What's inside "The Selection" by Kiera Cass?

10.27.00

Assalamu'alaikum.
Hello Blogpals!

Ini adalah salah satu novel terbaru terbitan Bentang Belia. Kemarin pas mampir ke toko buku hunting-hunting novel.Tiba-tiba tertarik banget sama novel ini karena covernya yang cute dan story from the backnya yang bikin penasaran! Sihir buku ini sukses ngebuat aku beli buku ini :) 
So now, let me review this book yaaaa :)

The Selection - Ordinary Cover
First book from The Selection Series

The Selection - Indonesia Cover

Dan ini dia, review from the back:

Semua gadis disini menginginkannya, kecuali aku.
Semua gadis disini ingin merebut hatinya, kecuali aku.
Semua gadis disini ingin berdiri disana sebagai putri raja, kecuali aku.
Yang kuinginkn hanyalah hidup bersama Aspen, pujaan hatiku, cinta pertamaku. Jika bukan demi keluargaku aku tak mungkin melakukannya.
Demi Tuhan , aku ak mau ikut seleksi konyol itu, memperebutkan seorang pangeran bodoh di dalam istana sana.
Mereka menjanjikan berbagai hal yang menyilaukan bagi kami kasta bawah. Harta, tahta, dan kehidupan yang lebih dari layak.
Tapi, apa mereka punya cinta? Apa Pangeran Maxon nanti akan bersikap baik? Bagaimana dengan Aspen? Kenapa Aspen justru ikut memaksaku masuk ke dalam permainan itu? Haruskah aku menghadapi ketakutan ini sendirian?


*****

My The selection, i love this book!

Dan ini review dari saya sendiri:

"Sensus baru-baru ini telah mengonfirmasi bahwa seorang wanita antara umur enam belas sampai dua puluh tahun saat ini tinggal di rumah anda. Kami ingin mengingatkan anda tentang kesempatan yang akan datang untuk menghormati negara agung Illea. Pangeran yang terkasih, Maxon Schreave sudah cukup umur bulan ini. Saat beliau beranjak ke dalam babak baru dalam kehidupannya ini, Beliau berharap untuk bergerak maju dengan seorang pasangan, untuk menikah dengan Putri Illea sejati. 
Jika anak perempuan, saudara perempuan, atau asuhan anda memenuhi syarat dan tertarik pada kemungkinan untuk menjadi mempelai wanita Pangeran Maxon, menjadi Putri Illea yang dipuja, mohon isi formulir terlampir dan kembalikan ke Kantor Layanan Provinsi lLokal anda. 
Satu wanita dari setiap provinsi akan dipilih secara acak untuk bertemu Pangeran. Para peserta akan dikarantina di Istana Illea yang indah di Angeles selama jangka waktu tinggal mereka. Para keluarga mereka akan diberi kompensasi yang besar atas pelayanan merekaterhadap keluarga kerajaan."

Surat pengumuman yang disertakan formulir pendaftaran itu dikirimkan kepada seluruh gadis di negara Illea yang sesuai dengan persyaratan umur yang ditetapkan. Termasuk juga ke rumah America Singer, seorang gadis muda dari kasta lima yang berprofesi sebagai penyanyi. Ibu Mer-sapaan America-begitu antusias dengan kesempatan tersebut. Ibu Mer sangat menginginkan anak ketiga dari lima bersaudara itu menjadi seorang Putri Illea, karena berarti jika Mer lolos dalam Seleksi tersebut, kelauraganya akan mendapat uang kompensasi yang sekarang benar-benar memnag sangat diperlukan keluarga mereka. Dan jika Mer berhasil menjadi pemenang Seleksi tersebut dan menjadi seorang Putri Illea, kasta keluarga mereka secara otomatis akan berubah menjadi kasta satu.

