Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspadai Selingkuh Digital lewat Aplikasi Untuk Selingkuh Berikut Ini

Beberapa waktu yang lalu aplikasi Discord sempat menjadi pembicaraan hangat karena menjadi aplikasi penghubung antara seorang suami sah dengan selingkuhannya. Para istri yang belum kenal dengan aplikasi Discord pun langsung mencoba mencari tahu sebanyak-banyaknya tentang aplikasi ini.

Nggak berhenti dengan mencari tahu aja, tapi juga langsung melakukan pengecekan langsung ke smartphone suaminya masing-masing. Hayo siapa yang begituuuu~

Di jaman yang serba canggih ini, suatu tindakan komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Kalo dulu mungkin hanya terbatas via telepon, pesan text atau email, saat ini ada super banyak banget aplikasi yang ternyata bisa digunakan untuk melakukan komunikasi dua arah.

Sebelumnya kita cari tahu dulu yuk, tentang selingkuh digital!

Waspadai Selingkuh Digital lewat Aplikasi Untuk Selingkuh Berikut Ini

Apa itu Selingkuh Digital?

Selingkuh digital adalah perilaku ketidaksetiaan dalam hubungan yang terjadi secara online atau melibatkan teknologi digital. Ini dapat mencakup berbagai tindakan, seperti berkomunikasi secara rahasia dengan orang lain melalui pesan teks, media sosial, atau aplikasi pesan instan. 

Selingkuh digital juga bisa melibatkan kegiatan yang lebih intim, seperti berbagi foto atau video yang bersifat pribadi dengan orang lain di luar hubungan yang sah.

Selingkuh digital sering kali menimbulkan kekhawatiran dan ketidakpercayaan dalam hubungan, karena melibatkan pelanggaran kepercayaan dan batasan yang telah disepakati antara pasangan. 

Perkembangan teknologi digital telah membuka lebih banyak peluang untuk terlibat dalam perilaku semacam itu, sehingga penting bagi pasangan untuk membahas dan menetapkan batasan dalam hubungan mereka untuk mencegah selingkuh digital.

Fix ya, perselingkuhan itu nggak cuma tentang hubungan seksual aja, bertukar pesan mesra atau foto intim, juga menjadi bagian dari perselingkuhan.

Berdasarkan kasus perselingkuhan yang viral, waspadai beberapa aplikasi yang bisa menjadi wadah untuk perselingkuhan digital!

Aplikasi Untuk Selingkuh yang Harus Diwaspadai

1. Discord

Discord adalah aplikasi komunikasi suara, teks, dan video yang dirancang khusus untuk komunitas gaming, namun sekarang telah merambah ke berbagai kelompok dan kepentingan. 

Dengan tampilan antarmuka yang intuitif, Discord memungkinkan pengguna untuk membuat server pribadi atau bergabung dengan server yang sudah ada untuk berinteraksi dengan teman atau anggota komunitas. 

Fitur-fitur utamanya mencakup saluran suara, obrolan teks, dan kemampuan berbagi layar, membuatnya menjadi alat komunikasi serbaguna. 

Selain itu, Discord juga memiliki bot yang dapat menambahkan fungsionalitas tambahan, seperti musik atau permainan mini. Kelebihan utama Discord adalah kemudahan penggunaan dan fleksibilitasnya yang dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan komunikasi kelompok.

Sebenarnya, sebelum dikenal sebagai salah satu aplikasi untuk selingkuh, Discord merupakan aplikasi positif yang bisa menghubungkan banyak penggunakanya dalam server atau komunitas. Misalnya komunitas belajar atau komunitas game favorit.

Jadi, jangan langsung negatif thinking ya kalo pasangan punya aplikasi ini di smartphone mereka.

2. Telegram

Telegram adalah aplikasi pesan instan yang menawarkan keamanan tinggi dan beragam fitur fungsionalitas. Dengan fokus pada privasi, Telegram menggunakan enkripsi end-to-end untuk melindungi pesan penggunanya dari akses yang tidak sah. 

Selain itu, Telegram memiliki fitur saluran, grup, dan obrolan pribadi, serta kemampuan mengirim file hingga ukuran besar. Keunggulan lainnya termasuk bot yang dapat memberikan berbagai layanan tambahan, seperti berita, cuaca, atau permainan. 

Desain antarmukanya yang bersih dan intuitif membuat Telegram menjadi pilihan populer untuk berkomunikasi dalam kelompok besar atau dengan teman secara pribadi, sambil tetap memprioritaskan keamanan dan privasi penggunanya.

Telegram sebenarnya mirip-mirip sama aplikasi Whatsapp, tapi punya fitur yang lebih canggih. Aplikasi telegram juga banyak dimanfaatkan untuk aplikasi grup komunitas, hobi atau grup belajar, karena beberapa fitur unggulannya.

Siapa aja nih yang menggunakan aplikasi Telegram?

3. Fitur Chat Gojek

Fitur chat dalam aplikasi Gojek menjadi sarana komunikasi yang penting antara pengguna dan mitra pengemudi atau penyedia layanan lainnya. Melalui fitur ini, pengguna dapat berkomunikasi dengan mitra pengemudi untuk memberikan arahan atau informasi tambahan terkait pesanan, seperti lokasi penjemputan yang lebih spesifik. 

Fitur chat di aplikasi gojek sempat booming karena digunakan sebagai sarana perselingkuhan oleh seorang artis. Ternyata ngga cuma buat komunikasi ke pengemudi aja, fitur chat gojek juga bisa digunakan untuk chat kepada sesama pengguna gojek.

Ngaku deh, pasti ada kan yang langsung kepo sama isi fitur chat aplikasi Gojek di smartphone pasangan? hihihi

4. GDoc atau Spreadsheet

GDoc, atau Google Docs, adalah bagian dari suite produktivitas online Google Workspace yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan berbagi dokumen secara kolaboratif dalam waktu nyata. Ini mencakup pengolahan kata, spreadsheet, dan presentasi. 

Sementara itu, Spreadsheet merujuk pada aplikasi spreadsheet dalam Google Docs yang memungkinkan pengguna membuat dan mengelola lembar kerja dengan fungsi penghitungan otomatis. Keduanya memanfaatkan teknologi cloud untuk menyimpan data secara online, memungkinkan kolaborasi tim secara efisien dan akses dokumen dari berbagai perangkat dengan mudah. 

GDoc dan Spreadsheet menjadi alat yang populer untuk kerjasama tim dan produktivitas berkat kemampuan kolaboratif dan aksesibilitasnya yang fleksibel.

Sayangnya baru beberapa waktu lalu nih aku baca cuitan di aplikasi X tentang istri yang menemukan bukti perselingkuhan suaminya di Spreadsheet. Hadeh gemez, teknologi udah bagus buat kerja, malah dibuat jadi tempat komunikasi perselingkuhan😫

Selain 4 aplikasi di atas, menurutku masih ada sih beberapa aplikasi yang harus diwaspadai seperti WhatsApp kedua, beberapa fitur chat dalam aplikasi seperti aplikasi GetContact atau MiChat (kalo aplikasi satu ini sih dah negatif sih ya image-nya).

Yhaaaaa, namanya rumah tangga, pasti ada aja ya ujiannya. Apapun itu, menurut aku selalu trust your gut atau percaya sama insting-mu ajah! Karena kadang, Allah memang memberikan pertanda-pertanda yang nggak akan kita duga-duga.

Oke deh sampe disini dulu postingan ini, ada yang mau nambahin lagi ga nih, kira-kira apps apa lagi nih yang harus "diwaspadai"? Tulis di kolom komentar yaaaa~

Posting Komentar untuk "Waspadai Selingkuh Digital lewat Aplikasi Untuk Selingkuh Berikut Ini"