Hindarilah Memanaskan Makanan yang Mengandung 3 Jenis Sayuran ini!

16.57.00



Setiap keluarga tentunya punya tradisi dan kebiasaan yang berbeda-beda, salah satunya dalam hal mengolah makanan sisa dirumah. Ngomongin makanan sisa, kebetulan aku kenal satu keluarga yang nggak pernah makan menu yang sama dalam sehari. Sarapan, makan siang dan makan malem harus menu yang berbeda, mereka enggan makan makanan sisa yang dipanaskan. Kalo mereka bilang sih, makanan yang diangetin lagi itu namanya makanan daur ulang.

Kalo di rumah aku sendiri, biasanya sih masak pagi sekalian untuk makan siang dan makan malem. Praktis, nggak perlu masak-masak lagi sore-sore. Hihi. Terus kalo ada makanan sisa malemnya, gimana? Ya dipanasin lagi untuk besoknya, eman-eman, sayang kan kalo dibuang, mubadzir buk-ibuk. 

Tapi kalo makanannya dipanasin lagi berarti kita makan lauk yang sama terus-terusan kan, bosen ngga siiihh? Nah, biar nggak bosen ternyata makanan sisa itu sebenarnya bisa kita olah lagi jadi makanan yang berbeda. Seperti yang Mak Maya Siswandi tulis di sini, tentang Makanan Sisa, Diolah Lagi atau Dibuang? Salah satu contohnya, capcay yang nggak habis, bisa kita olah lagi dengan menambahkan tepung dan telur untuk kemudian digoreng menjadi bakwan. Mak Maya ini memang kreatif bangeeet, sebelumnya aku nggak pernah mikir kalo capcay bisa jadi bakwan. Hihi. Untuk ide kreatif mengolah kembali makanan sisa lainnya, langsung meluncur aja ke tulisannya mak Maya diatas yaaa.

Pada intinya, makanan sisa akan dipanaskan, diolah kembali atau malah justru dibuang, semuanya kembali lagi ke kebiasaan keluarga masing-masing ya. Eits tapi jangan lupa, bahwa memang nggak semua sayuran bisa dipanaskan kembali. Makanan yang dipanaskan pasti berkurang kandungan gizinya, bahkan ada juga beberapa jenis sayur yang bisa menjadi "racun" jika dipanaskan. Berikut 3 macam sayuran yang tidak boleh dipanaskan kembali:

1. Bayam

Kalo dirumah, memasak sayur bayam memang diberi pengecualian, biasanya kuahnya termasuk bumbu udah dimatengin dari pagi. Pas sore menjelang makan malem, baru kuahnya dipanaskan dan dicemplungin bayemnya. Kalo nggak abis malem itu, pasti besoknya langsung dibuang. 

Karena Bayam mengandung asam nitrat yang jika dipanaskan akan berubah jadi nitrit. Dan jika masuk ke dalam tubuh kita, akan menjadi salah satu penyebab munculnya kanker. Hmmm, serem ya? Oleh karena itu disarankan langsung memakan bayam  yang sudah dimasak ya!

2. Seledri

Seledri, salah satu sayuran yang suka dimasak di dalam sup ternyata memiliki sifat yang sama dengan bayam.  Yang jika dipanaskan akan berpotensi memicu munculnya sel kanker dalam tubuh kita. Jadi kalo memang menggunakan seledri di dalam sup, jika mau memanaskan supnya, lebih baik seledrinya dibuang dulu ya. 

Kalo dirumah, saat masak sup biasanya seledrinya langsung aku masukin nggak pake dirajang dulu. Jadi kalo mau dipanaskan supnya, gampang deh ngambil seledrinya untuk dibuang. Hehe.

3. Brokoli

Sayuran kesukaan Una ini ternyata juga memiliki kandungan asam nitrat yang cukup tinggi, yang jika dipanaskan ulang akan berubah menjadi nitrit yang berbahaya untuk tubuh kita. Penyajian brokoli yang paling baik adalah dengan cara dikukus dengan menambahkan sedikit garam diatasnya. Seperti bayam, baiknya brokoli juga langsung dihabiskan sekali makan ya.

Selain 3 sayuran diatas, ternyata kentang juga termasuk jenis makanan yang sebaiknya nggak dipanaskan lagi. Karena kentang yang dipanaskan bisa menimbulkan gangguang pencernaan pada tubuh kita. 

Hmm, jadi kalo memang mau memanaskan atau mengolah kembali, kita kudu lebih cermat dan teliti lagi ya. Akupun masih team #PanasinMakananSisa kok, soalnya sayang kalo buang-buang makanan. Atau kalo bisa sekali masak langsung dihabiskan aja ya, jadi nggak ada sisa makanan. Hihi. Yang pasti sih jangan buang-buang makanan, mubadzir ya bu-ibu. Kalo dirumah kamu gimana, tim #PanaskanMakananSisa, atau #BuangMakananSisa?