Dari semua gadis di Illea yang nampaknya begitu mendamba untuk menjadi seorang kekasih dari seorang Prince Charming, Maxon Schreave, hanya America saja yang tidak menginginkan itu. Ia sebenarnya telah menjalin hubungan diam-diam dengan Aspen, pemuda yang bekerja di rumah Mer, seorang kasta Enam. Mer begitu mencintai Aspen dan berharap ia akan menikah dengan Aspen kelak. Oleh karena itu ia menolak mati-matian paksaan ibunya untuk mengikuti seleksi itu. Sedangkan Aspen yang juga mencintai Mer namun tidak pernah menginginkan Mer hidup susah seperti dirinya itu, justru mengijinkan Mer mengikuti seleksi itu. 

Diluar dugaan, Ibu Mer memberikan penawaran menarik untuk Mer. Jika ia mau mengikuti Seleksi itu, maka separuh dari uang yang dihasilkan dari pekerjaannya bisa dimilikinya sendiri. Mer begitu tertarik dengan usul itu, ia pun akhirnya setuju untuk mengikuti sleksi itu. Setelah mengisi dan mengumpulakn formulirnya, Mer merayakan penghasilannya sendiri itu dengan Aspen. Mer memberikan aspen banyak makanan, namun bukannya bahagia, Aspen justru merasa bahwa harga dirinya telah dilukai, karena seharusnya ialah yang membelikan Mer makanan dan sebagainya. Malam itu mereka bertengkar dan Aspen memilih untuk mengakhiri hubungan rahasia mereka.

Seminggu setelah mereka putus, diumumkanlah hasil seleksi itu, tanpa diduga-duga ternyata Mer terpilih menjadi gadis perwakilan provinsinya, Provinsi Carolina. Ia pun segera dijadwalkan untuk tinggal di istana untuk menjalani serangkaian acara dan pendekatan bersama maxon dan 30 gadis dari Provinsi lainnya. Awalnya terasa berat bagi Mer untuk pindah ke Istana karena ia memikirkan Aspen, namun di hari keberangkatannya justru ia melihat Aspen bersama dengan wanita lain. Ia pun merasa sakit hati dan membulatkan tekadnya utuk tinggal diistana.

Semalam setelah ia pindah ke dalam istana, seusai menghadapi wawancara dengan TV nasional Illea dan serangkaian acara lainnya di hari yang sama. Di tengah malam ia merasakan klaustrophobia, ia merasa sesak nafas dan perlu mencari udara segar di halaman istana. Dalam keadaan sesak nafas yang gawat itu, pengawal justru tak membolehkannya keluar istana. Dan saat ia nyaris pingsan, Maxon meyelamatkannya dengan memerintahkan para penjaga istana untuk membiarkannya keluar ke taman istana. Setelah berada di halaman istana, Mer justru menangis, ia merasa semua keputusannya untuk mengikuti seleksi ini adalah sesuatu yang salah, ia merindukan rumah dan ingin pulang. Maxon yang nendekatinya karena mengkhawatirkan keadaanya justru mendapat bentakan dan cacian dari Mer. Pertemuan pertama mereka pun berlangsung buruk. Mer merasa bahwa pasti ia adalah gadis yang paling pertama dikeluarkan.

Keesokan harinya saat mendapat kesempatan bertemu secara resmi dengan Maxon, Mer mengutarakan permintaan maafnya. Maxon ternyata lebih baik dari dugaan Mer, Maxon memahami keadaan Mer yang belum terbiasa tinggal diistana dan memaafkannya. Mer pun merasa bersalah dan secara jujur mengutarakan perasaan seungguhnya kepada Maxon, bahwa ia tidak bisa mencintai maxon dan ia berada disini hanya untuk menghindari seseorang di tempat tinggalnya (baca:Aspen). Awalnya maxon begitu terkejut, namun justru Mer menawarkan tawaran yang menarik untuk Maxon, jika ia mempertahankan Mer maka Mer akan menjadi temannya di dalam istana itu.

Keadaan selanjutnya bisa diduga, Maxon terpesona kepada Mer dan ia berniat untuk mempertahankan Mer selama yang Mer inginkan. Mer pun mulia merubah pandangannya kepada Maxon, nampaknya ia mulai memiliki perasaan khusus kepada prince charming itu. Seleksi itu kemudian tidak hanya diperberat oleh persaingan-persaingan licik dari para gadis lainnya, namun juga serangan pemberontak ke dalam istana yang benar-benar berbahaya dan mematikan. Serangan pemberontak itu terjadi dua kali selama Mer disana, dan sudah ada tiga gadis yang meminta pulang setelah pemberontakan yang kedua. 

Keadaan selanjutnya ternyata lebih tak terduga lagi, Aspen ternyata telah mengikuti wajib militer dan ditugaskan dalm istana itu. Mer pun begitu terkejut ketika melihat Aspen, sedangkan Maxon hanya mengetahui Aspen sebagai pemuda yang sama tempat tinggalnya dengan Mer, dulu. Di tengah tugasnya menjaga istana, Aspen dua kali mencuri waktu untuk bisa menemui Mer dan berbicara dari hati ke hati kepadanya. Aspen meminta maaf dan menjelaskan segala kesalahpahaman yang terjadi. Hati Mer pun menjadi goyah, ia harus segera memilih antara Aspen atau Maxon.

Dan tanpa terduga, Maxon tetap mempertahankan Mer sebagai 6 gadis terakhir dalam seleksi itu. Sebagai The Elite, Mer pun harus segera menentukan pilihannya, kemanakah hatinya akan berlabuh, Aspen atau Maxon..?

***

Ada beberapa Fakta unik yang saya catat dari cerita The Selection ini:

1. Dimana letak negeri Illea ini?
Negeri Illea ini diciptakan sendiri oleh Kiera Cass. Awalnya saya juga bingung dari mana asalnya ya, abis re-read buku ini, baru ngeh deh sejarah sebenarnya dan dimana letak sesungguhnya negara Illea ini. Aku jelasin disini yaaa. Illea sendiri terbentuk setelah perang dunia ke-empat (bayangin, saat ini aja baru perang dunia kedua,amit-amit ya Allah kalo sampe empat!) Awalnya, china menyerang Amerika serikat karena AS memiliki hutang kepada China. Penyerangan sukses sehingga orang China membentuk negara China-Amerika. Negara China-Amerika pun ingin menyerang balik China untuk memulihkan kembali negaranya. Namun justru saat itu Rusia juga menyerang negara China-amerika. Dan China yang ingin mempertahankan negara China-Amerika dibantu penduduk China-Amerika sendiri, melawan Rusia dan berbuah kemenangan. Seorang pejuang yang merupakan penduduk China Amerika, bernama Gregory Illea meminpin penyerangan itu untuk merebut kembali negaranya yang dulu, dan akhirnya ia menang. Dari nama pejuang itulah, nama negara Illea berasal.

2. Setting waktu cerita di novel ini
Pertama baca tentang novel ini, kita disuguhkan masalah tentang kasta dan pangeran yang mencari permaisuri. Seuah kerajaan dan negara yang masih bersistem kasta, itu kan oh-so-jadul sekali ya? Makanya awalnya aku mikir kalo setting cerita ini ada di masa lalu. Tapi ternyata menurut penulisnya sendiri Kierra Cass, setting waktu the selection ini adalah masa depan, yaitu tepatnya setelah perang dunia keempat. Wuihh, makanya bingung juga ya pas baca cerita ini, karena di dalam istananya sendiri ada ponsel dan ada bioskop pribadi super mewah juga.

3. Kasta di Negeri Illea
Ada 8 tingkatan kasta di Illea, kasta-kasta itu ditentukan oleh uang dan jenis pekerjaan. Kasta pertama adalah keluarga kerajaan dan pendeta. Kasta kedua umumnya berprofesi sbegai  selebriti, profesional atlet, aktor, model, politisi, polisi, militer serta petugas pemadam kebakaran. Lady Celeste adalah seorang dua dan ia berprofesi sebagai model. Kasta ketiga umumnya berprofesi sebagai Pendidik apapun, filsuf, penemu, penulis, ilmuwan apapun, dokter, dokter hewan, dokter gigi, arsitek, pustakawan, semua insinyur, terapis atau psikolog, sutradara film, produser musik, dan pengacara.

Kasta empat umumnya berprofesi sebagai Pertanian pemilik, perhiasan, agen real estate, broker asuransi, koki kepala, manajer proyek untuk konstruksi, properti / pemilik bisnis untuk hal-hal seperti restoran, toko-toko, dan hotel. Beberapa peserta seleksi adalah seorang empat. Kasta lima adalah kasta asal Lady America, kasta lima umumnya berprofesi sebagai musisi klasik terlatih dan penyanyi, semua seniman, aktor teater hidup, penari, sirkus apapun. Kasta enam umumnya berprofesi sebagai Sekretaris, staf menunggu, pembantu rumah tangga, penjahit, pegawai toko, koki, dan driver. Aspen adalah seorang enam.Selanjutnya kasta tujuh umumnya berprofesi sebagai Gardeners, pekerja konstruksi, buruh tani, selokan atau kolam renang pembersih, hampir semua pekerja di luar ruangan.  Kasta terakhir adalah Kasta delapan yaitu orang orang yanng tak sehat jasmani dan rohaninya terutaa jika tak ada yang merawat mereka serta pecandu, pelarian dan tunawisma. Tertulis di novel, bayi hasil hubungan gelap akan dibuang ke jalan dan menjadi seorang delapan. Serem ya, tapi ketentuan itu yang ngebuat America dan Aspen ngga pernah melakukan hal-hal yang terlarang dalam hubungannya loooh. 

Di dalam novel pun dijelaskan, sekeras apapun Aspen yang seorang enam bekerja, upah bayarannya tidak akan pernah setimpal. Hal ini berarti bahwa tingkatan kasta mereka mempengaruhi standar upah mereka. Seorang wanita bisa berpindah kasta jika menikah dengan pria dari kasta yang berbeda. Mereka bisa naik kasta jika menikah dengan pria yang berada dia atas kasta mereka dan turun kasta jika menikah dengn pria yang berada di bawah kasta mereka, bukan artinya mereka ngga boleh menikah dengan kasta bawah ya, tapi negara Illea akan memberika waktu kurang lebih sebulan dalam mengeluarkan surat izin pernikahan mereka. Alasannya agar mempelai wanitanya bisa memikirkan lagi atas keputusannya menikahi kasta bawah. Seorang pria pun bisa merubah kastanya, ia bisa membeli kasta. Tentunya semakin tinggi kasta yang mau dibeli, semakin mahal harganya. Semua peserta seleksi yang berada di bawah kasta tiga, otomatis menjadi seorang kasta tiga, begitu pula dengan Mer. Dan jika ia berhasil menjadi Putri Illea, ia dan keluarganya secara resmi akan menjadi seorang kasta satu. 

*****

Dari penilaianku, novel ini sangat bagus. I give 4,5 from 5 star for The selection :) I'm absolutelly be a fan of Kiera Cass now! 

Selain karena ceritanya yang beda, manis, romantis, bikin penasaran dan geregetan. Sang Prince Charming di novel ini, Maxon Screave juga merupakan salah satu sihir  terkuat di buku ini loh! Dan aku suka bahasa terjemahannya di novel yang diterbitkan oleh Bentang Belia ini, bahasanya asik dan nggak kaku :)

Denger-denger juga, The Selection ini bakal segera dibuat filmnya loh, waaaaaaah penasaran sama maxon deh! ihihihiii. Can't wait for The Elite comin' to Indonesia!!!!

The Elite
Coming April 23, 2013.
Kapan sampe indonesianya? :''''''''''''''(

Okeiii, Sampe sini dulu ya Blogpals!
Semoga bermanfaat ya reviewnya!
Thank u for walking here.
Hei! u can leave u'r bloglink in comment box, 
so i can walking to u'r blog too. :)
Wassalam.

You Might Also Like

25 komentar

  1. padahal covernya lebih bagus yang asli ya._. hehe, nice review :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello yustie, thank you for reading :')

      Iya setuju, jauh lebih bagus aslinya ya :( sayang sekali. Mungkin biar lebih menarik pembaca ABG ya jadi indonesian covernya dibuat seperti itu. Hehe.

      Thank you for walking here ya yustie. Kapan-kapan kalo mampir lagi, tinggalin alamat blog yah. Jadi bisa gantian walking back. Ehehehe.

      Thank you yustie :))

      Hapus
  2. Bener Banget,,, aku suka banget banget ama novel ini...
    Aku udah beli pas februari lalu, iseng sih ngeliat liat isi gunung agung.. eh, seolah tersihir ama nih novel, aku relain uang jajan aku seminggu buat beli nih novel.. hehehe...
    Yup, suka banget sama Maxon yang berwibawa tapi tetep dideskripsikan sbg manusia biasa oleh sang penulis, dia bisa ngeraasain galau, kadang tertekan dengan hidupnya yg dinggap sempurna oleh kebanykan orang...
    karakter america sendiri unik dan mengagumkan, dia berbeda dari cewek2 lain..
    Tapi aku mendukung siapapun pilihan america, baik itu Pangeran Maxon atau Aspen, karena dua cowok itu sama2 mengagumkan....

    Gak sabar pngen cpt2 beli The Elite...
    Pensaran banget....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Villy! :))

      Berarti kita sama-sama fansnya Kiera Cass yaaa? Wehehee. Iyaaaa, aku juga jadi ga sabar nunggu The Elite! Bulan depan keluar looooooohhhh! Penasaran sama America!!! Tapi aku mah TEAM MAXON ever! Eheheehee

      Thank you for blogwalking ya Villy! :))

      Hapus
  3. aku barusan selesai baca the selection.. jatuh cintaaa xD
    aku dukung MAXON AMERICA <3 <3
    aku baru tau ada lanjutannya.. aku kira emang akhir ceritanya gantung gitu..
    di indonesia udah ada the elite belum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo tithaaa :)

      senangnya ketemu sesama fansnya kiera cass! Hihi.

      Yes, akupun setuju sekali kamo Mer sama Maxon! Mereka bener-bener saling melengkapi sekali di cerita tersebut :)

      The Elite udah keluar dari lama Tithaaaa. Kamu harus harus harus dan harus banget baca, ada kejutan di dalam cerita The Elite yg sama sekali nggak akan kita sangka sebelumnya.

      Dan lanjutannya The Elite yaitu The One bakal segera release di luar negeri, mgkn tahun depan br sampe di indonesia. Uhuhu.

      Thank you for walking here ya Tithaaa. Sukses terus ya kamu :)

      Hapus
  4. Hello , aku fans a selection juga nihh...
    Dan seperti yg lain aku mendukung bgt Maxica (maxon-america)
    Anw,The one keluarnya tgl 6 Mei inii...
    Bener2 menunggu bgt...
    Berharap cpt nyampe di indoo :'(
    Tapi the elite bener2 nyesek bgt dihampir2 bagian akhir -.....-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kamu!
      Aku juga team Maxon&Mer. *toss*
      Iya nih sampe sekarang The One belom terbit juga ya di indonesia. Aku sampe mention @bentangpustaka berkali-kali di twitter tp belom dibales-bales. Sediiihhh :(
      Bener-bener penasaran sama endingnyaaa.

      Iyaaa, The Elite ceritanya emang bikin shock ya. Ga nyangka sahabatnya Mer di kompetisi ini *aku lupa namanya. Hehe* bisa lebih milih seorang pengawal dibanding pangeran ya :') Cinta memang aneeehhh :'")

      Harapan kita sebagai sesama pecinta The Selection Series ini pasti sama yaa, semoga The One segera terbiiittttttt! Aaaaaamiinnnn.

      Terima kasih udah blogwalking kesini ya, Kamu. :) Semoga kamu sukses selalu yaaa. Aaaaamiiinn :)

      Hapus
  5. haloo.. mbak udah ada yg dapet buku the one versi indonya?
    dnger2 yg versi inggris udah sampai the heir dan the princes..
    kok di indo lama bnged yaa trjemahannya...
    kalo udah ad yg dapat kabar2i yaaa....
    penasaran banged ma nih buku...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Allerya!

      Iyaaaa, versi aslinya udah sampe The Heir ya, buku keempatnya. Sayang sekali sampe sakarang The One belom ada versi terjemahannya. Aku sampe supergemez mau beli versi aslinya aja. Ntah knapa ya Bentang Pustaka lama sekali menerbitkan terjemahan The One. Huhu. Aku masih galau sih ini mau beli versi aslinya aja atau nggaa. Huhuhuu. Nanti kalo aku udah beli versi aslinya Inshaallah aku review diblog ini deh. Makasih udah mampir kesini ya Allerya. Namanya bagus sekali sih.. :) Maaf sekali baru sempet baleeees. Uhuhuuu. Sukses selalu ya Allerya!

      Hapus
  6. permisi mau tanya.. apa buku the slection ini punya terjemahan dalam bahasa indonesia?? dan ada berapa seri buku ini? thanks.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Evelyn!

      Iyap, ini yang aku review versi terjemahannya kok :) Untuk versi aslinya udah sampe buku keempatnya. Buku pertamanya The Selection ini, lalu The Elite yang udah terbit terjemahannya juga, terus The One dan yang terakhir The Heir. Sayang sekali The One belom ada versi terjemahannya sampe sekarang :( Huhuu. Semoga infonya membantu yaaa. Aku sih recomended banget untuk Evelyn baca buku ini. Buku-buku bestseller memang ngga pernah bohong kok. Ehehee. Thank you for blogwalking here ya Evelyn :) Sorry for late reply yaaa. Huhuu

      Hapus
  7. Ada terjemahannya seri pertama dan kedua, saya beli di Lestari Bookstore twitter: @LestariBook pin 2B30D83D

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Hallo, mau nanya ya?
    the selection series ini judulnya ada apa aja?.-.
    terus kalo boleh tau,bedanya sama the queen, the prince, the quard, the favorite dll apa ya?
    Makasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Book 1 : The Selection
      Book 2 : The Elite
      Book 3 : The One
      Book 4 : The Heir (ceritain anaknya)
      Book 5 : The Crown (lanjutan the heir)

      sisanya novel mini dr sudut pandang masing2 tokoh
      The Queen : cuplikan kisah selection si ratu
      The Prince : kisah maxon sebelum selection
      The Guard : sudut pandang Aspen
      The Favorite : sudut pandang Marlee

      Hapus
    2. Waaaaah yang novel mini aku malah baru tau yang The Prince sama The Guard. Mkasi udha bantuin jawab ya Fubblez. Hehehee

      Hapus
    3. Waaaaah yang novel mini aku malah baru tau yang The Prince sama The Guard. Mkasi udha bantuin jawab ya Fubblez. Hehehee

      Hapus
  10. baru slesai baca ampe the heir yg versi inggris.. asli geregetan. recommended baca versi asli bagi yang ga nahan penasaran XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaaaaaaak aku kayanya mesti beli juga niiiihhh. Langsung jadiin wishlist bulan depan. Makasi rekomendasinya yaaaaaa

      Hapus
    2. Aaaaaaaaak aku kayanya mesti beli juga niiiihhh. Langsung jadiin wishlist bulan depan. Makasi rekomendasinya yaaaaaa

      Hapus
  11. hello kk . . apakah kk sudah baca the crown? versi english nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beluuuum, aku baru baca sampe The One yang versi inggrisnya. Hehe. Soalnya menurut aku yang The One itu udah happy ending banget, ini lagi berpikir-pikir sih untuk beli The Heir. Hehehee

      Hapus
  12. the heir itu cerita anak nya maxon sma america kk. tapi dia beda bnget sma america . pkok'a crta di the heir bkin penasaran bt bca the crown . .

    BalasHapus
  13. ada versi indonya gg ya, mau donk klo ada

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