Jalan-Jalan Naik Bis Tingkat City Tour Yuk!

on
Senin, 19 Desember 2016

Jalan-jalan naik Bis Tingkat Jakarta

Weekend di akhir bulan kemarin, mama Dian, papa Api, Una dan Abang memilih untuk jalan-jalan yang murah meriah di tanggal tua. Kebetulan emang weekend itu kita mau nginep di rumah oma (mamanya papa Api), Rumah Oma di sekitaran Jakarta Barat dan rumah kita di sekitaran Jakarta Timur. Biasanya sih kita naik taksi online atau naik mobil pribadi kalo lagi ada. Hihi. Tapi kemarin karena mobilnya lagi nggak ada, dan kita bosen naik taksi online terusss. Akhirnya kita memutuskan untuk nge-busway aja. Sembari nyobain bis tingkat City Tour sekalian.

Dari awal bis tingkat City Tour ini keluar, mama Dian sama papa Api udah penasaran banget pengen naik dan ajak duo krucil nyobain naik bis tingkat juga. Alhamdulillah jaman kecil dulu mama Dian masih kebagian nyobain bis tingkatnya PPD. Seru bangeeeettt. Makanya, sekarang mama Dian dan papa Api mau ngajak Una Abang nyobain naik bis tingkat juga, biar mereka punya sesuatu yang bakal dikenang sampe mereka dewasa nanti. *tsailaaah*

Baiklaaaah, akhirnya Sabtu itu, kita berangkat sekita jam 10-an. Nge-bajaj sampe halte busway terdekat. Begitu naik tangga dan jembatan penghubung menuju shelter busway, duo krucil heboh ketakutan! "Mah, tinggi amat mah, Una takut.." Nggak Una nggak Abang, mereka berdua pegangan kenceng banget ke mama Dian dan papa Api sepanjang jalan di jembatan busway itu. Ya ampun, anak dua ini, udah lama banget nggak naik busway kayanya sampe norak sama ketinggiannya jembatan busway ini x)

Di dalem busway mama Dian googling halte pemberhentian bis tingkat City Tour Jakarta ini. Dibeberapa blog, aku baca sih bis tingkat ini berenti di sejumlah halte seperti halte Monas, Istiqlal dan beberapa halte sekitaran sana pokoknya. Berbekal dengan info dari berbagai macem blog itu, dengan PD mama Dian, papa Api, Una dan Abang turun di halte Istiqlal yang kosong melompong, bahkan penjaganya aja nggak ada. Pas baru aja turun, sebelum busway yang tadi kita tumpangi nutup pintunya lagi, mama Dian tanya sama mas-mas buswaynya "Mas kalo mau naik bis tingkat bisa dari sini (halte Istiqlal) kan ya?" Dan mas itu langsung buru-buru jawab, "Nggak bisa Bu, mesti dari Juanda.." Akhirnya mama Dian, papa Api, Una dan Abang balik lagi naik busway itu menuju ke Halte Juanda๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

(INFORMASI: Sebaiknya kalo mau naik Bis Tingkat City Tour Jakarta untuk rekreasi, naik dari halte Juanda aja. Karena disinilah halte utama Bis Tingkat City Tour Jakarta, setelahnya memang akan berhenti lagi di halte Pasar Baru (untuk yang arah menuju Kota Tua) namun kalo naik dari halte Pasar Baru, bis tingkatnya sudah dalam keadaan terisi hampir penuh jadi nggak bisa bebas memilih tempat duduk lagi. Bis tingkat di Juanda selalu muncul dalam keadaan kosong, jadi bisa bebas milih tempat duduk deh, mau diatas ataupun dibawah :)

Jalan-jalan naik Bis Tingkat Jakarta

Turun di halte Juanda, udah keliatan deh beberapa bis tingkat mengantri di pinggir samping Istiqlal. Wuah, anak-anak udah super excited banget ngeliatin bis tingkat yang lagi antri itu.

