan selalu punya standard kebersihan sendiri menyangkut toilet umum. Iya kan?

Tapi tahu ngga sih, kalo ternyata sering menahan buang air kecil bisa ngebuat kita terkena anyang-anyangan loh.Udah tau kan apa itu anyang-anyangan?

Anyang-anyangan adalah gejala buang air kecil yang tidak tuntas sehingga akan membuat kita bolak-balik ke kamar mandi untuk terus buang air kecil.

Anyang-anyangan biasanya menjadi awal dari penyakit infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih atau yang juga kita kenal dengan ISK terjadi karena ada banyak kumpulan bakteri yang tinggal di saluran kemih kita.

Dan ternyata, wanita lebih mudah terjangkit infeksi saluran kemih, karena saluran uretra (saluran akhir yang membuang urin ke luar tubuh) wanita lebih pendek dibanding aluran uretra pria. Serta saluran uretra wanita lebih dekat dengan anus jadi bakteri E-Coli atau bakteri penyebab ISK bisa dengan mudah berpindah tempat dari anus menuju saluran kemih wanita. 


Begitulah yang dikatakan oleh dr. Boy Abidin SpOG pada acara Blogger Gathering dan Talkshow bersama Prive Uri-Cran Sabtu, 26 Mei 2018 kemarin. Acara yang di gelar pada ballroom Hotel Harris Kelapa Gading ini, mengambil tema "Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Kemih Pada Wanita." 


Acara ini dibuka dengan sambutan dari mbak Diah selaku perwakilan dari Prive Uri-Cran yang mengucapkan terima kasih kepada para blogger yang hadir pada sore hari itu. Walaupun lagi pada menjalankan ibadah puasa, tapi para blogger tetap bersemangat mengikuti acara dari Prive Uri-Cran sore itu loh.

Selanjutnya acara langsung dilanjutkan dengan talkshow yang membahas tentang kesehatan saluran kemih wanita bersama dr. Boy Abidin SpOG. Ada yang ngerasa nggak asing kah melihat wajah dr. Boy? Karena dr. Boy juga merupakan pengisi acara dr. OZ Indonesia yang sering kita saksikan di TV. dr. Boy Abidin juga merupakan spesialis kandungan dan kebidanan yang membuka prakteknya di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading.

Dari data yang sudah dihimpun, ternyata faktanya 50 - 60% infeksi saluran kemih terjadi pada wanita, dan 25%nya mengalami infeksi saluran kemih berulang. Wanita ternyata memang lebih rentan terkena infeksi saluran kemih, karena saluran uretra yang pendek dan dekat dengan anus. 

Apa aja sih gejala-gejala infeksi saluran kemih?
- Nyeri saat buang air kecil
- Buang air kecil lebih sering di malam hari dengan jumlah urin yang sedikit
- Tidak dapat menahan rasa buang air kecil
- Buang air kecil yang terasa tidak tuntas atau anyang-anyangan
- Nyeri pada bagian bawah perut
- merasa lelah, kurang sehat 
- demam dan menggigil
- mual dan muntah
- hilangnya nafsu makan 
- nyeri pada panggul

Kalau sudah sampai pada tahap demam tinggi, baiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut ya.

Aku sendiri pun pernah terkena infeksi saluran kemih saat mau liburan ke luar kota tahun lalu. Pas banget saat udah samnpai di luar kota, akhirnya mesti balik lagi ke Jakarta dan menyambangi IGD terdekat untuk mengobati infeksio saluran kemih yang aku derita. Abis itu kapok banget deh sama yang namanya anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih.


Kemarin, dr. Boy juga menjelaskan apa sajakah penyebab terjadinya infeksi saluran kemih?

Kurang minum air putih
Kurang minum air putih bisa menjadi penyebab awal terjadinya anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan  cairan tubuh dengan meminum 2-3 liter air atau 8 gelas air setiap harinya. Nggak selalu menghitung asupan air yang kita minum setiap hari? Gapap, yang penting jangan sampai kita minum hanya pada saat kita kehausan saja. Karena ternyata rasa haus merupakan sinyal yang diberikan tubuh saat kita sudah dehidrasi.

Sering menahan buang air kecil
Saat kita menahan buang air kecil maka kita juga menahan air seni keluar dari tubuh kita. JIka air senin terlalu lama berdiam di dalam saluran kemih kita, maka bisa menyebabkan bakteri pada air seni tersebut berkembang dan membuat kita terkena infeksi saluran kemih.

Diabetes
Penderita diabetes melitus umumnya sering merasakan ingin buang air kecil meskipun volume urin yang dikeluarkan hanya sedikit. Anyang-anyangan biasanya menjadi reaksi akibat penyakit diabetes melitus tersebut.

