Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Olahraga Sambil Berwisata? Kunjungi 9 Tempat di Jakarta Berikut Ini!

Pandemi mengubah hidup kita. Banyak dari kita yang awalnya acuh tak acuh dengan kesehatan, kini jadi lebih peduli. Salah satunya dengan cara berolahraga. Misalnya saja lari. Bisa dilihat, kini di jalanan jadi banyak orang yang gemar berlari. Selain karena menyenangkan, lari juga dilakukan sebagai bentuk menjaga imunitas tubuh. Jadinya kapan pun, dan di mana pun, jika sudah suka, lari akan terus dilakukan.

Tak terkecuali juga saat berada di kota lain. Saat baru booking tiket pesawat, lengkap dengan tiket Railink, seseorang yang gemar berlari pasti sudah memasukkan jadwal lari ke dalam agendanya. Jadi saat waktu yang luang, dia akan melakukan aktivitas lari itu.

Tempat Jogging Asik di Jakarta

Tempat jogging di Jakarta

Untuk kamu yang gemar lari, berikut ini tempat-tempat lari di Jakarta yang bisa kamu coba. Saat berada di Jakarta, kamu bisa lari di salah satu tempat ini.

Area Sudirman (Car Free Day)

Ini adalah tempat lari favorit di Jakarta. Setiap hari Minggu, semua orang Jakarta atau siapa pun yang sedang berada di Jakarta, pasti lari di tempat ini. Selain karena aman karena tidak ada kendaraan bermotor yang lewat, tempat ini juga asyik. Ada banyak fotografer yang siap mengabadikan momen larimu; ada banyak tukang dagang dan juga bazaar yang siap untuk kamu beli; dan lain-lain. Pokoknya, saat berada di Jakarta, apalagi jika kamu berada di Jakartanya pada hari Minggu, lari di tempat ini adalah sebuah keharusan.

Taman Menteng

Taman yang letaknya di pusat kota di kawasan Menteng, Jakarta Pusat ini juga bisa kamu jajal sebagai tempat untuk berlari. Taman yang dulunya berasal dari Stadion Menteng ini hits banget. Selain digunakan untuk beraktivitasnya komunitas anak lari, berbagai komunitas lain juga sukanya berkumpul di sana. Dari komunitas pencinta fotografi, komunitas pencinta hewan, para musisi, dan komunitas-komunitas lainnya.

Monumen Nasional (Monas)

Yang ini juga semua pada tahu. Kawasan Monas banyak dijadikan tempat untuk berlari. Selain karena areanya yang luas, juga karena setelah lari, di tempat ini kamu bisa melakukan aktivitas yang lain. Dari berfoto dengan latar landmark terkenal kota Jakarta, yakni tugu Monasnya itu sendiri, hingga berburu kuliner yang ada di tamannya. Dijamin deh, lari dan main di area Monas akan memberikan kesan tersendiri.

Jogging Track Banjir Kanal Timur (BKT)

Tempat yang satu ini sebenarnya adalah kawasan yang sengaja dibangun untuk menahan luapan banjir. Akan tetapi kini, kawasan ini sudah diubah menjadi jogging track yang panjang lintasan sejauh 1,4 km.

Selain berlari, di tempat ini kamu juga bisa berolahraga yang lain. Seba di sana sudah disediakan berbagai macam alat olahraga. Yang gemar bersepeda juga bisa ke sini. Pos khusus untuk parkir sepeda juga tersedia.

Kawasan Pantai Ancol

Jika kamu ke Jakarta Utara, tempat yang bisa kamu jajal untuk berlari adalah kawasan Pantai Ancol. Selain bisa membuatmu berkeringat, pemandangan lautnya akan menjadikanmu lebih  bersemangat  saat lari. Tapi jangan lupa, masuk kawasan ini harus bayar ya. Tapi worth it kok. Uang 25 ribu rupiah yang kamu keluarkan sebanding dengan pemandangan yang kamu dapatkan.

Gelora Bung Karno (GBK)

Ini juga tempat yang wajib kamu singgahi untuk berlari saat kamu ada di Jakarta. Ya, Gelora Bung Karno. Jalan tracking larinya yang nyaman, serta lengkapnya fasilitas olahraga lain yang ada di sana dijamin akan kamu sukai. Jangan heran ya jika di sana ketemu artis atau atlet. Sebab tempat ini memang tempat utama mereka saat berolahraga.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan memang dikenal sebagai tempat wisata. Namun pun begitu, banyak orang yang melakukan lari juga di sana. Sebab jalannya lumayan nyaman untuk berlari. Dan tentunya, jika bersama keluarga, menikmati pemandangan dan fasilitas yang ada di sana setelah berlari akan sangat menyenangkan.

Ah ya, tiket masuk ke Kebun Binatang Ragunan ini murah. Yakni hanya sekitar 4 ribu rupiah saja. Jika lari membuatmu lelah, kamu bisa menyewa sepeda. Di sana juga tersedia penyewaan sepeda. Kamu bisa berkeliling di sana dengan menggunakan sepeda.

Taman Suropati

Saat berada di Jakarta Pusat, selain di Taman Menteng, kamu juga bisa berlari di Taman Suropati. Meski kawasannya tidak terlalu luas, akan tetapi karena di tempat ini banyak pohon rindang, lari di tempat ini jadi terasa lebih sejuk dan lebih menyenangkan.

Ah ya, setelah lari, kamu jajan-jajan. Banyaknya pedagang di sana membuatmu gampang untuk mengisi perut. Ada banyak pilihan makanan yang ada di sana.

Taman Ayodya

Kamu ke Jakarta untuk belanja di Blok M? Jika sempat, larilah di Taman Ayodya. Sebab tempatnya tak jauh dari Blok M, Jakarta Selatan. Taman yang desainnya seperti teater atau panggung terbuka ini banyak digunakan sebagai tempat lari. Baik di pagi hari atau pun juga di sore hari. Jika capek, kamu juga bisa berhenti sejenak di pendopo-pendopo yang ada di sana.

Itu dia 9 tempat di Jakarta yang bisa kamu singgahi untuk berlari. Tiga puluh menit hingga 1 jam berlari di sana tak akan menyita waktumu saat berada di Jakarta. Dan pastinya akan membuatmu selalu fit dan bugar.

Kamu berencana berkunjung ke Jakarta? Cek segera Traveloka. Ada banyak tiket murah dari berbagai maskapai yang bisa kamu booking. Tapi pastikan kamu patuhi semua syaratnya ya. Supaya penerbangan kamu nyaman dan juga aman. Selamat berburu tiket!

2 komentar untuk "Olahraga Sambil Berwisata? Kunjungi 9 Tempat di Jakarta Berikut Ini!"

  1. Kayaknya udah lama ga jogging, hemm bagus nih tempat-tempat ini kalau buat olahraga memang apalagi GBK hemm dan taman-taman ini. Sayangnya jauh, cari yang di Malang aja hehe buat nurutin berat badan, mantep ini. Terima kasih rekomendasinya!

    BalasHapus
  2. Saya dulu, sering ke Banjir Kanal Timur, Mbak. Kebetulan rumah saya di Buaran, jadi dekat dari situ. Selain olahraga, juga bisa wisata kuliner hehehe.

    BalasHapus