You Might Also Like

45 komentar

  1. Wahhh makasih ilmunya ya mba.. sy baru tau yg brokoli itu. Seingat sy yg pke daun bawang jg ga baik di panasin ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru tau nih mak kalo yang brokoli.. Kalo daun bawang, sepertinya enggak ya maaak.. Ehehee

      Hapus
  2. kata ibu saya, telur juga nggak boleh dipanasin, ayam juga.. *ini versi daging2an ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya proteinnya bisa rusak katanya ya Maaaak

      Hapus
  3. wah aku sering manasin brokoli dan seledri ternyata enggak bagus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya maaaak, bisa jadi salah satu pemicu kanker katanya..

      Hapus
  4. Kalau brokoli saya kadang emang suka lupa panasin lagi hihihi biasanya emang jd udh agak benyek sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, brokoli emang jadi benyek ya mak kalo dpanasin.. Enakan baru mateng masih kres kres. Hehe

      Hapus
  5. Hm, selama cuma tahu bayam aja. Eh ternyata seledri, brokoli dan kentang juga.
    Makasih sharingnya Mba.

    BalasHapus
  6. wahh saya baru tahu yang seledri dan brokoli itu Mba Dian, makasih sudah menuliskan info penting ini :)

    BalasHapus
  7. Wuaaah yang seledri baru tau nih, tfs yaaaa :)

    BalasHapus
  8. Oh..aku sering panasin seledri sm brokoli. Makasih infony mb.

    BalasHapus
  9. Wah... aku taunya bayam aja selama ini. Makasih infonya ya mbak

    BalasHapus
  10. Bisanya kalau di rumah menunya bayam aku masaknya jg tiga kali sebelum makan :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, paling aman gitu ya mak. Masak sedikit sedikit biar langsung habis.. Ehehee

      Hapus
  11. Waaah ternyata seledri pun ga boleh dipanaskan ulang ya? Hmm, noted! Kentang pun ga boleh? Waahh repot juga ya, banyak pantang ternyata :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya maaaak, emang rata-ratakebanyakan sayuran emang ngga bagus kalo dipanasin ulang yaaa

      Hapus
  12. Hahaha ini mirip mirip kebiasaan mamah saya di rumah. Kalo ada makanan yang belum habis, mamah gak akan masak makanan yang baru.

    Baru tau deh ada sayuran yang gak boleh dipanaskan lagi. Ehh tapi ini 'dipanaskan lagi' itu maksudnya dimasak ulang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Sonaaa, dipanaskan dimasak ulang, sama ajaaa. Eheheee

      Hapus
  13. Bayam sih aku denger karena kalo dipanasin sama aja kaya makan besi berkarat. Eh ternyata nitrit ya? Hmmm baru dgr juga sih info ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak aku juga baru tau nama kandungannyaaa. Wehehehee

      Hapus
  14. sup .. paling sering..
    lain kali seledri jangan di campurin langsung kali ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyesss, seledrinya utuh aja kali ya mak, kalo mau dipanasin tingga diambil dibuang.. Ehehee

      Hapus
  15. Walah seledri masuk toh taunya bayem doank hehhee...jadi mendingan masak dikit2 tapi sering y mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, diabisin langsung pas mateng maaak. Hehe

      Hapus
  16. saya taunya cuma bayam yang gak boleh dipanasin. Ternyata brokoli juga, ya. Untungnya kalau masak brokoli biasanya langsung habis. Dan, saya gak pernah masak pake seledri. Gak suka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa, seledri rasa dan baunya khas gitu ya maaak. Hehee

      Hapus
  17. Berarti semua sayuran yang hijau ya mbak? atau cuma sayuran hijau yang tiga itu saja yang nggak boleh dipanasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang paling utama banget yang 3 diatas itu mas. Yang lain masih aman sih.. :)

      Hapus
  18. Wooo jadi kalau masak bayam gitu ya Mak.
    Hehehe kalau saya secukupnya terus nanti bikin lagi.
    TFS ya :)

    BalasHapus
  19. Baru tau 2 dan 3 mak...keren tipsnya, jadi ga usah dipotong-potong ya seledrinya..kalo bayam biasanya buat papi Gavin juga aku pisahin yang udah disiangin, tinggal cemplungin yang baru buat makan malem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama berarti ya mak kitaaa, bedanya suami aku gadoyan bayem. Aku kalo masak bayem buat anak dua tok.. Wehehehheee

      Hapus
  20. Kirain cuma bayam yang ngga boleh dipanasin, ternyata brokoli juga tho. Thanks sharingnya ya.

    BalasHapus
  21. Wah, baru tahu. Ibuku suka manasin brokoli. Ilmu baru nih, biar gak manasin sayur ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaaak, Alhamdulillah kalo infonya bermanfaat :)

      Hapus
  22. Wah perlu diinget inget nih, soalnya kadang masih sering manasin :-/

    BalasHapus
  23. Aku malah sering banget memanaskan sisa SOP atau bakso hehe..rupanya bahaya ya mba.

    BalasHapus
  24. Ilmu jaman baheula itu... -__-'

    http://www.independent.co.uk/life-style/health-and-families/health-news/reheat-spinach-cancer-blue-baby-syndrome-eufic-hong-kong-independent-reader-complaint-a7059316.html

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