Honeymoon Sistitis
Honeymoon sistitis merupakan peradangan pada kantong kemih yang sering terjadi pada masa-masa bulan madu. Hal ini biasanya menyerang wanita saat sering melakukan hubungan seksual setelah sekian lama tidak atau belum pernah berhubungan seksual. HOneymoon sistitis menyebabkan anyanga-anyangan dan rasa nyeri saat buang air kecil. Penyakit ini tidak boleh disepelekan karena bisa menyebabkan sakit ginjal kronis jika tidak diobati dengan baik.

Pada ibu hamil, posisi janin dalam kandungan tentunya akan selalu menekan kantung kemih. Karena posisi kantung kemih yang selalu tertekan itulah yang menyebabkan para ibu hamil selalu merasa ingin buang air kecil terus menerus. ISK juga umum terjadi pada masa kehamilan karena pengaruh hormon kehamilan yang rentan menimbulkan perubahan pada saluran kemih dan rentan menyebabkan infeksi.

Dan ternyata infeksi saluran kemih yang menyerang ibu hamil dapat membahayakan janin jika tidak segera ditangani dengan cepat. Komplikasi infeksi saluran kemih pada kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir prematur, bayi berat badan lahir rendah, preeklampsia, hipertensi, gagal ginjal dan kematian janin. Jangan pernah sepelekan anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih pada masa kehamilan ya buibu!

Tidak Menjaga Kebersihan Organ Intim
Nah ini yang juga nggak kalah penting untuk mencegah anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih.  Saat buang air kecil, jagan lupa untuk memastikan bahwa toilet yang kita gunakan bersih. Jangan membasuh organ intin dari belakang ke depan karena itu akan membuat bakteri E-Coli berpindah dari Anus ke saluran kemih kita. Kemudian keringkan organ intim kita setelah buang air kecil menggunakan kain berbahan katun. Dan jika ingin menggunakan sabun khusus untuk pembersih organ intim, pastikan kandungan PHnya seimbang ya. Untuk menjaga flora baik pada organ intim kita.

Bakteri E-Coli
Ternyata 80-85% penyebab anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih adalah bakteri E-Coli yang  bersarang pada saluran kemih kita. Oleh karena itu selalu usahakan untuk membasuh organ intim kewanitaan kita dengan benar setelah selesai buang air kecil atau buang air besar ya.

Nggak hanya menjabarkan tentang penyebab anyang-anyangan aja, tapi dr Boy juga memberitahu tentang bagaimana sih cara mencegah anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih?

1. Jangan lupa untuk minum air putih 2-3 liter dalam sehari.
2. Selalu menjaga kebersihan organ intim
3. HIndari menahan buang air kecil
4. Bersihkan organ intim setelah buang air kecil dari arah depan ke belakang
5. Gunakan pakaian dalam yanng berbahan katun
6. Konsumsi buah cranberry

Gambar buah Cranberry


Kenapa harus buah Cranberry?

Buah Cranberry baik untuk mencegah anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih karena mengandung Proantocyanidin, bahan aktif dalam buah Cranberry yang menghambat pelekatan bakteri E-Coli dalam sel epitel saluran kemih. Proantocyanidin mengikat bakteri E-Coli yang ada di saluran kemihy dan membuangnya bersama dengan air seni.

Jika sudah mengunakan buah Cranberry kita tidak lagi memerlukan antibiotik untuk infeksi saluran kemih dan anyang-anyangan. Karena jika terlalu banyak menggunakan antibiotik bisa menimbulkan resistensi terhadap antibiotik. Lebih aman menggunakan buah Cranberry untuk mengobati infeksi saluran kemih dan anyang-anyangan bukan? Buah Cranberry juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung, menjaga kadar gula, kesehatan pencernaan dan sebagai antioksidan.

Dan saat terkena anyang-anyangan berhari-hari atau infeksi saluran kemih berulang jangan lupa untuk menjaga pola hidup, bisa juga mengkonsumsi antibiotik yang diresepkan oleh dokter. Atau yang paling amannya adalah konsumsi produk yang mengandung Cranberry.

Tapi, ngerasa kesulitan menemukan buah Cranberry dan repot jika harus mengkonsumsi buah Cranberry setiah hari? Tenang buibu, nggak perlu khawatir karena sekarang udah ada Prive Uri Cran!


Prive Uri-Cran yang diproduksi oleh Combiphar ini, mengandung 100% Ekstrak Cranberry. Tersedia dalam dua sediaan yaitu tablet dan serbuk. Prive Uri-Cran juga mudah sekali ditemukan di apotik terdekat. Jadi kalau terkena anyang-anyangan atau mau membantu mengobati infeksi saluran kemih, langsung aja cari Prive Uri-Cran di apotik terdekat dan konsumsi secara rutin ya!


Alhamdulillah sekali berkesempatan hadir di acara Blogger Gathering dan Talkshow bersama Prive Uri-Cran kemarin. Karena nggak cuma dapet ilmu baru aja dari dr. Boy tapi juga dapet tausyiah ramadan bersama ustadz Soleh dan bisa berbuka puasa bersama teman-teman blogger juga di sore hari itu.