Jalan-jalan naik Bis Tingkat Jakarta

Jalan-jalan naik Bis Tingkat Jakarta

Ternyata di samping bis tingkat itu udah banyak yang antri. Tapi alhamdulillah antriannya masih normal banget. Ada dua pilihan antrian waktu itu, menuju ke monas atau kota tua. Karena mama Dian nggak ngerti antriannya ke bagi dua, mama Dian antri aja di antrian yang sepi yang ternyata adalah antrian ke Monas. Kebetulan saat itu bis tingkat yang baru mau berangkat tujuannya ke Kota Tua, papa Api bilang "Ke Kota Tua aja yuk.." Ternyata karena bis tingkat tujuan Kota Tua ini ngelewatin Monas juga, akhirnya semua penumpang diangkut deh.. Horeeee! Mari memulai perjalan ngebolang dengan bis tingkat iniiii.

Jalan-jalan naik Bis Tingkat Jakarta

Di pintu masuk bis tingkat, mbak-mbak memberikan tiket gratis ke semua penumpang yang waktu itu udah berdesak-desakan aja gak sabar mau masuk ke dalam bis, mau pada milih tempat duduk diatas kali ya. Kasian si mbak tiketnya lelah ngeliatin pada desek-desekan sampe teriak, "Nggak usah dorong-dorongan yaaaa!" Mama Dian ikutan dorong-dorong nggak? Ya enggak dooonggg, mama Dian kan penumpang yang nggak alay dan tertib.

Jalan-jalan naik Bis Tingkat Jakarta

Pertama kali masuk, aku langsung terpukau sama... tangganya! Aaaaaak ada tangga di dalem bis! Lucuuuuuu! *emaap norak* *makanya dipoto nih x)* Karena bis ini disponsori sama Alfamart, makanya tangganya warnanya warna Alfamart alias meraaah. 

Jalan-jalan naik Bis Tingkat Jakarta

Walaupun kita terakhir masuk ke dalam bis karena nggak mau alay dan dorong-dorongan, alhamdulillah masih dapet tempat diatas. Emang beneran sepi nih berarti, soalnya lantai atas bis tingkat ini masih banyak tempat kosongnyaa.

Jalan-jalan naik Bis Tingkat Jakarta

Di dalem bis nggak lupa untuuuk foto-foto duluuu ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜  Sembari menikmati perjalanan dari lantai 2 Bis Tingkat City Tour ini. Dari Juanda, bis melewati sekitaran Monas kemudian menuju Harmoni dan menuju ke Kota hingga berhenti depan Museum Bank Indonesia. Seturunnya di depan Museum Bank Indonesia waktu itu udah hampir jam 12. Bingung mau kemana lagi, jadi kita memutuskan untuk cari makan siang dulu. Agak bingung ya cari tempat makan yang enak dan nyaman di sekitaran Kota situ.

Sampe akhirnya di depan Museum Bank Indonesia, ada mbak-mbak yang ngebagiin brosur Canteen MBI. Diliat dari harganya yang normal banget, yaudalah kita langsung tanya ke mbaknya tadi letak Canteen MBI ini. Dan ternyata letak Canteen MBI ini pas disisi sebelah kanan gedung Museum Bank Indonesia. 

Canteen MBI Museum Bank Indonesia Kota Tua Jakarta

Awalnya mama Dian kira Canteen MBI ini cuma tempat makan ala-ala kantin biasa. Eh pas buka pintu kacanya, wuaaaaahhhh tempatnya asik bangeeeet!

Tempat nongkrong nyaman di Kota Tua

Tempat nongkrong nyaman di Kota Tua

Lantainya yang beraksen kayu ini ngebuat MBI Canteen ini berasa homey dan nyaman. Tempatnya juga luas yang kebagi dua kalo ga salah, yang depan untuk non smoking area room, dan bagian belakangnya smoking area room. Tempat duduknya ada yang kursi biasa, dan ada sofa-sofanya juga. Di sisi sebelah kirinya ada gubug-gubug yang jual macem-macem cemilan. Untuk tempat yang nyaman gini, harga makanannya juga terjangkau bangeeet.

Tempat nongkrong asik di Kota Tua

Papa Api pesen baso, anak-anak nasi goreng, mama Dian soto ayam. Oh iya, anak-anak juga pesen Kentang goreng dari salah satu gubug makanannya. Kentang bumbu kejunya enaaaak, si Abang sampe request satu lagi untuk dibawa pulang. Hihi.


Kelar makan, rasanya nggak pengen langsung pergi, tapi mau duduk dudk cantik dulu disini, sebelum keluar lagi disambut teriknya matahari Kota Tua. Oh iyaaa, waktu kemarin amam Dian kesini MBI Canteen juga ngasi reward roti bakar gratis untuk pengunjung yang upload foto di Canteen MBI sambil ngetag akun instagramnya @CanteenMBIJKT.

Saking baiknya owner MBI Canteen ini, mama Dian belum upload fotonya, roti bakarnya udah dihidangin di atas meja. Owner MBI Canteen ini emang baik banget, selesai makan pas bayar di kasir nggak lupa beliau nanyain pendapat kita untuk rasa makanannya. Kalo menurut aku sih oke oke aja rasa makanannya, standar dan pas kok sama harganya, yang penting tempatnya nyamaaaannn. Cocok untuk melepas lelah setelah naik bis tingkat. Hihi. Dan ternyata Canteen MBI ini memang baru dibuka 3 bulan yang lalu. Pantes masih kinclong banget nih semua muanyaaa.

Untuk yang abis naik bis tingkat jurusan kota dan bingung mau nyari makan dimana, langsung ke Canteen MBI di sisi kiri gedung Museum Bank Indonesia aja. Tempatnya adeem, nyaman, jenis makanannya banyak banget. Pelayan plus ownernya ramah pula, kamar mandinya juga bersih banget. Nggak nyesel pokoknya deh mampir kesini๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Setelah makanan yang diperut udah turun semua, papa Api ngajakin untuk cuss jalan lagi. Tadinya kita mau langsung lanjut aja ke rumah oma naik taksi online. Tapim ama Dian masih pengen jalan-jalan dan naik bis tingkat lagiiii. Yaudin kita lanjut lagi aja ngebolang di Kota Tua, sekalian lewat menuju ke halte Bank BNI untuk naik bis tingkat lagi. Kebetulan anak-anak juga belum pernah ke daerah Kota Tua sini, dan disepanjang jalan banyak tante-tante cantik yang dandan ala noni Belanda untuk diajakin foto bareng, ada juga om-om yang jadi patung ala-ala pahlawan, ada juga yang atraksi duduk melayang itu loh *ntahlah apa sebutan benerannya* 





Panas yaaaaa jalan di tengah-tengah situ jam 2 siang. Untung anak-anak nggak ngeluh kepanasan. Sampe akhirnya kita keluar dari Kota Tua kemudian nyebrang dikit menuju ke Halte Bank BNI. Hayuk naik Bis Tingkat City Tour lagiiiii~

Jalan-jalan naik Bis Tingkat Jakarta

Jalan-jalan naik Bis Tingkat Jakarta

Jalan-jalan naik Bis Tingkat Jakarta

Kali ini kita kebagian bis tingkat yang biasa aja dalemnya, tangganya juga plain banget. Biasa aja warnanya. Hihi. Tiap bis tingkat interiornya emang beda-beda ya, karena beda juga sponsornya๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… Dan nyebelinnya, waktu itu mama Dian salah ambil tempat duduk, sisi sebelah kiri dari foto diatas, kalo jalannya siang, terpapar sinar matahari bangeeet. Saking gerahnya, dinginnya AC bis tingkat ini jadi nggak berasa. Huhu. Belom lagi kemudian kena macet di kawasan Harmoni. Sayang banget ya bis tingkat ini nggak masuk ke jalur busway, kalo masuk jalur busway kan jadinya enak nggak kena macet. Hihihii. Walaupun kepanasan dan kena macet, tetep aja kita sedih pas udah sampe di halte Juanda, karena berarti perjalanan ngebolang kita di siang itu telah usai. Hiks hiks.. 

Rute Bis Tingkat City Tour Jakarta Terbaru 2016

Diatas ini adalah Peta Bus Wisata Bis Tingkat City Tour Jakarta ya. Dulunya, bis tingkat ini punya akun twitternya sendiri, kalo nggak salah namanya @mpoksiti ya. Tapi sekarang akun tersebut udah nggak aktif lagi karena bis tingkat ini sekarang dipegang langsung sama TransJakarta. Jadi kalo mau tanya-tanya tentang rute bis tingkat ini, langsung aja ke Twitternya TransJakarta yaaa.

Beberapa poin yang harus diperhatikan kalo mau naik bis tingkat City Tour Jakarta ini adalah:

1. Halte awal bis tingkat City Tour ini ada di halte Juanda. Yang naik busway, berentinya langsung di halte Juanda aja ya! 

2. Ada 3 rute yang disediakan oleh Bis Tingkat City Tour ini:
- Rute Sejarah Djakarta / History of Jakarta (Rute menuju Kota Tua)
Tersedia setiap hari Senin-Sabtu mulai pukul 09.00-17.00 dan hari Minggu mulai pukul 12.00-19.00
- Rute Jakarta Baru / Jakarta Modern (Rute menuju Monas)
Tersedia setiap hari Senin-Sabtu mulai pukul 09.00-17.00 dan hari Minggu mulai pukul 12.00-19.00
- Rute Kesenian & Makanan / Art & Culinary (Rute menuju ke Senayan)
Tersedia hanya pada hari Sabtu pukul 17.00-23.00

3. Bis Tingkat City Tour tidak memungut biaya alias gratis

4. Beberapa bis tingkat menyediakan TourGuide yang menjelaskan tentang tempat-tempat yang dilewati beserta penjelasan sejarah tenpatnya. Kemarin sih waktu kita naik yang ke arah Kota, nggak ada TourGuidenya, pas naik yang ke arah Juanda lagi, baru ada mbak-mbak yang menjelaskan sejarah-sejarah beberapa tempat yang kita lewati.

Pengalaman naik bis tingkat City Tour di tahun 2016 ini pastinya seru bangeeeet dan In Shaa Allah bakal terus dikenang sama anak-anak sampe mereka besar nanti yaaaa. Mama Dian, papa Api, Una dan Abang, benar-benar menikmati sekali family time kita siang itu. Yang pasti dompet lebih aman dibawa jalan begini dibanding dibawa jalan ngemall yaa. Hihi. Biaya yang kita keluarkan hari itu cuma biaya bajaj menuju halte busway saat berangkat, biaya busway, biaya makan, dan biaya taksi online menuju rumah oma,  semua itu nggak lebih dari 200ribu kalo nggak salah. Kalo ngemall mah kurang ya segituuu. Hihi. 

Pas banget kan sekarang udah menuju ke liburan semester akhir tahun niiihhh, buat mama mama papa papa yang nyari liburan murah meriah di jakarta coba aja naik Bis Tingkat City Tour ini. Seruuuuuuu. Kalo nggak menuju kota, bisa juga kok menuju monas dan berhenti di museum nasional, ajak anak main ke museum, untuk menambah pengetahuan mereka. Atau mau malem mingguan naik bis tingkat ke arah senayan juga bisaaaa. Seru kaaaannn? Ada juga kah yang pernah naik bis tingkat City Tour ini? Cerita-cerita pengalamannya dong di kolom komen yaaaaa๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜
59 komentar on "Jalan-Jalan Naik Bis Tingkat City Tour Yuk!"
  1. Seru juga ya naik Bus tingkat, di tambah foto-foto yang bagus punya Mama Dian. Jadi seperti di LN, kapan-kapan mau ajak Bilqis naik Bus tingkat juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk Bilqiiis, ajak mama naik bis tingkat jugaaaa :D

      Hapus
  2. Teman ku yang udah lumayan lama di jakarta kemarin sempet curhat " aku belum pernah ke kota tua " wkwkwk. Nah abis baca posting ini aku jadi inget dia, dan berniat ngajak dia keliling jakarta tujuan kota tua naik bis ini.

    yaa meskipun sudah bukan anak anak lagi. tapi kita tetep boleh naik bis ini kan ya ?
    Hahahaa.

    Ehhh aku baru tau kalau ada kantin MBI murah murah yaa... beda banget sama Restoran batavia kota *yaiyalah wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahahahaaaa. Iya laaaah, wisata kotatua mah untuk semua umur. Harus coba ke kota tua naik bis tingkat. Seruuuuu :D

      Hapus
  3. Naik bis
    Dapat karcis
    Harga gratis
    Nilai nya senyum manis...

    BalasHapus
  4. Aku pun waktu pertama kali naik bis tingkat ini ngerasa norak mba Dian.. hihihi.. Pingin jg ngajak anak2 naik bis ini.. :) Baru tau aku mba ada Canteen MBI, tempatnya kece jg yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tempatnya asik paraaaahhh. Hihihi, aku agak norak liat tangganya, eheheheeee

      Hapus
  5. Waduh belum pernah nih mbak nih mbak naik bus tingkat, karena waktu saya ke jakarta juga belum ada bus tingkat ini mbak jadi sayang deh gak bisa nyoba bus tingkatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ke jakarta lagi jangan lupa cobain bis tingkatnya ya Kang :D

      Hapus
  6. Aaah aku pengen nyobain, belum pernah naik bus tingkat kayak gini hihi ^ndeso bangeet eikeeh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus cobain maaaak, kayanya seru deh malem mingguan naik bis tingkat. Hihihiii

      Hapus
  7. ini kayaknya kunjungan keduaku, dan baru ngeh..
    mama dian nipu banget mukanya, ternyata udah punya anak dua >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaaaak mak lusi bisa ajaaaaaa. Makaci udah mampir kesini ya maaaak :D

      Hapus
  8. Andai bus di kotaku sebersih dan serapi itu, aku mau naik bus tiap hari. :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. di jakarta yang rapi cuma busway aja maaak, kalo yang umumnya mah sama masih berantakan bangeeet. hihiihihi

      Hapus
  9. Loh, baru tau ada bus tingkat ini...wah keren keren keren...kapan-kapan pengen nyoba juga...

    BalasHapus
  10. Keren busnya, ya? :o Speechless

    BalasHapus
  11. Mupeng sama barisan sepeda warna-warninya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. foto ala-ala jaman tugas foto pas kuliah fotografi itu maaaak. Weheheheee

      Hapus
  12. Pasti itu perjalanan yang menyenangkan ya? ^_^

    BalasHapus
  13. Aiih, mupeng. Jadi pengen menikmati bus nya juga. Di sini gak ada bus kaya gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ke Jakarta harus cobain berarti maaaak :D

      Hapus
  14. Jadi kepengen nyobain hahaha...keren y :D

    BalasHapus
  15. hadeuuh.. siang2 gini ngiler liat makanan yang enak kayak gitu..

    kalau mau naik itu ngambil tiketnya gimana mba? apa langsung naik aja.. trus armadanya banyak gak mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya langsung naik aja mas, dan armadanya lumayan banyak kok :D

      Hapus
  16. Duh ngarep banget bus bertingkat kayak gini ada di tiap kota, apalagi rutenya itu mengunjungi tempat wisata budaya.
    Jadi kangen kota tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk cobain naik bis tingkat maaaak :D

      Hapus
  17. Aku mau juga naik bis tingkat biar kekinian, hahah. Btw kantin MBI-nya bagusss ya bisa ngadem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Sid, ajak mama naik bis tingkaaaat :D

      Hapus
  18. bis-nya keren euy! kapan yaa saya bisa naik bis ini? hihihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo cobain naik bis tingkat maaak :D

      Hapus
  19. udah dari lama pengen nyobain naik bis ini tapi blom kesampean sampe sekarang..

    mang katanya rame banget ya sampe ngantri gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, kalo liburan sekolah rame banget maaaas :D

      Hapus
  20. Kayaknya seru naik bis tingkat gitu ya. Coba disini juga ada, pasti seru. Aku belum ke kota tua Jakarta sih. Jadi pengin ke kota tua Jakarta #penginbalik #kejakarta
    Salam kenal mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ke Jakarta berarti harus cobain naik bis tingkat ini yaaaa. Salam kenal jugaaaa :D

      Hapus
  21. Mama dian makasih infonya, semoga long weekend ini gak penuh yaa dan Arsyad bisa nyobain bis tingkat kayak kakak una dan abang

    BalasHapus
  22. sudah pernah ke kota tua tapi nggak tahu tentang canteen MBI, duuuh kapan-kapan kesitu ah *lebih fokus pada makanan daripada bis* hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanan emang kadang suka bikin ilang fokus ya mba, apalagi kalo lagi laper. hihihiii

      Hapus
  23. belum pernah mba naik ini... pengeen.. anakku pasti seneng nih liat bus bertingkat :D.. kira2 besok lg libur natal gini beroperasi ga ya... mumpung libur mau ajak anakku jalan2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah udah lewat liburan natal niiih. Gimana mbak kemarin jadi cobain nggak? hihihihiii

      Hapus
  24. Udah beberapa kali antri mau coba bus tingkat ini tapi rame melulu dan naiknya berebutan dan keburu hujan pula hahha... Mudah - mudahan ke depannya busnya dibanyakin dan pake berbayar ajalah (biar lebih teratur)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul dorong-dorongan. Kemarin pas gak terlalu rame aja dorong-dorongan gitu. Huhuhuuu. iya betul juga ya Ly, kalo berbayar pasti lebih teratur yaaa

      Hapus
  25. Aiih, Jadi pengen menikmati bus nya juga. Semoga long weekend ini gak penuh yaa ....

    Di sini gak ada bus kaya gitu. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ke Jakarta berarti harus cobain bis tingkat ini yaaaa :D

      Hapus
  26. Gak semua bis ada tour guidenya, ya? Trus ada bedanya gak bisa yang ada tour guide dengan yang enggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tour guidenya cerita sejarah tempat-tempat yang kita lewati mak. Kalo ada tour guidenya berasa lagi city tour beneran, kalo ga ada, kaya naik bus biasa aja. Eheheheee

      Hapus
  27. Pengen cobain mba, blm prnah naik bis city tour jakarta hheee

    BalasHapus
  28. Dari blog Mama Dian, kelihatannya naik bus tingkat seru banget yah!! Hasil jepretan Mama Dian juga bagus :)) Makasih infonya yah! ^_^

    BalasHapus
  29. Dari blog Mama Dian, kelihatannya naik bus tingkat seru banget yah!! Hasil jepretan Mama Dian juga bagus :)) Makasih infonya yah! ^_^

    BalasHapus
  30. Waduh belum pernah nih mbak nih mbak naik bus tingkat, karena waktu saya ke jakarta juga belum ada bus tingkat ini mbak jadi sayang deh gak bisa nyoba bus tingkatnya.

    BalasHapus
  31. Makasih infonya mama Dian,aku pengen ke Plaza Indonesia to skrg dah ga ada halte busway ya,jadi pgn naik city tour to masih bingung kalo yg dr harmoni

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature