Tips Memilih Kamera Pocket Terbaik

on
Senin, 20 Maret 2017

Seberapa pentingkah kamera untuk penggunaan sehari-hari? Semuanya sebenarnya tergantung dari si pemakainya sendiri ya. Fungsi utama kamera adalah untuk menyimpan foto atau video dari momen-momen yang terjadi dalam hidup kita. Kamera beragam jenisnya, kamera yang paling sering kita gunakan biasanya adalah kamera ponsel. Kamera pocket adalah pilihan selanjutnya setelah kamera ponsel yang bisa kita gunakan untuk menyimpan foto dan video secara praktis.

"Kamera pocket; Kamera saku digital atau digital pocket camera adalah kamera otomatis yang menggunakan format pengambilan gambar dan penyimpanan digital dengan ukuran kecil dan ringan sehingga mudah dibawa-bawa." (Dikutip dari Wikipedia)

Kamera pocket umumnya mudah digunakan, bentuknya kecil, mudah dibawa, memiliki kualitas gambar diatas kamera ponsel dan memori sendiri yang lebih besar untuk menyimpan foto dan video kita. Kamera pocket cocok sekali digunakan untuk mengabadikan momen anak-anak kita sehari-hari. Kelak foto dan video tersebut bisa menjadi pengingat momen-momen penting yang dapat mereka lihat lagi saat mereka besar nanti bukan?

Berikut tips memilih kamera pocket terbaik:

1. Sesuaikan dengan budget yang kita punya dan tujuan kita membelinya.
Dengan budget yang kita punya kita bisa mulai mencari tahu kira-kira kamera pocket manakah yang masuk kedalam budget kita. Sesuaikan juga dengan kebutuhan kita dalam penggunaan kamera pocket tersebut. Apakah hanya akan memfokuskan pada foto atau juga ingin digunakan untuk video. Apakah hanya untuk sekedar merekam momen-momen tertentu pada keseharian kita, atau untuk tujuan professional lain misalnya memotret produk / barang jualan kita.

2. Perhatikan ukuran sensor dan focal length lensa
Seringkali bahan pertimbangan utama dalam membeli sebuah kamera pocket adalah ukuran megapixelnya, ukuran megapixel yang besar biasanya diperuntukkan untuk mencetak foto dalam ukuran besar. Sehingga gambar lebih jelas. Namun jika foto tersebut hanya diperuntukkan untuk disimpan secara digital saja, lebih baik kita mengambil kamera pocket dengan ukuran megapixel yang tidak terlalu besar namun sesuai dengan ukuran sensor. Ukuran megapixel yang terlalu besar dibanding ukuran sensor yang kecil pada kamera akan mengurangi kualitas gambar yang dihasilkan seperti menyebabkan gambar yang dihasilkan berbintik (noise), gradasi warna yang tidak halus dan tidak bisa menghasilkan gambar yang bokeh.

Serta lebih perhatikan focal length lensa dibandingkan ukuran zoom. Focal length adalah rentang bidang pandang yang dicakup lensa. Contohnya, kamera dengan harga murah biasanya memiliki focal length sebesar 35mm yang kadang tidak cukup untuk mengambil gambar 1 keluarga besar. Sebaiknya pilih kamera pocket yang minimal mempunyai focal length sebesar 28mm agar memiliki jangkauan jarak jauh yang lebih.

3. Besarnya kamera pocket sesuai dengan fitur yang tersedia
Jika ingin memiliki kamera pocket yang benar-benar praktis dan mudah dibawa kemana saja, maka pilihlah yang berukuran kecil, namun kamera pocket yang berukuran kecil umumnya memiliki fitur yang terbatas. Jika ingin memiliki kamera pocket dengan fitur yang lebih banyak maka pilihlah kamera pocket yang lebih besar.

4. Perhatikan ukuran LCD
Kamera pocket biasanya tak memiliki viewfinder dan hanya mengandalkan LCD untuk melihat gambar yang akan kita ambil. Oleh karena itu penting untuk mempertimbangkan LCD pada sebuah kamera pocket. Ukuran LCD yang besar memang akan memudahkan kita untuk melihat gambar secara jelas, namun jangan lupakan tentang kecerahan dan resolusi. Pilihlah kamera dengan resolusi minimal 460K.

5. Perhatikan juga resolusi video yang tersedia
Di jaman merebaknya Youtuber sekarang ini, membuat vlog juga bisa menggunakan kamera pocket. Tidak perlu resolusi full 1080p untuk merekam video. Resolusi 720p sudah cukup untuk membuat vlog yang akan dibagikan di Youtube.

Demikian 5 poin yang bisa digunakan sebagai pertimbangan dalam memilih kamera pocket. Mari abadikan momen terbaik dalam hidup kita dalam foto terbaik hasil jepretan sendiri!
7 komentar on "Tips Memilih Kamera Pocket Terbaik"
  1. Duluuu pengenbanget punya kamera pocket tp dng makin majunya teknologi HP sampai saat ini rasanya cukup pake kamera HP. Belum kepikiran buat vlog soalnya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kamera HP sekarang canggih canggih yaaaa

      Hapus
  2. Urusan budget memang penting ya mba kalau mau beli kamera pocket :)

    BalasHapus
  3. Kebetulan banget lagi nyari kamera Pocket, aw makasih sharingmu Dian :)

    BalasHapus
  4. aku sempet nyesel beli kamera pocket yg terakhir ini krn ga sesuai ama yg dimaui... belinya online sih... makanya aku kapok ah beli gadget kalo online.. gadget memang harusnya beli di tempat biar bisa nyobain lgs... kamera pocket yg ini pdhl merknya udh punya nama, hrg jg lumayan, tp krn aku ga coba, kok ketahuan pas dipake, fokusnya susah dapet.. intinya cukup sekali itu aja beli kamera online ;p. jd jarang kepake kameraku itu mba..

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature