Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cegah Bahaya Kematian Akibat Penyakit Influenza dengan Vaksinasi Influenza Quadrivalent


Ada apa sih di tanggal 4-10 Mei 2023 kemarin? Ternyata, satu pekan tersebut menjadi perayaan Pekan Imunisasi Dunia 2023 di Indonesia. Pada pekan imunisasi dunia, banyak digalakkan gerakan untuk meningkatkan tindakan bersama yang diperlukan untuk melindungi masyarakat dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Etapi, ada yang spesial juga loh dengan Pekan Imunisasi Dunia tahun ini! Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta bersama dengan PT Kalventis Sinergi Farma dan Satgas Imunisasi Dewasa PD Pabdi memberikan Vaksin Influenza Kuadrivalen kepada lebih dari 600 tenaga kesehatan pada Pekan Imunisasi Sedunia 2023.

Fakta Penting Tentang Influenza


Berdasarkan hasil riset CDC di Jakarta Timur, Indonesia, ada sekitar 31% kasus Influenza Like Illness dan 15% kasus Severe Acute Respiratory Infection terbukti positif karena virus influenza.

Nggak cuma itu aja, ternyata penyakit influenza juga memiliki dampak ekonomi yang cukup besar. Berdasarkan Kosen S pada presentasi Beliau dalam workshop Dampak Kesehatan dan Ekonomi Influenza, pada tahun 2012, ternyata pada kasus influenza, untuk perawatan rawat jalan memakan biaya sebesar Rp 831 miliar, sedangkan untuk kasus rawat inap memakan biaya sebesar Rp 540 miliar. Jadi keseluruhan biaya total dampak ekonomi akibat penyakit influenza mencapai angka Rp 1,396 triliun di Indonesia. Angka yang mencengangkan bukan?

Kenali Penyakit Influenza Lebih Dalam

"Hatchuuuuuuu~"

Siapa nih yang belakang ini suka pilek, batuk dan sering bersin? Mama Dian sesungguhnya adalah tipe orangtua yang santai. Kalo anak demam belum 3 hari, biasanya belum mama Dian bawa ke dokter. Kalo anak-anak batuk, pilek atau radang, mama Dian cuma nganggep anak-anak terkena Salesma (Common Cold). Untuk treatment penyembuhannya, biasanya mama Dian minumin vitamin aja, banyakin minum air putih dan istirahat. 

Tapi ternyata abis mengikuti konferensi pers yang membahas tentang Pentingnya Vaksinasi Influenza Quadrivalent Bagi Keluarga dan Kelompok Rentan, mama Dian jadi sadar bahwa batuk, pilek, demam, radang nggak boleh digampangin gitu aja!

Flu dan salesma memang punya gejala yang mirip. Tapi khusus untuk penyakit influenza nggak boleh disepelekan nih. Abis baca fakta diatas tadi, emang masih mau menyepelekan penyakit flu?😣

Perbedaan Influenza dan Salesma (Common Cold)

Perbedaan influenza dan salesma

Kalo lihat perbedaan antara penyakit Salesma dan Influenza dalam tabel diatas, memang nggak terlalu besar perbedaannya ya. Nah, perbedaan penting antara penyakit salesma dan influenza yang harus dicatat adalah Influenza memiliki tanda dan gejala yang lebih parah jika dibandingkan dengan salesma. Jadi perlu diingat ya, kalo flu bukanlah batuk pilek biasa.

Jadi, apa yang menyebabkan penyakit influenza berbahaya?

Mengapa influenza berbahaya?

Ada beberapa poin lagi nih yang perlu kamu tahu tentang bahaya penyakit influenza.

Pertama, penyakit influenza dapat mengakibatkan komplikasi seperti pneumonia, infeksi telinga, dan infeksi sinus. Nggak cuma itu aja, penyakit influenza dapat memperburuk kondisi medis kronis seperti gagal jantung kongestif, asma atau diabetes. 

Jadi, untuk para kelompok rentan seperti orangtua lanjut usia yang memiliki beragam komplikasi penyakit, penyakit influenza ini benar-benar harus di waspadai banget nih. Karena ternyata, influenza dapat memperburuk kondisi kesehatannya. 

Kedua, menurut WHO, penyakit influenza menyebabkan kematian 650.000 orang setiap tahun. Nggak nyangka ya, ternyata dari penyakit yang keliatannya cuma demam dan batuk pilek biasa, ternyata mencatat angka kematian yang cukup tinggi.

Ketiga, orang dewasa yang sehat dapat menginfeksi orang lain mulai hari pertama sebelum gejala berkembang, hingga 5-7 hari setelahnya. Jadi untuk penyebaran virusnya terbilang sangat cepat.