Alhamdulillah juga berarti sekarang aku nggak perlu khawatir ya kalau terkena anyang-anyangan, karena nggak perlu susah susah cari buah Cranberry untuk mengobatinya. Cukup minum aja Prive Uri Cran yang mengandung ekstrak buah Cranberry! Yuk mari jaga kesehatan saluran kemih kita dan trutin meminum Prive Uri Cran untuk mencegah anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih ya buibu😍😍😍
16 comments on "Anyang-anyangan, Infeksi Saluran Kemih dan Prive Uri Cran"
  1. kebiasaan jelek saya banget
    suka menahan air kecil
    tapi itu dulu
    sekarang ga lagi
    kapok banget kena anyang anyangan
    alhamdulillah ada uricran jg sekarang
    jadi bisa mengatasi anyang anyangan

    ReplyDelete
  2. Lah, ngeri juga ya yg namanya honeymoon sistitis. Baru tau kali ini deh ada penyakit begini. Bikin takut mereka para jon3s buat nikah jadinya ntar 😅😅😅

    ReplyDelete
  3. Walah sampai masuk IGD gtu mbak krn anyang2an? Suka nahan2 pipis gtu ya?
    Aku dulu jg gtu sih apalagi kalau traveling trus gak nemu toilet bersih males deh pipis huhuhu. Skrng sih ya diusahakan banget pipis. Uricran ini rasanya enak ya, kyk jus hehe, aku dah pernmah nyobain jg :D

    ReplyDelete
  4. Aku jg paling sebel udah kebelet pipis eh kamar mandinya kotor. Biasa suka ditahan tp kalau gak nahan terpaksa deh pipis dikamar mandi kotor. Uricran ini rasanya enak seger, aku sukaaa hehehe

    ReplyDelete
  5. Bahaya juga ya kalau nahan buang air kecil karena bisa menyebabkan kita anyang-anyangan atau infeksi malahan. Di Jakarta yang serba macet ini kadang saya suka nahan buang air kecil nih, terus suka sebel kalau sudah anyang-anyangan, sekarang ada Uricran untuk membantu mengatasi masalah anyang-anyangan.

    ReplyDelete
  6. iya ini mbak aku juga sering anyang-anyangan apalagi pas waktu hamil.. sekarang uda ada begini ya Alhamdulillah semoga hamil besok ga gampang anyang2an

    ReplyDelete
  7. Serem ya mbak kl sampai kena anyang-anyangan, dulu sebelum saya tahu apa itu anyang2an dan dampaknya saya sering banget nahan pipis. Tapi setelah tahu saya gak berani lagi

    ReplyDelete
  8. Senang sekali ya bisa terbebas dari penyakit anyang-anyangan. Sejak SMA sering banget tuh kena penyakit ini, terlebih kalau perjalanan mudik dan kena macet. Alhamdulillah sekarang ga pernah merasakan lagi.

    ReplyDelete
  9. Saya dulu sebelum menikah pernah kena infeksi saluran kemih karena kebanyakan duduk saat bekerja dan kurang minum. Sakitnya minta ampun. Tapi ngeliat uri cran pengen nyetok dirumah buat minum rutin deh kak.

    ReplyDelete
  10. Aku pernah minum ini setelah itu jadi rajin buang air kecil. Memang tidak baik menahan buang air kecil. Sehingga syaraf dan sel sel jadi terganggu mengakibatkan infeksi. Thanks for sharing mbak. It was nice attended blogger gathering.

    ReplyDelete
  11. Dr boy yg dulu ngoperasi aku, jd sudah pasti inget ama si pak dokter ganteng ini hehe..etapi malah ga tau kalo beliau ngisi dr Oz hhehe.. btw, emang ga enak banget ya Mbak anyang2an, tp udah tau lah skrg solusinya kalo itu terjadi. Thanks infonya Mbak. :)

    ReplyDelete
  12. Asli, baca tulisan ini saya jadi belajar banyak tentang anyang-anyangen. Kayaknya sepele tapi ternyata gak boleh disepelekan ya Mbak si anyang ini..😁

    ReplyDelete
  13. Dulu pernah anyang anyangan. Sayangnya belum kenal uricran. Sampe sakit banget pas pipis, berdarah juga pernah sampe stresss sendiri. Sekarang kalo anyang anyangan udah langsung minum uricran aja biar aman.

    ReplyDelete
  14. Iyaaa aku juga begitu. Kalau liat kamar kecilnya kotor langsung hilang hasrat ingin pipis. Tapi kan ga sehat ya :(

    ReplyDelete
  15. Aku dulu suka nahan buang air kecil
    Aku pikir ga akan ada efeknya. Ternyata bahaya ya, bisa jadi ISK. Sekarang jadi parno malah. Hahaha

    ReplyDelete
  16. Untuk menghindari anyang2an di bulan puasa minumlah delapan gelas air putih sehari yaitu dua saat buka puasa, 4 setelah tarawih dan 2 saat sahur. semoga sehat selalu..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature