Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Aged Domain dan Expired Domain, Simak Disini!

Buat para bloggers, pasti nggak asing lagi dengan istilah domain. Walaupun udah nggak asing dengan istilah yang satu ini, tapi kamu udah tau belum sih apa pengertian domain? 

Domain atau nama domain adalah nama website yang biasanya diakhiri dengan eksistensi seperti .com, .co.id, .id, dan lain-lain. Nama website ini biasanya kamu ketikkan di kolom alamat browser untuk membuka website tertentu. Nama domain juga biasanya berkaitan dengan alamat IP fisik di internet.

Untuk para blogger yang baru mau membeli domain, sebaiknya pikirkan baik-baik nama apa yang akan dibeli. Tidak hanya harus unik dan memiliki sentuhan personal, nama domain juga sebaiknya disesuaikan dengan branding yang ingin dibangun.

Pertimbangkan juga jenis domain yang ingin dibeli, selain bisa membeli domain baru, kamu juga bisa membeli aged domain dan expired domain. Apa sih arti aged domain dan expired domain? Yuk kita bahas satu persatu!

Perbedaan Aged Domain dan Expired Domain

Apa itu Aged Domain?

Menurut kamus Bahasa Inggris, aged artinya tua. Jadi pengertian aged domain adalah domain yang usianya sudah tua atau lebih dari satu tahun. Aged domain merupakan domain yang sudah pernah digunakan oleh orang lain, namun kemudian tidak digunakan lagi oleh pemiliknya. Tetapi masih aktif dan telah berganti kepemilikan.

Kelebihan dan Kekurangan Aged Domain

Mungkin beberapa dari kalian berpikir "Kenapa orang mesti beli aged domain? Kenapa nggak bikin domain baru aja yang masih fresh dan namanya juga bisa di kustom sesuka hati." Sini-sini, aku kasih tau kenapa aged domain masih diperjualbelikan dan masih ada banyak orang yang mencari aged domain.

Kelebihan Aged Domain

Ini dia beberapa kelebihan dari Aged Domain:

Meningkatkan Hasil SEO untuk Website

Berbeda dengan domain baru, domain lama biasanya telh terindeks oleh Google. JAdi bisa dikatakan bahwa age domain merupakan salah satu strategi jalan pintas untuk meningkatakan hasil SEO untuk website.

Dalam SEO, ranking website dan kekuatan website biasanya didasari oleh beberapa faktor. Salah satu faktornya yaotu memiliki nilai historis yang baik. Nah, salah satu penentu nilai historis yaitu umur dimain. Aged domain biasanya sudah memiliki nilai Domain Authority yang tinggi.

Apa itu Domain Authority? DA atau Domain Authority adalah nilai kepercayaan yang diimiliki website di mesin pencari. Nilai DA ada diantara range 1-100 dan dibuat oleh MOZ, software SEO yang terpercaya. Sdmakin tinggi nilai DA, maka semakin mudah suatu website dapat bersaing dalam mesin pencari.

Memiliki Banyak Backlink

Apa itu backlink? Backlink adalah tautan halaman web yang mengarah menuju suatu situs. Search engines seperti Google menganggap backlink sebagai cara untuk mem-verifikasi otoritas dan relevansi suatu situs web.

Biasanya Aged Domain telah memiliki banyak backink yang kemungkinnan berasal dari situs-situs besar yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi bagi mesin pencari. Semakin banyak backlink yang dimiliki, maka domain tersebut juga lebih kompetitif dalam search engine.

Memberikan Traffic

Traffic adalah pengunjung yang membuka halaman dan membaca konten dalam suatu website. Biasanya aged domain juga telah memiliki traffic-nya sendiri. Derngan menggunakan aged domain, kamu tidak perlu mencari traffic mulai dari 0. Cukup perbaiki tampilan website dan isi dengan konten-konten yang baik untuk terus meningkatkan traffic yang telah ada sebelumnya. 

Kekurangan Aged Domain

Selain memiliki kelebihna, Aged Domain juga memiliki beberapa kekurangan seperti di bawah ini:

Nama Domain Tidak Bisa Sesuai Keinginan

Memilih nama domain memang tidak mudah. Apalagi jika kamu membeli Aged Domain, kamu nggak akan bisa membuat nama domain sendiri, Oleh karena itu, sebelum membeli Aged Domain, jangan lupa pertimbangkan beberapa hal seperti apakah nama domain yang kamu pilih sesuai dengan niche blog yang akan dibuat. Jangan lupa juga pastikan domain tersebut memiliki reputasi yang baik di mesin pencari.

Harganya lebih mahal

Semakin tinggi nilai DA yang dimiliki suatu Aged Domain, maka harganya juga akan semakin mahal. Selain itu Aged Domain yang berkualitas juga harus kamu beli secara rebutan karena pasti cukup banyak orang yang mengincar Aged Domain berkualitas tersebut.

Setelah membahasa tentang Aged Domain, sekarang ayo kita bahas tentang Expired Domain.

Apa itu Expired Domain?

Expired domain adalah nama domain yang tidak diperpanjang masa aktifnya dan telah mencapai masa kadaluarsa. Ketika kamu memiliki domain, maka kamu harus memperbarui masa aktif domin tersebut secara berkala. Nah jika pemilik domain lupa atau tidak memperbarui masa aktif domainnya, maka doamin tersebut akan expired atau kadaluarsa. Dalam beberapa kasus, kamu harus membeli ecpired domain melalui lelang REGISTRAR.

Kelebihan dan Kekurangan Expired Domain

Kita bahas dari kelebihannya dulu aja yuk! Jadi, apa aja sih kelebihan dari Expired Domain?

Kelebihan Expired Domain

Expired Domain memiliki beberapa kelebihan, diantaranya kemungkinan memiliki ranking website yang tinggi, backlink yang bagus serta bisa juga terhindar dari penaliti Google.

Untuk mendapatkan ketiga keuntungan di atasm tentunya kamu harus teliti saat akan membeli expired domain. PAstikan expired domain tersebut benar-benar sehat dan bisa memberikan ketiga keuntungan di atas. Nah, selain ketiga keuntungan yang telah disebutkan tadi, ada beberapa kekurangan nih yang perlu kamu jadikan pertimbangan sebelum membeli expired domain.

Kekurangan Expired Domain

Beberpa kekurangan expired domain yaitu nama domain pernah mendapatkan penaliti dari Google. Beberapa website biasanya diperuntukkan untuk penggunaan ilegal sehingga Google akan menghapus website terseut sehingga tidak akan muncul pada hasil pencarian. Sebenernya walaupun udah dipenalti oleh Google, masih bisa sih pemiliknya mengirimkan petisi untuk mengambalikan domain tersebut ke indeks. Namun tentu saja hal itu malah akan merepotkan dan menyita banyak waktu.

Selain kekurangan tersebut, beberapa kekurangan lainnya adalah expired domain bisa saja memiliki backlink kualitas rendah, ranking alexa menjadi tidak valid dan popularitas domain mungkin tidak bisa kembali seperti semula. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar teliti sebelum membeli expired domain, agar nantinya domain tersebut bisa memberikan manfaat positif untuk web yang kamu bangun.

Kesimpulan

Tentunya seorang pemilik website menginginkan yang terbaik baik kelangsungan website yang dibangunnya. Oleh karena itu, kamu harus cermat dalam memilih domain yang akan digunakan. Misalnya kamu memutuskan untuk membeli aged domain atau expired domain, pastikan kamu memperhatikan kelebihan dan kekurangan dari domain yang akan kamu beli, ya!

Untuk kamu yang masih bingung mau beli domain dimana. Kamu bisa langsung aja mampir ke Niagahoster aja! Niagahoter adalah salah satu penyedia domain, layanan hosting dan vps murah Indonesia. Niagahoster telah berdiri sejak tahun 2013 dengan jaminan kualitas uptime server 99,9% dan dukungan CS 24 jam. 

Jadi, menurut kamu lebih baik membeli domain baru, aged domain atau expired domain? Tulis komentar kamu di kolom komen di bawah ini yaaaa~

1 komentar untuk "Perbedaan Aged Domain dan Expired Domain, Simak Disini!"

  1. Pengguna expired domain, bener banget memang ada masa kadaluarsanya jadi harus beli lagi agak sedikit ribet memang, tapi sesuai kebutuhan sih. Aged domain perlu dicoba nih kayaknya lebih memudahkan, terima kasih informasinya! Sangat bermanfaat untuk para blogger, nih.

    BalasHapus