Cara Mengurangi Penularan Virus Influenza


Tentunya masih ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari penularan penyakit influenza. Cara utama adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat yaitu mencuci tangan dan menggunakan masker di luar ruangan.

Selain cara tersebut, WHO juga merekomendasikan vaksinasi influenza sebagai cara paling efektif untuk mencegah penyakit infeksi influenza.

Yuk, Cegah Penyakit Influenza dengan Vaksin Influenza Quadrivalent

Apa itu vaksinasi Influenza Quadrivalent?

Menurut data epidemiologi terkini, terdapat empat strain virus Influenza bersirkulasi secara bersamaan, yaitu: Influenza A/H1N1, A/H3N2, B/Victoria, dan B/Yamagata. Vaksinasi Influenza Kuadrivalen memberikan perlindungan lebih luas terhadap virus flu yang beredar karena mencakup dua strain influenza A dan dua lineage influenza B. 

Vaksin Influenza Quadrivalent merupakan vaksin yang mengandung dua subtipe virus influenza A dan dua subtipe virus influenza B. Vaksin ini juga dibuat untuk meningkatkan perlindungan terhadap virus influenza B yang tidak tercakup oleh vaksin trivalent.

Manfaat Vaksin Influenza Quadrivalent

Manfaat Vaksinasi Influenza

Seperti manfaat vaksin pada umumnya, vaksin influenza juga membantu memberikan kekebalan terhadap penyakit influenza. Selain itu, Vaksin influenza juga bermanfaat utuk mengurangi risiko komplikasi flu, perawatan di rumah sakit hingga kematian.

Vaksin influenza juga dapat mencegah keparahan penyakit yang sudah ada ketika terserang flu. Vaksinasi influenza juga mampu menekan risiko kondisi penyakit kronis memburuk saat terinfeksi flu.

Manfaat Vaksin Influenza Quadrivalent Untuk Kelompok Rentan

Pasien diabetes termasuk dalam kategori kelompok rentan yang keadaan kesehatannya dapat menjadi semakin parah jika terkena infeksi influenza.



Emang bisa pasien diabetes menerima vaksinasi influenza? Tentu bisa dong. Nggak perlu khawatir karena ternyata menurut penelitian, pasien diabetes dapat memberikan respon antibodi terhadap vaksin influenza yang sebanding nih dengan orang dewasa yang sehat.

Jadi vaksinasi influenza quadrivalent, mampu melindungi pasien diabetes dari infeksi yang parah atau komplikasi penyakit yang diakibatkan oleh penyakit flu tersebut.

Mitos dan Fakta seputar Vaksin Influenza

Buat yang ingin mendapatkan vaksin influenza namun masih takut dengan mitos-mitos yang beredar di luar sana, tenang dulu, jangan langsung mengurungkan niat untuk melakukan vaksin. 

Yuk ketahui dulu beberapa fakta dan mitos seputar vaksin influenza dengan membaca infografis berikut ini yaaaa:
Fakta dan Mitos Vaksin Influenza

Untuk meluruskan mitos-mitos yang beredar, kamu juga bisa menanyakannya langsung pada tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan terdekat. Pokoknya jangan terima mentah-mentah informasi yang beredar, sebaiknya cek dulu fakta dan kebenarannya yaaa.

Pengalaman Vaksinasi Influenza

Kebetulan, ponakan-ponakannya mama Dian udah menerima vaksin influenza sejak kecil. Dan ternyata memang terbukti sih, saat mengalami flu, gejala yang mereka dapat nggak terlalu berat. Lalu, imunitasnya terhadap penyakit flu juga lebih tinggi.

Anak-anak mama Dian, Una dan Abang kebetulan memang belum mendapatkan vaksin influenza nih. Tapi setelah tau bahayanya penyakit influenza, kayanya secepatnya mama Dian juga mau memberikan vaksin influenza untuk Una dan Abang deh.

Manfaat Vaksin Influenza untuk Keluarga

Menurut aku sendiri, banyak banget manfaat vaksin influenza untuk keluarga. Terutama untuk anak-anak yang banyak berinteraksi dengan teman-teman disekolah. Dengan daya tahan tubuh yang belum terlalu kuat dan masih minimnya tingkat kedisiplinan dalam menerapkan gaya hidup sehat, penyebaran penyakit influenza di kalangan anak-anak sekolah tergolong cukup cepat.

Bayangin deh kalo udah ketularan flu, karena demam, biasanya anak-anak mesti ijin nggak masuk sekolah. Kalo nggak masuk, fix langsung ketinggalan pelajaran. Udah gitu, mesti mengeluarkan uang juga untuk biaya pengobatannya. Jadi rugi banyak banget kaaan?😔

Kebetulan mama papa juga termasuk dalam kelompok rentan karena memiliki penyakit kronis yaitu diabetes. Supaya mereka sehat-sehat terus dan terhindar dari infeksi, kayanya mama Dian bakal segera menjelaskan tentang bahaya penyakit flu supaya mereka bisa segera mendapatkan vaksinasi influenza.

Pentingnya Vaksinasi Influenza untuk Tenaga Kesehatan

Pentingnya Vaksinasi Influenza Quadrivalent BAgi Tenaga Kesehatan & Kelompok Rentan

Alhamdulillah sekali, kemarin mama Dian juga menghadiri acara press conference mengenai pemberian vaksinasi Influenza kepada lebih dari 600 tenaga kesehatan.

Tenaga medis membutuhkan vaksin influenza

Melihat pentingnya vaksinasi influenza untuk tenaga kesehatan, semoga kedepannya, semua tenaga kesehatan di Indonesia juga bisa mendapatkan vaksinasi influenza secara merata dari Pemerintah. Aamiin~


Mulai sekarang jangan anggap remeh penyakit influenza! Supaya terhindar dari gejala parah flu, kamu bisa langsung ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan Vaksinasi Influenza Quadrivalent. Sehat-sehat ya teman-teman semuanyaaa~

23 komentar untuk "Cegah Bahaya Kematian Akibat Penyakit Influenza dengan Vaksinasi Influenza Quadrivalent"

  1. Udah dibuktikan juga dari COVID kemarin. Awalnya flu, tapi ternyata sangat berbahaya ketika bertemu dengan orang2 yg punya penyakit jantung, diabetes, hipertensi dll 😔. Malah mematikan.

    Aku juga inget pas flu masuk pertamakali dulu mba. Flu spanyol contohnya. Banyak juga yg meninggal. Jadi memang ga bisa disepelekan yaa. Kalo bisa vaksin, vaksin ajalah.

    BalasHapus
  2. Padahal kita terbiasa dengan kalimat "cuma flu aja kok." Namun, ternyata ada flu yang berbahaya, contohnya ya COVID kemarin. Sebelum itu kita juga pernah dihebohkan oleh kasus flu burung yang mengakibatkan pembasmian besar2an pd unggas.

    Btw, vaksin flu ini sudah bisa diakses secara luas kah? Dulu pas anak2 masih kecil pernah ngobrol dg Dr SpA dan kalo ga salah ingat sempat menyebut vaksin influenza ini. Tapi karena di dokter spesialis tentu harganya lumayan, jadi belum kami berikan heheheh

    BalasHapus
  3. Hah? Kaga nyangka yha virus influenza yang sering kita anggap sepele bisa menyebabkan kematian hingga 650.000 kasus. Ngeriiikk.Emang bener deh mending vaksin influenza buat ningkatin kekebalan, apalagi pasien diabet yang masuk kelompok rentan.

    BalasHapus
  4. Ya ampuuun ternyata bahaya kl kita menganggap flu itu selesma biasa. Jadi tau kl menyepelekan influenza betdampak pada penyakit2 lain yg membayakan kesehatan.

    BalasHapus
  5. Setelah kita melalui covid 19, setiap ada kaitan dengan flu atau hal yang berkaitan, kami di rumah jauh lebih aware lagi dan segera mencari solusi pengobatannya. Moga vaksin flu ini nanti bisa juga buat umum yah

    BalasHapus
  6. Anak saya yang kedua pernah divaksin influenza. Sara dari dokternya karena waktu itu dia lumayan sering kena flu. alhamdulillah, setelah divaksing memang lebih kuat daya tahan tubuhnya.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah aku penganut dan pendukung vaksinasi. Jadi pas ada vaksinasi influenza, aku lakukan. Apalagi pas hendak umrah atau melaksanakan ibadah haji, mba. Berasa lebih terlindungi juga mba

    BalasHapus
  8. thank you banget ya mba untuk semua informasinya. Di sini juga kita dianjurkan untuk flu shot saat memasuki winter

    BalasHapus
  9. Saya belum vaksin influenza nih. Manfaatnya bagus buat kesehatan kita. Apalagi di masyarakat kita, influenza sering dianggap remeh. "Ah cuma pilek ini, bentar juga sembuh." Nyatanya banyak juga korbannya.

    BalasHapus
  10. Semenjak adanya kasus corona, aku juga lebih aware kalo ada anggota keluarga yang flu. kalo dulu mah aku selalu anggap biasa aja kayak batuk pilek.
    syukurlah para nakses udah didahului untuk vaksinasi influenza. oya kalo untuk masyarakat umum gimana mba? apakah udah ada program vaksinnya di puskesmas? (riafasha)

    BalasHapus
  11. Kayanya cuma "influenza", tapi kalau udah komplikasi, jadi macam-macam gitu penyakitnya. Serem amat ya. Kudu ikut vaksin emang sih dan jangan lupa lakukan pencegahan sebaik mungkin

    BalasHapus
  12. Flu juga nggak enak banget sih kalau kena, kepala berat, meriang, mual juga kadang. Apalagi COVID kemarin yang memang bukan flu biasa. Vaksin influenza penting sih kalau bisa tiap tahun divaksin buat jaga imun juga.

    BalasHapus
  13. Udah terbukti banget kalau adanya vaksin memang bisa bikin daya tahan tubuh kita terhadap influenza lebih baik. Anak anak ku apalagi nih, kalau abis di sekolah ada yang sakit, pasti muter dulu ke semuanya. SEmoga setelah vaksin influenza ini gak sering sering lagi kena flu ya

    BalasHapus
  14. aku baru tahu ada Vaksinasi Influenza Quadrivalent jaid info di atas sangat bermanfaat, terutama bagi aku yang jarang keluar rumah. Vaksin ini tidak bisa disepelekan ya, apalagi kalau flu udah lemes aja, kasihan kalau kena anak-anak atau lansia yang punya penyakit lainnya.

    BalasHapus
  15. Aku jadi inget masa kecilku yang sering digantungin saputangan sama Ibuk di baju ang kupakai.
    Bukan karena aku yang flu, tapi kalau ada yang bersin, Ibu selalu suruh tutup mulut pakai sapu tangan.
    Alhamdulillah, kini ada Vaksinasi Influenza Quadrivalent yang bisa bantu jaga imunitas tubuh agar lebih kuat.

    BalasHapus
  16. Banyak yang meremehkan influenza karena dikiranya cuma batuk pilek padahal bisa sangat berbahaya buat org yang mekiliki penyakit kronis tertentu ya. Makanya kalau ada kesempatan vaksin baik org dewasa maupun anak sebaiknya vaksin saja.

    BalasHapus
  17. ah bener ini, anak-anak harus pakai vaksin influenza. anakku cepet banget kena flu. terlalu sering interaksi di luar rumah, misal di sekolah, di tempat les, di tempat main, terlalu banyak bertemu orang dan kondisi tubuhnya pun tidak selamanya dalam kondisi fit. saat kelelahan atau daya tahan tubuh sedang turun, virus gampang sekali masuk kan xD noted, cari tempat vaksin influenza untuk anak-anak, mumpung libur sekolah.

    BalasHapus
  18. Aku baru tau juga nih mba ada vaksin khusus vaksin influenza... Sepertinya hrs deh buat keluarku juga krn untuk mencegah juga apalagi musim dah gak nentu kayak gini daya tahan tubuh penting bngt spertinya

    BalasHapus
  19. Saya nih kalau batuk pilek suka parah, sampai sakit kepala, padahal keluarga yang lain kalau batuk pilek biasa aja... Mungkin itu influenza ya bukan common cold....

    BalasHapus
  20. kayak flu doang jadinya dianggap biasa yah padahal SID itu berawal dari flu, telat penanganan jadinya malah pneumonia sampe rawat inap. Vaksin influenza bisa jadi pencegahan yaa supaya tidak flu berat.

    BalasHapus
  21. Ternyata besar juga ya biaya untuk pengobatan influenza per tahun.
    iya sih kalau anak-anak/saya sendiri kan flu itu sering menggampangkan, ah sakit ringan gini nggak usah ke dokter. Ntar juga sembuh sendiri.
    Ternyata, harus tetap waspada ya, karena influenza pun bisa berakibat kematian

    BalasHapus
  22. Aku salfok sama ilustrasinya mak, cakep cakep banget. Informasinya lengkap pula.
    Menjawab kebingungan aku terhadap perbedaan salesma dan influenza ini mah.
    Nah, anak-anak aku juga belum divaksin influenza nih. On the way vaksin sih, tapi belum dijadwalin, padahal bagusnya segera ya, huhu.

    BalasHapus
  23. Influenza itu kayak sepele ya tp bisa jd mengakibatkan kematian untuk lansia dan cormobid.

    BalasHapus